Kamis, 24 Maret 2011

VARIETAS BARU

 Ternyata ada banyak lagi varietas anggur untuk anggur meja (buah anggur untuk dikonsumsi langsung/segar) yang menarik untuk dibudidayakan. Berikut ini adalah beberapa foto buah anggur yang bibitnya telah dibudidayakan di Thomasgrape. Kyohou dan Pione yang ada sekarang telah menunjukkan pertumbuhan yang baik di Tanah Air kita.
Olimpia. Ukuran buah sedang 19 - 23 mm. Rasa manis segar dengan aroma. Kulit buah tipis bisa dimakan tanpa harus dikupas. Walaupun bukan jenis seedless tapi biji jarang terbentuk sempurna. Kadar gula 20 brix. Berat maksimal per butir 10 gram.

Takazuma. Ukuran buah besar 22 - 28 mm. Rasa manis. Kulit buah tipis bisa dimakan tanpa harus dikupas. Jenis seedless. Kadar gula 21 brix. Berat maksimal per butir 22 gram.

Rosario Bianco. Anggur hijau berbentuk lonjong. Panjang buah hingga 30 mm. Rasa manis segar. Jenis seedless. Kulit buah relatif tebal tetapi bisa langsung dimakan karena teksturnya renyah. Kadar gula 20 brix. Berat maksimal per butir 16 gram.

Sekirei. Anggur merah berbentuk lonjong. Ukuran kurang lebih sama dengan Rosario Bianco tetapi kulitnya tipis. Rasa manis. Kadar gula 23 brix. Tanpa biji. Berat maksimal per butir 11 gram.

Kaiji. Anggur merah dengan warna lebih terang. Rasa manis segar berkulit tipis dengan daging buah kenyal. Jenis Seedless. Ukuran diameter 22 - 24 lonjong. Kadar gula 20,5 brix. Berat maksimal per butir 12 gram.

Golby. Ukuran buah besar bulat, diameter 30 - 34 mm. Rasa manis beraroma. Kulit tipis berwarna merah muda cerah. Tanpa biji. Daging buah juicy berwarna putih transparan. Kadar gula 21 brix. Berat maksimal per butir 20 gram.

Aki Queen. Butiran buah berbentuk bulat dengan warna merahnya yang menyala. Rasanya manis dengan kadar gula 20 brix. Diameter buah 19-22 mm. Berat maksimal per butir 13 gram. Kecantikan warna anggur ini yang membuatnya sangat populer untuk sajian di atas meja.

Honey Venus, anggur varietas ini termasuk anggur dengan ukuran sedang. Walaupun warnanya hijau, rasa manisnya sangat terasa dengan kadar 21 brix dan tekstur daging buah yang renyah.




Fuji Minori, yang ini termasuk varietas anggur yang berbuah besar hingga mencapai 26 gram per butirnya. Tidak hanya ukurannya, rasanya pun tidak mengecewakan dengan kadar gula 21 brix.



Izu Nishiki, jika ukuran fuji minori masih kurang besar silahkan coba yang ini butiran besar dengan berat mencapai 30 gram dan kadar gula 20 brix. Karena ukurannya yang sangat besar membuat daging buahnya sangat terasa mantap.



Shouheikou, warna merahnya sangat menggoda sesuai dengan rasa manisnya yang mencapai 22 brix. Bentuk ovalnya membuat anggur ini sangat terlihat menggiurkan. Ukuran butiran buahnya pun tidak mengecewakan sekitar 20 gram.
Tenzan, yang ini adalah buah anggur yang terbesar ke-2 setelah Ruby Roman, per butirnya bisa mencapai berat 40 gram. Dengan bentuknya yang oval tumpul membuatnya tampak sangat besar. Kadar gulanya pun tidak kalah, 21 brix dengan aroma muscat yang segar.




Manicure Finger, anggur cantik berbentuk seperti jari lentik ini berukuran berat 13 gram per butirnya. Kadar gula 19 brix tanpa rasa masam membuatnya terasa nikmat sebagai hidangan segar. 



Gold Finger, satu lagi dengan bentuk serupa tetapi dengan rasa manis yang mantap 22 brix dan ukuran berat 8 gram per butirnya. Tidak terlalu besar tetapi sangat layak untuk diperhitungkan.



Oriental Star, berat perbutirnya 12 gram dengan kadar gula 19 brix. Bentuknya oval berwarna hitam sangat menarik apalagi kulit tipisnya yang hampir tidak terasa saat digigit.



Ougyoku, walau warnanya tidak begitu menarik ternyata varietas ini memiliki kadar gula yang luar biasa mencapai 25 brix, sangat manis dengan aroma muscat yang kuat. Berat per butirnya sekitar 13 gram.
Sementara sampai sini dulu deh, capek.....
 



114 komentar:

  1. kalau anggur tanpa biji apa lebih mahal pak harga jualnya dibanding yang ada bijinya?

    BalasHapus
  2. Relatif lebih tinggi harga jualnya mas, karena pada dasarnya manusia kan nggak mau repot jadi lebih memilih yang seedless, tetapi rasa tetap berperan penting.

    BalasHapus
  3. dimana saya bisa dapat bibitnya???

    BalasHapus
  4. Untuk sementara bibit varietas import ini belum tersedia untuk dijual karena masih dalam perbanyakan bibit. Harap bersabar.

    BalasHapus
  5. kira2 berapa bulan lagi bisa mendapatkan bibitnya. dan jenis2 anggur import apa yang sudah ditangkarkan?

    BalasHapus
  6. saya mencari bibit bibit anggur (berbagai spesis yang untuk dikonsumsi) untuk ditanam di pekarangan, bisa kah saya membelinya dari bapak, dan berapa harga/ongkir ke medan

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Untuk saat ini kami baru mempunyai 2 varietas import asal Jepang pak, Kyohou dan Pione, varietas yang lain masih menunggu availability dari nurserynya. Butuh waktu lama sampai kami bisa mengeluarkan bibit pak, harap maklum, terima kasih.

    BalasHapus
  8. Siang Pa,

    Bibitnya masih blum ada juga pa yg bisa di coba tanam?
    Yai saya di Jember selalu menanyakan.
    jika ada spt black caroline atau yg lainnya pa, mohon infonya.
    Beliau sudah tidak sabar.
    Tks
    budhi_kresnawan@yahoo.com

    BalasHapus
  9. salam kenal pak thomas...saya tergiur banget mau nyoba tabulampot anggur apalagi ada gambar yang menggoda he..he..he..insya allah akan saya coba makasih untuk ilmunya...

    BalasHapus
  10. Untuk bibit varietas lokal saya tidak selalu menyediakan pak. Tapi akan saya coba bantu carikan informasi ya pak.

    BalasHapus
  11. Apa sudah ada bibitnya untuk yang var Impor ini pak...?

    BalasHapus
  12. Kami pedagang bibit mau pesan 100 ph anggur merah dan hijau lonjong bisa nggak ?bagamana caranya? harga per batang berapa. Maryoto magelang. trima kasih

    BalasHapus
  13. Bapak maryoto di Magelang, Mohon maaf untuk saat ini bibit varietas import belum dijual untuk publik pak, masih dalam tahap pengembangan. Nanti pada saatnya akan saya beritahukan lewat posting di blog ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  14. Pak Thomas,
    Perkiraan varietas import akan di launch ke pasaran kira-kira bulan apa ya pak? (moga2 tahun ini juga)

    Seneng liatnya, pengen mengembangkan di daerah asal saya di pantura jateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Hari, Varietas import sudah saya launch juga dari bulan lalu pak. Tetapi masih import langsung dari Jepang, jadi harganya pun masih sangat mahal. Tetapi jika berminat saya bisa membantu mengimportkannya. Info jelasnya soal bibit import silahkan hubungi 085732321000 via SMS. Terima kasih.

      Hapus
  15. Foto diatas semua ditanam langsung di tanah ya pak, kalau ditanam dlm pot apa juga bisa sebesar itu buahnya, berapa kira2 ukuran pot yg ideal

    BalasHapus
  16. Anggur bisa ditanam di tanah maupun di pot pak. Ukuran buah tidak berubah walau di dalam pot selama perawatannya tepat dan tidak dibuahkan melebihi kemampuan medianya. Sebagai perbandingan, untuk 1 kg buah harus menggunakan media minimal 4 kg pak.

    BalasHapus
  17. salam pak,
    saya mempunyai lahan sekitar 4 hektar di daerah wini , TTU, Nusa tenggara Timur. jarak dari tepi pantai sekitar 200 meter. ketinggian daerah dari permukaan laut kurang dari 300 metr. apakah ada varietas lain selain jenis vitis vinifera. saya ingin memesan dalam partai besar. trus bagaimana persiapan yang harus saya lakukan untuk lahan saya sebelum ditanami. tolong bimbingannya.... salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga pak Jhony, sepintas menurut saya lahan yang bapak miliki tersebut sangat ideal untuk budidaya anggur pak. Untuk varietas jangan kuatir pak, saya akan memberikan pilihan yang baik untuk dibudidayakan. Mengenai persiapan lahan saya kira tidak banyak yang harus dilakukan, yang terpenting hanyalah sebisa mungkin membersihkan lahan dari tanaman lain yang nantinya menjadi pesaing anggur dalam mencari nutrisi dalam tanah. Untuk informasi detail silahkan bapak hubungi saya via email atau SMS/telp di 0857-3232-1000 terima kasih.

      Hapus
  18. masih lama banget ya pak louncingnya varietas barunya?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe Iya pak.. Mhn maaf, pengennya sih cepat tp ini jg krn tuntutan buyer buah yg sll ngebet mau nambah kuota terus pak..

      Hapus
  19. yang sudah siap di louncing nantinya semua jenis baru atau hanya bbrapa pak?? tolong diberi info kedepannya jenis apa yg bisa di louncing.. :D

    BalasHapus
  20. Nanti dilaunching bertahap pak. Untuk urutannya belum bisa saya pastikan sekarang, tp nanti pastinya akan saya kabarkan ke seluruh customer:)

    BalasHapus
  21. Pak Thomas, apakah bunga anggur perlu bantuan kumbang untuk proses menjadi buah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu pak, angin yg melewati malai bunga sudah bisa membantu terjadinya penyerbukan.

      Hapus
  22. nunggu perkembangan nya dulu aj dech om

    menggiurkan nich O.O

    BalasHapus
  23. pak thomas, diantara anggur yg saya lihat rata 20brix tingkat kemanisan..
    yg jadi pertanyaan anggur jenis apa pak di dunia yg paling manis yg pak thomas ketahui...
    atau ada diantara Grape seeds yg bapak miliki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan saya yg paling manis Ruby Roman, 29 brix. Dr bibit biji yg saya punya yg paling manis Ougyoku 25 brix pak.

      Hapus
    2. oke pak thanks, saya pesan biji Ougyokunya..

      Hapus
    3. Siap pak Yanto. Konfirmasi ulang ke 0857-3232-1000 ya pak. Terima kasih

      Hapus
  24. kurang banyak foto2 n deskripsinya pak hehehe
    ada deskripsi anggur gold finger nya pak? soalnya bntuknya unik hehe

    BalasHapus
  25. Pak Bayu benar, memang nanti akan dilanjutkan penambahan foto-foto yang lain termasuk gold finger dan manicure finger pak. Halaman ini masih dalam pengeditan, mohon bersabar ya pak.. Terima kasih atas masukannya.

    BalasHapus
  26. ada bibit manicure finger pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara ini bibit manicure finger hanya tersedia berupa biji siap semai pak. Silahkan lihat di katalog. Foto dan review anggur sdh saya tambahkan sebagian di bawah ini pak, nanti akan dilanjutkan lagi..

      Hapus
  27. Subhanallah... ternyata banyak sekali varietas anggur ya Pak Thomas. Berarti bibit semai biji bisa jadi menghasilkan varietas baru dong... Apalagi kl biji diambil dari buah di kebun yang banyak varietasnya. Bisa saja terjadi persilangan karena penyerbukan dibantu angin. Bukan begitu Pak Thomas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali pak Restu, memang pembiakan anggur dgn biji adalah metode utama yang dilakukan oleh viticulturist (ahli anggur) dalam menghasilkan varietas baru. Dgn penyerbukan alami (angin) hal tersebut juga bisa terjadi, pada point itulah penanaman biji anggur jadi sangat menarik pak.

      Hapus
    2. Membaca blog ini saya jd ingat betapa keagungan Allah SWT....

      "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. [Al-An'aam:99]

      Mudah mudahan biji yang saya semai nanti bisa tumbuh baik, ada yg sama seperti induknya dan muncul varietas baru yag lebih baik & menjadi varietas unggul yang langka he..he..he..

      Mohon do'a bimbinganya terus Pak Thomas.

      Hapus
    3. Mantap pak.. Jika prosedur penyemaian tidak salah insyaAllah mudah tumbuh seperti yg saya ulas di halaman Cara Semai pak. Saya siap mendampingi sampai bapak benar2 memahami karakteristik anggur :)

      Hapus
  28. Pak Thomas, diantara varietas baru diatas dibanding dengan kyohou & pione varietas mana yang lebih bagus baik dari sisi penampilan, bobot, rasa maupun tekstur buahnya.

    Saya pikir perlu juga diulas mengenai hama & penyakit yang menyerang tanaman anggur ini dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan bahan-bahan organik tentunya sehingga tidak berbahaya ketika buah dikonsumsi.

    Sepengetahuan saya pestisida alami untuk buah & sayur adalah menggunakan air rendaman tembakau + daun emba + daun kemuning. Apakah demikian juga untuk tanaman buah anggur ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Varietas2 baru tsb direlease setelah kyohou pak, jadi banyak varietas yang lebih baik dan menarik seperti tenzan, izu nishiki, seto giants, shine muscat dll.
      Terima kasih untuk masukannya pak, nanti akan saya usahakan untuk mengulas tentang hama dan penyakit dan tindakan pencegahannya.

      Hapus
    2. Hmm... jd pengin semua ya he..he..he.. Foto deskripsi seto giants & shine muscat blm di upload Pak?

      Kapan - kapan pengin coba kyohou, tenzan, izu nishiki & shoheikou (merahnya sangat menggoda) ahh.. buat ditabulampot. Syukur syukur bibit cuttingnya udah siap . Skrg nunggu Pionenya tumbuh dulu, sambil belajar & jadi pengamat anggur. Tapi ko blm datang datang juga ya paket bijinya, medianya udah menunggu tu Pak he..he..he..

      Hapus
    3. Iya nih pak, mungkin ada kendala dalam perjalanan. Sabar ya pak.. biar lambat asal selamat.
      Deskripsi yang lain akan segera ditambahkan pak, tunggu waktu senggang hehe..

      Hapus
    4. Pak Thomas, paket biji Pione sudah saya terima tanggal 22 Jan 2013 jam 16.25 WIB. Belum sempat saya rendam, krn harus dinas ke Jogja. Kalau bisa tumbuh baik Insya Allah akan mencoba yang lain spt kyohou, tenzan & shoheikou -nya. Skalian nunggu bibit cutting siap.

      Hapus
    5. Siap pak Restu. Penanganan sesuaikan dgn petunjuk ya pak...

      Hapus
  29. Balasan
    1. Sabar dulu ya mas Adit.. Nanti saat siap insyaAllah pasti segera saya kabari.

      Hapus
  30. waah bnyk varietasnya ya,,,, brarti kebunnya luas ya pak?? hehe
    hasil kebunnya dipasarkan k supermarket ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hanya produksi saja pak, pemasarannya ditangani oleh distributor buah, sepertinya tidak dipasarkan di supermarket lokal.

      Hapus
  31. kalau beli buah sama pak thomas, misalkan 1 varietas 500gr
    semua varietas yg pak thomas miliki bisa tidak, mau coba anggur mana yg enak kemudian baru mengambil langkah2 untuk mencari bibitnya.. cuma dengar masam manis atau beberapa brix gulanya saya rasa lebih mantab mencicipi langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf pak Yanto untuk saat ini saya belum bisa melayani retail, selain itu varietas Jepang yg sdh berbuah baru sebagian saja. Nanti saat mulai penjualan retail akan saya publish di blog pak :)

      Hapus
  32. selain kyohou dan pione,,adakah anggur jepang lain yg sdh brbuah pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pak, karena yang lain tidak dibuahkan supaya pertumbuhannya lebih cepat.

      Hapus
  33. pa masih capek kok blm diterusin ulasan buahnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf pak Adit. Sementara break dulu karena sedang disibukkan persiapan launching website supaya pelayanan lebih baik :)

      Hapus
  34. pak mohon maaf, sy ingin tanya:

    apakah varietas impor ini harus diberi perlakuan khusus atau perlakuan ekstra agar hasilnya sesuai dengan di daerah asalnya?

    karena setahu saya, kondisi iklim kita berbeda dengan kondisi iklim di negara varietas2 tersebut

    terimakasih dan sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa varietas memerlukan perlakuan khusus pak, kebanyakan cukup dgn perlakuan seperti biasa.

      Hapus
  35. bibit bibit yg di web.site,apa ada yg lebih top baik ukuran,rasanya pak dibanding yg diblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama pak Adit. Peluncuran website nantinya akan mempermudah proses belanja saja. Mohon dukungan dan doanya. Terima kasih.

      Hapus
  36. pak thomas saya newbi, sy sudah punya pohon anggur nggak tau varietasnya apa, sudah berumur lebih dar 1,5 thn, tapi belum berbuah, sy coba memangkas hingga gundul, dan ada bakal buahnya tapi lama kelamaan kok mengering dan gugur maohon pak solusinya apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Wahyu, keberhasilan pembuahn anggur sangat tergantung pada persediaan nutrisi yg tersimpan selama proses stress air. Jadi tanaman harus dlm keadaan sehat saat dilakukan proses stress air. Sebelum diairi pertama kali, harus dilakukan pemupukan dan saat pemangkasan harus terjadi sapping (air menetes dari ujung potongan pemangkasan). Jika semua proses di atas dilakukan bunga akan mampu bertahan hingga buah matang.

      Hapus
  37. terima kasih pak thomas, kira2 pupuk yang cocok dengan keadaan anggur saya???, sy perna baca d internet, anggur boleh dipangkas pada bulan maret, juni dan agustus, jadi tips untuk membuahkannya apa yang mesti saya lakukan sekarang sebelum bulan juni???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk untuk anggur juga disediakan pak. Pemangkasan tidak ditentukan oleh bulannya pak tetapi ditentukan oleh musim, pemangkasan yang baik dilakukan setelah hujan jarang turun, musim kemarau lebih baik.

      Hapus
  38. tolong pak sebutkan pupuk yang cocok untuk anggur saya????, kalau memang pupuknya ada di thomasgrape, nanti kita transaksi hari senin tanggal 1 april 2013, jadi nanti tinggal order hari itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuknya bisa menggunakan akai dan midori atau yang lebih praktis bisa menggunakan Organic Fertilizer saja pak, sudah masuk penjualan online di www.thomasgrape.com terima kasih

      Hapus
  39. Selamat siang pak thomas,

    siang Masih bingung dengan sapping air dan streesing water, tolong dijelaskan dengan rinci karena saya pemula dalam bidang anggur ini. bagaimana caranya dan apa yang dilakukan sebelum dan sesudah streesing water itu. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Water stress maksudnya, pohon dikondisikan kekurangan air sehingga pertumbuhan vegetatifnya terhenti pak, dengan demikian akan terjadi penumpukan nutrisi selama proses berlangsung. Sedangkan Sapping adalah indikasi bahwa masa dormant sudah berakhir dan pohon akan segera memulai pertumbuhan periode selanjutnya.
      Water stress adalah tindakan awal dalam membuahkan anggur pak, tentunya sebelum dilakukan water stress tanaman harus dalam kondisi sehat, seminggu menjelang pemangkasan dilakukan pemupukan dan pengairan hingga seluruh media jenuh air, untuk penanaman di tanah diperkirakan air siraman mencapai kedalaman 2 meter. Setelah itu barulah dilakukan pemangkasan yang akan ditandai dengan sapping/ menetesnya air dari luka bekas potongan.

      Hapus
  40. siang pak...varietas anggur yg dijual untuk dataran tinggi / rendah rendah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua varietas anggur tumbuh baik di dataran rendah mulai 0-1000 meter dari permukaan laut pak. Selebihnya masih bisa ditolerir asalkan intensitas cahaya matahari tercukupi.

      Hapus
    2. saya di 7 km dari bibir pantai gmn pak layak gak nanem anggur dari bang thomas

      Hapus
    3. Sangat layak pak, anggur idealnya ditanam di daerah yang bisa menerima sinar matahari yang optimal mulai dari tepi pantai hingga ketinggian 1000 meter dpl.

      Hapus
  41. Stok bibit yg ready saat ini apa pak?matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stock bibit bisa bapak lihat di toko-online thomasgrape.com pak, silahkan dikunjungi. Terima kasih

      Hapus
  42. alamatnya dibayuwangi dimana pak ya, boleh enggak berwisata kesana sambil konsultasi dan beli bibit,kayaknya tertarik ini pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pak, kebun display utk kunjungan sudah disiapkan hanya saja saat ini masih baru tanam jadi belum produksi. Alamat kebun di desa Tamansuruh pak.
      Mohon konfirmasi sebelum berkunjung.

      Hapus
  43. Bisa Pesan antar Mas? Daerah Sleman, Yogyakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak Eko. Utk pemesanan silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html atau SMS ke 0857-3232-1000

      Hapus
  44. pak Thomas, bisa saya pesan bibit ( 3 varietas, besar dan yang manis) berapa lama kalau dikirim ke daerah Bandung dan harganya kira-kira berapa..

    BalasHapus
  45. Untuk informasi lengkap tentang bibit silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html ya pak... :)

    BalasHapus
  46. Selamat Siang pa Thomas ...
    Klu sekarang anggur Merah yg tersedia bibit nya jenis apa saja baik Import dan Lokal ... ?
    Sy mau pesen .
    Terima kasih .

    BalasHapus
  47. Untuk pemesanan silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html atau SMS ke 0857-3232-1000 pak. Terima kasih

    BalasHapus
  48. Selamat sore Pak Thomas,..
    Saya pekebun amatiran,...tambulampot dan pekarangan,..
    Saya sdh sukses berkebun anggur hijau dan merah kecil2 dari jatim,...
    Setelah saya tanam di Padang,..sumbar (curah hujan tinggi),..bisa berbuah
    yg dominan anggur hijau 4 batang di halaman,..parkir (peneduh)
    Saat berbuah bisa sampai 20 kg-an,...dgn pupuk macam2 koandang, npk Biru dan KCLO3,......
    Setelah bergembira sukses siap panen,..ternyata ndak satupun ada yg manis....masam semua...padahal ketika di jatim manis...
    Apa anggur dari Bapak cocok untuk curah hujan tinggi???
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak.
      Kebanyakan varietas anggur yang beredar di Indonesia selama ini memang bukan anggur meja pak, jadi kadar asamnya relatif tinggi, walaupun sebenarnya bisa dimaksimalkan kadar gulanya dengan melakukan pengeringan lahan sebelum panen maupun dengan memberikan KNO3. Tetapi jika bapak ingin menanam anggur yang manis sebaiknya bapak memilih varietas anggur meja saja, semua anggur meja memiliki kadar asam yang rendah sehingga rasanya bisa dipastikan manis pak. Untuk mendapatkannya silahkan baak kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html atau hubungi saya melalui SMS ke 0857-3232-1000 Terima kasih

      Hapus
  49. Pak Thomas, utk bln Mei ini stek anggur apa saja yg tersedia? Mhn informasinya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  50. Yang akan tersedia dalam waktu dekat adalah varietas Maroo seedless berupa cutting pak :) Infonya bisa bapak pantau di www.thomasgrape.com/produk.html

    BalasHapus
  51. selamat sore....
    saya penggemar baru blog pak thomas...
    sudah sekitar satu minggu saya membaca semua tulisan dan komentar di blog ini. ujung-ujungnya saya tertarik juga untuk memesan bibit anggur dari thomasgrape..
    saya ingin menanyakan beberapa hal untuk pak thomas:
    1.untuk pemesanan bibit anggur bagaimana caranya?
    2.untuk kirim di nganjuk, jawa timur bibit anggur + ongkos kirim berepa harganya?
    3.apabila pesan bibit hari ini sampai di nganjuk kira-kira berapa hari setelah pesen? terima kasih, salam kenal... Mohan di Nganjuk..

    BalasHapus
  52. Terima kasih atas komentarnya pak, untuk melakukan pemesanan dn info seputar pemesanan silahkan langsung dengan SMS ke 0857-3232-1000 supaya lebih jelas pak. Terima kasih

    BalasHapus
  53. Om masih produksi cutting gak...???saya mau coba tanam anggur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak Yon. Untuk info stock silahkan langsung ditanyakan melalui SMS/whatsapp ke 085732321000. Atau bisa juga bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Terima kasih

      Hapus
  54. Alamat kebun anggur ini dimana ya pak?

    BalasHapus
  55. boleh beli bijian cuttingnya pak? trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pak. Info bibit silahkan dilihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Pemesanan silahkan langsung sms ke 0821-4489-9111

      Hapus
    2. Boleh pak. Info bibit silahkan dilihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Pemesanan silahkan langsung sms ke 0821-4489-9111

      Hapus
  56. maaf sebelumnya pak, saya tertarik untuk menanam anggur kyohou.. saya sudah hubungi bapak via sms maupun email, namun belum juga medapat respon.. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan hubungi nomer ini saja bu... 0821-4489-9111
      Terima kasih

      Hapus
    2. Silahkan hubungi nomer ini saja bu... 0821-4489-9111
      Terima kasih

      Hapus
  57. klo harga bibit anggur ruby roman nya berapaan om?

    BalasHapus
  58. siang pakk..kalau jenis ougyokunya ada pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ougyoku hanya disediakan berupa biji bu. Jika ibu memilih Ougyoku karena kadar gulanya, sebaiknya ibu tahu bahwa semua varietas "Table Grape" adalah manis, info lebih lengkap bisa ibu lihat di www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  59. Siang pak..yang jenis ougyokunya masih pak?

    BalasHapus
  60. Siang Pak Thomas.
    Untuk jenis Manicure Finger sudah ada bibitnya..? Bagaimana cara pemesanannya dan apakah cocok di tanam di wilayah Kalimantan Timur tepatnya Balikpapan...? Mohon penjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak... silahkan hubungi dgn SMS/WA 082144899111

      Hapus
  61. Siang Pak... jenis paling manis yg tanpa perlakuan khusus dalam perawatannya apa ya Pak? apakah Ruby Roman yang 29 brix atau Ougyoku 25 brix atau yang lain lagi...? domisili saya di daerah Dampit, Malang selatan. Trimakasih Pak Thomas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak pilihan baru pak, selama varietas ya termasuk di dalam kategori table grape rasanya manis pak... silahkan dilihat di katalog link sbb: www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  62. Salam kenal pak Thomas,
    saya tertarik dengan peng"Angguran" ini.. saat ini sedang menumbuhkan biji red globe dr supermarket, dari tanggal 8 Desember 2016 sampai sekarang sdah 4 (empat) daun . saya lagi cari bibit royal autum . bpk sudah punya bibitnya ? dapatkah tangkai buah anggur dibibitkan jd tanaman anggur? saya lihat di youtube, tangkai buah yg dibeli di supermarket disemai dalam wadah gelas aqua ? dapatkah tumbuh akar ? pertumbuhannya bagaimana ? mhn infonya, trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas pak...
      Idealnya bibit tidak ditanam melalui tangkai buah karena tangkai buah tidak memiliki peluang yang cukup besar untuk bertunas. Biji bisa disebabkan dan jika bapak menginginkan bibit Autumn Royal seedless berupa batang stok atau rooting silahkan hubungi kami di 082144899111 dengan SMS/WA. Terima kasih

      Hapus
  63. Balasan
    1. Silahkan WA ke sini pak: 082144899111
      Terima kasih

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.