Rabu, 16 Maret 2011

MULAI TUMBUH...

Penantian dan kesabaran serta ketekunan merawat bibit anggur import dari Jepang ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan, tunas-tunasnya mulai merekah bermunculan. Daun-daun muda yang tumbuh dari tangkai anggur ini setiap hari semakin melebar dan bertambah jumlahnya, membuatku semakin yakin akan pertumbuhannya di masa depan.
Bandingkan lagi dengan foto di blog sebelumnya, kelihatan jelas kan perbedaannya? Warnanya pun mulai kelihatan hijau muda dan semakin membesar karena calon-calon daunnya semakin mendesak seludang tunasnya.
Akhirnya daun pertama muncul, daun yang sehat yang akan disusul oleh daun-daun berikutnya dan berikutnya. Pada tahap ini pertumbuhan tunas anggur akan semakin cepat karena akarnya sudah mulai bekerja dengan baik.
Hmmmm... warna pinknya sexy banget... Membuatku makin penasaran saja dengan mereka...
Ini dia daunnya, agak meruncing di ujungnya dengan tepian yang bergerigi, belum mekar sempurna sih...
Nah, kalo yang ini udah jelas, dilihat dari sisi mana pun tetap kelihatan bentuknya memang ini daun anggur. Tapi yang makin bikin hati senang, ternyata ada beberapa perbedaan dengan anggur lokal yang ada di sekitar kita, daunnya kelihatan lebih tebal dan bentuknya pun agak berbeda. Umumnya kalau tanaman anggur yang sehat, dia akan mulai menghasilkan sulur bunga di sekitar daun ke-3 sampai daun ke-5. Kita tunggu saja bagaimana perkembangannya ya... Keep in touch.

8 komentar:

  1. saya menanam bibit anggur dari batang dan di mata tunas telah keluar hijau namun sekarang hijau itu berubah menjadi cokelat umur dari tanam batang tersebut sekitar 4 minggu, saya mau tanya kenapa seperti itu ? apa yang saya harus lakukan ?

    BalasHapus
  2. Bpk Amir, Pertumbuhan mata tunas yang normal seharusnya tidak berubah coklat melainkan tetap hijau dan tumbuh menjadi daun yang makin ke atas makin melebar. Ada kemungkinan batang stek tidak berhasil tumbuh, jangan menyerah selamat mencoba lagi pak. Good Luck !!!

    BalasHapus
  3. itu habis datang dari negeri asalnya langsung turun tanah apa dipolibag dulu pak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung turun tanah pak. Karena bibit grafted rooting sudah dikondisikan siap tanam ke lokasi permanennya.

      Hapus
  4. sebelum akai dan midori ada pakai pupuk jenis apa pak tuk merangsang prtumbuhan si jepang nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak awal sudah menggunakan pupuj Akai dan Midori pak. Pada saat posting halaman ini memang tidak diekspos karena kedua pupuk tersebut belum dipasarkan untuk umum seperti sekarang.

      Hapus
  5. Pak knp akhr ini tunas baru bibit anggur sy berwarna cokelat,kemerahan.mhon penjelasanya dan sblmya terima kasih bnyk pak thomas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika perubahan warna tersebut bukan akibat kelainan tumbuh ataupun gangguan tidak masalah pak, karena tunas yang baru tumbuh maupun ujung pertumbuhan yang mendapatkan cahaya matahari dengan intensitas yang tinggi bisa mengalami hal tersebut. Jika bapak ingin lebih memastikan sebaiknya bapak kirimkan fotonya ke cs@thomasgrape.com supaya saya bisa memberikan penjelasan yang lebih tepat. Terima kasih

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.