Selasa, 22 Maret 2011

ANGGUR DARI-BIJI


Menanam anggur dari semai biji memang selalu menjadi pembicaraan banyak orang yang hobby berkebun, terutama mereka yang berpikir untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Begini, selama ini kita tidak terlalu tertarik dengan buah anggur lokal kita, karena kebanyakan yang ada di pasaran sebenarnya bukanlah anggur meja melainkan adalah anggur untuk bahan pembuatan wine. Jadi saat kita makan anggur import yang biasanya dijual di supermarket kadang kala muncul gagasan kenapa kita tidak mencoba menanam bijjinya? 
Dalam kenyatannya, menumbuhkan biji anggur memang tidak semudah menanam biji jagung. Apa salahnya dicoba? Siapa tahu diantara mereka akan muncul jenis baru yang menarik rupa dan rasanya. Walaupun dari segi ilmu genetika perbanyakan tanaman dengan biji belum tentu menurunkan karakteristik induknya.

Foto di atas ini adalah fase munculnya dikotiledon. Lumayan lama untuk mencapai fase ini, kira-kira membutuhkan waktu sekitar  2-3 minggu, tergantung daya perkecambahan biji dan dalamnya lubang tanam.

Tahap selanjutnya, sepasang daun pertamanya mulai terbuka (ga tau apa nama daun yang pertama muncul ini, bentuknya memang berbeda dengan daun anggur). Menyusul daun berikutnya segera muncul, kali ini dan seterusnya daun yang muncul sudah bergerigi.

Ukuran daun baru yang semakin membesar menandakan pertumbuhannya normal, kelembaban media tanam harus selalu terjaga, tapi jangan sampai air menggenang untuk mencegah busuk akar.

Usahakan untuk tidak memindahkan bayi anggur ini dari medianya karena mereka masih sangat rapuh. Kalau pertumbuhannya bagus mereka bisa dengan aman dipindahkan ke pot yang lebih besar setelah umur 2 bulan.

Sekarang mereka sudah pindah ke pot 10 cm. Dengan media yang lebih besar mereka akan tumbuh subur, daun-daun baru yang muncul pun akan semakin melebar. Dengan nutrisi yang cukup saat daun yang baru belum mekar sempurna sudah disusul oleh tunas yang lebih baru lagi.

Sekitar 10 minggu setelah tanam mereka sudah terlihat kokoh dengan daunnya yang lebar dan semakin hijau segar, batang utamanya pun semakin membesar, dan sering kali akarnya keluar menembus lubang drainase pot menancap langsung ke tanah. Jadi sesekali pot harus diangkat supaya akarnya tidak terlanjur kuat mencengkeram tanah, atau pindahkan lagi ke media yang lebih besar.

Lihat pangkal batang utamanya, mulai terlihat retakan persis di bawah ruas pertama dan satu lagi di atas permukaan tanah. Jangan kuatir, ini bukan penyakit, ini menandakan tanaman anggur ini sudah mulai memasuki fase berikutnya, batang lunaknya mulai mengeras menjadi kayu.

Perhatikan ketiak daunnya, calon tunas-tunas vegetatif baru yang sehat. Lama kelamaan warna merah pada batang utama ini akan berubah semakin kusam dan akirnya berwarna coklat. Saat tanaman sudah memiliki batang kayu yang sempurna berarti masa kritis sudah terlewati. Selanjutnya tinggal bagaimana kita merawatnya hingga mereka mampu berbunga dan berbuah. Bukan waktu yang singkat pastinya, menurut literatur yang ada katanya dibutuhkan waktu hingga 3 tahun untuk menikmati buah pertamanya. 

Tiga atau empat hari kemudian sepasang daun pertamanya gugur dan batangnya mulai berubah warna menjadi kecoklatan, tentu saja perubahannya dimulai dari pangkal tanaman. Dari bagian yang paling tua.


Perkembangan pohon anggur kecil ini tidak hanya pada perubahan warna batang utamanya saja, di bawah tanah akar pun mulai menunjukkan aksinya, tumbuh membesar untuk bersiap-siap bekerja keras untuk mensupply keseluruhan tanaman, ini terlihat jelas pada retakan tanah di sekitar pangkal batangnya.


Sekitar 10 bulan sejak biji disemaikan, beginilah sosok tanaman yang kembali terlihat tumbuh segar setelah dipangkas batang utamanya. Setiap pertumbuhan baru, cabang yang tumbuh selalu lebih besar daripada yang sebelumnya, ini karena system perakarannya sudah semakin kuat.


Daun per daun yang bermunculan pun terlihat semakin besar dibandingkan saat usianya masih muda dulu. Kalau kita perhatikan (lihat di tengah foto) semacam tali yang saya sendiri belum tahu apa namanya, mulai muncul juga. Ini menandakan pertumbuhannya akan semakin memanjang, batangnya pun akan semakin membesar.

Masih tertarik untuk menanam biji anggur? Tunggu posting berikutnya di sini ya..... Have a GRAPE day !!!

Sekali lagi saya katakan bahwa pohon anggur yang ditumbuhkan dari biji belum tentu dan bahkan bisa menghasilkan buah yang sama sekali berbeda dengan karakter induknya, berarti ada kemungkinan akan ada yang mirip, yang lebih buruk maupun yang lebih baik dari induknya sendiri. Let's think! Bagaimana jika biji anggur yang kita tanam ternyata bisa menghasilkan buah yang exotic? Bukankah itu sebuah kebanggaan tersendiri? Belum lagi kalau kita memang hobby mengamati pertumbuhannya, pasti akan sangat menyenangkan bukan? Tetapi kendalanya adalah sulitnya dan kecilnya kemungkinan tumbuh biji anggur itu sendiri karena anggur memang memiliki karakteristik biji yang berbeda dengan biji-biji tanaman pada umunya. Namun jangan berkecil hati, bagi anda yang berkeinginan untuk mencoba menanam anggur dari biji, saya akan mencoba membantu dengan menyediakan biji yang sudah siap disemaikan, siap tumbuh menjadi calon pohon anggur yang misterius

Biji anggur import yang disediakan oleh thomasgrape sudah melalui proses treatment sehingga sangat mudah tumbuh, biji dikirimkan dalam keadaan siap semai. Silahkan lihat infonya di http://thomasgrape.blogspot.com/2012/11/katalog-dan-price-list.html
Hubungi via SMS ke 085732321000 untuk pemesanannya.



127 komentar:

  1. informasi yang sangat menarik....nice blog

    BalasHapus
  2. memang seorang petani itu harus mempunyai kesabaran yang tinggi hehehe
    harus nunggu sampai 3 th untuk mencicipi buah pertamanya..

    BalasHapus
  3. Itu juga kalo buahnya manis dan besar pak, tapi ga apa2 deh yang penting asyik hehehe. Kalo mau yang pasti pake stek batang saja, atau beli di supermarket (bisa nyicipi dulu) hehehe

    BalasHapus
  4. kalau mau mencoba menanam dari bibit biji, apakah ada perlakuan khusus? misal biji dikeringkan terlebih dahulu atau direndam di cairan tertentu(karena anggurnya beli di supermarket hehehe...., dan apakah media untuk bibit biji ini perbandingannya tetap sama 2:1:1 ?

    BalasHapus
  5. Iya mbak Neni, perbandingan tetap sama tapi lebih butuh steril. Sebelum semai biji dikering-anginkan, direndam hydrogen peroxide 1 jam. Yang saya tanam juga dari red globe yang di supermarket. Itu salah satu cara saja, banyak juga yang memakai cara lain dan tumbuh dengan baik, selamat mencoba.

    BalasHapus
  6. hydrogen peroxide bisa didapat dimana pak

    BalasHapus
  7. Apotek atau toko bahan kimia biasanya menyediakan pak.

    BalasHapus
  8. Pak LIem, apakah anggur yang disemai dari biji nanti buahnya sama dengan anggur itu sendiri, kalau beli bibit stek anggur merah dimana ya pak. Rumah saya di tulung agung. Apakah bapak menyediakan bibit ?

    BalasHapus
  9. Buah yang dihasilkan dari bibit semaian biji tidak bisa sama persis dengan aslinya pak, pasti ada perubahan genetika, jadi tidak bisa diandalkan untuk perbanyakan. Sebenarnya banyak penjual bibit anggur pak, tetapi setahu saya banyak yang kurang jujur hehe. Saya bisa menyediakan bibit beruppa stek pak, tetapi harus tunggu musim pangkas kira2 bulan 11 nanti.

    BalasHapus
  10. Pak Thomas...kalau sdh musim pangkas, tolong e-mail saya di mp_petrus@yahoo.com - saya mua beli stek bibit anggur dari bpk.
    saya tertarik untuk menanam di halaman rumah di Bogor karena halamannya lumayan luas.

    BalasHapus
  11. pak liem, mohon pencerahannya, saya tanam dari biji, sekarang yang bisa hidup hanya 5 dari 40 biji. mohon dijelaskan jenis media dan perbandingannya yang pas supaya yang 5 ini tidak mati. terima kasih.
    r0ny

    BalasHapus
  12. Mas... Gimana caranya agar saya dapat bibit stek dari Mas Thomas ? apa harus transfer uang dulu atau gimana ?

    BalasHapus
  13. wow..... luar biasa. keren bgt.

    BalasHapus
  14. pak liem ,saya sering baca-baca artikel tentang anggur ,saya pun tertarik untuk mencobanya ,saya ambil bibit dari biji yang sudah dikeringkan dan sudah saya semai,dan sudah tumbuh ,tetapi saya bandingkan dengan contoh gambar yang ada pada blog bapak ,daunnya berbeda atau karena masih terlalu kecil ya...padahal daunnya sudah lima lembar atau ada yang salah ya pak...
    Mohon saran dan petunjuknya pak..trim..

    BalasHapus
  15. Ya pak, media yang baik untuk anggur adalah media tanah, untuk lebih baiknya ditambahkan pasir dan pupuk kandang atau organik yang sudah siap pakai. Usahakan media bisa menyimpan cukup banyak air tetapi tetap porous. Di alam bebas umunya anggur hidup subur di tanah liat berpasir, ini yang kita gunakan untuk pedomannya pak. Jangan lupa, anggur sangat menyukai cahaya matahari jadi tempatkan di lokasi yang terik cahaya.

    BalasHapus
  16. Pak Arif, Bibit stek yang bisa saya sediakan adalah yang varietas lokal atau yang dari australia, itupun harus menunggu musim pangkas dan dalam jumlah besar, untuk pesanan jumlah kecil bisa saya ikutkan saat ada pesanan. Teknisnya, setelah semua info positif bibit stek kami kirimkan setelah pembayaran kami terima. Harap maklum.

    BalasHapus
  17. Senang sekali bapak mau mencoba menanam anggur dari biji. Andai saya melihat fotonya saran yang saya berikan mungkin akan lebih akurat pak, kalau tidak keberatan bapak bisa kirimkan ke email address saya. Setahu saya biji anggur tidak mudah tumbuh natural pak, kalau daun beda wajar saja karena memang banyak jenisnya, tetapi kalau sama sekali berbeda ada kemungkinan yang tumbuh tersebut biji tanaman lain pak, semoga saya salah. jangan menyerah pak.

    BalasHapus
  18. saya tanam dari biji tidak tumbuh2... gmn y supaya dari biji bisa tumbuh

    BalasHapus
  19. Bapak Hari, biji anggur bersifat kedap air, jadi untuk menumbuhkannya harus dibuat menyerap air, salah satunya dengan perendaman hydrogen peroxide atau bisa juga dengan bayclin yang biasa dipakai untuk mencuci pakaian, coba dengan konsentrasi 10-20% selama 1 jam kemudian bilas, kering anginkan sebelum ditanam. Selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Thomas
      hydrogen peroxide pakai yg berapa persen(%)

      Hapus
  20. Bapak Frewin, Hydrogen peroxide yang pernah saya pakai adalah yang 3%, dengan low solution seperti ini saya tidak menambahkan air lagi.

    BalasHapus
  21. pak thomas setelah direndam dengan hydrogen peroxide dibilas dikeringkan berapa lama pak dan media tanahnya kayak gimana makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direndamnya tergantung kepekatan larutannya pak. Cukup dibilas dengan air bersih dan kering-anginkan selama 1 jam. Media tanah apapun bisa digunakan yang penting porous pak. Selamat mencoba.

      Hapus
    2. perbandingan media 2:1:1 itu maksudnya media apanya pak?

      Hapus
    3. Perbandingan tersebut maksudnya tanah 2 bagian, pasir 1 bagian dan pupuk kandang 1 bagian. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  22. bisa dikirim ke mataram??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, kami melayani pengiriman ke seluruh nusantara bahkan sampai ke negara-negara tetangga. Pengiriman melalui jasa Tiki, menurut informasi dan pengalaman maksimal 4 hari untuk pengiriman dalam negeri kecuali indonesia timur bisa sampai 7 hari perjalanan.

      Hapus
  23. Pak Thomas, bisa ngak bijih anggur tumbuh jika ngak letakkan hidrogen peroksida? minta pak thomas jelaskan, sya dari malaysia, hehe....

    BalasHapus
  24. biji yang akan di tanam apakah tidak melalui proses lain? seperti di pupuk atau yang lainnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik tidak menggunakan pupuk untuk tahap awal penanaman anggur pak, karena akar dari biji anggur tidak tahan zat kimia, andai menggunakan pupuk kandang pun tidak boleh terlalu banyak.

      Hapus
  25. Bisa pak, tetapi percentagenya sangat rendah, pernah saya temui tanaman anggur kecil di sekitar pohon anggur, sepertinya tumbuh dari biji anggur yang terjatuh.

    BalasHapus
  26. Om liem, mohonpencerahan, Bagaimana cara membedakan jenis tanaman anggur jika dilihat dari daunnya, atau mungkin om Liem dapat memuat gambar beberapa jenis tanaman anggur berikut keterangan nama jenisnya.

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas sarannya pak. Bentuk daun anggur tidak bisa ditentukan dengan akurat hanya dengan melihat bentuknya karena bentuk daun anggur bisa berubah bentuk sesuai dengan keadaan sekelilingnya pak.

    BalasHapus
  28. Pak Thom, saya satu pot medium, tumbuh dua biji.. kira2 gimana pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jaraknya tidak berimpitan lebih baik dipisahkan saat masih kecil pak, tetapi jika sulit karena berhimpitan lebih baik dibiarkan saja atau dimatikan salah satu.

      Hapus
    2. OK pak, thanks.. satu lagi, daun bergerigi nya udh mulai muncul pak, kira2 sudah bisa diberi pupuk ke medium nya, atau biarkan sampai besar dulu?

      Hapus
    3. Lebih baik dibiarkan dulu sampai benar-benar kuat pak, tetapi jika diberi pupuk usahakan dengan pupuk kandang saja.

      Hapus
  29. mlm pak thomas.cabang primer utama di pangkas kira2 sampai umur berapa??? dan kira2 brapa meter dri permukaan tanah cabang primer utama di pangkas???? trim pak thomas!!!!!!

    BalasHapus
  30. Pemangkasan batang utama biasanya dilakukan 6 bulan sejak tanam di lahan pak, ketinggiannya dari permukaan tanah tergantung system yang digunakan, artikel tentang pemangkasan bisa bapak baca di halaman PEMANGKASAN /PRUNING.

    BalasHapus
  31. terima kasih infonya Pak Thomas, sesuatu yang menarik.

    BalasHapus
  32. Pak Thomas pengen tau nih, usia berapa tahun ni si tanaman anggur dari biji ini bisa berbuah. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Aris, tanaman anggur dari biji membutuhkan waktu lebih lama untuk berbuah. Pada usia 2 tahun sudah bisa dibuahkan tetapi untuk mengetahui kualitas buah yang sebenarnya bisa diketahui pada usia 3 tahun ke atas. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  33. Pak Thomas,,boleh dijelaskan bagaimana cara membuat stek anggur? Waktu itu saya coba tanam batang muda nggur yg sdh ada daunnya bahkan buahnya,,sy tanam dan daun tetap segar selama 3 minggu,,namun sy kasih pupuk kotoran kambing..malah mati..sy cabut karena penasaran daun menguning..ternyata ada cacing kecil melingkar di sptnya akar(putih)..Apakah stek bisa dari batang keras anggur induknya?Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Arief, untuk menanam anggur dengan batang stek haruslah diambil dari pohon yang sehat, batang usia minimal 1 musim, diameter minimal 7mm, dan mata tunasnya terlihat jelas. Stek dengan batang muda lebih beresiko busuk, kering ataupun diserang nematoda seperti yang bapak alami. Batang stek yang akan ditanam harus dibuang seluruh daunnya untuk menghindari penguapan berlebihan pak. Selamat mencoba.

      Hapus
  34. pak thomas, bibit rooting itu apa sih ? apakah dia sama dengan bibit seeding ? tolong dijelaskan pak.. tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiklah berikut ini penjelasannya pak.
      Cuttings: Bibit berupa potongan batang stek.
      Rootings: Bibit berupa batang stek yang sudah berakar tumbuh dalam media pot/polybag
      Bare root: Bibit dari batang stek yang sudah tumbuh tetapi berupa bibit saja tanpa medianya.
      Seedlings: Bibit yang berasal dari biji yang sudah tumbuh/ berkecambah.
      Grafted rootings: Bibit berupa rootings yang sudah disambung (okulasi) dengan varietas hybrid (pada umumnya)
      Demikian semoga jawaban saya bisa membantu bapak.

      Hapus
  35. saya kemarin sudah coba tanam biji red globe,pak. cuma dari direndam bayclin 10% selama 1 jam saya lupa membilasnya, langsung saya keringkan dan saya tanam...hehehe... mudah2an tetep bisa tumbuh.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe masih ada kemungkinan tumbuh bu, kecuali kalau lupa tanam nggak bisa tumbuh pastinya :) saya turut mendoakan dan berharap bisa tumbuh bu Ida. Trm kasih komentarnya.

      Hapus
    2. Pak Thom, saya batang utamanya bercabang ada 2 (seperti kepala hydra), gimana cara memasang parapara nya pak?

      Hapus
    3. saya tanam anggur dari biji dari 2004 sampai sekarang belum berbuah padahal sudah kita pangkas / gundul daunnya sampai habis tapi sulur bunga tak juga tampak bagaimana solusinya Pa Thomas, dan bibit anggur sy satu anggur hijau australia dan satu hitam afrika saya pengen sekali meliat hasilnya apakah bisa jd varietas yg unggul pa thomas

      Hapus
    4. Membuahkan anggur tdk cukup hanya dengan pemangkasan dan pengundulan daun pak. Sblm dipangkas harus melalui beberapa tahap, pemupukan, pengeringan dan pemangkasan pak. Pemangkasan yg salah jg tdk menghasilkan buah. Utk bibit lain yg bpk tanam bisa juga menjadi varietas baru yg baik, tp perlu diketahui juga bahwa bibit dr biji tdk 100% menurunkan genetik induknya. Semoga bibit yg bpk tanam menjadi varietas yang baik pak :)

      Hapus
  36. Yg dari biji sudah ada yg berhasil berbuah apa belum sekarang pak?

    BalasHapus
  37. Selama ini orang yg mengembangbiakkan tanaman dg cara kultur jaringan, mereka mengambil dari daun muda, ujung akar dan kambium. Nah, Mungkinkah melakukan kultur jaringan dengan mengambil bahannya dari buah? BUkankah teori dasar dari kultur jaringan adalah Totipotensi, yakni setiap bagian tanaman bisa berkembang biak. Kalau bisa, tidak usah repot2 nungguin biji tumbuh yg kemungkinan hasilnya pun tidak sama dg induk.

    BalasHapus
  38. Bapak Alex, pohon anggur yang dari biji sudah berhasil berbuah, tetapi waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama daripada yang dari stek pak.

    BalasHapus
  39. Bapak Alex, pendapat bapak sangat benar tentang mengembangkan anggur dari biji, sebenarnya penanaman anggur dari biji kami lakukan selaku viticulturist untuk menemukan varietas2 baru yang lebih baik, bukan untuk mendapatkan hasil yang sama dengan buah asalnya, dan sebagian besar hobiis melakukan penanaman anggur dari bijinya semata-mata hanya untuk sebuah kesenangan saja. Untuk metode kultur jaringan sangat jarang diterapkan pada anggur karena jauh lebih mudah, cepat dan ekonomis dengan menggunakan cuttings (batang stek) sebagai bahan perbanyakannya. Demikian pak, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  40. nice blog. jempol buat pak thomas. terima kasih pak buat artikelnya....
    saya masih newbie pngen blajar tanam anggur dari biji. saya minta izin copas artikelnya pak buat bahan pembelajaran saya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan pujiannya pak. Newbie tdk masalah pak, saya akan dengan senang hati membantu. Artikel silahkan di-copas bebas pak, karena tujuan blog ini memang utk sosialisasi dan pembelajaran ttg anggur :)

      Hapus
  41. Ha ha lucu jg nih ingat nanam anggur dr biji.
    Saya setiap makan anggur 2 atau 5 biji anggur pasti bijinya di tanam langsung ke pot kecil.Mungkin udah ratusan biji kali ya?!
    Kebetulan saya penjual buah jadi gampang milih farietas.Kerbetulan yang hidup Red globe.
    Sekarang udah tinggi 0.5 Meter.
    Baru tau saya kalo buahnya ntar bisa di cicipi setelah 3 tahun.
    Makasi blognya. Cantik!!!!

    BalasHapus
  42. Terima kasih kembali pak. Semoga isi blog ini bisa bermanfaat utk bapak juga.

    BalasHapus
  43. blog yg menarik untuk orang yg lagi punya hobi baru seperti saya klbisa info nya tambahin lagi......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Mamun. Informasi akan selalu ditambah secara bertahap pak. Kunjungi terus blog Thomasgrape ya pak... :)

      Hapus
  44. Pak Thomas yang baik, saya tanam bibit anggur hijau lokal dari stek, 1 bulan lalu, tumbuh baik dan menjalar di pagar. Lalu saya coba tanam juga beberapa biji red globe di polybag. Dua biji tidak direndam bayclin, sisanya saya saya rendam bayclin. Mudah2an tumbuh ya pak. Pertanyaannya, bagaimana mensiasati tanaman anggur tanpa media rambat/pergola mengingat minimnya lahan. Makasih banyak pak.

    BalasHapus
  45. Terima kasih pujiannya pak, jika bapak ingin membuat anggur berbuah tanpa rambatan bisa dilakukan dengan system head pruning pak, penjelasan dan fotonya ada di halaman "pemangkasan / pruning". Semoga yg dari biji juga berhasil tumbuh baik pak...

    BalasHapus
  46. pak thomas hidrogen peroksida itu kalo diganti dengan proclin apakah bisa?
    saya sudah mencoba pak pake proclin, ini udah 1 bulan, tapi tidak kunjung tumbuh pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa digantikan dengan pemutih/bleach segala macam/merk pak. Tapi masing2 kandungannya bervariasi, jadi harus jeli menghitung persentasenya.

      Hapus
  47. Salam kenal Pak Thomas.
    Saya Dedy dari garut pak..., sy baca2 blog ini dan tertarik sekali untuk mencoba menanam anggur ini, kebetulan rumah saya atap nya dak beton, kalau misalkan saya tanam di dak beton tersebut dengan polibag tetapi nantinya ingin di buatkan para2/dirambatkan seperti di halaman terbuka, kira2 bisa ngak pak ? Mohon pencerahannya. Dan apakah bibitnya masih ada pak untuk yg cutting, kalau untuk daerah garut kira2 cocok ngak pak..? kalau ada nanti saya sms pak..., terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Dedy, untuk saat ini yg tersedia hanya bibit berupa biji siap semai varietas Jepang. Bibit cutting nanti bulan Maret pak. Bpk bisa pantau melalui katalog atau beritahukan no hp bpk dgn SMS ke saya. Nanti saat tersedia akan saya kabari. Penanaman di atas dak beton bisa dilakukan dan bagus hasilnya krn cahaya matahari maksimal pak, tetapi pastinya harus dengan polybag atau pot yg cukup besar jika berrencana untuk dijalarkan sekalian untuk peneduh.

      Hapus
    2. Pak Thom, bibit anggur saya dari awal tumbuh, memiliki dua cabang utama (arah tumbuh). Lalu saya biarkan tumbuh, setelah beberapa bulan menjadi banyak cabang utamanya dan menjulur-julur ke tanah, karena potnya tidak dipasang para-para. Mohon nasehat, sebaiknya saya apa kan, pangkas atau pindahkan ke tanah saja. Trims

      Hapus
    3. Kalau sdh hidup baik dlm pot sayang sekali kalau dipindah ke tanah pak, Kecuali jika bpk mmg pny rencana begitu. Lbh baik dipasang pergola saja dan dipangkas sesuai pergolanya.

      Hapus
  48. Pak Thomas, untuk bibit dari biji pemangkasan perdana dilakukan pada umur berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemangkasan perdana dilakukan jika pertumbuhannya dirasa sudah terlalu panjang pak, jika memungkinkan lebih baik dibiarkan tumbuh bebas supaya batang utamanya semakin besar, minimal usia 1 tahun bisa dipangkas untuk pembentukan tajuknya.

      Hapus
    2. Untuk tabulampot sama juga Pak?

      Hapus
    3. Perlakuannya sama pak, hanya saja biasanya yang tabulampot lebih lambat.

      Hapus
  49. pak thomas, alhamdulillah, anggur dari biji saya sudah tumbuh, ini sekarang sudah berdaun 3. saya ucapkan terima kasih kepada pak thomas karena sudah memberitahu rahasia dibalik pemutih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali pak. Saya turut merasa senang. Itulah indahnya berbagi pengetahuan pak ;)

      Hapus
  50. Pak Thom, anggur saya daun nya kena bintik-bintik/bercak kuning oranye, dan ada yg ukuran daunnya sampai mengecil. Ini penyakit apa ya, apa penyebab dan apa obatnya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa gejala seperti itu pak. Sulit untuk memastikannya Kalau hanya melalui cerita, jika bapak berkenan silahkan kirimkan fotonya (close up) ke email saya tomsset@yahoo.com

      Hapus
  51. Pak saya mau biji anggur ada?? Ada Rahasia apa dgn H2O2 pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji anggur siap semai ada pak, untuk pemesanan silahkan langsung dgn SMS ke 0857-3232-1000. H2O2 bersifat korosif sehingga bisa melunakkan dan membuat pori kapiler pada bidang yang berinteraksi dengannya.

      Hapus
  52. Pak Thom, anggur saya dari biji sudah umur setahun, panjang kira2 1 meter dr tanah, baru2 sj daunnya ludes 90% dimakan ulat pak. Apa yg harus saya lakukan Pak? Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hanya dimakan ulat tidak apa2 pak. Nanti akan tumbuh lagi, pencegahan bisa dengan penyemprotan insektisida.

      Hapus
  53. pak thomas, anggur yang saya beli dari pedangang anggur sudah berumur 3 bulan lebih dan tingginya 2,5 m, tetapi di bangian kulit batang terkelupas dan ada benjolan kecil berwarna agak kuning keputihan yang jika di kelupas bagian batang itu akan bopeng/berlubang apa yang harus saya lalukakn pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung bopeng atau berlubangnya karena apa pak, dan sebaiknya bapak periksa gangguan tersebut menyebar atau hanya terjadi saat itu saja. Jika ada indikasi penyebaran sebaiknya segera dipastikan jenis penyebab serangan tersebut. Saya tidak pernah mengalami hal serupa pak, untuk lebih memastikan jika bapak tidak keberatan mohon fotonya dikirimkan ke email saya cs@thomasgrape.com terima kasih

      Hapus
    2. iya pak, tetapi kalau kulit batang anggur yang terkelupas apakah i2 normal?

      Hapus
    3. Kulit anggur memang seiring membesarnya batang akan berubah menjadi kecoklatan dan mulai retak-retak hingga akhirnya terkelupas pak, jadi hal tersbut sangat wajar.

      Hapus
    4. pak maaf ya sebelumnya, saya baru kirim fotonya lewat emai saya akbar_ardyansyah@ymail.com tetapi videonya akan menyusul dan saya menunggu kabar dari anda! thanz...

      Hapus
    5. pak maaf sebelumnya saya baru sempat kirim foto anggur saya di alamat email akbar_ardyansyah@ymail.com, dan vidoenya akan menyusul, tolong bantuannya?

      Hapus
    6. Terima kasih pak. Email akan saya balas secepatnya.

      Hapus
    7. pak kalau bagian sulur yang memegang bambu i2 pada photo mengering seperti itu pak apakah i2 normal?

      Hapus
    8. Hal tersebut normal pak. Ada 2 macam petiole/tendrill ada yang tetap kecil dan kemudian mengering, ada juga yang tetap hidup dan makin membesar.

      Hapus
    9. pak, bisakah jika saya memangkas anggur hanya sampai 70cm, dan batang sisanya saya tanam kembali?

      Hapus
    10. Bisa pak, asalkan batang potongannya berdiameter tidak kurang dari 5 milimeter.

      Hapus
    11. pak kenapa pada saat saya mengupas kulit anggur yang berwarna coklat, daunnya juga ikut terkelupas?

      Hapus
    12. Mohon maaf pak, saya kurang memahami maksud pertanyaan bapak, mohon diperjelas. Terima kasih

      Hapus
  54. pak. thom,., saya udah coba tanam biji anggur kira2 5bulan yang lalu, ada 2 yg tumbuh.. tpi kok yg satu lebih cepat tumbuh dibanding yg satunya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji memang membawa karakter sendiri yang berbeda-beda pak, jadi wajar jika pertumbuhan tidak sama, bahkan terkadang juga muncul yang bentuk daunnya berbeda walaupun dari satu varietas.

      Hapus
  55. Mas Thomas, maaf mas. sy Berry, mau mulai nanam anggur lewat biji mas. Untung2 dapat jenis anggur baru. Hehee.. Baru beli anggur di mart, tapi gk ketemu "hydrogen peroxide", bisa ganti sama pemituh pakaian??? Bahan aktifnya : 5,25 % NaOCL. Bagaimana itu mas...mohon bantuannya sangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak Berry, pemutih pakaian atau bayclin juga bisa digunakan sebagai pengganti H2O2. Perendaman selama 1 jam cukup efektif. Jika bapak ingin mendapatkan hydrogen peroxide bisa dibeli di apotik atau toko bahan kimia. Semoga berhasil.

      Hapus
  56. Salam kenal Pak Thomas

    Saya mau pesan bibit cutting AG-60(maroo) dan red prince untuk ditanam di halaman. Stock nya ada gak pak? Terus berapa jumlah pembelian minimalnya?
    Terima kasih pak.

    Idrah Putra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelian produk bibit dan lainnya bisa dilakukan di toko online www.thomasgrape.com/produk.html atau bisa juga melalui SMS ke 0857-3232-1000.

      Hapus
  57. anggur biji yg sy tanam th 2004 sudah berbunga namun hanya 1 malai saja , bisakah anggur saya bisa berbunga lebat kalau yang selajutnya atau ada pupuk ZPT yang jebret.......!!!! mohon saran dari
    Bp thomas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon anggur akan berbuah lebat jika nutrisi tercukupi dan dilakukan pemangkasan dengan prosedur yg benar pak. Jika bapak ingin penjelasan lebih rinci silahkan hubungi kami dengan email ke cs@thomasgrape.com dengan menyertakan foto pohonnya utk mempermudah dalam menjelaskan ttg pemangkasan.

      Hapus
  58. apa kabar bp thomas, mg baik dan sukses . anggur sy dari biji th 2004 sdh buah pertama tp hanya satu tangkai sja pa mohon tip nya pa biar buah yg kedua biar lebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf pak sepertinya saya terlewat membalas komentar dari bapak. Selamat buat bapak yang sudah berhasil membuahkan pohon anggur yang dari biji, 1 tangkai sudah bagus pak, sebuah awal yang menyenangkan pastinya...
      Untuk membuatnya berbuah lebih banyak tentunya ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti pengolahan media tanam,pemupukan, dan yang mutlak dilakukan adalah perlakuan prosedur SPAP untuk membuahkannya. Untuk lebih jelasnya bisasaya bantu jelaskan lebih rinci melalui email. Jika ada kesempatan silahkan kirimkan email beserta foto tajuk tanaman ke cs@thomasgrape.com saya akan memberikan arahan yang sesuai dengan senang hati, terima kasih.

      Hapus
  59. Salam kenal bp Thom saya Akmal dari Makassar, setelah saya liat2 blogx saya tertarik untuk mencoba menanam pake tabulam pot, apa bisa saya taruh di beranda lantai 2 rumah saya pak? trus untuk yg bibit stek kapan ada lagi pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Akmal. Anggur bisa saja ditanam dlm pot di beranda lantai 2 asalkan diletakkan pada posisi yg banyak mendapat sinar matahari pak. Perkiraan bibit stek akan tersedia lagi 2-3 bulan yg akan datang. Jika bpk ingin dikabari silahkan kirimkan SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih

      Hapus
  60. Saya Tohir dari medan...
    Saya sangat senang dengan blok ini,,,
    Mohon pencerahan nya pak??
    Kalau setelah di rendam dengan Hydrogen peroxide, Apakah perlu di rendam dengan air lagi??
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Tohir, terima kasih telah berkunjung. Perlakuan treatment dengan Hydrogen Peroxide hanya untuk memudahkan penetrasi saja pak, setelah perendaman tentunya masih dibutuhkan pembilasan dan perendaman untuk membuat biji berkecambah.Terima kasih

      Hapus
    2. Terima kasih pak penjelasanya...
      Oh ya pak, saya mau pesan Red Malaga Cutting 1 Pack, Caroline Balck Rose Cutting 1 pack, Boster 2 bungkus, Pupuk Akai 2 Bungkus dan Pupuk Midori 2 Bungkus...
      Dah ready stock pa blom pak??
      Saya jadi pengen berkebun jg neh..
      Thanks pak Atas Ilmunya... :)

      Hapus
    3. Untuk melakukan pembelian bapak bisa kunjungi toko online Thomasgrape di www.thomasgrape.com/produk.html atau bisa juga order via SMS ke 0857-3232-1000. Tapi mohon maaf saat ini cutting dan pupuk sedang habis. Cutting diperkirakan 2-3 lagi akan tersedia. Pupuknya 1-2 minggu lagi. Sedangkan Booster ready stock pak.Terima kasih

      Hapus
  61. Pak Thomas... terimakasih atas pengetahuan yg bapak share ke kami..
    Pak, saya berniat untuk menanam biji anggur ini tapi yg beli di supermarket yg red globe baru mau nyoba2 juga. Menyemai anggur ini pasti sulit banget ya pak ga semudah kecambah, mohon ilmunya lagi nih pak heheee.
    Bgini pak, saya mau tanya cara2 nya,,
    1) biji yg dari buahnya itu langsung kita rendam sm bayclin (kandungan 5.25%NaClO) diencerkan dengan air dulu atau langsung aja pak?
    2) selama perendaman di bayclin dilakukan itu berapa lama & pengeringan/peng-angin-an berapa lama juga pak? perlu pake dipanaskan kematahari ga pak?
    3) setelah diangin2kan, apakah biji tadi direndam dengan air sumur/kemasan selama 24 jam kah pak?
    4) kalo misalnya point no.4 dilakukan, setelah itu biji2 tadi dipindah ke wadah yg bening yg ada tisue yg sudah dibasahi kah pak?
    Maaf ya pak,, tapiii saya berterimakasih banyak paak. Berkat blog bapak, saya dapat ilmu baruu :D

    BalasHapus
  62. Benar bu, menyemai biji anggur yang didapat dari buah anggur segar memang sulit, sangat berbeda dengan penyemaian biji jagung, berikut ini jawabannya bu:
    1. bayclin dengan kandungan NaClO 5.25% harus diencerkan dengan tambahan air hingga menjadi 3% sebelum digunakan untuk perendaman.
    2. Lama perendaman dengan larutan konsentrasi 3% dilakukan selama 1 jam, untuk persentase lain seperti 5,25% harus dikonversikan sesuai dengan kadar yang bersangkutan.
    3. Setelah dibilas bersih dikeringkan dengan cara diangin-anginkan selama 1-2jam, boleh dikenakan sinar matahari tetapi tidak boleh terlalu lama.
    4. Setelah perendaman 24 jam dalam air biji bisa langsung ditata di atas tissue yg yang dibasahi dalam wadah kedap udara supaya kelembaban stabil.
    Demikian bu, semoga berhasil...

    BalasHapus
  63. Pak Thomas.. apakah biji dari anggur buah yg ada di supermarket harus di "treatment de-dormancy" dulu? kemarin waktu saya rendam 17biji, 3 biji yg mengapung, untuk 14 biji semuanya tenggelam.. kmudian saya masukkan ke media yg ada kapas basahnya, apakah masukkan ke dalam media ini harus ada cahaya sinar matahari? terimakasih Pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hasil yg baik tentunya harus ditreatment de-dormancy bu. Tanpa treatment juga bisa tumbuh namun kemungkinannya sangat kecil. Biji dalam wadah cukup mendapat bias sinar matahari saja bu.

      Hapus
  64. Pak Thomas. berikan ucapan selamat pada saya ya. Salah satu bijinya sudah pecah dan mengeluarkan TUNAS :D hahaaa seneng banget rasanya Pak. Sempat putus asa banget dan hampir dibuang mereka. Tapi tiba2 aja saya liat salah satunya muncul Tunas :D Terimakasih ya Pak. Perjalanan mereka masih panjang. Doakan kami Pak hehehee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tentu bu, Selamat dan Selamat buat ibu Bunga hehe.. Boleh senang tapi waspadai becek ya bu, semoga subur dan cepat besar. Kirim gambar dong bu Bunga :)

      Hapus
  65. Selamat sore pak.....

    Tolong tanya kenapa kok tanaman anggur saya daunnya kecil2 ya. paling sekitar diameter 3cm.... umur tanaman ini 4 bulan. tapi daunnya banyak. Mohon informasi, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya gejala tersebut karena kekurangan unsur natrium dalam tanah pak. Cobalah menambahkan pupuj kandang dan tambah volume penyiraman selama seminggu pertama. Setelah itu dipangkas pendek buang mahkotanya. Nanti akan tumbuh hanya 1-2 tunas saja yg subur dan berdaun besar.

      Hapus
  66. Saya membaca diblog anda 9 bulan yang lalu , kemudian saya beli dari tukang tanaman 1 yellow belgy stek dan saya tanam di halaman, tiap minggu saya urea
    alkhamdulillah awal bulan Nopember 2003 saya pangkas dan berbunga 21 tangkai dan sekarang menjadi buah 11 tangkai setelah itu saya pupuk mutiara 1/2 kg.Beberapa kali saya mencoba menanam biji red prince dari buah angur yg saya beli dari toko tapi tidak pernah tumbuh kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak Asmuji, biji anggur tidak sama dengan biji lain yang mudah sekali tumbuh. Biji anggur sullt tumbuh karena sedang dormant, jadi kalau ingin menumbuhkannya harus menghentikan keadaan dormantnya dahulu kamudian disemaikan. Ada beberapa metode yang bisa dipakai, salah satunya yang mudah adalah dengan menyimpan dalam kulkas (chiller) selama 2-3 bulan sebelum disemaikan. Selamat mencoba lagi pak...

      Hapus
  67. Salam kenal buat tuan.saya amat teruja dengan pohon2 anggur yang tuan pamerkan.bagaimana boleh saya dpatkan cutting pohon dari tuan.semoga dapat maklum balas yg bahagia dari tuan.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Kak Lie. Terima kasih atas pujiannya. Untuk mendapatkan bibit cutting silahkan hubungi Thomasgrape melalui email cs@thomasgrape.com atau SMS ke (+62) 85732321000 Terima kasih

      Hapus
  68. Pak saya tidak pernah menyemai anggur tp sy yakin itu anggur import sy py 2 bibit yg sy temui di perangan rmh yaitu cukulan sendiri... yg sy tykan kl udh tumbuh d tanah lbh baik d pindah k pot apa di biarkan pak.dan bgmn cr mrwat dg benar dan pupuk apa yg perlu d berikan pak.trima kasih isti d sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kondisi lingkungan aman dari gangguan (terutama ayam) sebaiknya dibiarkan tumbuh sampai agak besar dulu pak, setelah lebih besar bisa dipindahkan dengan aman.

      Hapus
  69. Pak sebaiknya saat sudah tumbuh menjalar posisi tanaman lebih baik banyak terkena matahari / enggak?atau rutinitas penyiramannya ditambah? soalnya gampang kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, anggur sangat membutuhkan sinar matahari jadi sebaiknya pada masa pertumbuhannya bisa mendapatkan sinar matahari sebanyak2nya. Penyiraman boleh ditambah jika kondisi mudah kering terutama jika penanamannya dalam pot.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.