Senin, 28 Maret 2011

PERKEMBANGAN BUAH ANGGUR

Dengan memperhatikan foto-foto di bawah ini kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan anggur sejak dari pemangkasan, tumbuhnya tunas, munculnya sulur bunga, mekarnya bunga, terbentuknya buah, perubahan warna buah hingga anggur siap dipetik.














65 komentar:

  1. Pak Thomas, ada plastik di bagian atas anggur H+90 itu untuk apa?
    - tertutup semua atau hanya sebagai payung?
    - mulai di kasih kerudung sejak kapan?
    maaf banyak nanya, soalnya baru liat yg detail seperti ini.
    Tq

    BalasHapus
  2. Bapak Hulaimy, Plastik tersebut hanya sebagai payung untuk menghindari embun pak, tidak ditutup semua. Pemasangan kerudung saat veraison (perubahan warna) dimulai pak. H+ berapa tergantung masing2 varietas.

    BalasHapus
  3. wah semakin asik baca tips n trik-nya ni, terima kasih pak Thomas.

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak, saya senang bisa belajar bersama. Tips n tricks akan sering saya update pak.

    BalasHapus
  5. Pak Thomas,pemangkasan pohon itu dilakukan secara sembarang atau dilakukan dengan beberapa syarat lagi? misalkan penambahan pupuk atau mungkin lainnya.
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Bapak Abdus Somad, Pemangkasan tidak dengan sembarangan pak. Untuk hasil maksimal harus dilakukan stress air selama minimal 2 minggu dan dipupuk seminggu sebelum pemangkasan supaya bud break sempurna. Tips lainnya bisa bapak lihat di posting tips n tricks.

    BalasHapus
  7. Pak Thomas .... salam dari Malaysia . Anggur saya sedang berbunga dan berbuah ... tp saiznya agak beda dengan H+30 dan H+40 walau usianya hampir sama . Bibit bunga milik Pak Thomas vesar banget sedangkan bibit bunga saya hanya sepanjang 1 inci . Adakah kerna varietas atau berlaku silap di mana2 ?

    BalasHapus
  8. Bapak Muhammad Razif, senang mendengar kabar pohon anggurnya sedang berbunga juga. Saiz bunga anggur memang tidak sama di setiap varietasnya pak, yang ada di posting ini memang berukuran super karena memang varietasnya besar, tetapi dengan perawatan yang baik insyaAllah bisa lebih dari 1 inch. Mungkin ada baiknya untuk pemangkasan berikutnya bapak coba ikuti prosedur yang benar. Selamat mencoba pak, semoga berhasil.

    BalasHapus
  9. Maaf pak saya bertanya lg.......semoga bapk tdk bosan jwb prtanyaan saya.... sebenarnya saya masih bingung tentang pruning pembungaan anggur pak,klo mau melaksanakan pruning apakah tunas air yg ada juga dipangkas pak.?apakah dibiarkan ttp tumbuh pak.?terimakasih bnyk pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Badrun, jangan segan-segan untuk bertanya pak, saya akan selalu bersedia membantu. Tunas air harus dibuang karena tidak ada manfaatnya pak. Secara mudahnya pruning untuk membungakan anggur dilakukan pada batang yang sudah berusia semusim pak, karena cabang tersebutlah yang bisa menghasilkan buah dengan baik, mengenai teknisnya bervariasi tergantung jenis pruning dan trelisnya. Semoga jawaban saya bisa membantu bapak.

      Hapus
  10. terimakasih banyak atas jawabannya pak....

    BalasHapus
  11. Pak Thomas..kayaknya akan lebih menarik,informatif,singkat,jelas dan padat kalau semua tips & trick yang berkenaan dengan proses persiapan pemangkasan (dari H- berapa dari pruning)),pemangkasan,terjadinya pembungaan sampai panen (H+125) dalam bentuh tabel/schedule dan flowchart lengkap dengan treatment yang dilakukan perharinya di THOMASGRAPE..salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Widodo,
      Terima kasih banyak atas sarannya yang luar biasa. Akan segera saya usahakan untuk memposting tabelnya pak. Pak Widodo memang OK.

      Hapus
  12. Pak Thomas, ada yg saya mau tanya lg, kebetulan salah satu tanaman anggur saya dirumah baru saja di prunning, dan sdh keluar banyak sekali cluster bunga dalam satu tunas.

    Kadang ada yg sampai 4 cluster berderet-deret, kira-kira apa perlu penjarangan pak?

    Koq rasanya sayang kalau di jarangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu balesannya hehehe mesti sibuk pak thomas ni :)

      Hapus
  13. Haduhh... Maaf banget pak Hulaimy, memang saya sempat sibuk tapi belum balasnya bukan karena sibuk melainkan karena kelupaan pak hehe.. Menurut saya, pohon anggur bapak sangat sehat, sebenarnya cluster bunga dibuang atau tidaknya tergantung pada varietas dan vigornya pohon pak, yang pasti dengan pengurangan cluster akan membuat kualitas buah meningkat. Memang dibuang sayang sih pak, hehe dicoba saja supaya tahu kemampuan produksinya juga pak.


    vigornya pohon. Tetapi yg pasti dengan pengurangan cluster clu cluster bunga

    BalasHapus
  14. mlm pak.yg gambar di atas yg di pangkas batang apa???

    BalasHapus
  15. Selamat malam juga pak. Pemangkasan untuk pembuahan anggur dilakukan pada cabang tersiernya untuk menghasilkan buah dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

    BalasHapus
  16. pak thomas saya mau konsultasi lagi :)

    kebetulan sdh masuk musim hujan dan perlu siap siap payung buat buah, nah plastik yg dipakai itu plasti apa pak? plastik kiloan seperti biasa atau yg agak tebal?

    saya lihat plastik kiloan lemes jd mudah nempel ke buah kalau kena air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pak Hulaimy sudah siap2 memakaikan jilbab utk buah anggurnya ya... pakai plastik biasa yg tebalnya 07 saja bisa pak. Semoga panennya berhasil pak !!!

      Hapus
    2. pak thomas, tudung nya bisa cegah air hujan, tp codot/kelelwar tidak bisa pak :)

      cara cegah mereka gimana ya? saya belum mencoba tp sudah di santap mereka duluan.

      Hapus
    3. Waduh Mohon maaf pak Hulaimy, saya lupa kasih tahu bahwa harus ditutup jaring. Di tempat saya tdk pakai jaring krn sdh ditutup jaring keliling kebun pak. Habis sama sekali pak?

      Hapus
    4. karena dalam 1 tangkai/dompol tidak matang bareng, jadi yg disantap kelelawar hanya yg matang saja, yg masih hijau kebanyakan dijatuhkan saja pak.

      saya sdh coba bungkus pakai plastik yg dibolong bolongi tp malah jadi busuk.

      nanti saya coba cari jaring buah.

      dikebun pak thomas pakai greenhouse/tertutup semua?

      oiya 1 lagi, supaya matang nya bareng dalam 1 tangkai bagaimana caranya pak?

      Hapus
    5. Sebenarnya yang dimakan kelelawar tersebut masih belum matang pak, hanya sedikit lebih matang dari yang lain. Seperti yang bapak lihat pada foto di atas veraison / pewarnaan memang tidak terjadi bersamaan, tetapi pada akhirnya jika sudah saatnya semua akan matang bersamaan, tetapi jika memang terjadi pematangan yang acak bisa terbantu dengan pemberian kadar potassium yang lebih tinggi.
      Di kebun kami, hanya varietas Jepang saja yang berada dalam greenhouse, hanya atapnya saja yang tertutup plastik UV, sekelilingnya hanya ditutup insect mesh saja pak.

      Hapus
  17. pak thomas, cara untuk menhindari kelelawar/codot bagaimana?

    saya lihat ada yg matangtp sdh di duluin mereka.

    BalasHapus
  18. gambar yang di atas varitas apa pak

    BalasHapus
  19. Lokasi foto ini dimana, Pak Thomas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi kebun thomasgrape ada di Banyuwangi pak.

      Hapus
  20. mantap sekali buahnya hehehe
    apakah ini poto hasil buah kyoho di banyuwangi pak?
    atau contoh poto dari Jepang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto kyohou di atas adalah foto di kebun Banyuwangi pak. Saat ini kami sedang mempersiapkan kebun display supaya bisa menerima kunjungan customer.

      Hapus
  21. pak thomas, saya tadinya punya pohon sampai sekarang masih ada pohonnya. dulu daunnya banyak (lebat-red) tapi sekarang daunnya tinggal dikit, waktu lebat saya binggung untuk memangkasnya seperti apa yaaaa, jadi tanaman anggurnya terbengkalai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemangkasan memang sangat penting dalam menanam anggur pak, sebaiknya sejak awal harus direncanakan bagaimana tajuk yang akan dibuat sehingga posisi cabang tidak menjadi tumpang tindih dan membingungkan. Jika bapak ingin penjelasan lebih lanjut silahkan kirimkan email beserta foto pohon anggurnya ke cs@thomasgrape.com. Terima kasih.

      Hapus
  22. Salam kenal Pak Thomas, sy baru di kasih pohon anggur sama teman, kira tingginya sekitar 15 cm, sekarng sdh sy pindahkan ke pot besar, pohonnya skrg sdh tinggi sekittar 60 cm dan udh merambat ke samping, tp kok daunnya kecil2 ya pak, pohon nya itu cabang 2, tp cuma satu cabang aja yg tmbah tinggi, kira2 bagus gak pak perkembangannya? kira2 pupuk apa yg bagus, sy tinngal di padang, pohon anggur say tarok di tempat teduh tp mendapat matahari pagi sampai sekitar jam 12 siang, mohon bantuan nya pak, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ibu Nataly. Ukuran daun pohon anggur berbeda2 bu, ada yang besar dan juga kecil. Apakah ibu tahu varietasnya?
      Sebaiknya jangan diletakkan di tempat teduh karena anggur sangat menyukai sinar matahari untuk pertumbuhannya. Cabang yang tidak subur sebaiknya dipotong saja bu supaya yang sehat bertambah bagus.

      Hapus
  23. Pak Thomas,klau buah anggur yang sering dikomersilkan di toko2 buah itu jenisnya apa ya? Trims.. Soni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling banyak di pasaran adalah varietas Red Globe pak...

      Hapus
  24. Bisa beli bibit ke bpak nggak untuk anggur jenis redglobe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, silahkan hubungi 085732321000 dengan SMS/Whatsapp
      Terima kasih

      Hapus
  25. Permisi pak numpang tanya, saya menyemai stek anggur dari induk yang sudah berbuah, setelah tumbuh daun tetapi dibarengi dengan tumbuh buahnya juga, pdhal bibitnya masih dlm polibeg kecil dan belum di tanah di lahan. Bagaimana sebaiknya agar tanaman angur apakah bisa langsung saya pindah ke lahan atau dibiarkan dulu di persemaian... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ya pak, bibit yang baru ditanam berupa batang stek memang sering kali langsung memunculkan bunga, sebaiknya bunga tsb dibuang supaya tidak menghambat pertumbuhan vegetatifnya karena yang dibutuhkan pada awal masa penanaman adalah pertumbuhan pohonnya.
      Bibit boleh tetap dalam wadah persemaiannya maupun ditanam di tanah pak..

      Hapus
    3. Ya pak, bibit yang baru ditanam berupa batang stek memang sering kali langsung memunculkan bunga, sebaiknya bunga tsb dibuang supaya tidak menghambat pertumbuhan vegetatifnya karena yang dibutuhkan pada awal masa penanaman adalah pertumbuhan pohonnya.
      Bibit boleh tetap dalam wadah persemaiannya maupun ditanam di tanah pak..

      Hapus
    4. Ya pak, bibit yang baru ditanam berupa batang stek memang sering kali langsung memunculkan bunga, sebaiknya bunga tsb dibuang supaya tidak menghambat pertumbuhan vegetatifnya karena yang dibutuhkan pada awal masa penanaman adalah pertumbuhan pohonnya.
      Bibit boleh tetap dalam wadah pertemanannya maupun ditanam di tabah pak..

      Hapus
  26. pak anggur digambar diatas pohonya dah umur berpa tahun.

    BalasHapus
  27. pak anggur golby yg rooting dah ada loem pak bibitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum direlease pak. Untuk melihat info varietas yg disediakan silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
    2. Belum direlease pak. Untuk melihat info varietas yg disediakan silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  28. sore pak thomas, sya punya pohon anggur baru setinggi sekitar 80cm tapi pucuknya patah, sekarang sudah tumbuh tunas2 lagi, apa tunas yg baru tumbuh itu disebut cabang sekunder?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt malam pak.
      Kalau baru setinggi 80 cm berarti ukuran batang masih kecil kan pak. Jadi cabang yg terbentuk itu masih disebut batang primer. Dr yg tumbuh itu sebaiknya dipilih satu saja sbg pengganti batang primernya untuk melanjutkan pertumbuhan hingga nantinya dipangkas menyesuaikan ketinggian para2nya pak..

      Hapus
    2. Slmt malam pak.
      Kalau baru setinggi 80 cm berarti ukuran batang masih kecil kan pak. Jadi cabang yg terbentuk itu masih disebut batang primer. Dr yg tumbuh itu sebaiknya dipilih satu saja sbg pengganti batang primernya untuk melanjutkan pertumbuhan hingga nantinya dipangkas menyesuaikan ketinggian para2nya pak..

      Hapus
  29. Salam sukses pak anggur, alias mr. Grape..saya nardi dari DiY. Saya mencoba membudidayan tanaman anggur seperti bapak. Yang saya ingin tanyakan..apakah pemangkasan batang sangat dominan pengaruhnya agar anggur bisa berbuah. Dan apabila tidak di pangkas sama sekali, apakah pohon anggur bisa berbuah.TERIMA KASIH mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses juga Mr. Grape..
      Kebanyakan anggur tdk bisa berbuah tanpa pemangkasan pak. Andai pun ada yg bisa berbuah (misal maroo seedless ) tetap perlu dilakukan pemangkasan utk menjaga tajuk pohon tetap baik. Tanpa pemangkasan pohon akan sangat lebat daunnya tetapi fungsi generatif nya menjadi melemah.
      Demikian pak, semoga bermanfaat...

      Hapus
  30. Salam super pa Thomas ,sy Agus kundo dari Bandung ingin banyak berguru ke Pa Thomas ,sdh 3 th tanam anggur flm pot besar 2 var salah satunya var caroline ,daun nya yg satu lebar dan yg lain kecil blm pernah berbuah ranting nya sdh penuh dipara sebesar kelingking sering sy pangkas,3 mg yg lalu sy pangkas lagi dan batang sy semprot GOLDSTAR dan tanah sy kasih pupuk yg kandungan K2O nya 45% dan NO3 nya 13% sekarang sdh mulai muncul bunga seperti H21 tunasnya sangat banyak,pertanyaan nya 1.apakah tunas nya perlu dijarangkan ,2.agar bunganya merata bagaimana 3.perlakuan apa lagi yg harus sy lakukan agar sukses berbuah,4.Pa Tjomas sy ingin koleksi semua Anggur super apa bisa beli di Bapa ,terima kasih atas bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam super juga pak Agus.
      Langsung ke jawaban ya pak....
      1. Ya pak, tunas perlu dijarangkan supaya nutrisi lebih terfokus pada tunas yang membawa bunga.
      2. Jika yang bapak mksd merata pd setiap tunas saya rasa tidak perlu pak, karena utk tanaman dalam pot ada batas maksimal karena media dalam pot terbatas.
      3. Perlakuan utk membuat buah sukses menjadi baik tentunya perlu dilakukan penjarangan tunas, penjarangan bunga dan penjarangan bakal buah sambil menyesuaikan jumlah buah dengan kemampuan pohonnya pak...
      4. Iya pak, saat ini banyak varietas super yang disediakan di Thomasgrape, silahkan dilihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Terima kasih

      Hapus
    2. Salam super juga pak Agus.
      Langsung ke jawaban ya pak....
      1. Ya pak, tunas perlu dijarangkan supaya nutrisi lebih terfokus pada tunas yang membawa bunga.
      2. Jika yang bapak mksd merata pd setiap tunas saya rasa tidak perlu pak, karena utk tanaman dalam pot ada batas maksimal karena media dalam pot terbatas.
      3. Perlakuan utk membuat buah sukses menjadi baik tentunya perlu dilakukan penjarangan tunas, penjarangan bunga dan penjarangan bakal buah sambil menyesuaikan jumlah buah dengan kemampuan pohonnya pak...
      4. Iya pak, saat ini banyak varietas super yang disediakan di Thomasgrape, silahkan dilihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Terima kasih

      Hapus
  31. Pak saya ada beberapa pertanyaan
    1. Max berapa hari bibit cutting tahan pengiriman
    2. Apakah dengan cara cutting pasti didup
    3. Ditempat saya cuacanya panas, adakah batas suhu yang bisa di tolerir bibit cutting sehingga dapat hidup

    BalasHapus
  32. Satu pertanyaan lagi; apakah ada garansi untuk bibit cuttingnya pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt pagi pak..
      1. Bibit tahan sekitar 3 minggu dalam pengiriman.
      2. Dengan perawatan yg benar insyaAllah bibit bs hidup, sdh banyak yg menanam di seluruh Indonesia pak.
      3. Anggur idealnya ditanam di dataran rendah yg panas.
      4. Garansi yg diberikan adalah garansi bibit diterima dlm kondisi baik dan layak tanam, setelah di tangan Customer menjadi tanggung jawab Customer pak..
      Terima kasih

      Hapus
    2. Slmt pagi pak..
      1. Bibit tahan sekitar 3 minggu dalam pengiriman.
      2. Dengan perawatan yg benar insyaAllah bibit bs hidup, sdh banyak yg menanam di seluruh Indonesia pak.
      3. Anggur idealnya ditanam di dataran rendah yg panas.
      4. Garansi yg diberikan adalah garansi bibit diterima dlm kondisi baik dan layak tanam, setelah di tangan Customer menjadi tanggung jawab Customer pak..
      Terima kasih

      Hapus
  33. Sangat bermanfaat sekali share tentang buah anggur sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat pak... Terima kasih

      Hapus
    2. Alhamdulillah jika bermanfaat pak... Terima kasih

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.