Rabu, 16 Maret 2011

CALON BUNGA

Sesuai perkiraan, sulur calon bunga anggur mulai muncul di sela-sela daun ke-3 dan ke-5. Walau masih sangat kecil tapi terlihat jelas bahwa ini adalah calon bunga anggur yang dinanti-nantikan.
Tapi sayangnya, karena tanaman anggur ini masih baru, bunga-bunga yang muncul tidak boleh dibiarkan tumbuh sampai menjadi buah. Tenaga dan nutrisi yang dimiliki pohon anggur masih sangat minim, makanya bunga-bunga ini harus dibuang untuk memacu pertumbuhan batang tanamannya terlebih dulu.
Mau lihat bagaimana tampang bunga anggur dari dekat? Ini dia bunga anggur Pione yang baru beberapa hari muncul dari tangkainya dan masih belum memanjang sulur bunganya jadi masih terlihat berdesakan.

4 komentar:

  1. sebenarnya pada saat umur brp tana anggur ini akan berbunga??
    apabila buunga pertama tdak dibuang apkah ini akan berpengaruh besar terhadap kemunculan bnga berikutnya??
    ditunggu jawabannya.... Terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Tanaman anggur bisa berbunga kapan saja bahkan saat baru ditanam dari stek batang. Tetapi idealnya akan berbuah bagus setelah berumur minimal 1,5 tahun. Pembuangan bunga pada tahap pertumbuhan hanya untuk mempercepat pertumbuhan dan tidak akan berpengaruh langsung terhadap produksi buah selanjutnya.

    BalasHapus
  3. ini usia berapa hari sejak tanam ya pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia bibit saat diimport sudah 2 tahun pak, kalau yang ingin bapak tanyakan adalah berapa lama muncul bunganya bisa bapak lihat di halaman http://thomasgrape.blogspot.com/2011/03/perkembangan-bunga-anggur.html lengkap hingga buah siap dipetik.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.