Rabu, 04 Juli 2012

PEMANGKASAN ANGGUR / PRUNING

Dalam budidaya anggur, pemangkasan adalah kunci utama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sebenarnya pemangkasan dengan menggunduli tanaman anggur adalah sebuah teknik memanipulasi tanaman anggur untuk mendapatkan sebuah keadaan seperti saat mereka berada di tempat asalnya di daerah sub-tropis dengan 4 musim, pada musim gugur seluruh daunnya rontok dilanjutkan dengan musim dingin yang membuat mereka memasuki masa dormant. Selanjutnya saat memasuki musim semi mereka akan kembali tumbuh dengan membawa cluster-cluster bunga. Dengan melakukan pemangkasan kita tidak hanya membantu tanaman anggur untuk berbuah tetapi juga sekaligus menata percabangan sesuai dengan keinginan. Penataan yang dimaksud adalah membentuk tajuk tanaman. Bagaimana kita harus menatanya tergantung dari system apa yang akan digunakan dalam penataan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa system pemangkasan yang biasa dilakukan untuk membentuk tajuk tanaman anggur dengan tujuan masing-masing:

1. Head pruning / cane pruning
Pemangkasan dengan system ini adalah pemangkasan paling sederhana yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu. Tanaman anggur dibuat bertajuk pendek dan berdiri sendiri tanpa bantuan penyangga, penyangga hanya dibutuhkan saat tanaman masih berbatang utama kecil dan lemah. Awalnya system pemangkasan ini hanya digunakan untuk pembentukan tajuk dan pembuahan anggur varietas wine, tetapi sekarang banyak juga digunakan untuk memangkas tanaman anggur tabulampot karena tujuannya sama yaitu untuk membentuk tanaman tetap kecil dan pendek.

membuahkan anggur


2. Spur pruning
Yang dimaksud dengan system pemangkasan ini adalah membentuk tajuk tanaman mengikuti jalur yang biasanya menggunakan kawat penyangga berbentuk menyerupai pagar, system pemangkasan ini digunakan untuk penanaman dengan system trelis. Spur pruning bisa juga diaplikasikan pada penanaman dengan system para-para yang umum dilakukan di Indonesia. Pada prinsipnya pemangkasan system ini hanya menyisakan beberapa mata tunas saja di cabang tersiernya.

pemangkasan sistem pagar
Gambar di atas adalah penanaman dengan system trelis, terlihat batang utamanya hanya dibuat setinggi kurang dari 1 meter, cabang sekundernya mengikuti jalur kawat yang terbentang dan cabang tersiernya yang membawa cluster buah tumbuh vertikal pada cabang sekundernya hingga berbentuk menyerupai pagar.

pemangkasan pohon anggur
Dilihat dari dekat lebih jelas bahwa dari setiap cabang tersiernya telah tumbuh 1 atau 2 cabang tersier baru, pemangkasan dilakukan pada cabang-cabang tersier baru tersebut dengan pola: membuang cabang teratas dan memendekkan cabang yang terdekat dengan cabang sekundernya. Tujuannya adalah supaya tajuk tanaman tidak banyak berubah dan menjadi terlalu besar tidak tertata rapi sesuai jalurnya.

pemangkasan sistem trelis
Cabang tersier yang tumbuh di bagian teratas telah dibuang, selanjutnya adalah memangkas cabang tersier yang tepat berada di cabang sekundernya. Selain cabang-cabang ini hendaknya segera dibuang termasuk cabang air (sucker) yang biasanya tumbuh acak dari cabang sekunder maupun dari batang primernya, kecuali jika memang direncanakan sebagai cabang baru/pengganti.

pemangkasan pohon anggur
Setelah pemendekan cabang tersier dan pembuangan semua cabang-cabang air (sucker) akan membuat tanaman anggur bertajuk seperti gambar di atas. Selanjutnya tinggal menunggu pertumbuhan cabang-cabang tersier yang baru. Tentu saja selama pertumbuhannya cabang air harus selalu dibuang karena cabang air bukanlah cabang produktif tetapi justru akan menjadi pemborosan nutrisi yang seharusnya mengalir ke cluster buahnya. Jika treatment pra-pemangkasan dilakukan dengan benar, pemangkasan juga dilakukan dengan tepat tentunya akan menghasilkan cluster-cluster buah anggur yang baik dalam kuantitas dan kualitasnya seperti gambar berikut.
hasil pemangkasan sistim pagar

Penerapannya ke dalam bentuk para-para juga sama seperti yang telah diuraikan di atas, hanya saja bedanya cabang sekunder umumnya dibuat menyebar merambat pada para-para dan diatur sesuai dengan bentuk para-paranya agar tajuk tanaman bisa menyebar dengan baik dan tidak tumpang tindih.

Tidak hanya itu, system spur pruning ini juga bisa diaplikasikan dengan berbagai model trelis system. Perbedaannya hanyalah penyangga tempat tanaman anggur merambat saja.

Posting halaman ini adalah request dari bapak Ari di Tuban.

Selanjutnya pemangkasan pohon anggur "tabulampot".
Pada prinsipnya pemangkasan yang harus dilakukan sama saja dengan pemangkasan seperti yang telah diuraikan di atas. Anggur tabulampot bisa dipangkas dengan metode batang primer, cabang sekunder dan cabang tersier. Bisa diterapkan juga system penanaman trelis maupun parapara ataupun hanya dengan system pergola sederhana. Menurut saya, system pergola sederhana yang paling tepat digunakan, mengingat tajuk yang bisa dihasilkan dengan media pot yang relatif kecil tidaklah terlalu besar dan lebar.

tabulampot anggur
1. Tanam bibit anggur di dalam pot dan gunakan media yang kaya nutrisi, semakin besar pot tentu makin baik, tetapi biasanya untuk estetikanya pot yang relatif kecil akan terlihat lebih indah.
2. Biarkan tanaman tumbuh terus dengan 1 batang utama saja sampai ketinggian minimal 180 cm.
3. Lakukan pemangkasan hanya pada ujung tanaman saja sekalian membuang semua daun yang tersisa. Panjangnya batang yang dipangkas disesuaikan dengan ukuran lingkar pergolanya.
4. Dengan pemeliharaan yang baik akan tumbuh tunas-tunas baru yang sudah bisa menghasilkan bunga, buang semua cabang yang tidak berbunga.
5. Usahakan cabang yang mulai memanjang selalu diarahkan kembali ke dalam pergola untuk membuat tabulampot tetap berbentuk rapi dan indah.

Demikian cara yang paling sederhana dalam pemangkasan anggur dalam pot. Buah yang dihasilkan bisa sama ukuran  dan rasanya, tetapi perlu diperhatikan jumlah clusternya, terlalu banyak cluster buah bisa menyebabkan buah tidak mampu matang sempurna. Jadi, lebih baik dibuahkan sedikit dengan kualitas yang memuaskan daripada terlalu banyak dan akhirnya kecewa karena batal menikmatinya.

199 komentar:

  1. Alhamdulillah pak Thomas, sudah diposting.. Tanya pak pada gambar Spur pruning di atas, cabang yang membentang ke kanan dan ke kiri pada jalur kawat itu disebut cabang primer ya pak?? batang primer dengan batang utama itu sama kalo gitu.. Kalo diurut dari tingkatannya batang utama/primer - cabang sekunder - cabang tersier.. Sebelumnya terimakasih banyak pak, sudah diposting..

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sarannya pak. Cabang yang membentang mengikuti jalur kawat tersebut yang disebut cabang sekunder pak, yang tumbuh dari cabang sekunder disebut cabang tersier, cabang yang tumbuh ke atas seperti pagar.

    BalasHapus
  3. Kalau pake sistem trelis seperti ini, jarak antar tanaman yang ideal berapa Pak Thomas? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya relatif pak, tergantung keadaan sekitar dan planning. Jika keadaan optimal dalam arti sinar matahari dan air tercukupi menurut saya jarak ideal antar tanaman adalah 2 meter, jarak antar baris 2 meter.

      Hapus
  4. iya pak sama-sama, berarti yg dimaksud primer itu batang utama gitu ya pak?? trmkasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, yang dimaksud batang primer adalah batang yang tumbuh dari permukaan tanah sampai pada titik percabangannya.

      Hapus
  5. Pak Thomas
    mohon ditampilin gambar pruning yang untuk dipot juga dong pak
    trimakasih.........

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas sarannya pak, secepatnya akan saya postkan di halaman ini, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Trimakasih pak sdh diposting dan ada gambarnya lg
    untuk pruning anggur dalm pot
    sukses selalu pak thomas.......

    BalasHapus
  8. Sama-sama pak, senang bisa berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat untuk semua.

    BalasHapus
  9. mlm pak liem. mau bertanya nih pak biar tdk tersesat di jln..pemupukan brapa x yg idealnya n pupuk apa namanya? tlg dong pak liem di buatkan diagramnya yg komplit.sy komunitas baru yg mau mencoba menanam buah anggur!!!di rumah sy menanam anggur di pot dgn tinggi kira2 130cm n umurnya kira2 6bln. solusinya apa yg sy lakukan sampai seterusnya.sebelumnya sy trima kasih tlah membuka blog pak liem dari segi pohon anggurnya.mantapppp pak...terus berkarya pak sampai go internasional!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Terima kasih atas doa dan dukungannya pak. Sebenarnya saya juga ingin membuatkan diagram komplit tentang menanam anggur pak, tetapi sejujurnya tidak bisa dibuat diagram paten karena perlakuan terhadap pohon anggur harus disesuaikan dengan keadaan anggur itu sendiri, karena itu saya membuka diri untuk memberikan panduan praktis melalui SMS supaya semua hobiis bisa mendapatkan jawaban atas kesulitannya masing-masing. Jika bapak menanam dalam pot bisa mengikuti petunjuk pemangkasan seperti di atas, untuk pupuknya bapak bisa gunakan NPK, saat ini saya sedang mengusahakan sebuah produk pupuk khusus untuk anggur pak, beritanya akan segera menyusul di halaman PEMUPUKAN ANGGUR.

      Hapus
  10. pergola itu beli atau buat sendiri pak? Apakah pergola bisa kuat menopang berat phon dan buah anggur pak?

    BalasHapus
  11. maaf pak mau tanya, saya newbie di bidang ini..
    kira2 satu bulan lalu (juli) saya nmencoba menanam anggur dari biji, beberapa saat kemudian tunasnya bermunculan dan bahkan sekarang sudah keluar bunga..
    apa ini aneh? karena yang saya tahu anggur akan berbunga jika sudah di lakukan pemangkasan..
    gimana menurut bapak?

    -zee-

    BalasHapus
  12. Sdr Zee, menurut saya sangat aneh karena selama ini saya tidak pernah mengalami hal serupa. Sebenarnya anehnya bukan karena bunga muncul tanpa pemangkasan tetapi karena usia tanaman yang masih 1 bulan yang berbunga. Jika bapak tidak keberatan mohon fotonya dikirim ke email saya (tomsset@yahoo.com) untuk bahan pembelajaran. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Terima kasih untuk informasinya Pak, saya mau tanya apakah kalau semua cabang tersier yang melekat di cabang sekunder di potong apakah tunas baru yang diharapkan muncul nantinya dari cabang tersier atau cabang sekunder Pak untuk bisa menghasilkan buah.

    BalasHapus
  14. Bapak Parlin, setelah dilakukan pemangkasan tunas akan muncul dari berbagai tempat di mana mata tunas berada, tidak hanya di cabang tersier tetapi juga di cabang sekunder bahkan batang primer. Karena itu dibutuhkan seleksi ulang beberapa tahap sekalian untuk memperbaiki tajuk tanaman menjadi selelu terjaga.

    BalasHapus
  15. maaf nanya om.... Brarti utk tabulampot anggur,dibuahkan di cabang skunder ya???

    BalasHapus
  16. klo diliat dr gmbr pemangkasan utk tabulampotnya...pembuahan anggurnya terjadi dicabang sekunder ya om????

    BalasHapus
  17. Benar pak Dinor, bapak teliti sekali. Pembuahan anggur bisa terjadi pd cabang sekunder maupun tersier pak.

    BalasHapus
  18. Pak Thomas.
    Saya Andy di pontianak.
    Ada tetangga menanam anggur merah berbuah lebat dan saya nggak tau varitas apa.Tapi rasanya kecuttt banget.Dari pada cuma jadi pohon pengganggu yang nggak bisa di nikmati buahnya,akhirnya di tebang.Trus saya minta steknya sambil berharap ntar setelah saya tanam dan berbuah saya akan nanya bagai cara membuat anggur yang kecut jadi berbuah manis??
    Nah, gimana tu Pak?? Ada nggak caranya??
    Prospek menanam anggur soalnya cerah banget.
    Harga di tingkat pengecer Rp 50.000 dan kalo di daerah bisa mencapai Rp70.000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkomentar pak Andy. Manisnya buah anggur yang paling menentukan adalah varietasnya pak, dgn perlakuan yg tepat tentunya akan membuat buah anggur jd lbh manis. Tetapi anggur varietas yg rasanya masam tidak mungkin akan jadi semanis anggur meja pak. Jika bapak berniat menanam anggur saran saya sebaiknya tanamlah bibit yg pasti manis saja pak.

      Hapus
  19. Om mau tanya, saya baru tanam anggur, tingginya 2 meter, hampir stiap ketiak daunnya keluar cabang, apkh harus d potong ato d pelihara? trimaksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih tumbuh 2 meter berarti masih muda pak, sebaiknya semua cabang kecuali cabang utama dibuang supaya nutrisinya terfokus pada pertumbuhan batang primernya terlebih dulu.

      Hapus
  20. om bsa konsultasi lewat facebook, saya bingung menggambarkn kondisi pohonya dgn kata2,, kalo lewat facebook kn Om bsa lihat kondisinya lewat foto..
    trimksh sblmnya Om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya saya tidak aktif facebook pak, kalau bapak berkenan silahkan kirimkan pertanyaan dan fotonya ke email saya tomsset@yahoo.com
      Terima kasih

      Hapus
  21. owh, ok om nnti sya kirm lewat email aj..
    sblmnya trimaksh Om..

    BalasHapus
  22. slm kenal pak thomas,ad berapa jenis varietas anggur meja yg tersedia di tempat pak thomas. . .klo blh tau berapa harga bibit nya. . .apakah pak thomas juga menyediakan stock bibit nya. . .sy berminat untuk mencoba menanam bibit anggur meja beberapa varietas nya . . .terima kasih

    BalasHapus
  23. Salam kenal jg pak Deni. Yg dibudidayakan di Thomasgrape ada 68 varietas pak, tetapi hanya beberapa varietas saja yang sdh dipasarkan. Untuk saat ini bibit sdg habis pak, akan ada lagi setelah pemangkasan bulan februari 2013. Harga dan stock bibit bisa bapak lihat di blog.

    BalasHapus
  24. mlm om liem.tanya nih.
    1.sejak masa pertumbuhan, daun primer dan daun skunder pertama boleh dipangkas tidak pak? dan diusia berapa? apa ada pengaruhnya pak?
    2. Sejak selesai panen kapan dilakukan pemangkasan daun tersil ? dan tempo berapa hari sejak dilakukan pemangkasan daun tersil ke pemangkasan batang tersil?
    3. Diikuti stress air tidak pak sebelum pemangkasan daun dan batang tersil? (shotem)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt malam pak Shotem,
      Dalam hal pemangkasan ini yang dimaksud adalah pemangkasan cabang pak, bukan pemangkasan daun. Boleh saja daun dipangkas selama tdk berlebihan. Setiap melakukan pemangkasan utk pembuahan harus didahului oleh pengeringan/stress air dan pemupukan menjelang saat diairi. Proses ini berlangsung selama sekitar 1 bulan.
      Semoga jawaban dari saya sesuai dgn yang bapak maksudkan.

      Hapus
  25. arif supriatna21 Januari 2013 18.27

    Mau tanya Pak :
    1. Apa yang dimaksud dengan cabang air, bagaimana ciri-2nya ?
    2. Bolehkah cabang yang di pangkalnya sudah berbuah, dipotong pada posisi setelah buah, supaya tidak menjalar terlalu jauh ?
    3. Pada anggur yang sudah tanggung tumbuh, dan memiliki 2 batang (primer dan sekunder) dengan besar yang sama, haruskah salah satu batangnya dipotong ?
    4. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Cab air adalah cab tdk produktif yg biasanya muncul dari pangkal batang utama dan dari ketiak daun tanpa proses pemangkasan sesuai prosedur. Ciri2nya cab ini tumbuh cepat tetapi tdk membawa cluster bunga.
      2. Pemotongan cabang yang sedang berbuah akan mengganggu prosea pematangan buah.
      3. Tidak ada alasan untuk memotong batang primer dan sekunder karena cabang tersebut sangat berperan dalam produksi buah pak. Kecuali jika arahnya tidak sesuai dengan rencana tajuk.
      4. Terima kasih kembali pak Arif.

      Hapus
  26. sore pak?
    Setahun yg lalu saya menanam pohon anggur dari biji dan tumbuh bagus, namun setelah tanaman saya pindahkan ke lapangan, saya tdk mengurus nya karena saya pergi keluar kota, nah setelah setahun pohon itu hanya tinggi batang pokoknya cuma 10 cm dan besarnya sebesar jari kelingking, tp memiliki cabang banyak dan panjang-panjang,
    apa phon anggr semacam ini bisa berbuah?
    Bgai mana menurut bpk?
    Dan bgaimana caranya agar pohon ini bisa kembali tumbuh normal dan berbuah?
    Krna bila tdk bsa berbuah mau saya cabut dan dibuat bonsai sja di pot pak,
    Trimakasih sebelumnya pak,

    --
    dedi
    -- Garut--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Dedi, email sdh saya balas. Pohon anggurnya terlihat bagus sekali pak, tumbuhnya bagus. Jika dilakukan pemangkasan sesuai prosedur yang benar ada kemungkinan anggur tsb bisa berbuah, jika belum berbuah berarti prmangkasan berikutnya akan berbuah setelah pohon lebih besar.

      Hapus
  27. maaf pak, bulan 12 kemarin saya menanam anggur dan sekarang sudah saya buatkan para-para dan tingginya mungkin sudah 2 meter lebih. pertanyaan saya apakah batangnya sudah bisa saya pangkas dan apa batang primernya dapat saya potong juga. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemangkasan yang akan bapak lakukan adalah pemangkasan pembentukan tajuk pak. Bisa dilakukan jika batang primer yang akan dipangkas sudah berkayu/kecoklatan pada bagian yang akan dilakukan pemangkasan. Umumnya batang utama dibiarkan tumbuh lebih tinggi dari para2nya sekitar 1 meter, supaya bagian berkayu bisa setinggi para2nya.

      Hapus
  28. Pagi Pak Thomas,
    saya baru gabung nih, salam kenal ya. Mau nanya kalau tanaman anggur yang cocok untuk daerah tinggi apa ya? saya tinggal di Payakumbuh Sumatera Barat tepatnya di kaki gunung Sago, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi juga dan selamat bergabung pak Yayan. Anggur bisa tumbuh baik pada ketinggian mulai dari 0 meter dpl hingga ketinggian 1000 meter dpl. Selebihnya tetap bisa tumbuh baik, hanya saja pertumbuhan vegetatifnya (daun) lebih dominan daripada produksi buahnya. Jadi, andai ditanam pada daerah yang lebih tinggi harus mendapatkan perlakuan khusus untuk hasil yang optimal. Mengenai detailnya bisa saya pandu melalui konsultasi tanpa dipungut biaya. Terima kasih.

      Hapus
  29. permisi pak thomas saya mau tanya kenapa ahir2 ini anggur saya bunganya jadi sedikit padahal kemaren2 lebat sekali buahnya,.. mohon pencerahanya.,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebat atau tidaknya bunga/buah anggur tergantung pada banyak faktor pak. Untuk hasil yang optimal sebaiknya proses pemangkasan dilakukan sesuai urutannya seperti berikut: stress air, pemupukan, penyiraman dan diakhiri dengan pemangkasan pada posisi yang benar. Dengan aplikasi booster sesaat setelah pemangkasan akan meningkatkan kualitas bud breaknya sehingga bunga yang dihasilkan pun bisa dimaksimalkan.

      Hapus
  30. Salam kenal pak.thomas.
    Sya ingin menanyakan
    1.stres air,pemupukan dan penyiraman di lakukan brpa hari sblm pemangkasan?
    2.apakah pemangkasan yg di lakukan sprti gampar di atas di lakukan setaha(1 hari selesai)atau bertahap.?
    Itu saja yg sya tanyakan.smga ilmu yg bpk ajarkan menjdi berkah bgi bpk dan keluarga.amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Yasin.
      1. Lamanya stress air tergantung pada kondisi masing-masing lingkungan pak. Pemupukan dilakukan seminggu menjelang pemangkasan sekaligus dengan penyiramannya.
      2. Pemangkasan sebisa mungkin dilakukan serempak pada 1 pohon. Tujuannya adalah untuk memperoleh hasil buah yang optimal dan efisiensi dalam pengerjaannya.

      Hapus
  31. Maaf pak mau tnya lagi.
    Pada umur 1 tahun,apa bisa tanaman anggur di pangkas sprti yg di tunjukan pd gambar 5.
    Dan sya msh bimbang untk yg namanya batang primer,sekunder dan tersier.dr smw postingan yg sya bca,dr gambar di atas cabang yg menjalar ke kanan dan kiri mengikuti bentangan kawat besi adlh batang primer.sedangkan di sni bpk menunjukan itu adlh btng sekunder.mohon pencerahanya pak.sblmnya sy ucpkan bnyak-banyak trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Yasin,
      Untuk memahami pembentukan tajuk pohon anggur janganlah terpaku pada nama batang/cabang ataupun posisinya. Bapak tentukan saja system apa yang akan digunakan dan lakukan pembentukan sesuai dengan rencananya. Pada dasarnya batang primer adalah batang utama yang pertama kali tumbuh, sedangkan cabang sekunder adalah cabang yang tumbuh dari batang primer, cabang tersier adalah cabang yang tumbuh dari cabang sekunder, demikian pak.

      Hapus
  32. Selamat malam pak thomas.permisi mau tanya lg.untuk pemotongan pd cabang tersier yg dekat dngn cabang sekunder idealnya di sisakan berapa mata tunas?trima kasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemangkasan cabang tersier tergantung pada system tajuk dan varietasnya pak, tetapi secara umum bisa disisakan sebanyak 3-5 mata tunas saja.

      Hapus
  33. PAgi pak thomas yg baik hati dan tdk sombong.mau tanya pak,untuk pemangkasan pd tambulot apa sblmnya jg melalui proses stres air dan pemupukan.terima kasih.

    BalasHapus
  34. Hehehe... bapak bisa saja. Saya ini sombong pak, buktinya suka pamer foto di website dan blog hehe. Pemangkasan pada tabulampot maupun pada tanaman anggur di tanah sebaiknya melalui proses stress air dan pemupukan yang diikuti dengan penyiraman pak. Tentu saja perlakuannya tidak benar-benar sama mengingat media tabulampot sangat terbatas jadi harus ada penyesuaian.

    BalasHapus
  35. Malam pak ....
    Saya coba stek dari tunas air dan berhasil tumbuh, sekarang sudah tumbuh 4-5 helai daun baru. Apakah ini bisa ditanah di tanah/pot dan apakah nati bisa berbuah ...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dan bisa pak. Pemindahan ke tanah atau pot sebaiknya dilakukan setelah akarnya kuat dan dilakukan dengan hati2 agar media yang menempel pada akar tidak pecah selama pemindahan. Bibit tersebut bisa menghasilkan buah setelah besar nanti, tentu saja harus dilakukan pemangkasan pembuahan dengan cara yang benar.

      Hapus
  36. maaf pak mau tanya ni di samping rumah saya nanam anggur dan uda lumayan besar, uda beberapa kali di pangkas jg tp mngkasnya cm bagian cabang yg kecil ja dan smua daun di rontokan maklum blm tau ilmunya jadi cabang primernya uda sktar 3 meteran lebih dan cabang skunder dan tersiernya jg banyak pernah berbuah tp kecil2, lha byar bisa berbuah bagus apakah harus memotong btang primernya dlu apa ckup mnghlangkan cbang tersiernya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemangkasan yang baik untuk membuahkan anggur dilakukan pada cabang tersiernya saja dengan menyisakan 3-8 mata tunas pak. Tetapi untuk hasil yang baik tentunya sebelum pemangkasan harus dilakukan stress air, pemupukan dan pengairan jenuh. Jika semua perlakuan tepat buah yang dihasilkan akan lebih baik dari segi kualitas dan kuantitasnya.

      Hapus
  37. maaf pa mau tanya kenapa klo batang pohon anggr dipangkas bisa mempecepat pertumbuhan bunga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya pemangkasan batang anggur adalah cara menyiasati kondisi musim semi pd anggur pak, di daerah asalnya yang 4 musim anggur hanya berbunga 1x dalam setahun. Tetapi pemangkasan saja tanpa didahului perlakuan stress air, pemupukan dan penyiraman biasanya tidak bisa menghasilkan bunga/buah yang baik.

      Hapus
  38. trimakasih infonya pak thomas bisa gak anggur hijau di okulasi dengan jenis lain ,soalnya eman di potong pohonnya sdh besar.oh ya saya mau pesan bibit seperti gambar atas yg buahnya hitam dam merah bisa gak pak .sy di sidoarjo.trims ilmu dan info nya pak sangat berguna bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyambungan/okulasi/grafting bisa dilakukan pada pohon anggur dengan relatif mudah pak. Jadi memang sebaiknya pohon anggur yg sudah besar tidak dibuang :)

      Hapus
  39. salam kenal pak thomas, saya baru sekitar 2 bulan yg lalu menanam anggur melalui bibit stick yg saya beli dari penjual keliling. kata si penjual bagusnya bibit tersbut ditanam skaligus 2 bibit dlm satu pot, biar buahnya variatif. sayapun mengikuti saran tersebut. sekarang tinggi tanaman sdh sekitar 80 cm. pertanyaan saya benarkah cara tanam seperti itu? terimakasih pak atas jawabannya.

    BalasHapus
  40. Salam kenal juga pak Amin.
    Sebaiknya menanam anggur tidak bersamaan dalam 1 pot karena anggur termasuk tanaman yang akarnya sangat banyak dan panjang pak. Penanaman di tanah langsung pun sebaiknya diberi jarak minimal 1,5 meter untuk hasil yang optimal.
    Jika 2 bibit ditanam dalam 1 pot tentunya nanti saat membesar akan terjadi persaingan pencarian nutrisi yang pastinya akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan proses pembuahannya. Menurut saya sebaiknya dipisah saja mumpung masih belum besar pohonnya. Atau jika hanya digunakan sebagai penghijauan saja tidak masalah asalkan tidak berharap lebih akan buahnya.
    Selamat berkebun pak...

    BalasHapus
  41. Terima kasih pa Thomas.....
    Cukup jelas dan dapat di jalan kan....

    BalasHapus
  42. Pak boss sy punya tanaman anggur merah(katanya)stelah 40hr pmangkasan skarang buahnya sbesar jari kelingking dan masih ijo,saya bingung apa butul anggur merah apa ijo,mohon petunjuk???????

    BalasHapus
  43. Selamat siang pak. Usia buah 40 hari sejak pemangkasan terlalu dini untuk melihat warna aslinya pak. Hingga usia 80 hari buah masih tetap berwarna hijau, setelah itu barulah perlahan akan berubah warnanya. Jadi untuk menentukan warna aslinya harus menunggu buiahnya matang dulu pak.

    BalasHapus
  44. dear pak tomas
    salam kenal dari saya ricky boim, saya mau coba bertanam anggur dilingkungan rumah saya, didaerah bagansiapiapi, kabupaten rokan hilir, propinsi riau, nahhh yg saya binggungkan cara mendptkan bibit anggurnya, apakah pak tomas bisa bantu saya, untk mendptkan bibitnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Ricky, tentu bisa pak, bibit bisa dikirimkan dengan jasa Tiki/JNE/Pos. Untuk memesan bapak bisa melakukan pembelian online di www.thomasgrape.com/produk.html atau langsung dengan SMS ke 0857-332-1000 (Whatsapp). Terima kasih

      Hapus
    2. Maaf ralat pak, no. HP yang benar 0857-3232-1000

      Hapus
  45. Salam kenal Oom Thomas,
    Pohon anggur saya skrg sedang membentuk batang sekunder. Sampai seukuran berapakah/bagaimanakah batang sekunder boleh di potong? Apakah selama pembentukan batang sekunder berbarengan dengan pembentukan batang tersier?
    Selama pembentukan batang sekunder ini, tunas baru yg muncul di batang sekunder (yg akan menjadi cabang tersier) saya remove agar nutrisi tersalurkan untuk pembentukan batang sekunder.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf terlewat menjawab pertanyaan bapak. Salam kenal juga pak. Pembentukan cabang tersier tidak bisa dilakukan bersamaan dengan cabang sekunder pak, jika batang sekunder sudah berukuran minimal 7mm dan sudah berkayu barulah bisa dilakukan pemangkasan untuk pembentukan cabang tersiernya. Yang bapak lakukan sudah tepat, tunas-tunas kecil yang tumbuh bersamaan dengan cabang sekunder tersebut adalah tunas air yang memang seharusnya selalu dibuang supaya tidak mengganggu pertumbuhan. Terima kasih

      Hapus
  46. pak jika sudah di atas para2, dengan model spur prunning sebaiknya diatur jarak berapa cm biar pertumbuhan bagus dan daun tidak tumpang tindih dan buah bisa berjajar rapi, seperti di kebun bapak..menggemskan sekali ya pak,,apa lagi jika tumbuh di halaman, pasti pengen nyicipi he hehee,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penentuan jarak masing-masing cabang tersier sebaikya mempertimbangkan ukuran daun masing-masing varietasnya pak. Jarak idealnya bisa menggunakan pedoman 1,5x ukuran daun maksimal, jadi jika jarak dari pangkal tangkai daun hingga ujung daun adalah 20 cm maka jarak antar spurnya adalah 1,5x 20cm = 30cm. Pedoman ini efektif untuk varietas anggur meja, untuk anggur wine bisa lebih rapat dengan jarak minimal 15cm. Terima kasih

      Hapus
  47. misi pak thomas, mau tanya kalau varietas anggur yang manis dan mudah dirawat apa ya pak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua varietas anggur sama saja perawatannya pak, pada dasarnya anggur tidak menyukai media tanam yang basah atau becek, yang dibutuhkan hanya kelembaban saja.

      Hapus
  48. malam pak Thomas.saya mau sedikit bertanya.saya punya tanaman anggur yang sedang berbuah.usia buah sejak muncul bunga kira kira sudah 2 bulan lebih tapi ukuran buah sepertinya tidak bertambah besar.kira kira kenapa ya pak?dan apa solusinya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak. Ukuran butiran buah anggur yang dihasilkan adalah tergantung pada beberapa faktor, silahkan diperkirakan dari yang di bawah ini:
      1. Varietas
      2. Kondisi tanah
      3. Intensitas sinar matahari
      4. Penanganan bakal buah
      Jika berkenan mengirimkan fotonya ke cs@thomasgrape.com akan sangat memudahkan saya dalam memberi masukan solusinya pak.
      Terima kasih

      Hapus
  49. Malam pak thomas. Saya mau sedikit bertanya sama pa' thomas liem, saya punya tanaman anggur yang sekarang umur tanam nya kurang lebih sudah 6 bulan, kira kira sudah cukup usia kah pa' kalau untuk d buah kan...???
    trims pak thomas semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  50. Pak Yantho, idealnya usia 6 bulan sudah cukup untuk melakukan pemangkasan pembuahan. Tetapi tentu saja jika pohon dalam kondisi prima sejak pertama kali tanamnya. Sebenarnya tidak hanya usia saja yang dijadikan pedoman dalam menentukan kesiapan berbuah pak, postur pohon juga harus dipertimbangkan, minimal batang yang akan dipangkas harus sudah berukuran minimal 7mm diameter dan sudah berkayu berwarna kecoklatan. Demikian pak, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  51. Pak thomas yg istimewah.. saya aryo dari semarang.
    Stelah baca all post n jawaban bapak.. saya lebih berambisi untuk tanam anggur meja. Saya sedang siapkan trelis, mesti bibit baru 15cm.
    Tetep sehat n sabar selalu post jawaban2 dari kita yg newbie y pak..
    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga artikel dan jawaban yang ada bisa bermanfaat buat pak Aryo :)

      Hapus
  52. Masiih bisa pesan bibit anggurnya pak, minimal pembelian dan berapa harganya untuk yg dimakassar. Terimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Untuk info bibit yg tersedia bisa ditanyakan melalui SMS ke 085732321000.
      Terima kasih

      Hapus
  53. Pak thomas yg baik hati sy triwanto dr batam
    Sy kurang jelas dgn cara alur pemangkasan dr stress air hingga pemupukan bs di perdetail lg pakkasih urutanny.trima kasih

    BalasHapus
  54. Dear pak Triwanto,
    Pada dasarnya prosedur pemangkasan tidak rumit pak, untuk mempermudah penyebutan saya biasa menyingkatnya dengan sebutan SPAP yg artinya:
    S. Stress air
    P. Pemupukan
    A. Airi sampai jenuh
    P. Pangkas
    Stress air dilakukan dgn cara mengeringkan lahan atau memberi pengairan minimal sehingga pohon mengalami masa dormant (tropical dormancy), biasanya hal ini dilakukan selama 1 bulanan dengan indikasi daun gugur lebih dari setengah.
    Pemupukan, pemberian pupuk dilakukan setelah stress air tercapai, disarankan tetap menggunakan pupuk kandang atau kompos selain pupuk pendukung lainnya.
    Airi sampai jenuh. Pemberian air dlm jumlah banyak dilakukan hingga seluruh ujung akar bisa mendapatkan air utk memulai pertumbuhannya.
    Pangkas. Pemangkasan dilakukan seminggu setelah pengairan selesai, pedoman waktu pemangkasan bs dengan mencoba memotong salah satu cabang, jika setelah bbrp menit bekas potongan mengeluarkan air maka pemangkasan boleh dilanjutkan.
    Demikian pak, semoga penjelasan singkat ini bisa bermanfaat :)

    BalasHapus
  55. Pak thomas; klu anggur di tanam pd jenis tanah liat/hitam pd musim kemarau pecah2 bisa dak ya.......atau per perlakuan khusus pa tanahnya ( blora )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja pak. Hanya perlu dilakukan penggemarnya dgn menambahkan material organik seperti sekam dan pupuk kandang atau kompos. Penggalian lubang tanam yg agak besar tentu akan membuat perkembangan pohon anggur yg ditanam jadi lebih baik.

      Hapus
  56. Dear pak Thomas
    terimakasih sebelumnya saya sudah membeli bibit stek di thomas grape dan hasilnya memuaskan, mungkin sekarang sudah lebih dari 6 bulan pak, cuman kemarin agak telat dalam pembentukan tajuk sempat gak terurus prunningannya sehingga menjalar gak karuan, tapi sekarang sudah saya buatkan para para keatas namun tetap didalam pot ukuran besar dan sudah mulai rapi bentuknya, yang saya tanyakan apakah gak masalah kalo cabang primer hanya seukuran 30 cm dari tanah sudah bercabang lagi dan apakah kalo tumbuh tunas dibawah harus dibuang juga pak, dan cabang sekunder tumbuh terus memanjang namun banyak cabang tersiernya diapain pak biarkan aja ato dibuang...pohon anggurnya subur banget krn pupuk suplainya rutin jadi agak bingung kalo mangkas yg dibuang yang mana cabangnya, saya punya 4 por besar dan 4 yang saya tanam langsung ditanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam pak...
      Alhamdulillah, saya turut senang mendengar kabar baik dari bapak.
      Saya mohon ijin untuk menjelaskan sedikit ttg percabangan pak, yg disebut primer adalah yg tumbuh dr bawah ke atas menuju para2, jadi yg bercabang menjadi 2 tsb masih disebut cabang primer. 1 hal lagi mengenai cabang tersier yg bapak sebutkan, sepertinya yang bapak maksud adalah cabang2 dari tunas air yg seharusnya dibuang sejak dini. Jadi menurut saya, pemangkasan yg harus dilakukan adalah pemangkasan cabang sekunder sekitar 10cm di bawah para2 pak. Jika bapak kurang jelas bapak bisa mengirimkan foto tajuk nya ke Email cs@thomasgrape.com supaya saya bisa menjelaskan dengan lebih mendesain.
      Terima kasih

      Hapus
  57. Pak Thomas,
    bagaimana penanaman anggur dalam planter bag, apakah ada acuan standarnya pak, apakah perlakuannya sama seperti penanaman di pot atau tanah? bagaimana dengan dosis pemberian pupuk nya. ada rencana mau tanam di planter bag 50 atau 75 liter.
    (Kresna-Ciputat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penanaman di planter bag lebih bagus daripada pot pak. Makin besar volume media tanam makin mudah dan makin bagus hasilnya. Dosis pemberian pupuk disesuaikan dengan jenis pupuk yg digunakan dan volume media tanamnya.

      Hapus
    2. Penanaman di planter bag lebih bagus daripada pot pak. Makin besar volume media tanam makin mudah dan makin bagus hasilnya. Dosis pemberian pupuk disesuaikan dengan jenis pupuk yg digunakan dan volume media tanamnya.

      Hapus
  58. Trmksh sangat bermanfaat

    BalasHapus
  59. Dear Pak Thomas
    Mau tanya:
    1. Untuk pembentukan cabang sekunder idealnya berapa meter(kesamping kanan&kiri)?
    2. Jarak waktu untuk memangkas cab tersier setelah pemangkasan/pembentukan cab sekunder berapa bulan ya? Idealnya dilakukan pada bulan apa?
    3. Untuk perlakuan pasca berbuah/panen bagusnya apakah cab tersier sebelumnya harus dipotong kembali? Jika harus idealnya dilakukan berapa bulan setelah panen?
    maaf pertanyaan jadi double..
    Terima kasih (Elan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak Elan...
      1. Tidak ada batasan panjang utk membuat cabang sekunder pak, tetapi panjang pemangkasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan pohonnya.
      2. Idealnya adalah 1 siklus yg lamanya minimal 5 bulan pak.
      3. Pemangkasan benar dilakukan kembali pada cabang tersier yg telah dipanen buahnya. Waktu jeda sampai pangkas lagi sekitar 1 bulan sejak buah dipetik pak..

      Hapus
    2. Selamat malam pak Elan...
      1. Tidak ada batasan panjang utk membuat cabang sekunder pak, tetapi panjang pemangkasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan pohonnya.
      2. Idealnya adalah 1 siklus yg lamanya minimal 5 bulan pak.
      3. Pemangkasan benar dilakukan kembali pada cabang tersier yg telah dipanen buahnya. Waktu jeda sampai pangkas lagi sekitar 1 bulan sejak buah dipetik pak..

      Hapus
    3. Selamat malam pak Elan...
      1. Tidak ada batasan panjang utk membuat cabang sekunder pak, tetapi panjang pemangkasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan pohonnya.
      2. Idealnya adalah 1 siklus yg lamanya minimal 5 bulan pak.
      3. Pemangkasan benar dilakukan kembali pada cabang tersier yg telah dipanen buahnya. Waktu jeda sampai pangkas lagi sekitar 1 bulan sejak buah dipetik pak..

      Hapus
    4. Tany lagi Pak Thomas,
      Pada cabang tersier baru hasil pemangkasan pasca panen, apakah ada kemungkinan akan langsung berbuah kembali atau tidak? Atau kita harus menunggu satu siklus untuk memotongnya kembali agar dapat berbuah lagi?

      Hapus
    5. Ya pak. Cabang tersier adalah cabang tempat kita memangkas untuk menghasilkan buah. Alasannya karena cabang tersier adalah yg jumlahnya paling banyak. Jika akan membuahkannya lagi tentu harus dilakukan pemangkasan lagi, karena bunga akan muncul bersama tumbuhnya tunas baru yg sehat.
      Demikian pak, semoga bermanfaat...

      Hapus
    6. Ya pak. Cabang tersier adalah cabang tempat kita memangkas untuk menghasilkan buah. Alasannya karena cabang tersier adalah yg jumlahnya paling banyak. Jika akan membuahkannya lagi tentu harus dilakukan pemangkasan lagi, karena bunga akan muncul bersama tumbuhnya tunas baru yg sehat.
      Demikian pak, semoga bermanfaat...

      Hapus
  60. Begini Pak Thomas, kata bp kan jeda setelah panen sampai pemangkasan lagi adalah satu bulan, nah apabila cab tersier yang baru itu langsung berbuah apakah tidak terlalu cepat pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam jeda 1 bulan kan yidak ada pemangkasan jadi tidak mungkin akan muncul buah pak.. terlalu cepat yg bapak mksd seperti apa?

      Hapus
    2. Dalam jeda 1 bulan kan yidak ada pemangkasan jadi tidak mungkin akan muncul buah pak.. terlalu cepat yg bapak mksd seperti apa?

      Hapus
    3. Begini pak, kan setelah dipanen cabang dibiarkan 1bln baru kemudian dipangkas lagi, kalau cab baru yang tumbung langsung berbuah kembali apakah tidak terlalu cepat? Ataukah memang seperti itu seharusnya?

      Hapus
    4. Tidak pak..
      Siklus hidup anggur di daerah tropis memang seperti itu. Dr pangkas hingga panen sktr 4 bulan, 1 bulan istirahat kemudian dipangkas lagi, berbunga, berbuah kemudian panen lagi.. begitu seterusnya pak..

      Hapus
    5. Tidak pak..
      Siklus hidup anggur di daerah tropis memang seperti itu. Dr pangkas hingga panen sktr 4 bulan, 1 bulan istirahat kemudian dipangkas lagi, berbunga, berbuah kemudian panen lagi.. begitu seterusnya pak..

      Hapus
  61. Pak, saya udah punya bibit anggur sekitar 3cm. Rencananya mau saya tanam dalam pot. Kira2 bisa saya pindahkan ke pot panjang berapa cm ? Dan tahap apa saja yang harus saya lakukan. Makasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 30cm berupa bibit dr biji ya pak?
      Pemindahan bisa dilakukan jika kondisi pohonnya sdh sehat dan sudah cukup panjangnya pak, utk yg dr biji bisa dipindahkan stlh tumbuh sktr 15cm pak..
      Yg perlu diperhatikan hanya menjaga saat pemindahan diusahakan tanah yg melekat di akar tdk pecah. Semoga berhasil pak...

      Hapus
  62. salam kenal pak thomas,
    saya rio dari palangkaraya-kalimantan tengah,
    saya mau cerita, kalau didepan rumah saya tumbuh anggur merah yang katanya sih jenis anggur merah australia..awalnya tumbuh sendiri dari biji karena kebiasaan ayah saya yang makan anggur trus bijinya dibuang didepan rumah..selama kurang lebih 1 tahunan tanaman anggurnya dibiarkan merambat kesana kemari tanpa dirawat..baru sekitar tahun ke dua mulai dirawat karena terlalu subur lalu dibikinkan para2(tempat merambat) tapi belum pernah dipangkas atau dipruning..nah pada tahun ketiga ini mulai saya pangkas dan diberi pupuk..tapi anehnya yang muncul cuman cabang2 tunas yang tidak membawa calon bunga..dan dibatang malah muncul akar2..saya pangkasnya sekitar bulan oktober 2015 yang lalu..
    nah yang saya mau tanyakan kapan saya boleh pangkas anggur saya lagi??apakah munculnya akar pada batang anggur adalah hal yang wajar??dibulan apa sajakah waktu yang tepat untuk membuahkan anggur??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Rio.
      Membuahkan anggur tdk tergantung waktu, boleh dilakukan kapanpun selama pohonnya siap, hanya saja, faktor hujan juga perlu dipertimbangkan krn bs merusak bunga.
      Dalam kasus yg bapak hadapi, ada kemungkinan pemangkasan yang dilakukan belum tepat sehingga tidak menghasilkan bunga. Jika bapak ingin penjelasan lebih lanjut bapak bisa menghubungi cs@thomasgrape.com sekalian dengan mengirimkan gambar tajuk pohon yg telah dipangkas supaya saya bisa lebih tepat dalam memberikan masukan.. Terima kasih pak Rio

      Hapus
  63. Mas Thomas,
    saya nanya nih...saya beli bibit dari thomas grape berupa stek batang dan saya tanam dipekarangan samping rumah dan di dalam pot, semula tumbuh subur dan sudah sekali saya prunning untuk mengatur tajuk kepara para namun sekarang pada saat hujan yg cukup sering daun anggurnya menjadi tipis dan kekuningan sebagian lagi bercak layu kemudian rontok itu harus diapain ya mas, adalagi anggur yang saya beli diluaran tanpa tahu jenis apa berbuah sejak oktober namun sampe sekarang buahnya kecil kecil dan lambat besarnya itu kenapa jua ya...trimakasih atas jawabannya ya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di musim hujan memang tidak ideal untuk melakukan pemangkasan pak, karena kelembaban yg terlalu tinggi tentunya membuat perkembangan jamur menjadi sangat kuat sehingga bisa mengganggu kesehatan daun, selain itu guyuran air hujan jg membuat tunas yg muda rentan rusak. Kalau sudah terlanjur setidaknya bisa dilakukan penyemprotan fungisida interval 4-5 hari sekali selama musim hujan.
      Daun menjadi kekuningan bs disebabkan oleh 2 hal pak, kesehatan akar yang terganggu atau karena kekurangan magnesium. Coba diperiksa lokasi penanaman mungkin tergenang air, dan saat memperbaikinya sekalian bisa bapak berikan dolomite untuk memperbaiki pH-nya.
      Ukuran buah anggur yg dihasilkan ditentukan oleh varietas dan perawatan pak, namun jika varietasnya memang berukuran kecil tdk bisa besar, yg bisa dilakukan hanyalah memaksimalkan ukuran buah dgn melakukan hal2 sbb:
      Pemupukan dosis Phospor yg lbh dominan.
      Penjarangan buah (cluster thinning dan shoot thinning).
      Aplikasi Booster.
      Demikian pak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Di musim hujan memang tidak ideal untuk melakukan pemangkasan pak, karena kelembaban yg terlalu tinggi tentunya membuat perkembangan jamur menjadi sangat kuat sehingga bisa mengganggu kesehatan daun, selain itu guyuran air hujan jg membuat tunas yg muda rentan rusak. Kalau sudah terlanjur setidaknya bisa dilakukan penyemprotan fungisida interval 4-5 hari sekali selama musim hujan.
      Daun menjadi kekuningan bs disebabkan oleh 2 hal pak, kesehatan akar yang terganggu atau karena kekurangan magnesium. Coba diperiksa lokasi penanaman mungkin tergenang air, dan saat memperbaikinya sekalian bisa bapak berikan dolomite untuk memperbaiki pH-nya.
      Ukuran buah anggur yg dihasilkan ditentukan oleh varietas dan perawatan pak, namun jika varietasnya memang berukuran kecil tdk bisa besar, yg bisa dilakukan hanyalah memaksimalkan ukuran buah dgn melakukan hal2 sbb:
      Pemupukan dosis Phospor yg lbh dominan.
      Penjarangan buah (cluster thinning dan shoot thinning).
      Aplikasi Booster.
      Demikian pak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  64. Mas Thomas
    Pekarangan saya menanam anggur hijau. Entah varietas apa, namun pada saat matang yang buahnya hampir lepas manis. Apakah dalam keadaan ini jika diperlakukan dengan pemupukan dan pemberian kapur bisa lebih manis pada usia panen ideal? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari yang bapak ceritakan sepertinya yang bapak tanam adalah varietas yellow belgie pak... memang saat matang buahnya mudah lepas dr tangkai buahnya, pemupukan dan pemberian kapur tdk membantu memperbaikinya pak, karena memang karakternya demikian.

      Hapus
    2. Kalau dari yang bapak ceritakan sepertinya yang bapak tanam adalah varietas yellow belgie pak... memang saat matang buahnya mudah lepas dr tangkai buahnya, pemupukan dan pemberian kapur tdk membantu memperbaikinya pak, karena memang karakternya demikian.

      Hapus
  65. Slmat siang ijin gabung. Saya mau tanya pak ukuran ideal batang primer untuk tabulampot brp ya. Trus informasinya kalo tanaman baru sudah tingginya 180 cm potong ujungnya kira kira ukurannya yg dipotong brp ya pak. Terima kasih mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di ilustrasi tersebut hanya salah satu alternatifnya pak.. lbh mudah kalau dipangkas pendek. Tinggi ideal kl dari segi estetikanya tinggi batang utama sama dengan diameter potnya pak.. silahkan disesuaikan tajuk yg direncanakan...

      Hapus
    2. Yang di ilustrasi tersebut hanya salah satu alternatifnya pak.. lbh mudah kalau dipangkas pendek. Tinggi ideal kl dari segi estetikanya tinggi batang utama sama dengan diameter potnya pak.. silahkan disesuaikan tajuk yg direncanakan...

      Hapus
  66. Ijin tanya pak. Mohon panduanya
    Ukuran tinggi ideal untuk batang primer tabulampot brp ya?
    Trus informasinya kan kalo tanaman baru sudah memiliki tinggi 180 cm dipotong ujungnya. Kira kira brp ukuran batang yg dipotong ya. Terima kasih pak salam kenal tri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya pertanyaan di atasnya juga dari pak Tri ya pak... semoga jawaban yang saya berikan bisa bermanfaat...

      Hapus
  67. Bapak thomas baik bnget... saya uda baca postingan n komentar... top banget deh... berkah untok bpak thomas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu saja pak... semoga bermanfaat...

      Hapus
  68. gan mau tanya saya punya tnaman anggur kira2 umurx bkum 1 thn.. tingginya sudah sampai 2-3mter.. tips merawatnya seperti apa ya? apa perlu di pangkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, anggur memerlukan bantuan tangan manusia utk memangkas. Selain utk membentuk tajuk yg bagus juga untuk membantu dia bertunas dan berbuah... jika tidak dilakukan pemangkasan tentunya tajuk akan berantakan dan sulit berbuah..

      Hapus
    2. Ya pak, anggur memerlukan bantuan tangan manusia utk memangkas. Selain utk membentuk tajuk yg bagus juga untuk membantu dia bertunas dan berbuah... jika tidak dilakukan pemangkasan tentunya tajuk akan berantakan dan sulit berbuah..

      Hapus
  69. Selamat malam pak tomas saya br baca hasil karya bapak, kebetulan januari 2015 saya tanam anggur di pot kecil, trus bulan agustus saya pindah di pot besar dan pohon saya potong sisa pohon 1,5 meter & sekarang bercabang satu jengkal dari tanah tumbuh panjang 2 meter, pertanyaan saya sekarang ada 3 cabang dalam satu pohon rata2 panjangnya 2 meter lebih, jadi dr pangkal sampai ujung ada 3 (gimana saya mau melakukan pemangkasan maksudnya diujung mana, sebab gak ada cabang2 yang lain) terimakasih banyak atas info dan bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore pak..
      Dr cerita bapak saya menangkap ada 3 cabang baru yg tumbuh dr cabang primer yang dipotong menjadi 150cm ya pak.. Pemangkasan nantinya dilakukan pada cabang baru tersebut dgn menyisakan 3-5 atau 6-9 mata tunas tergantung varietasnya. Pemangkasan boleh dilakukan jika cabang tsb sdh sebesar minimal seukuran pensil dan sudah tua berwarna kecoklatan pak.. demikian semoga bisa dipahami.
      Terima kasih

      Hapus
  70. Met malam pak ...saya aris dari magelang di lereng gunung merapi, saya mau nanya pak..apakah cocok kondisi alam di daerah saya untuk tanaman anggur ya pak..Biasanya daerah saya untuk buah salak..Mohon sarannya pak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak Aris..
      Anggur idealnya tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut pak.. jika lokasi bapak masih dalam range tersebut masih bisa untuk budidaya anggur pak..

      Hapus
  71. Met malam pak...saya aris dari magelang tepatnya di lereng gunung merapi.saya mau nanya pak : apakah didaerah saya cocok untuk tanaman buah anggur ..mohon sarannya ..makasih.

    BalasHapus
  72. Met malam pak...saya aris dari magelang tepatnya di lereng gunung merapi.saya mau nanya pak : apakah didaerah saya cocok untuk tanaman buah anggur ..mohon sarannya ..makasih.

    BalasHapus
  73. Salam pak.... saya mau nanya Stres air itu apa ya pak.. dan bagaimana cara melakukannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam. Yg dimaksud GB Stress air adalah kondisi dimana pohon mengalami kekurangan air hingga menggugurkan sebagian atau seluruh daunnya dan memasuki masa Dorman atau istirahat pak.
      Cara melakukannya tentunya dengan menghentikan atau meminimalkan penyiraman hingga kondisi tersebut tercapai.
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. Waalaikumsalaam. Yg dimaksud GB Stress air adalah kondisi dimana pohon mengalami kekurangan air hingga menggugurkan sebagian atau seluruh daunnya dan memasuki masa Dorman atau istirahat pak.
      Cara melakukannya tentunya dengan menghentikan atau meminimalkan penyiraman hingga kondisi tersebut tercapai.
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
    3. Trimakasih pak infonya...

      Hapus
  74. permisi pak,
    sy br mau mncoba belajar budidaya tanaman anggur dgn menanam d pot dan sistem pergola, saat ini sudh tanaman anggurny berumur 1bulan dan sudah tumbuh skitar 1m, yg mau sy tnyakan pak bgaimna cara menentukan/mengetahui yg mana batang primer, batang sekunder, & batang tersier supya sy tdk salah
    terus klau mau jd member ini berbayar nggak trus apa manfaatnya??
    terima kasih pak maaf mngganggu
    rendy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Selamat malam pak Rendy, menjadi member tidak dipungut biaya pak, gratis. Bapak boleh bertanya seseorang mungkin jika dibutuhkan. Manfaatnya tentunya bapak bisa ikut membaca komentar dan sharing pengetahuan tentang anggur dari sesama hobiis juga jawaban dari saya sbg praktis anggur. Batang primer, cabang sekunder dan cabang tersier dibuat oleh yang menanam sendiri pak, tidak ada batasan mengenai hal ini, jadi bapak bebas membuatnya disesuaikan dengan rencana tajuk yang diinginkan.

      Hapus
    3. Selamat malam pak Rendy, menjadi member tidak dipungut biaya pak, gratis. Bapak boleh bertanya seseorang mungkin jika dibutuhkan. Manfaatnya tentunya bapak bisa ikut membaca komentar dan sharing pengetahuan tentang anggur dari sesama hobiis juga jawaban dari saya sbg praktis anggur. Batang primer, cabang sekunder dan cabang tersier dibuat oleh yang menanam sendiri pak, tidak ada batasan mengenai hal ini, jadi bapak bebas membuatnya disesuaikan dengan rencana tajuk yang diinginkan.

      Hapus
    4. Selamat malam pak Rendah, menjadi member tidak dipungut biaya pak, gratis. Bapak boleh bertanya seseorang mungkin jika dibutuhkan. Manfaatnya tentunya bapak bisa ikut membaca komentar dan sharing pengetahuan tentang anggur dari sesama hobiis juga jawaban dari saya sbg praktis anggur. Batang primer, cabang sekunder dan cabang tersier dibuat oleh yang menanam sendiri pak, tidak ada batasan mengenai hal ini, jadi bapak bebas membuatnya disesuaikan dengan rencana tajuk yang diinginkan.

      Hapus
  75. Asalamualaikum pak.. saya mau naya... 8 bulan yang lalu saya menanam anggur dri stek.. pohonnya saya rambatkan pada pohon pinus tanpa ada perlakuan pemangkasan / pemupukan.. sekarang sudah tumbuh besar dengan cabang yang banyak dan besar dengan panjang kira2 6-7 meter... saya bingung mau memangkasnya... karna pohon anggurnya pajang n besar... n kira2 berapa meter ya pak harus saya pangkas dari pangkal batang... pohon anggurnya sudah saya lakukan stres air pak... daunnya habis berguguran.. hanya tersisa dipucuknya saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      Waduh, saya jadi bingung harus bgmn memberi saran pak... seharusnya tdk dirambatkan ke pohon pinus jadi tajuknya tdk terlalu tinggi, lagipula jika di bawah pohon tentunya anggur menjadi kurang sinar matahari. Sebaiknya percabangan pohon diturunkan saja dr pohon pak, kemudian dirambatkan ke para2 supaya pemangkasan dan perawatan jadi lebih mudah...

      Hapus
    2. Waalaikumsalaam
      Waduh, saya jadi bingung harus bgmn memberi saran pak... seharusnya tdk dirambatkan ke pohon pinus jadi tajuknya tdk terlalu tinggi, lagipula jika di bawah pohon tentunya anggur menjadi kurang sinar matahari. Sebaiknya percabangan pohon diturunkan saja dr pohon pak, kemudian dirambatkan ke para2 supaya pemangkasan dan perawatan jadi lebih mudah...

      Hapus
  76. Asslmkum,,, salam kenal Pak Thomas..
    Sektar 2 bulan yg lalu dhalaman rumah saya tanamin anggur dari bibit stek pak,dan tinggi batang utama/primer skrang sudah hampir 2m. Agar pohon tsb mempunyai batang sekunder apakah harus melalui pemotongan sekarang atau nanti saja kalau sudah cukup umur pak ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam
      Percabangan boleh dibuat saat ketinggian tercapai maupun setelah cabang siap pak. Tetapi lebih disarankan utk melakukan pemangkasan pd batang yang sudah cukup ukuran dan usia supaya perkembangan lebih baik..

      Hapus
    2. Batang siap dipangkas idealnya kira2 usia brpa bulan pak ?

      Hapus
    3. Utk pemangkasan pembentukan tajuk awal menunggu ukuran minimal 7mm dan sudah berkayu pada posisi pangkasnya pak... utk selanjutnya minimal usia 4-5 bulan sejak pemangkasan sebelumnya. Sambil menyesuaikan kematangan batangnya.

      Hapus
    4. Ok mkash ilmunya pak, ternyta tnman anggurku masih lama untuk dproses ya pak hhe,,, oya kalau anggur tabulampot apakah prosesnya sama juga pak harus mnunggu kelaikan batang untuk dipangkas ??? soalnya saya lihat di pic yg bpak uploud itu katanya tingginya 180cm untuk di pangkas, sementara dilapangan yg saya lihat itu 180cm batangnya masih sangat muda/blum berkayu

      Hapus
    5. Hehe iya pak...
      Untuk tabulampot yang memakai system itu harus dilakukan Stress air untuk menghentikan pertumbuhan vegetatif dan memacu penuaan dan pemasangan batang supaya bisa dilakukan pemangkasan pak... yg lebih mudah pemangkasan pendek untuk tabulampot.

      Hapus
  77. Siip pak, akan saya praktekan. Sungguh sangat membantu ilmunya pak bagi saya yg baru mau belajar nnam anggur, makasih ya pak thomas,,,

    BalasHapus
  78. Assalamu'alaikum Pak Thomas.

    Salam kenal Pak. Nama saya Endang. Sy sedang mempelajari cara menanam pohon anggur. sebulan yang lalu sy sudah tanam 1 pohon anggur dari stek yang sudah bertunas 2 buah. sekarang tingginya sudah 1,8 meter. Pertanyaanya. apakah baik/boleh jika ke-2 bakal pohon ini di jadikan batang utama (jadi tidak ada batang primer)?. terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam wr wb..
      Boleh pak, batang primer boleh 1 ataupun 2 tergantung rencana tajuknya...

      Hapus
    2. Waalaikumsalaam wr wb..
      Boleh pak, batang primer boleh 1 ataupun 2 tergantung rencana tajuknya...

      Hapus
    3. TRima Pak Thomas.

      Tanya lagi pak. Untuk cabang sekunder dan cabang tersier apakah didapatkan dari tunas air atau dari tunas lain? (yaitu tunas yang biasanya tidak tumbuh hanya menonjol saja di dekat tunas air). trima kasih

      Hapus
    4. Idealnya dari tunas yg menonjol dekat tunas air pak... setelah dilakukan pemangkasan baru akan tumbuh..

      Hapus
    5. Idealnya dari tunas yg menonjol dekat tunas air pak... setelah dilakukan pemangkasan baru akan tumbuh..

      Hapus
  79. Hallo pak Thomas, salam kenal, saya di Sidoarjo. mohon diberi penjelasan, apakah bagus hanya mempunyai 2 macam cabang saja, misal dari pokok batang langsung ke tersier, apakah tetap akan bisa berbuah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak... metode ini biasa diterapkan utk tanaman dalam pot atau yg biasa kita kenal dengan Tabulampot...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  80. Malam pak thomas,
    Saya sdh baca posting dan komen. Sy punya anggur dr biji sekitar 6-9bln tp pohonnya kecil krn smp bln kemaren msh dtanam dlm pot aqua jd tdk berkembang. Sekarang sdh sy pindah ke tanah dan langsung tinggi 1,5meter dan td sy liat ujung tunas dahan primernya patah. Kemungkinan kena angin kencang bbrp hari ini smp patah dan layu. Mohon bantuannya pohon anggurnya hrs diapain? Pohon berkayu msh sangat kecil skitar < 0.5cm. Terima kasih utk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt malam pak.
      Mengenai tunas yg patah jangan dipisahkan krn nantinya akan tumbuh tunas penggantinya. Yang penting berikan nutrisi yg cukup dan penyiraman yg sesuai insyaAllah nantinya akan tumbuh sehat...

      Hapus
    2. Slmt malam pak.
      Mengenai tunas yg patah jangan dipisahkan krn nantinya akan tumbuh tunas penggantinya. Yang penting berikan nutrisi yg cukup dan penyiraman yg sesuai insyaAllah nantinya akan tumbuh sehat...

      Hapus
  81. Tanaman anggur saya di tanam dalam kaleng cat yg ukuran 20 kg. Brp takaran pupuk yg diberikan pak? Umur tanaman anggurna kira" sudah 1 tahunan. Sampai saat ini blum berbuah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utk wadah cat ukuran 20 kg pemupukan cukup 2 sdm saja bu... berikan juga unsur organik yg cukup. Sudah seberapa besar ukuran batangnya bu?

      Hapus
    2. Utk wadah cat ukuran 20 kg pemupukan cukup 2 sdm saja bu... berikan juga unsur organik yg cukup. Sudah seberapa besar ukuran batangnya bu?

      Hapus
  82. Selamat malam pak Thomas, saya mau tanya pak..
    Kebetulan di rmh sya punya pohon anggur yellow belgie skrng umur 2 thn lebih dgn tinggi btg primer sktar 1,5 - 2 mter, diameter 15mm. pas musim pnas thn kmren anggur tsb sya pruning ya skitar bln oktober pak dgn menyisakan 3 btg sekunder, kemudian dri btg sekunder tsb bnyak tumbuh btg tersier tp gak ada yg berbuah pak. krg gak ada yg berbuah jadi sya biarkan tdk terurus, nah kmren pagi pas saya cek ternyata ada tunas dan cabang baru yg tumbuh di btg primer di ketinggian 10-20 cm dari tanah pak dan ada satu cabang yg berbunga pak. yg sya tanyakan knp bisa spt itu pak, bunganya muncul stlah stngh thn hbs pruning dan tdk di cbng tersier tsb ? apa yg harus sya lakukan ? apakah cabang sekunder dan tersier tsb sya biarkan saja atau sya pangkas pak ? terima kasih sblumnya pak.. (Supriadi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt malam pak.
      Maaf lama baru balas. Membuahkan anggur memang membutuhkan pemangkasan pak. Tp pemangkasan saja tidaklah cukup, harus dipersiapkan dulu pohonnya supaya punya kekuatan utk berbunga. Kesiapan tersebut termasuk terpenuhinya kebutuhan air yang sesuai. Jadi menurut saya, boleh saja bunga yg ada skrg dipelihara, dan nanti setelah buah dipanen selanjutnya bapak bs melakukan pemangkasan lagi dengan persiapan yg lebih baik...

      Hapus
    2. Slmt malam pak.
      Maaf lama baru balas. Membuahkan anggur memang membutuhkan pemangkasan pak. Tp pemangkasan saja tidaklah cukup, harus dipersiapkan dulu pohonnya supaya punya kekuatan utk berbunga. Kesiapan tersebut termasuk terpenuhinya kebutuhan air yang sesuai. Jadi menurut saya, boleh saja bunga yg ada skrg dipelihara, dan nanti setelah buah dipanen selanjutnya bapak bs melakukan pemangkasan lagi dengan persiapan yg lebih baik...

      Hapus
  83. Selamt pagi pak thomas,,,Utk membuat 2 batang skunder yg baik itu di ambil dari dua mata tunas yg terpisah atau kah dari satu mata tunas namun di dalamnya tumbuh lebih dari satu calon cabang (berkumpul jadi satu) ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya boleh pak, yang penting pertumbuhannya sehat...

      Hapus
    2. OK pak. Waah,,, ternyta ada satu cabang yg keluar bakal buah,gmna nih pak,,, padahal pemangkasan tjuan saya hanya untuk membuat batang skunder ternyta kluar calon buah. sebaiknya di biarkan aja atau di ambil pak,,, cos tanaman saya baru berusia 6 bln nanamnya di tanah bukan di pot.

      Hapus
    3. Tergantung pd kekuatan pohonnya pak. Jika dirasa kuat boleh dibiarkan buahnya. Kalau kekuatan kurang nantinya yg membawa buah akan tumbuh lbh lambat drpd yg sebelahnya...

      Hapus
    4. Tergantung pd kekuatan pohonnya pak. Jika dirasa kuat boleh dibiarkan buahnya. Kalau kekuatan kurang nantinya yg membawa buah akan tumbuh lbh lambat drpd yg sebelahnya...

      Hapus
  84. Maaf pak thomas saya masih bingung untuk pembentukan cabang anggur...pohon anggur saya rencanakan panjang sekunder 2 m kanan kiri..cara numbuhkan tersiernya gimana pak..apa dari tunas air yg tumbuh disekundernya..atau dari mata tunasnya..kalo dari mata tunasny..gmn cara numbuhkan mata tunas sepanjang sekundernya itu untuk dijadikan tersier.masalahnya klo sekunder saya potong ujungnya, mata tunas yg tumbuh cuma diujung dekat potongan itu..padahal saya kepengin
    sepanjang mata tunas sekunder akan tumbuh jadi tersier

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menumbuhkan cabang terrier tidak bisa langsung banyak sepanjang batang sekunder pak.
      Perlu dilakukan bertahap sedikit demi sedikit disesuaikan kemampuan pohonnya pak...

      Hapus
    2. Menumbuhkan cabang terrier tidak bisa langsung banyak sepanjang batang sekunder pak.
      Perlu dilakukan bertahap sedikit demi sedikit disesuaikan kemampuan pohonnya pak...

      Hapus
  85. klo perawatan pohon anggur yang sedang berbunga gmn? dari manajemen pupuk dan penyiramannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemupukan pada pohon yang sedang berbunga tetap dilakukan dengan pupuk yang mengandung lebih banyak unsur P dan K pak. Tentu saja unsur Micro tetap diperlukan. Pengiriman dilakukan untuk menjaga kondisi perakaran tetap lembab tidak becek.

      Hapus
  86. contoh merk pupuk yng ngandung unsur p dan k apa saja Pak??...klo pake NPK mutiara bagus gak?...makasih sbelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai MKP pak. Kalau NPK mutiara umumnya komposisi berimbang.

      Hapus
  87. Pak mau nanya klo tanam d pot daunnya harus d pangkas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yang bapak maksud adalah pemangkasan jawabannya adalah iya pak...
      Tetapi pemangkasan tidak dilakukan pada daun melainkan pada cabangnya untuk menumbuhkan cabang baru.

      Hapus
    2. Jika yang bapak maksud adalah pemangkasan jawabannya adalah iya pak...
      Tetapi pemangkasan tidak dilakukan pada daun melainkan pada cabangnya untuk menumbuhkan cabang baru.

      Hapus
  88. Di bagian atas bapak mengatakan klo pemangkasan pada ujungnya tanaman dan sekalian membuang daun yg tersisa
    Maksudnya gimana pak utk yg d tanam pot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, jika bapak akan mengikuti cara di atas sebaiknya dilakukan stress air terlebih dahulu sehingga penangkapan bisa dilakukan pada bagian mendekati ujung, dan daun yg tersisa sekalian dibutuhkan atau dibuang.

      Hapus
  89. Malam pak thomas, pohon angur saya 1 tabun. pruning sempat berbunga. ttap habis dimkaan burung. sekarang 16 bulan sudah rimbun lagi dan mulai muncul 1 malai.. tetapi malainya kok di sulur ya pak. bukan di batang. bantu infonya ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaikat di seluruh bagaimana yang dimaksud pak? Supaya lebih jelas bisakah bapak kirimkan fotonya ke whatsapp 0821-4489-9111
      Terima kasih

      Hapus
    2. Malaikat di seluruh bagaimana yang dimaksud pak? Supaya lebih jelas bisakah bapak kirimkan fotonya ke whatsapp 0821-4489-9111
      Terima kasih

      Hapus
  90. Volume n intervalnya brpa hari pak untuk pemupukan phon anggur yg sedang berbuah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Interval sebulan sekali jika diberikan dalam dosis rendah pak. Mengenai volume tergantung pada usia dan ukuran pohonnya...

      Hapus
    2. Interval sebulan sekali jika diberikan dalam dosis rendah pak. Mengenai volume tergantung pada usia dan ukuran pohonnya...

      Hapus
  91. selamat sore pak thomas, nama saya Carles saya mau nannya ne pak. saya punya pohon anggur tapi buah anggur saya tak bisa besar dan rasanya kurang manis dan tidak renyah. metode pemangkasan sudah saya terapkan seperti yang pak thomas anjurkan, tapi hasilnya seperti diatas. mohon pencerahannya ya pak. atau kalau bapak bersedia tolong kirimkan ke alamat email saya ; carles2784@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi pak Carles. Maaf baru balas.
      Sebelumnya harus tahu dulu varietas apa yang bapak tanam pak. . Karena ukuran dan rasa sangat dipengaruhi oleh varietasnya. Untuk konsultasi lebih lanjut bapak bisa hubungi Thomasgrape di cs@thomasgrape.com atau WA ke 0821-4489-9111
      Terima kasih

      Hapus
  92. Selamat siang pak thomas,,,,, saya mau tanya nih pak, Cabang tersier yang sedang berbuah pada bagian ujungnya sebaiknya di potong atau biarkan memanjang,, ?? kalo baiknya dptong, seberapa panjang kah batang yg harus tersisa dari tangkai buah ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang pak..
      Boleh dibiarkan memanjang boleh juga dipotong pak. Kalau dipotong sebaiknya tetap menyisakan minimal 20 lembar daun supaya pemasangan tidak terganggu..

      Hapus
  93. Om saya mw tanya,buah anggur itu berbuah pada cabang primer,sekunder ap tersier.namun klo saya lihat pnjelasan di atas,pembuahan terjadi pada batang tersier.klo itu bnar brrti smkin bnyk cbg tersier smkin bnyk pula buah yg d hasilkn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru merespon pak.
      Anggur bisa berbuah di cabang mana saja termasuk di batang primernya, namun demikian untuk skala produksi tentunya benar seperti yang bapak sebutkan bahwa makin banyak cabang terserah makin banyak pula buah yang dihasilkan. Tetapi perlu diingat bahwa jumlah buah perlu disesuaikan dengan kekuatan pohonnya.

      Hapus
  94. Selamat malam pak thomas,,,, Pohon anggr yg saya tanam brusia 1 thn, diameter btang primer skitar 1,5 cm. sekarang ada 6 cabang tersier untuk 9 gerombol yg sudah sebesar biji kedelai, dari hal diatas (kekuatan pohon) itu masih baik gak pak untuk kualitas produk,,, atau perlu dikurangi buah n cabang tersiernya ?? trima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekuatan masing2 varietas berbeda pak, jadi sebaiknya dicoba dl saja, kalau kiranya kurang kuat berikutnya jangan ditambah pak. Intinya perlu komunikasi yang intense dengan pohon yang kita tanam hehe

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.