Jumat, 01 April 2011

KONSULTASI GRATIS

Dari dulu sampai sekarang dan nanti anggur selalu menarik perhatian. Rasanya yang nikmat, daunnya yang indah, bahkan penampilannya secara keseluruhan yang selalu membuat yang melihatnya terpesona. Tetapi tidak jarang kita melihat banyak sekali pohon anggur di halaman rumah yang ditanam langsung di tanah ataupun yang di pot tidak terlihat seindah yang diharapkan. Sangat disayangkan, padahal merawat anggur tidaklah sesulit yang kita bayangkan, hanya saja mungkin kita yang belum memahami karakteristik dan kemauan si anggur itu sendiri. 

Untuk itu, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman hobiis anggur dengan membuat posting konsultasi ini. Tidak bermaksud menggurui ataupun sotoy, saya hanya ingin memberikan apa yang saya tahu tentang anggur. Jadi, saya akan berusaha maksimal untuk memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan saya, mohon maaf dan harap maklum kalau ada yang salah. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.
Semua pertanyaan dan jawaban akan diposting melalui kolom komentar di bawah ini, follower atau member lebih diprioritaskan. Terima kasih...

289 komentar:

  1. Makasih thomas atas info yg sangat bagus. Saya ini membalas kunjungan kamu ke blog saya http://bertanamlah.blogspot.com. Saya juga udah jalinkan blog kamu ke blog saya. Makasih sekali lagi.

    BalasHapus
  2. pak thomas, saya di bandung. apa anggur bisa tumbuh di sini? jenis apa yang cocok? terima kasih sebelumnya, nice posting pak.

    BalasHapus
  3. Bisa pak. Yang penting kebutuhan sinar matahari tercukupi dan pengairan disesuaikan. Ada seorang teman di daerah lembang yang berhasil membuahkannya walaupun volume buahnya agak menurun, itupun karena beliau menanamnya di tempat yang kurang sinar.

    BalasHapus
  4. mau tnya2 soal anggur nih pak...anggur dirumah saya itu umurnya sdh 1 taun 2 bulan,tp knpa smpai skrg blm ada tnda2 mo berbuah ya???daunnya jg aneh gt...g hijau sprti daun anggur pd umumnya,lbh cenderung memutih,diblg kena jamur jg gak..gmn ya crnya agar anggurnya cpt berbuah?

    BalasHapus
  5. Anggur sudah bisa dibuahkan setelah umur minimal 7 bulan pak, tapi akan lebih optimal setelah 2 tahun. Anggur tidak bisa alami berbuah baik pak, harus dilakukan pemangkasan berat (90%) dari total tanaman. Untuk warna daun yang seperti bapak jelaskan saya tidak bisa memberi saran tanpa melihat pak, mungkin bapak bisa kirimkan ke saya di tomsset@yahoo.com. Jenis apa yang bapak tanam? Apa mungkin memang jenis daunnya seperti itu pak?

    BalasHapus
  6. Seperti tanaman Anggrek, Anggur gak ada matinya ya pak....
    Salam kenal pak Thomas....

    BalasHapus
  7. Salam kenal juga pak Nur Haryono. Ya pak, anggur selalu jadi idaman kita semua, ga ada matinya hehehe

    BalasHapus
  8. Malam pak, perkenalkan saya fajar di Gunungkidul, Yogya. Saya baru minat budidaya anggur, mau konsultasi mengenai anggur..

    1. Apa saya bisa budidaya anggur di tempat saya? Ketinggian 600 m DPL.
    2. Saya memiliki lahan yang kanan kiri diapit pepohonan tinggi.. Hanya di atas jam 9 pagi saja matahari baru bisa masuk ke areal tanam. Begitupun jam 3 siang, sinar matahari mulai tertutup pepohonan lagi di sisi barat.. Apa kondisi ini bagus untuk anggur?
    3. Bagaimana membuat anggur bisa menggantung di atas? Bisa berikan saya foto konstruksi penyanggahnya? Apa bisa pakai konstruksi bambu?
    4. Berapa harga anggur di tingkat petani?
    Mohon maaf bila banyak bertanya.. Terima kasih..

    BalasHapus
  9. Terima kasih sudah bergabung pak Fajar.
    1. Untuk ketinggian tempat tidak masalah pak.
    2. Kondisi terapit yang kurang sinar matahari kurang baik untuk anggur pak, karena sinar matahari mutlak dibutuhkan.
    3. Penyangga anggur banyak macam dan modelnya pak, yang penting disesuaikan dengan kebutuhan (kemudahan merawatnya) bisa juga dari bambu atau kawat atau yang lain.
    4. Untuk saat ini harga anggur di petani sekitar 5.000 - 7.000 untuk varietas alphonso lavalle dan sejenisnya.

    BalasHapus
  10. senang juga pak bisa bergabung.. jangan panggil pak, saya baru 19 tahun.. hehe..
    mau tanya lagi..
    1. buah anggur pertama di panen usia berapa bulan sejak tanam biji? dan akan terus berbuah sampai usia berapa tahun?
    2. 1 tahun bisa panen buah berapa kali perpohon? setahun 2X atau 3X panen? dengan potensi panen perpohonnya berapa kg persatu kali panen? dengan jarak tanam berapa meter kali berapa meter?
    3. kalau musim hujan tiba, apa produksi buah terganggu/terjadi penurunan?
    4. lebih mahal anggur berwarna merah, hitam, atau hijau?
    Maaf kebanyakan tanya.. hehe..
    Terima kasih pak thomas..

    BalasHapus
  11. Wah kalau bgt kita beda sedikit mas Fajar, cuma beda 16 tahun hehehe.
    1. Saya tidak menyarankan tanam dari biji mas, butuh waktu minimal 3-5 tahun, lebih baik dari stek atau grafting saja 7-8 bulan sudah bisa dibuahkan walau belum maksimal.
    2. Umumnya anggur di daerah tropis bisa panen 3x dlm setahun tetapi 1x musim panen biasanya tidak bisa diharapkan karena hujan. Per pohon bisa menghasilkan sekitar 20kg tergantung varietas dan perawatannya. Jarak tanam beragam mas, tergantung system yang digunakan dan vigornya pohon. Yang dengan system para-para umumnya 3x3 3x4 3x4 4x5.
    3. Ya, pemangkasan yang dilakukan menjelang musim hujan lebih beresiko gagal karena lebih rentan penyakit dan resiko rontoknya bunga dan buah anggur.
    4. Harga anggur tidak ditentukan berdasarkan warna kulitnya tetapi lebih pada rasa dan penampilannya mas, selain itu supply-demand juga pasti berpengaruh.
    Semoga penjelasan saya bisa menjawab pertanyaan mas Fajar.

    BalasHapus
  12. wah, saya pikir masih 16 tahun, ternyata beda 16 tahun toh? kalau begitu cuma beda satu pak.. satu dasawarsa.. hehe..
    tanya lagi pak:
    1. apa bapak punya info dimana saya bisa memperoleh stek batang anggur? atau bapak juga jual stek? minimal pohon anggur usia berapa yang di-stek? lokasi saya di yogya..
    2. jawaban bapak di atas: 'walau belum maksimal' pada stek? apa sebabnya dan apa solusinya?
    3. dimana letak prospek anggur kedepannya? mengingat perputaran modal yang lama untuk panen pertama..
    4. selain anggur, apa bapak punya usaha lain atau bercocok tanam tanaman lain atau memang khusus dokter specialist bedah anggur?
    saya ini seperti wartawan saja kebanyakan tanya.. haduh..
    terima kasih..

    BalasHapus
  13. Iya sudah tua mas hehehe.
    1. Saya juga menyediakan stek mas tetapi harus tunggu musim pangkas nanti.
    2. Walau belum maksimalnya karena usia yang masih muda kan pohonnya masih kecil dan percabangannya juga sedikit mas, sedangkan anggur berbuah dari masing2 cabang baru yang tumbuh setelah pemangkasan.
    3. Prospek ke depan sangat bagus dan masih terbuka luas mas. Tetapi yang jelas harus dengan varietas yang bagus juga. Bukan varietas yang selama ini ada di sekitar kita.
    4. Ya mas, saya seorang petani anggur. Tp bukan dokternya, baby sitternya mungkin hehe.
    Mungkin bakat wartawannya juga bisa dikembangkan mas, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  14. menikmati kesuksesan di masa tua itu cita-cita semua orang pak.. hehe..
    musim pangkas itu masuk bulan kemarau ya pak?

    BalasHapus
  15. Iya mas Fajar, diusahakan setelah pemangkasan untuk pembuahan anggur tidak terguyur hujan untuk hasil yang lebih optimal.

    BalasHapus
  16. salam sukses pak, saya senang lihat2 blog pak thomas, saya mau bertanya sedikit pak, kalo urutan pohon anggur kan, ada batang utama, cabang primer, cabang sekunder, dan cabang tersier, waktu kita mau pemangkasan pembuahan apakah cabang tersier harus kita pangkas juga (dihabisin) jadi yang tersisa cuma batang utama, cabang primer dan sekunder aja pak...
    terima kasih pak...

    BalasHapus
  17. Salam sukses juga pak. Cabang tersier tidak dihabiskan total pak. Sisakan 1-3 mata tunas untuk menumbuhkan cabang tersier baru yang menghasilkan buah nantinya.

    BalasHapus
  18. ikut pantau pak Liem, sy baru punya 2 bibit anggur nih...

    BalasHapus
  19. Ya pak, silahkan. Semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  20. saya liat2 di web kok dari biji supaya germinate properly, harus disimpan dalam freezer selama 2bulan... sedangkan metode anda tidak ada keteranganya,... mohon pencerahanya boss. makasih.

    BalasHapus
  21. i love your grape yard,.... always been my dream. utk jadi petani anggur + home brew winery...

    boleh magang di tempat anda nggak? (seriously).

    BalasHapus
  22. Mau tanya pak, anggur saya koq rasanya agak masam ya, bagaimana caranya agar anggur saya bisa manis. Trims.

    BalasHapus
  23. Terima kasih telah berkunjung pak, untuk menyemaikan biji anggur memang ada banyak metode, diantaranya, disimpan dlm freezer 2-3 bulan, perendaman dengan zat kimia, atau dengan cara2 lain yang intinya menghentikan proses dormant biji tersebut untuk mulai tumbuh, silahkan mencoba dengan metode yang bapak anggap paling mudah untuk dilakukan, Good Luck !!!

    BalasHapus
  24. Terima kasih pujiannya pak. Saya ikut senang jika anda juga hobby dalam perkebunan anggur. Tetapi mohon maaf untuk saat ini belum kami adakan program magang yang bapak harapkan, karena kami masih dalam tahap evaluasi dan pengembangan, harap maklum.

    BalasHapus
  25. Sepengetahuan saya, manis atau masamnya anggur dipengaruhi beberapa faktor pak, diantaranya, intensitas sinar matahari, kadar air dalam tanah, kesuburan tanah dan kualitas varietas anggur itu sendiri. Kurangnya sinar, kelebihan air yang paling berpengaruh menyebabkan masamnya buah pak, selamat mencoba.

    BalasHapus
  26. maaf pak thomas liem, mo konsultasi nih... kira2x sehabis panen bisa dibungakan lg, ato hard prunning itu selisih brapa bulan ya sejak panen?

    BalasHapus
  27. Boleh dong aku juga berkonsultasi dengan anda,
    saya tanam pohon anggur hijau telah keluar tunas yang berwarna hijau (dengan usia 3-4 minggu) namun sekarang warna itu berubah jadi coklat kembali saya kira itu pohon akan jadi batang dahulu baru keluar daun

    BalasHapus
  28. ANANG BAKTIO menanyakan....
    1.komposisi media tanam anggur dalam pot itu apa saja pak?
    2. pupuk yang digunakan itu apa pak?
    3.bibit hasil cangkokan apa bisa di pakai?

    BalasHapus
  29. pak saya mau tanya soal tabulampot anggur,
    gmana cara mengganti media tanamnya nt,kan tanamannya sdh merambat kepergola?mohon pencerahannya pak......
    Trims.

    BalasHapus
  30. mas saya mau nanya ,, tabulampot anggur saya berbunga pada cabang sekunder setelah 2 minggu cabang primer di pangkas
    apa yang harus saya perbuat terhadap bungannya
    apa saya buang saja atau di biarkan ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
  31. Salam kenal pak saya hendri dari ponorogo, saya tertarik ingin menanam anggur di rumah. Anggur jenis apa yang bapak rekomendasikan untuk saya coba tanam? Terima kasih

    BalasHapus
  32. bisakah saya membeli beberapa batang bibit anggur dr pak lim? bkn utk komersil pak lim, hanya utk hobi saya saja.

    salam,
    joe - jakarta.

    BalasHapus
  33. Maaf baru bisa saya publikasikan pak, anggur bisa dibungakan lagi minimal setiap 4 bulan sekali, jadi sekitar 1 bulan setelah panen bisa dilakukan hard prunning lagi untuk membungakannya.

    BalasHapus
  34. Bpk Anang Baktio, terima kasih telah berkunjung ke blog kami.
    1. Komposisi media variatif pak, yang penting media subur, bisa menyimpan air tetapi tetap porous, usahakan gunakan pupuk kandang atau organik.
    2. Pupuk kimia tidak saya anjurkan karena anggur tidak menyukai bahan kimia, penggunaan pupuk kimia dalam waktu yang panjang bisa mengakibatkan turunnya kualitas buah anggur pak.
    3. Bibit cangkok bisa juga pak, sebenarnya cangkokan yang sangat kuat ketahanannya tetapi jarang digunakan karena kurang efisien untuk produksi massal, untuk skala kecil justru baik pak.

    BalasHapus
  35. Untuk tanaman anggur dalam pot harus diusahakan pembentukan tajuk tanaman yang selalu kompak terjaga, kalau tanaman terlalu panjang merambat maka kita akan kesulitan saat mengganti medianya pak. Tanaman yang sudah terlanjur tumbuh merambat jauh bisa dipotong dan dipangkas pak. Selanjutnya pertumbuhannya dikontrol supaya tetap kecil.

    BalasHapus
  36. Bapak Ryan, maaf baru bisa memposting jawaban. Bunga akan dipertahankan atau dibuang tergantung kondisi tanaman dan rencana perawatannya pak. Kalau tanaman sudah layak berbuah bisa dipertahankan saja, dan jangan sampai media kekeringan karena saat pembuahan anggur sangat membutuhkan air.

    BalasHapus
  37. Bpk Hendri di Ponorogo. Semua jenis anggur bisa tumbuh dan sesuai dengan kondisi alam di ponorogo pak, yang penting adalah ketersediaan air dan intensitas cahaya matahari.

    BalasHapus
  38. Bapak Joe di Jakarta.
    Mohon maaf pak, untuk bibit varietas Kyohou dan Pione belum kami pasarkan. Harap dimaklumi.

    BalasHapus
  39. Kalo yang dijual di toko2 buah, anggur merah dan anggur hitam itu anggur jenis apa ya, apa bibitnya sudah ada dijual di indonesia Pak Thomas Liem ?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  40. Yang umumnya ada di toko2 buah itu adalah red globe, seeedless thomson, black autumn dll tetapi bibitnya belum ada di pasaran lokal (setahu saya)

    BalasHapus
  41. 1.Anggur Red globe dengan anggur red prince manisan mana ( brix nya tinggi mana), atau secara keseluruhan bagusan mana Pak Thomas liem ?
    2.Anggur yang punya prospek bagus kedepan dan bisa di tanam diindonesia apa ya Pak Thomas Liem ?

    Terima kasih...

    BalasHapus
  42. Kadar brix anggur tergantung dari varietas dan cara budidayanya, tetapi secara keseluruhan dalam hal ini red globe lebih tepat kalau untuk disajikan sebagai anggur meja. Anggur yang prospeknya bagus tentu saja anggur yang secara penampilan fisik dan rasanya bisa diandalkan seperti yang sedang saya tanam sekarang.

    BalasHapus
  43. Apa saya bisa beli batang stek anggur dari Pak Thomas Liem untuk beberapa jenis anggur yang terbaik :
    - Anggur merah ( Red Globe dan jenis lainnya )
    - Anggur hitam ( bukan ungu ) beberapa jenis
    - Anggur hijau kekuningan semua jenis
    Masing2 antara 5 batang stek atau berapa....
    Terima kasih.

    BalasHapus
  44. Saya bisa melayani pembelian stek anggur. Tetapi untuk saat ini stek yang tersedia adalah red malaga. Bibit red globe tidak pernah ada di indonesia, yang ada red prince, mirip red globe tetapi ukurannya lebih kecil, ini adalah varietas dari australia. Untuk pemesanan silahkan langsung via SMS ke 085732321000.

    BalasHapus
  45. red prince sudah punya, saya juga punya bibit2 anggur belgie dan anggur hitam BS 60 masing2 10 biji, 5 biji,5 biji, yg baru saya beli dr Probolinggo.
    Yang saya kepengen punya adalah Red Globe dan anggur hitam serta anggur hijau kekuningan seperti yang dijual di toko2 buah,
    Apakah betul jenis Red Globe itu anggur yg dinamakan Probolinggo super....sebagaimana yg saya baca di artikel/berita di media.

    Terima kasih atas penjelasan Pak Thomas Liem

    BalasHapus
  46. Maaf pertanyaan saya beruntun, mohon Pak Thomas Liem tidak keberatan,
    Saya melihat yang di foto2 anggur Pak Thomas seperti anggur Sekirei, Kaiji, Golby, Rosario Bianco, Takazuma, apa sudah ditanam dikebun Pak Thomas, apalagi yang di pot yang anggur merah itu jenis apa ya....
    Apa jenis2 anggur seperti di foto2 itu sudah boleh di beli batang steknya Pak Thomas.

    Terima kasih

    BalasHapus
  47. Yang dimaksud dengan probolinggo super bukan red globe pak. Sampai saat ini red globe hanya import, belum dikebunkan di Indonesia. Semua varietas anggur yang ada di blog sudah ada di kebun pak. Tetapi saya belum menjual batang stek atau rootingsnya karena kebutuhan intern masih belum tercukupi.

    BalasHapus
  48. malam pak thomas, saya mempunyai 1 pohon anggur yang berumur kira2 8 bulan, apakah bisa berbuah maksimal, berhubung saya menanamnya dekat sekali dengan tembok rumah kira2 10cm, apakah akar tanaman anggur itu tidak terganggu...
    saya tinggal di jakarta timur yang cukup sekali sinar mataharinya....
    terima kasih pak thomas...

    BalasHapus
  49. Kalau memungkinkan lebih baik pohon dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka dan bebas perakarannya pak. Andai tidak bisa juga tidak masalah selama sinar matahari optimal. Untuk membuahkan anggur sebenarnya tidak ada patokan pasti, tergantung dari sosok tanaman itu sendiri. Kalau pohon bapak sudah cukup vigor dan berbatang kayu bisa dibuahkan walau usianya masih muda, tetapi tentu saja buahnya jangan banyak supaya nantinya bisa matang sempurna.

    BalasHapus
  50. Pak Thomas, Kalo melihat model penanaman anggur diluar negeri dan di indonesia, kebanayakan di indonesia model para2 dan diluar model pagar, kenapa begitu ya ?...
    Kalo di indonesia sebetulnya lebih menguntungkan mana antara model para2 dan model pagar?.

    Terima kasih

    BalasHapus
  51. Model para2 umumnya di gunakan untuk anggur meja,sedangkan model pagar atau trelis di gunakan untuk anggur wine pak.

    BalasHapus
  52. Dengan keadaan jenis anggur yang ada saat ini, Untuk dikembang lebih luas usaha budidaya anggur apakah bisa bertahan terhadap serangan buah anggur dr import yg kwalitasnya lebih bagus....
    Pak Thomas,.. Untuk budidaya anggur dikebun secara komersil yg cocok jenis anggur apa ya ?

    Terima kasih

    BalasHapus
  53. Bapak/Ibu, justru untuk melawan arus import anggur yang saat ini masuk ke dalam negeri haruslah membudidayakan varietas anggur yang mampu bersaing dengan produk import yang ada. Saat ini saya berusaha mendatangkan sebanyak mungkin varietas yang berkualitas dari segi ukuran, penampilan dan rasa seperti yang saya posting dalam blog ini. Budidaya anggur komersial yang prospektif untuk di Indonesia pastinya adalah jenis anggur meja mengingat tidak banyaknya produsen wine jadi bisa langsung dipasarkan ke publik. Varietasnya bisa dipilih dari yang ada di blog ini karena semuanya cocok untuk anggur meja.

    BalasHapus
  54. Saya sangat minat untuk bertanam anggur secara komersial, tapi sejauh ini saya baru mulai mencari informasi sebanyak banyaknya baik cara bertanamnya , bagaimana jalur pemasarannya, dan paling sulit adalah menentukan jebis anggur apa yang akan ditanam.
    Oleh karena itu secara kebetulan saya menemukan Blog Bapak Thomas yg sangat cantik ini, saya jadi bertubi tubi bertanya mencari tahu sebanyak banyaknya, mudah2an Pak Thomas nggak bosan dengan pertanyaan saya,
    Dan saya menunggu dan berharap Pak Thomas bisa membagi bibit anggur yang unggul seperti yang di foto2 itu.

    Terima kasih Pak

    BalasHapus
  55. Bapak/Ibu saya sangat senang semakin banyak yang peduli dan berminat untuk budidaya anggur seperti saya. Sebanyak apapun yang akan ditanyakan silahkan jangan sungkan karena saya memang ingin berbagi informasi dan belajar bersama. Pemasaran anggur, selama kualitas dan varietasnya bagus tidak akan mengalami masalah karena pasar masih terbuka luas, selama ini pasokan anggur meja hanya mengandalkan produk import. Mengenai bibit varietas unggul sedang saya perbanyak supaya nantinya bisa dipasarkan juga untuk mereka yang mau berkebun komersial maupun yang sekedar hobby. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  56. Pak Thomas Liem, Saya sangat terkesan dengan hasil Anggur yang ada di Perkebunan Anggur Pak Thomas demikian juga dengan hasil yang ada di Tabulampot. Saya punya Anggur yang sudah berumur diatas 10 tahun, namun rasanya masih ada asamnya. oleh sebab itu saya ingin memesan Bibit yang unggul dari Pak Thomas, namun sementara yang Bapak tawarkan adalah Red Malaga, bagaimana dengan Rasa dan ukurannya.Trimakasih dari saya : Sahala.T.simanjuntak. Pondok Sukmajaya Permai. Blok A2 No. 14 Depok

    BalasHapus
  57. Bapak Sahala varietas anggur red malaga berukuran sedang, dgn diameter 2,0 - 2,4mm. Rasa manis segar dengan aroma yang harum. Mengenai manis atau asamnya rasa buah anggur sebenarnya dipengaruhi banyak faktor, intensitas cahaya matahari, keadaan tanah dan pola budidayanya. Dengan perawatan yang tepat anggur akan terasa manis dan ukurannya pun meningkat. Kalau bapak berencana untuk mulai membuahkannya lagi silahkan hubungi saya dengan SMS, saya akan memberikan panduan. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  58. Pak Thomas,..
    - Batang yg digunakan sebagai calon bibit stek sebaiknya ukuran diameter nya kurang lebih berapa Pak ?
    - Anggur Red Malaga warna buahnya merah atau coklat Pak, buahnya bulat atau lonjong Pak.

    Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  59. Batang yang digunakan untuk stek adalah batang yang umur 1 tahun pak. Kurang lebih seukuran pensil ataw bisa lebih besar. jenis warna buah RED malaga adalah merah maroon dan agak loncong.

    BalasHapus
  60. pak Thomas saya mau tanya ni, untuk anggur yg di dalam pot bisa tidak kita prunning akar?

    rencana saya, sebelumnya saya tanam di tanah kemudian mau saya pindah ke pot, nah akar pasti lebih banyak dan agar muat ke pot perlu di prunning. kira2 prunning akar untuk anggur apa bisa?
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  61. Bapak Hulaimy, Secara tidak langsung tips dan trik yang diharapkan muncul sendiri dari ide2 pengunjung blog hehe. Bisa pak, memang itulah cara instant untuk membuat tabulampot cepat berbuah dengan perakaran yang lebih kuat. Caranya, saat pohon sudah dirasa sudah cukup besar bongkar akarnya dari tanah, bersihkan tanah yang melekat kemudian pruning sesuai ukuran pot, sebisa mungkin sisakan akar serabutnya walau sedikit. Rendam dalam air larutan ZPT selama 1 jam sebelum ditanam kembali ke media dalam pot. Perlu diingat saat pruning akar, harus diikuti pruning batang juga untuk mengurangi penguapan. Saya tunggu komentar selanjutnya pak. Semoga berhasil.

    BalasHapus
  62. komentar selanjutnya, saya mau praktek dulu pak hehehe, kira2 umur berapa itu pak baru bisa dipindah dan cukup umur untuk dibuahkan?

    saya liat di pict batangnya masih kecil tp buahnya bisa sampai 5 dompol, speechless saya.

    BalasHapus
  63. Speechless sih tidak apa-apa asalkan bukan hopeless pak, hehe. Pemindahan ke pot, idealnya usia di atas 1 tahun pak. Kalau yang di pict itu juga usia antara 1-2 tahunan. Tetapi perlu diingat media harus terjaga selalu kesuburannya jika ditanam dalam pot karena media terbatas. Selamat mencoba pak Hulaimy.

    BalasHapus
  64. Yth Pak Thomas
    Dari beberapa bahan bacaan yg saya baca :
    1. Anggur tanaman butuh penyiraman/pengairan yg rutin, minimal seminggu sekali, bahkan setelah dipangkas menjadi setiap hari,kecuali menjelang dipangkas dihentikan seiktar 15 hari atau 1 bulan ....kesimpulan ini betul nggak Pak
    2. Ada cara pemupukan ( NPK 16-16-16 dicampur urea )dilakukan seminggu sekali, dosis sesuai umur,...benar nggak Pak.
    3. Pakai pupuk Kompos atau pupuk Kandang Pak.
    Terima Kais atas jawabannya.

    BalasHapus
  65. Pak Thomas numpang tanya yah... pohon anggur itukan merambat, tp klo saya liat tanaman anggur di pot pak Thomas kok pendek2 dan sudah berbuah, apakah ini sering di prunning? pruningnya seperti apa yah Pak? Terima kasih -Anto

    BalasHapus
  66. Iya pak Anto. Anggur secara alaminya memang merambat. Tapi dengan campur tangan manusia sehingga bisa di buat sesuai selera, hehe.. dan pemangkasan bisa juga di pendekkan jadi tanamannya tidak merambat jauh, dan tetap pada tajuk utama pak.
    Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  67. Bpk Erwin.
    1. Pengairan untuk anggur harus disesuaikan dengan tahapannya pak, 4 hari sebelum pemangkasan diairi sampai jenuh kemudian pengairan rutin sampai seminggu sebelum panen. Setelah itu pengeringan selama 1 bulan sampai waktunya dipangkas lagi pak.
    2.Pemupukan dengan NPK tersebut bisa dilakukan tetapi intervalnya yang terlalu rapat pak, disesuaikan dengan kondisi tanaman saja.
    3. Kompos maupun pupuk kandang sangat cocok untuk anggur pak, karena kaya akan kandungan Natrium, bagus untuk pertumbuhannya.

    BalasHapus
  68. Pak Thomas, tabulampot anggurnya menggunakan pot ukuran berapa? apa dengan ukuran 20/25 anggur bisa berbuah? Terima kasih.
    -Anto

    BalasHapus
  69. malam pak thomas, hampir setiap malam saya selalu buka blog bapak, hanya untuk lihat2 pict anggur, setiap hari juga saya selalu mencari2 situs2 cara penanaman anggur yang baik, kebetulan saya mempunyai 2 pohon anggur yang 1 dipot 1 lagi dihalaman yang menjadi pertanyaan saya..

    1. usia pohon anggur saya di pot berumur 7 bulanan, tapi sudah berbentuk batang kayu, apakah bisa saya potong cabang cabangnya untuk saya buat stek, apakah mempengaruhi kualitas pohon anggur itu, maklum induknya saya ambil baru berusia 7 bulan, sedangkan yang bagus katanya diatas 1 tahun..
    2. adakah cara atau tips untuk memperbanyak buah anggur saya dihalaman, saya pernah lihat pohon anggur dihalaman rumah orang itu banyak sekali anggurnya, indah sekali...
    3. waktu pemangkasan cabang apa saja yang harus dipangkas, apakah cabang sekunder atau cabang tersier...
    4. anggur saya dihalaman berumur 8 bulan, saya pasang para2 tinggi 2 meter panjang dan lebar 5X6, apakah buahnya bisa banyak memenuhi para2, sedangkan cuma 1 pohon anggur, idealkah 1 pohon anggur selebar itu...
    terima kasih banyak pak thomas kalau berkenan menjawab, maklum saya lagi senang2nya bertanam pohon anggur...
    bastian.a (jakarta)

    BalasHapus
  70. Pak Anto, untuk tebulampot tentu saja ukuran pot semakin besar semakin mudah untuk membuahkannya, tetapi dengan ukuran 20/25 juga bisa tetap berbuah, yang perlu diperhatikan adalah media tanamnya harus mengandung nutrisi yang cukup pak.

    BalasHapus
  71. Pak Bastian, terima kasih atas kunjungannya ke blog.
    1. Batang stek yang dimaksud umur 1 tahun itu sebenarnya satu musim pak, artinya setelah batang yang dimaksud memasuki masa dormant, jadi tidak harus menunggu 1 tahun. Ini bukan umur tanaman, tetapi umur cabangnya pak.
    2. Banyaknya buah anggur yang dihasilkan dipengaruhi bagaimana kita membentuk tajuknya pak, semakin banyak batang tersiernya akan semakin banyak buahnya, tetapi perlu dipertimbangkan juga bagaimana kemampuan tanamannya untuk mensupply nutrisi ke semua buah tersebut supaya bisa matang dengan sempurna.
    3. Cabang yang dipangkas adalah cabang tersier pak, itu yang umum dilakukan, tetapi selain itu ada beberapa cara pangkas yang berbeda misalnya spur pruning cane pruning.
    4. Tidak ada ukuran khusus yang dikatakan ideal untuk anggur pak, yang pasti semakin luas para-paranya semakin lama penuhnya, sebagai contoh, di Jepang 1 pohon anggur yang usianya 45 tahun bisa memenuhi para-para seluas 400m2 (20m x 20m)jadi kalau mau cepat penuh lebih baik ditambah jumlah pohonnya pak.
    Saya ikut senang bisa belajar bersama dengan para hobiis anggur pak, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  72. selamat sore pak Thomas, penampilan barunya Oke pak 2thumb up

    BalasHapus
  73. Terima kasih pujiannya pak Hulaimy, berkat saran bapak hehe..

    BalasHapus
  74. selamat pagi Pak Thomas, stek saya sudah terlihat bud-nya dan sudah keluar daun2 kecil, masalahnya saya lupa membuka sungkup jadi daun menghitam dan busuk, kira2 bisa keluar tunas baru lagi tidak?

    baru kali ini saya lupa nenok semaian.

    BalasHapus
  75. Pak Hulaimy. Kalau terlambat buka sungkup memang bisa hangus pak. Tetapi jangan kuatir masih ada 2 bud sekunder yang bisa tumbuh. Yang penting media dan keadaan sekitar usahakan tidak panas dan kering. Walau begitu jangan sampai media menjadi becek juga pak karena akan menghambat pertumbuhan akar baru.

    BalasHapus
  76. setiap hari kesini berharap ada ilmu baru hehehe

    Pak Thomas, red malaga sudah berdaun, post saya yg sebelumnya berisi keluhan sekarang gembira hehehe

    BalasHapus
  77. Bapak Hulaimy, Wah saya justru senang sekali bapak sudi mampir tiap hari ke sini. Sangat senang juga mendengar red malaganya sudah tumbuh pak, semoga terus tumbuh menjadi pohon anggur yang sehat dan berbuah lebat. Jika ada yang bisa saya bantu kapanpun silahkan jangan sungkan pak, saya berharap semoga kita bisa selalu belajar bersama tentang anggur.

    BalasHapus
  78. Oh ya pak, kalau ada perubahan atau tambahan di blog pasti akan saya beritahukan juga melalui twitter.

    BalasHapus
  79. terima kasih pak, maklum saya pemula jadi masih perlu bimbingan dari yg sudah berpengalaman.

    BalasHapus
  80. Pak Thomas Liem, selamat tahun baru Pak....
    Semoga di tahun baru ini semua akan berjalan lebih baik dari tahun kemarin

    Oh ya Pak saya mau menanyakan, cara pemupukan, pemupukan pohon anggur dewasa jarak diameter berapa centimater dari batang pokok....

    Terima kasih Pak

    BalasHapus
  81. Selamat Tahun Baru juga pak Erwin. Pemupukan pohon anggur dewasa jaraknya disesuaikan dengan besarnya crown (mahkota/jaringan rantingnya) tetapi pada dasarnya jarak 1,5 meter cukup ideal pak.

    BalasHapus
  82. Pak Thomas, tambah referensi tentang penyakit nya juga, hmm saya punya ada serangga seperti insect dibawah daun berwarna coklat bening dan bisa terbang, ini yg sebelumnya pernah saya tanya dan diperkirakan jamur.

    BalasHapus
  83. Bapak Hulaimy, terima kasih atas sarannya pak. Nanti akan saya muat di posting tips n tricks dan juga melalui twitter pak. Andai saya bisa melihatnya akan lebih jelas pak, tetapi pada dasarnya insects tidak terlalu mengganggu anggur, tetapi kerjaannya bisa bikin penampilan tanaman kita menjadi kurang cantik pak, hehe.

    BalasHapus
  84. saya mau nanya lagi ni Pak Thomas, jangan bosan jawab keingintahuan nubie ini ya.

    saya baru dapet bibit dari salah satu instansi pengembangan anggur tanah air.
    yg saya agak bingung, kenapa stek yg dijadikan bibit diameternya tidak lebih besar dari tusuk sate.

    maksudnya, bila dengan bahan "sebesar" ini apa akan mempengaruhi :
    -masa produksi
    -kualitas buah
    -(atau bahkan) resistensi tanaman terhadap penyakit.

    terima kasih.

    BalasHapus
  85. Bapak Hulaimy, Saya justru senang bisa berbagi informasi dengan sesama pecinta anggur pak. Idealnya batang stek anggur haruslah lebih besar dari ukuran pensil, karena pertumbuhan awal stek anggur murni menggunakan cadangan nutrisi yang terkandung dalam kambium batang stek itu sendiri pak. Jadi jika ukuran batang stek terlalu kecil tentu saja cadangan nitrisinya juga sedikit. Akibatnya tunas sulit untuk tumbuh, andai tumbuh pun kemungkinan besar kondisinya lemah. Hal ini pasti akan mempengaruhi kecepatan produksinya, pada beberapa kali awal pembuahan biasanya bunga atau bakal buah mudah busuk dan rontok. Tetapi andai bisa tumbuh sempurna dan vigor saya rasa tidak masalah hanya perlu menunggu lebih lama saja pak. Demikian semoga informasi ini bisa membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih informasi berharganya pak Thomas.

      Dikebun pembibitan pak Thomas biasanya pakai media apa untuk semai cutting? apa ada efek negatif kalau pakai tanah liat murni?

      Hapus
    2. Oiya, berkaitan dengan akar, andai stek yg kita punya sudah berakar dan secara tidak sengaja tercabut sehingga semua akar putus. Apa ada kemungkinan stek tsb berakar kembali?

      Hapus
  86. Bapak Hulaimy, Di sini saya memakai media campuran tanah kebun (bisa juga tanah liat), peat moss dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 2;1;1. Penggunaan tanah liat murni tetap bisa digunakan asalkan bisa selalu terjaga kelembabannya karena dengan tanah liat murni jika terlalu basah bisa menyebabkan kebusukan dan saat kekeringan bisa mengeras yang membuat stek sulit untuk berakar pak. Saran saya, jika tanah liat murni yang digunakan sebaiknya diberi mulsa di atasnya pak. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  87. Bapak Hulaimy, Akar anggur yang putus akan segera digantikan dengan tumbuhnya akar yang baru dari tempat yang sama pak, asalkan tidak sampai kekeringan. Bahkan saya sengaja memotong akar disisakan 1 cm dari batang stek saat memindahkan tanaman dari propagating bed ke individual polybag, tujuannya untuk merangsang akar untuk bercabang. Tidak perlu kuatir pak, segera ditanam kembali dan tetap dijaga kelembabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, lega saya baca komen pak Thomas ini.
      sebab saya bener2 belum pernah tau kalau akar putus bisa recovery lg.

      sekali lagi terima kasih, rencana media tanah mau saya rontokkan dengan rendam air setelah itu ganti media yg lebih porous.

      Hapus
  88. Bapak Hulaimy, Saran saya sekalian tanaman yang akan dipindahkann direndam air agak lama sekitar 1 jam supaya sukulenitasnya meningkat pak. Dengan begitu lebih tahan terhadap proses pemindahannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak, kebetulan baru besok mau repotting hehehe untung sempet intip blogs ini dulu.
      trims.

      Hapus
  89. saya ikut menyimak aja...
    konsultasi om hul dengan pak thomas.. he..he..
    btw, stek red malaga yang kemarin sudah muncul tunas semua, tapi ada 2 yang membawa pentil bunga.
    apakah akan berpengaruh buruk jika mempertahankan pentil bunga tersebut?
    Makasih pak.

    BalasHapus
  90. Bapak Rosyid, Alhamdulillah kalau sudah muncul tunas semua. Pentil bunga lebih baik dibuang pak, karena bunga sangat menyerap nutrisi, kalau dipertahankan juga nanti akhirnya rontok dan malah bisa mengurangi nutrisi yang seharusnya dipakai untuk tumbuh. Bahkan setelah tumbuh pun dalam setahun pertama lebih baik bunga yang muncul segera dibuang untuk memacu pertumbuhan trunk dan cordonnya dulu.

    BalasHapus
  91. Bapak Hulaimy, informasi tambahan pak. Saat tanaman selesai di-repotting tempatkan lagi di tempat teduh untuk beberapa hari sebelum dikembalikan ke tempat asalnya supaya tanaman tidak stress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai anjuran saat repotting direndam dengan air selama sejam dan ditempatkan ditempat teduh dulu mereka terlihat tidak layu dan segar, padahal saat repotting akar dicuci bersiah dari media bawaan.

      semoga tunas baru segera muncul :) terima kasih tips n trik-nya pak Thomas.

      Hapus
  92. Bapak Hulaimy, alhamdulillah jika saran saya bermanfaat pak. 1 hal lagi, untuk mengurangi penguapan saat repotting bisa dikurangi jumlah daunnya pak, terutama daun yang paling tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pengurangan daun, andai saya buang semua daun, kira-kira baik atau tidak pak untuk perkembangannya?

      sampai saat ini saya masih membuang yg tertua saja.

      Hapus
  93. Bapak Hulaimy, daun dibuang semua tidak masalah pak. Tetapi ujung tunas lebih baik dibiarkan tumbuh untuk mempercepat tingginya, kecuali kalau yang diinginkan adalah sosok pendek seperti tabulampot.

    BalasHapus
  94. pak saya mau tanya klo untuk tabulampot idealnya
    ubtuk batang pokok disisakan berapa mata tunas?
    nt setiap tunas yg tumbuh di batang pokok apa dipangkas lg pak?Trims.....

    BalasHapus
  95. Pak Thomas saya pengen tahu manisnya buah anggur red malaga kira2 seberapa manis, misal dibanding anggur red globe yg dijual di pasaran kira2 bagaimana.
    Trim's

    BalasHapus
  96. Bapak Erwin, Red malaga tidak semanis red globe, tetapi dengan perawatan yang baik rasanya bisa menjadi manis juga misalnya dengan penghentian irrigasi pada H+105 selama seminggu. Keistimewaan red malaga adalah aromanya yang harum pak.

    BalasHapus
  97. Bapak Badrun, untuk tabulampot pemangkasan batang utama tergantung berapa besar pot yang digunakan, tetapi saran saya lebih baik sisakan 2 atau 3 mata saja karena media terbatas pak. Tunas yang muncul dari batang utama (cabang sekunder) nantinya juga harus dipagkas untuk proses membuahkannya dengan cara pemangkasan yang sama pak.

    BalasHapus
  98. maaf pak saya mau tanya lg........
    tunas yg membawa sulur bunga nt apakah tunas yg dormant pak?trims pak.

    BalasHapus
  99. Bapak Badrun, tunas yang membawa sulur bunga adalah tunas yang tumbuh dari cabang tersier setelah dilakukan pemangkasan. Bisa dikatakan sebagai tunas yang dormant walaupun sebenarnya anggur di Indonesia tidak mengalami masa dormant, intinya cabang tersebut sudah berumur 1 musim pak.

    BalasHapus
  100. mantab blognya pak Thomas..
    keep posting mengenai anggur..
    ijin nyimak dulu ya pak..
    nanti kalo ud siap tinggal pesan bibit di bapak.
    andy-mataram

    BalasHapus
  101. Bapak Andy, terima kasih atas dukungannya. Silahkan nyimak kapan pun pak, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  102. Selamat sore pak Thomas,
    Saya sekitar 2 thn lalu menanam anggur dan tumbuh subur. Pas tahun baru krn saya lihat terlalu rimbun maka saya melakukan pemotongan cabang utama, saya sisakan sekitar 2 m dari tanah, sekarang tumbuh tunas baru disertai malai bunga yg cukup banyak, saya jd senang melihatnya. Krn masih awam sy bermaksud bertanya kpd bapak, tlg dijawab ya:
    1. Karena malai bunga hanya ada di kelopak 3 dan 4 perlukah saya memotong kelopak ke-5 ke atas.
    2. Satu mata tunas di cabang utama tumbuh s/d 5 mata tunas, tp hanya 1-2 tunas sj yg ada malai bunganya, bolehkah saya membuang tunas yg tdk bermalai.

    Itu saja pertanyaannya pak, mohon bapak berkenan menjawabnya, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  103. Pak Thomas, apakah anggur Red globe bisa dibeli bibitnya langsung dari penangkarnya di negara asalnya,
    sebenarnya anggur red globe asli dari mana Pak ?
    Terima kasih Pak

    BalasHapus
  104. Bapak Sugeng, Terima kasih telah berkujung. Saya sempat kaget bapak memotong cabang utama pak, sebenarnya jika cara pemangkasan benar pada usia 2 thn pohon tsb akan menghasilkan buah yang lumayan banyak.
    1. Saya agak bingung dgn maksud pertanyaan ini, kelopak yang bapak maksud tsb daunnya? Cabang yang membawa malai bunga jangan sampai terganggu pak, karena akan mengakibatkan kegagalan pematangan buahnya.
    2. Bapak sudah benar, cabang baru yang tidak menghasilkan bunga bisa dibuang, kecuali kalau diperlukan untuk pembentukan tajuk atau untuk replacement spur (cabang pengganti) untuk musim berikutnya.
    Jika ada yang masih membingungkan jangan segan untuk bertanya pak, saya akan membantu dgn senang hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Thomas, senang sekali bapak berkenan menjawab. Sebetulnya, tadinya saya beli iseng 4 batang dr tukang jualan keliling dan Alhamdulillah tumbuh subur, cm karena terlalu rimbun dan banyak semut hitam ya saya potong tuntas sj setinggi para2. Tp setelah tumbuh tunas baru dan malai bunga (dimana sebagian sdh mekar) sy jadi jatuh cinta dan rencananya mau sy rawat dg baik dan benar (dgn asuhan Pak Thomas tentunya, ok kan Pak).
      Mengenai pertanyaan sy, maksudnya adalah dari salah satu cabang itu kan yg ada malai bunganya cuma di daun 3 dan 4, tp tunasnya terus tumbuh memanjang nah tunas yg terus tumbuh itu kita biarin aja, atau kita potong biar nutrisinya ke calon buah saja spy buahnya buesar begitu pak.
      Terima kasih sebelum dan sesudahnya pak.

      Hapus
    2. Bapak Sugeng, saya ikut senang jika bapak mulai jatuh cinta pd anggur. InsyaAllah saya akan selalu berusaha membantu bapak supaya berhasil membuahkannya dengan baik pak. Untuk masalah yang bapak tanyakan tsb, bisa saya jelaskan sbb: Aliran nutrisi pada anggur ada 2 pak, nutrisi pertumbuhan (dari akar ke seluruh tanaman) dan nutrisi generatif (dari daun ke bunga dan buah, kalau dipotong setelah daun ke 3 dan 4 kemungkinan besar buah tidak bisa matang sempurna pak, setidaknya begitulah yang saya tahu. Jadi akan lebih baik jika cabang yang membawa buah dibiarkan tumbuh subur supaya reverse nutrition flownya sampai ke buah. Soal besarnya buah bisa bapak coba dengan cluster thinning (penjarangan buah). Selamat mencoba pak semoga berhasil.

      Hapus
    3. Pak Thomas, terima kasih banyak atas pencerahannya, saya sekarang sdh agak mudeng. Berarti pada saat proses pembesaran buah, logikanya dia seharusnya punya stok banyak daun untuk fotosintesa ya pak, sekarang tinggal berdoa supaya cuaca mendukung.
      Salam hormat pak.

      Hapus
    4. Alhamdulillah jika jawaban saya bisa bermanfaat pak. Benar sekali yang bapak katakan, khususnya pada anggur fotosintesa yang berguna untuk buah hanyalah dari daun-daun setangkai dengan buah yang bersangkutan. Satu saran tambahan pak, mungkin bermanfaat jika bunga anggurnya dinaungi potongan plastik, setidaknya bisa mengurangi resiko akibat hujan.

      Hapus
  105. Bapak Erwin, saya tidak tahu pasti red globe asalnya dari mana pak. Setahu saya yang memproduksi red globe adalah beberapa negara bagian Amerika, Israel dan China pak. Seharusnya bisa dibeli dari tempat-tempat tersebut tetapi saya tidak punya link ke sana pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah di web Balitjestro disebutkan asal red globe asalnya dari australia, tp untuk silsilahnya saya kurang tahu.

      Dikembangkan Balitjestro sejak 2 juli 2005 dan dilepas dengan nama Probolinggo ( kode : BS 93)

      sumber dari : balitjestro.litbang.deptan.go.id

      Hapus
    2. Bapak Hulaimy, terima kasih banyak atas informasinya. Saya sendiri memang kurang memahami tentang varietas anggur yang tidak saya budidayakan sendiri, mohon maaf jika ada salah informasi, mungkin bisa kita tanyakan kepada teman yang lebih memahami hal tersebut, pak Santo di www.anggurindo.wordpress.com beliau memiliki lebih banyak informasi tentang silsilah anggur pak. Senang sekali kita bisa saling berbagi info seperti ini pak. Sekali lagi terima kasih.

      Hapus
  106. mohon maaf sy bertanya lg pak,sy msh bingung untuk pruning pembuahan klo menggunakan para2 ala knifin pak,kan cabang terbagi 2 kekiri dan kekanan,disetiap daun kan klr tns baru, apakah nt nya tunas tsb dipelihara apa dipangkas hbs pak untuk pembuahan pak?terimakasih pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Badrun, Kalau untuk kniffin trelis system awalnya bapak harus menumbuhkan 2 cabang primer (trunk) setelah itu barulah membuat cabang sekunder yang menjalar di kedua sisi (berarti ada 4 cabang baru) 2 kiri 2 kanan atau bisa juga 1;1 jika bapak gunakan semi kniffin. Dari cabang inilah nantinya akan muncul cabang buah pak, jika cabang tersebut dipangkas dengan benar akan menghasilkan buah yang berjajar di sepanjang trelis. Mungkin agak membingungkan tetapi pada prinsipnya tetap sama bahwa buah akan dihasilkan oleh cabang tersier yang dipangkas pak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. terimakaih bnyk pak atas penjelasannya pak.......

      Hapus
  107. Selamat pagi pak Thomas, ada pertanyaan lagi nih, kl buah anggur apa akan tumbuh lagi di tempat yg sama? maksudnya kl periode skrg berbuah di kelopak A apakah pembuahan periode berikutnya tetap disitu jg?
    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Sugeng, Buah anggur tidak akan muncul dari node yang sama pak, jika cabang yang sudah berbuah dipangkas dengan benar akan muncul tunas baru, nah tunas baru inilah yang akan membawa buah lagi di musim berikutnya posisi cluster buah pertama selalu muncul di antara daun ke 3 dan ke 5 pak. Semoga jawaban saya bisa memenuhi pertanyaan bapak. Terima kasih.

      Hapus
  108. Pak Thomas, kalo anggur dari biji bisa berbuah kira2 umur berapa tahun Pak ?.
    Trm kasih.

    BalasHapus
  109. Bapak Erwin, bibit anggur yang ditanam dari biji bisa berbuah setelah usia 1,5 tahun tetapi harus didukung pertumbuhan tanaman yang vigor pak. Jika ingin cepat berbuah usahakan media tanamnya baik dan banyak atau ditanam langsung di tanah.

    BalasHapus
  110. Masalah media tanam untuk anggur paling ideal yang seperti apa Pak,
    menurut saya media tanam adalah faktor yang paling penting dalam tanaman bertumbuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali pak Erwin media tanam memang sangat penting, media tanam yang baik untuk anggur adalah yang mengandung cukup unsur hara dan porous (tidak membuat air tergenang) karena akar anggur tidak suka keadaan yang becek pak. Untuk media yang kurang porous bisa ditambahkan pasir atau sekam sebagai solusinya.

      Hapus
  111. Pak Thomas, misal ada lahan letaknya antara 500 m dr garis pantai kira2 cocok nggak untuk anggur, keliatannya tanahnya berpasir sekali, bagaimana menurut Pak Thomas.

    Juga Pak masalah bibit dengan diameter batang stek yg kecil yg agak lambat tumbuhnya,( ada kemungkinan asal dari pohon induknya kurang sehat ),bagaimana menurut Pak Thomas

    Terima kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Erwin, Lahan untuk anggur tidak masalah walau terletak di tepi pantai sekalipun tanahnya berpasir tetapi harus diperhatikan bagaimana pengairannya supaya kebutuhan airnya tercukupi. Untuk stek dengan diameter kecil (kurang dari 7 mm) apalagi yang berasal dari induk yang kurang sehat tidak baik untuk bibit karena pertumbuhannya tidak bisa optimal dan masa produksinya pun jadi lambat pak.

      Hapus
  112. Pak Thomas, saya mau konsultasi lagi ni.
    saya ada 2 jenis anggur yg masih dipolibag (asal stek) yg saya bingung kenapa setiap keluar tunas baru daunnya itu selalu kecil dan tidak bisa besar secara normal.

    padahal tinggi tanaman sdh kurang lebih 50cm lebih.

    sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Hulaimy, ukuran daun anggur memang kurang bisa maksimal saat mereka masih dalam polybag, tetapi jika sehat seharusnya tidak terlalu kecil, harusnya bisa mencapai 80% dari ukuran normalnya. jangan kuatir pak, setelah ditanam di tanah saya yakin ukuran daun yang muncul nantinya akan menjadi normal asalkan tanahnya ber-PH normal dan ketersediaan air sesuai dengan kebutuhan tanaman, dan jangan lupa faktor sinar matahari tetap memegang peranan yang sangat penting.

      Hapus
    2. terima kasih masukkannya pak Thomas, memang masih di-polibag, daun baru memang kecil tp seger dan rimbun.

      mungkin memang harus segera turun ke lahan hehehehe

      weekend saya pindah ke tanah.

      Hapus
  113. Pak Thomas yang baik..saya mau tanya bagaimana merawat stekan (cutting) anggur agar kalusnya tumbuh..sebelum ditanam (maaf..saya ndak tau apakah pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya)..salam

    BalasHapus
  114. Bapak Widodo, untuk menumbuhkan callus batang stek harus selalu dalam keadaan lembab, kira2 dalam 2 minggu callus akan tumbuh, tetapi yang perlu diwaspadai adalah serangan jamur. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alikum...

      Pak homas saya tertarik dengan jawaban ini.

      kira-kira efek yg timbul dari serangan jamur ini apa pak khususnya tahap awal semai dan pada tanaman tua? lalu pencegahan dan pengobatan untuk yg sdh terkena bagaimana?

      sebab, ada beberapa stek saya yg tidak berkembang karena ada hifa jamur mengelilingi batang.

      mohon maaf terlalu banyak pertanyaannya hehehe, terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    2. Pak Thomas, saya mau tanya untuk menghindari serangan jamur bagaimana caranya?

      khususnya perlakuan pada stek sebelum ditanam, sebab ada beberapa stek saya yg mati karena serangan jamur ini, bahkan tanaman yg sdh bertunas dan berakar saja ada yg mati.

      terima kasih.

      Hapus
    3. Bapak Hulaimy, untuk mengatasi atau mencegah serangan jamur bisa dilakukan dengan penyemprotan atau pencelupan ke larutan fungisida pak. Untuk tanaman yang sudah tumbuh pun perlu disiram dengan fungisida secara berkala ke perakarannya juga untuk menghindari serangan di bagian akar.

      Hapus
  115. Assalamu'alaikum Pak Thomas, tanya keuntungan Rooting dibanding stek itu apa?? dan caranya bagaimana, kalau stek saya sudah tau. karena kebanyakan pake stek.. dan apa anggur bisa brbuah di suhu yang tidak dingin(tidak terlalu panas)..salam kenal pak Thomas

    BalasHapus
  116. Wa'alaikumsalam pak Ari, rootings dan stek sama saja pak, yang membedakan hanya tahap pertumbuhannya, rootings sudah tumbuh sebagai tanaman sedangkan stek (cuttings) masih berupa batang stek yang nantinya juga akan menjadi rootings. Untuk suhu udara, tidak masalah panas atau sejuknya yang penting adalah intensitas cahaya yang bisa diterima tanaman pak.

    BalasHapus
  117. ow, itu hanya beda tahap pertumbuhan dari batang stek ya. oiya pak, mau tanya lagi nih. trus yang di halaman stok bibit Pak Thomas menuliskan ;

    "24-12-2011 Bibit grafted rootings(imported)
    Status: PESANAN

    Bibit grafted rootings yang diimport langsung dari Jepang, hanya dilayani beberapa varietas berdasarkan pesanan. Bibit ini adalah hasil okulasi native grape sebagai batang bawah, dan table top grape sebagai scion. Dengan usia sekitar 2 tahun sejak pembibitan, bibit ini siap langsung di tanam di lokasi permanent."


    yang dimaksud bibit rooting itu ini ya pak?? ini import? berarti bukan stek lokal..

    BalasHapus
  118. Bukan pak. Rootings adalah bibit dari stek murni tanpa sambungan okulasi yang sudah tumbuh akar dan daun. Grafted rootings adalah bibit hasil okulasi dan juga sudah tumbuh akar dan daun. Sementara ini grafted rootings diimport langsung dari Jepang pak.

    BalasHapus
  119. untuk harga dan kualitas beda juga pak ya?? trus saran dari bapak, untuk pemula mending tanam yg mana ya? yg grafted atau rootings??

    BalasHapus
  120. Harga dan kualitasnya juga berbeda jauh pak. Untuk informasi seputar bibit silahkan ditanyakan via SMS. Untuk pemula tidak ada bedanya perawatan rootings dan grafted rootings karena keduanya sama-sama rootings pak, sama mudahnya.

    BalasHapus
  121. yahud nih ada varietas dari jepang....inden ya pak.

    BalasHapus
  122. mau tanya nih
    kalau buah anggur bisa tanam di pot atau gak
    sekian&terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak Huda, bahkan anggur termasuk yang paling mudahdibuahkan dalam pot karena lebih mudah bagi pemeliharanya untuk mengatur iklim disesuaikan dengan kemauan si anggur. Untuk bahan referensi silahkan lihat di posting Tabulampot. Terima kasih.

      Hapus
  123. Pak Thomas, saya dari Malaysia. Terima kasih di atas blog yang memuatkan banyak maklumat mengenai penanamam anggur. Saya baru mula menceburi hobi ini dengan satu pokok alphonso dan satu pokok IAC yang dibeli di sini. Agak sukar mendapat anak pokok 'bibit' di tempat saya ini. Satu soalan Pak, pada ketinggian berapa meter paling sesuai untuk pemangkasan supaya pokok bercabang? Dan berapa cabang paling sesuai dibiarkan berkembang menjadi cabang buah? Terima kasih. Sukri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Sukri di Malaysia,
      Terima kasih atas kunjungan bapak, mengenai ketinggian pemangkasan pokok anggur haruslah disesuaikan dengan rencana bapak, jika menggunakan para-para umumnya ketinggian 2 meter, tetapi jika menggunakan system trelis pastinya jauh lebih rendah mengikuti jalur trelis terendahnya. Jumlah cabang potensi berbuah (tersier) tergantung dari berapa jarak tanam/luas system akarnya pak, umumnya untuk jarak tanam 3 x 3 (9m2) dikembangkan menjadi 40 cabang, tetapi juga harus disesuaikan dengan kemampuan pokok anggurnya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  124. Salam kenal Pak Thomas. Blog nya bagus dan inspiratif.

    Nanya ya Pak. Saya nanam anggur yang masih kecil, karena tempat yang terbatas, rencananya mau saya rambatkan di bawah atap/kanopi (bening transparan). Berapa jarak/tinggi idealnya para-para/rambatan dengan kanopi? Agar pertumbuhan tidak terganggu?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak Ika, saya terlambat membalas karena terlewat pak. jarak minimum pertumbuhan daun dengan atap transparan adalah 50 cm pak. Terima kasih.

      Hapus
  125. Pak Thomas mau nanya nih... saya baru beli bibit stek dipasar dikota saya, sudah 2 minggu lebih, tapi setiap tumbuh daun tdk lama daun itu terlihat layu terus kering, begitu juga dengan tunas2 yg mau tumbuh, apa ya sebabnya?? apakah kurang air atau terlalu tersinari matahari...atau ada sebab yang lainnya
    tolong dibantu pak atas kebingungan saya, Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf balasannya terlewat pak. Menurut pengalaman saya hal tersebut umumnya terjadi karena akar kesulitan bernafas, dengan kata lain kemungkinan medianya padat atau terlalu mengandung air yang menyebabkan akar berhenti berkembang, akibatnya tanaman tidak mampu mensupply nutrisi untuk pertumbuhan baru. Kemungkinan lainnya adalah kandungan unsur hara dalam media yang tidak sesuai dengan kemauan anggur. Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  126. pak thomas,
    saya ingin bertanya, biasanya pada saat anggur mulai berbunga dan menjadi buah yang kecil kadang kala terserang hama dan buahnya rontok, beberapa yang survive kadang kala buahnya ada lingkaran coklat yang mengelilingi seperti kena penyakit pada buahnya, kadang kala ada hama yang bentuknya putih bersarang pada dbawah daun. bagaimana cara pencegahanya??? kalo di lakukan dengan penyemprotan saran dari bapak menggunakan apa>??? apakah pencegahan bisa dilakukan secara alami tanpa mengunakan pestisida?????? bisakah di jelaskan bentuk para2 yang baik dan ekonomis untuk lahan yang lumayan luas. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Jhony, menurut pengalaman saya, hama tidak akan membuat tanaman anggur menjadi terganggu perkembangannya, kalau tanaman sehat hama tersebut hanyalah sekedar gangguan kecilpak, bisa dibasmi dengan insektisida, jika ingin menghindari penggunaan insektisida saran saya menggunakan insectnet pak, jadi hama tidak bisa masuk ke areal kebun. Ada banyak macam parapara pak, semuanya bagus hanya tinggal disesuaikan dengan keinginan dan pola kerjanya saja pak. Untuk penjelasan lebih rinci silahkan hubungi saya dengan email pak. Terima kasih.

      Hapus
  127. blogs nya semakin ramai pak Thomas :)

    ditambah 1 bahasan lg pak, mengenai step by step (foto) untuk sambung pucuk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak Hulaimy, akan saya usahakan dokumentasinya dulu ya pak, selama ini tidak terpikir kalau tidak disarankan oleh bapak hehe.. Terima kasih pak

      Hapus
  128. ramai nih, ditunggu pupuk granulny pak thomas.. Hhe

    BalasHapus
  129. Iya benar pak Ari, banyak permintaan sudah masuk tetapi sayangnya saya masih menunggu 1 komponen yang belum lengkap, jadi masih kesulitan untuk menentukan harga fixnya.

    BalasHapus
  130. Pak Thomas, tanpa terasa Red Malaga sudah waktunya di training. Tadinya saya mau gelar di model kanopi, tapi setelah lihat2 referensi ternyata model vertikal bagus juga untuk diaplikasikan. Nah pertanyaannya adalah, apakah varietas Red Malaga cocok untuk di training model 4 Cane Kniffin System? Matur nuwun pak Thomas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika pertumbuhannya bagus pak. Varietas red malaga memang tergolong varietas yang vigor pertumbuhannya, jadi dengan para-para maupun 4 cane kniffin system bisa dilakukan dengan hasil yang optimal pak. Hanya saja, karena pertumbuhan cabang red malaga yang relatif panjang dibutuhkan penyangga tambahan (bisa dengan bentangan kawat) di sisi luar trelisnya pak. Matur nuwun juga pak Sugeng, semoga berhasil.

      Hapus
  131. Halo mas,, mau tanya kalo untuk anggur jenis black autumn itu bisa tumbuh ngga ya kalo di tanam di bandung :)
    terus dia tanem nya dari mana ya, kan dia gak punya biji, kalo pun beli di supermarket tidak ada batang nya, jadi tidak bisa di stek :)
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Black autumn bisa tumbuh di Bandung maupun daerah lain di Indonesia pak, sebenarnya thomasgrape juga melayani bibit dari biji (biji import karena yang di supermarket sudah tidak berbiji) tetapi saat ini sedang kehabisan stock. Jika menginginkan dikabari dengan SMS tentang bibit silahkan registrasikan no HP bapak ke 0857-3232-1000. Terima kasih.

      Hapus
  132. Minal A'idin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.

    Pak Thomas saya mau tanya, kebetulan salah satu jenis anggur dirumah saya sudah berbuah meski masih kecil.
    Masalahnya berbuah tanpa prunning sebelumnya, dan buah yg terbentuk juga sedikit paling bny hanya 3-4 butir.

    Kira-kira bisa matang atau tidak pak? sebab saya lihat koq tangkainya tidak vigor.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan bathin juga pak Hulaimy, pada dasarnya buah yang muncul tanpa pemangkasan memang seperti itu pak, karena nutrisi kurang jadi yang dihasilkan sangat minim. Tetap bisa matang tetapi kemungkinan besar rasanya masam.

      Hapus
    2. ternyata hasil buahnya berbeda kualitas ya pak.
      berbuah perdana tadi saya anggap sebagai "sudah waktunya" di prunning hehehe

      Hapus
  133. Benar pak, berbeda kualitas karena tanaman belum mampu memproduksi buah. Pembuahan yang baik harus melalui tahap dormant, pemupukan dan diikuti pemangkasan pak. Dengan demikian tenaga dan nutrisi terkumpul cukup untuk berbuah.

    BalasHapus
  134. om Thomas, pohon anggur berbuah kecil2 knp ya? padahal sdh ke 2 x,nih ,mohon petunjuk...

    BalasHapus
  135. Pak Dallas Sinaga, untuk mendapatkan kualitas dan ukuran buah anggur yang baik (besar dan manis) perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:
    1. Pastikan varietas yang ditanam benar dan sesuai dengan yang diinginkan, tidak sembarangan membeli bibit dari pedagang yang tidak memahami anggur.
    2. Pohon anggur akan menghasilkan buah dengan kualitas optimal setelah usianya mencapai 1,5 tahun.
    3. Perlakuan dan perawatan untuk membuahkan anggur harus sesuai dengan yang diinginkan oleh anggur tersebut, hal ini termasuk, pemupukan yang tepat, penyiraman yang tepat dan pemangkasan yang tepat pula.
    4. Yang tidak kalah penting adalah intensitas cahaya matahari yang banyak untuk proses fotosintesa.
    Demikian pak, jika ingin yang lebih detail silahkan hubungi melalui email. Terima kasih.

    BalasHapus
  136. pak thomas salam kenal, saya mau nanya nih...klo pohon anggur bisa enggak ditanam dlm pot yg besar bukan dijadikan tabulampot, agar bisa di rambatkan, klo yang bagus ukuran potnya yg gimana ya pak, soalnya halamannya sempit, trims sebelumnya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, utk menanam anggur dlm pot, lbh besar ukuran potnya lbh baik. Bisa dgn memanfaatkan drum bekas. Yg terpenting medianya hrs porous dan pot memiliki lubang drainase yg cukup spy air tdk menggenang dlm media pak.

      Hapus
  137. salm kenal,saya hadi dari karawang punya pohon anggur hijau dah besar banget tapi buah nya selalu asem.gmana caranya agar buahnya bisa manis padahal sya uadah kaaaasih pupuk NPK kalau dolomit dearah sya susah dapetinya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Hadi, faktor utama yg menentukan manisnya buah anggur adalah varietasnya, yg bpk punya varietas apa? Kl varietasnya sdh benar, pd umumnya dgn pemupukan dan sinar matahari yg cukup bisa menghasilkan buah yg manis pak.

      Hapus
  138. pak saya udah buat media pakai tanah, pasir dan pupuk kandang, tapi setelah saya siram kok basahnya lama ya sampai 3 hari, apakah layak buat menanam anggur dengan kondisi seperti itu ya pak...mohon bimbingannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak/ibu, campuran media dengan tanah, pasir dan pupuk kandang sudah benar, tetapi masalahnya masing-masing komponen tersebut banyak macamnya, sehingga campuran ketiganya harus diatur supaya bisa sesuai dengan keinginan anggur. Jika kondisinya basah dalam waktu lama pastinya tidak baik untuk media anggur karena yang dibutuhkan anggur adalah media yang lembab bukan basah. Untuk menghindari kondisi basah bisa ditambahkan sekam, atau pasir kasar atau mengurangi komponen tanahnya. Kalau lembab dalam waktu 3 hari tidak masalah asalkan bukan basah. Selamat mencoba. Terima kasih semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Berarti media sy lebih parah lagi Pak :)
      Campurannya Tanah,pupuk kandang,pasir dan sekam tapi medianya baru bisa disiram setiap 7-10 hari karena basahnya lama :(.

      Hapus
    3. Sebenarnya semua tergantung pori-pori media dan siklus penyiramannya pak, walau basah lama tetapi tdk becek tdk masalah, walau demikian tetap lbh baik yg tdk lama basahnya, cukup dgn lembab saja.

      Hapus
  139. pak thomas bibit rooting saya kan patah tunasnya, apa bisa keluar tunas baru pak, berapa lama kira-kira ya pak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Yang penting media tanam harus porous dan penyiraman dilakukan dengan benar dalam waktu kurang dari 2 minggu akn tumbuh tunas baru lagi.

      Hapus
    2. ya udah satu minggu pak belum ada perubahan saya ganti medianya kemaren pak ternyata agak basah tapi akar belum busuk dan saya buat media yang agak kering, apa akarnya masih mau untuk berkembang ya pak ?

      Hapus
    3. Jika kondisi akar masih segar dan dilakukan repotting dgn media yg lebih tepat kemungkinan pulihnya akan semakin besar pak. Semoga cepat sembuh pak...

      Hapus
  140. ya pak, perlu kerja keras kayaknya nih....untuk mempertahankan hidupnya he..he, mudahan akarnya seneng ama medianya yang baru....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... saya turut support dari jauh pak. Kerja keras di awal saja krn blm tahu kemauan si anggur pak :)

      Hapus
  141. Salam Kenal Pak Thomas
    Salam Sukses
    Saya hendak menanam pohon anggur untuk di tanam dipekarangan rumah dan sdh membeli bibit anggur dgn tinggi kurang lebih 60 cm dengan daun 4-5 lembar, namun batangnya belum bercabang (msh primer), Yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Bolehkan saya potong batang primer agar bercabang? atau harus menunggu brp bulan lagi?
    2. Bila saya pindahkan dari polybag ke tanah, apakah bagus, mengingat saat ini musim hujan.
    3. Bagaimana dengan pupuk NPK, apakah bagus untuk anggur ?
    4. Untuk pupuk kandang, mana yang lebih baik (ayam, sapi, atau kambing). Mohon pencerahaanya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg pak Munajat.
      1. Pemangkasan yg baik hendaknya dilakukan saat batang sdh berkayu.
      2. Pemindahan ke tanah bisa kapan pun asalkan air tidak menggenang di sekitar perakaran pak.
      3. NPK bisa jg digunkan tetapi komposisinya tdk tepat utk hasil yg optimal.
      4. Pukan apapun bisa diaplikasikan asalkan sdh terfermentasi dgn sempurna spy akar tdk hangus.

      Hapus
  142. salam kenal pak thomas. saya tertarik untuk menanam anggur, tapi daerah tempat tinggal saya di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1250 dpl dan curah hujan rata-rata 250mm/ bulan. kira2 anggur bisa ditanam disinai nggak ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga bu Nina. Anggur bisa tumbuh pada ketinggian tsb tetapi produktifitasnya menurun karena pertumbuhan vegetatifnya yg lbh dominan. Ada kiat2 khusus utk menyiasatinya supaya tetap bisa berbuah dengan baik, jika ibu berminat silahkan konsultasi via email ke tomsset@yahoo.com terima kasih

      Hapus
    2. terimakasih pak thomas.. saya tertarik sekali, tapi melihat beberapa teman yang menanam anggur, ternyata yang lebat daunnya, buahnya kurang.

      Hapus
    3. Memang begitu jika tidak ada perlakuan khusus bu :)

      Hapus
  143. Pak Thomas, saya senang sekali membaca blog bapak. Kapan bibit varietas impor ex kebun Banyuwangi di launching? Saya tetap setia menunggunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah pada tahun 2014 pak. Jika nanti bapak ingin dikabari silahkan kirimkan SMS supaya saya bisa simpan no HP bapak. Terima kasih.

      Hapus
  144. pak saya tanya lagi ya, baru2 ini saya membeli bibit dari kediri, maaf dulu sebelumnya berhubungan bibit bapak cuting maupun polibag saya cari dikediri..
    yg ingin saya tanyakan.. ada beberapa bibit yg sdh keluar tunas dan daunya pun sudah 5lembar, tampa sengaja tanah distek lepas akibat pengiriman.. setelah diperhatikan ternyata tidak mempunyai akar, jadi tunas daun sudah keluar sementara akar belum tumbuh, diantara tepi kambium bawah sedikit membengkak.. mungkin sebagai asupan nutrisi atau bakal calon akar...
    kok bisa begitu pak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bibit rooting seperti itu Seharusnya belum layak utk dikirimkan pak. Pembengkakan di pangkal itu namanya callus, kambium yg membengkak dan mengeluarkan akar. Memang hal seperti itu bisa terjadi pada bibit anggur karena pertumbuhan awal berupa munculnya tunas adalah hasil dorongan nutrisi dari cadangan nutrisi dalam batang steknya, jadi harus berhati-hati penanganannya karena bibit yg sdh bertunas belum tentu sudah hidup pak. Mhn maaf saya tidak bermaksud utk berusaha menjatuhkan citra pesaing karena saya tidak bersaing dgn siapa pun pak, hanya saja Menurut saya bibit tersebut masih belum siap dipasarkan. Tetapi bapak jangan berkecil hati, msh ada kemungkinan tumbuh pak.

      Hapus
  145. gpp pak bukan maksud bersaing, seperti saya blg diatas punya pak thomas bibit2nya belum siap, makanya saya cari ditempat lain sebetulnya bukan gak layak dipasarkan pak.. saya aja memaksa seller untuk jual, steknya kurang lebih diameter 5cm memang aturanya belum layak dipasarkan belum maksimal pertumbuhan akar dan tunas usianya pun baru hitungan hari,
    boleh sijabarkan pak maksudnya hati2 bagaimana ya.. setelah sampai ditangan kemarin saya tanam dimedia tanah trubus (beli toko pertanian) + sekam dan setelah tanam saya siram dgn B1 terus saya sungkup pake plastik sampai ke plastik polibagnya..
    mungkin ada cara lain pak? atau ada yg kurang?

    BalasHapus
  146. gan saya sebenernya ngiler melihat kebun" anggur yang sudah ada di indonesia. jadi saya pengen memiliki yang seperti itu. minta solusi dan pencerahan gan. kira" jenis anggur yang cocok pada ketinggian 300m dpl dan jarak dari pantai sekitar 2km. ini saya di daerah pantai selatan Yogyakarta.

    kalau dirumah tetangga sudah memiliki anggur hijau, lebat juga buahnya. untuk dirumah saya sendiri, saya mencoba tabulampot nya (anggur merah) gan. alhamdulilah tumbuh subur, tapi kira" baru berumur 4bulan.

    balas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Shodik, semua varietas anggur akan tumbuh subur di dataran rendah sampai 1000 mtr dpl, jd bpk bs pilih varietas.apapun yg bpk inginkan. Saran saya, utk memulai sebaiknya bapak menggunakan bibit yg jelas dan pasti varietasnya supaya hasilnya juga pasti sesuai dgn harapan.

      Hapus
  147. gan saya punya ladang kosong nie, rencana pengen saya buat kebun anggur gitu. di daerah lereng pantai selatan yogyakarta. kira" 300m dpl, jarak dari pantai 2km, kira" jenis anggur yang cocok apa gan?

    dirumah saya juga mencoba tabulampot anggur merah, baru berumur 4 bulan sech gan, alhamdulillah subur. juga ada anggur hijau dirumah lumayan buahnya lebat. minta pencerahan gan.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem dgn yg atas ya gan, kalau ingin konsultasi yg lbh panjang lebar silahkan dgn email ke tomsset@yahoo.com

      Hapus
  148. Nah itu belum saya beritahu bapak sudah hebat tahu duluan hehe..yg saya maksus hati2 kekeringan/becek, jadi penyungkupan yg bapak lakukan sdh sangat tepat pak. Hindarkan dr cahaya matahari langsung ya pak...

    BalasHapus
  149. apakah kualitas buah anggur dr jpang hasil kbun disini sama sperti di negara asalnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari segi kualitas kurang lebih sama pak. Sedangkan dari segi kuantitas lebih tinggi daripada negara asalnya karena di Indo bisa panen 2x sedangkan di Jepang hanya 1x saja dalam setahun.

      Hapus
  150. oh ya pak,,mw tanya2 lg..hehe
    rootstock itu apa pak? sperti yg saya baca di kaskus bibit seedling yang dsambung ke rootstock bs mpercepat masa berbuah..bisa djlaskan gg pak ? hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.