Minggu, 06 Januari 2013

CARA SEMAI BIJI ANGGUR

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari beberapa customer dan sekaligus untuk menepis keraguan akan keberhasilan menumbuhkan biji anggur import yang dipasarkan oleh Nursery Thomasgrape, berikut ini adalah penjelasan sederhana yang mudah dipahami tentang cara menyemaikan biji anggur. Selamat membaca.

Semua biji yang disediakan oleh Thomasgrape adalah biji anggur varietas import yang telah diseleksi dengan ketat dan telah mendapatkan perlakuan/treatment de-dormancy yang tepat sehingga sangat mudah ditumbuhkan hanya dengan cara yang sederhana. Cara semai yang dijelaskan berikut ini hanya untuk mengetahui secara rinci tentang perkembangan biji sejak disemaikan. Hanya dengan perendaman 12-24 jam saja bisa langsung ditanam dalam media.

Biji anggur yang telah diterima hendaknya langsung direndam dalam air bersih (air sumur/ air kemasan) jangan gunakan air yang mengandung kaporit atau tawas. Perendaman dilakukan selama 12-24 jam.
Pada awal perendaman beberapa biji tenggelam dan beberapa lagi terapung, setelah 4-5 jam semua biji akan tenggelam. Biji yang didapatkan dari anggur yang dijual di supermarket tidak demikian, biji yang mengapung selamanya akan mengapung walau direndam beberapa hari.

Setelah dilakukan perendaman, keluarkan biji dari wadahnya. Siapkan wadah transparan yang bertutup, beri alas selembar tissue yang dibasahi, kemudian biji bisa ditata di atasnya, usahakan biji tidak bersentuhan.
Pasang tutupnya dengan erat untuk menjaga supaya kelembaban tidak hilang menguap. Plastik bisa juga digunakan sebagai penutup. Tidak perlu memberi lubang udara pada tutupnya.

4 hari sejak proses dimulai, biji sudah terlihat menunjukkan perubahan tanda-tanda pertumbuhan awalnya. Ketika biji mulai tumbuh, dikotiledonnya akan membengkak mendorong cangkang biji sehingga biji menjadi retak memanjang pada kedua sisinya.
Jika dilihat lebih dekat lagi, semakin jelas bahwa biji anggur yang kita semaikan telah mengeluarkan akarnya, seperti pada gambar berikut ini.

Hari ke 5-7, hampir semua biji mulai terlihat pecah dan mengeluarkan akarnya. Jika masih ada yang belum tumbuh bukan berarti mati tetapi hanya lambat. Biji yang belum tumbuh tersebut bisa ditanam sekalian ataupun tetap dibiarkan di wadah pernyemaiannya.

Hari ke 7, setelah akar muncul biji bisa ditanam atau ditunggu beberapa hari lagi jika ingin mengetahui perkembangan akarnya. Untuk mempercepat pertumbuhan akar dan daun hendaknya biji segera ditanam, penanaman dilakukan secara individu per pot/polybag supaya akarnya tidak saling berkaitan sehingga tidak bermasalah saat pemindahannya.

Hari ke 9, biji yang telah di tanam dua hari yang lalu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhannya, dikotiledon terlihat jelas muncul di permukaan media tanam, pada kondisi ini bibit mulai bisa diadaptasikan dengan lingkungan luar yang lebih mendapatkan cahaya matahari supaya pertumbuhannya sehat, kekurangan cahaya matahari bisa menyebabkan bibit tumbuh memanjang dan kurus, lebih berresiko busuk batang dan patah.

Hari ke 10. Tidak banyak perkembangan yang terlihat, hanya dikotiledon yang semakin tinggi muncul di permukaan media semai.

Hari ke 11, perkembangan dikotiledon biji anggur pada fase ini sudah terlihat sangat cepat walau tidak secepat biji jagung tentunya, sehari saja sudah terlihat sekali perbedaannya, bandingkan dengan gambar berikut:

Hari ke 12, dikotiledon sudah berdiri tegak dan mengangkat cangkang bijinya, terkadang hal seperti ini bisa terjadi walau banyak juga yang langsung terlepas cangkang bijinya di dalam media.

Hari ke 15, Cangkang biji terbuka dan terjatuh terdorong oleh daun yang mulai tumbuh melebar. Pada fase ini intensitas cahaya matahari harus mulai ditambah supaya pertumbuhan menjadi kokoh dan lebih pesat, kekurangan cahaya matahari akan membuat bibit tumbuh meninggi dengan batang yang kurus.

Tunggu informasi lanjutannya segera di halaman ini...

TESTIMONY BIBIT BIJI ANGGUR DARI CUSTOMER THOMASGRAPE

Foto perkembangan biji anggur dari bapak Eko Arianto di Balikpapan:

Foto perkembangan biji anggur dari ibu Ida Fatmawati di Sidoarjo:
Foto perkembangan biji anggur dari bapak Adit di Bandung:


Yang lain akan segera ditambahkan di halaman ini.



131 komentar:

  1. mantab pak, menurut pak thomas cara seperti diatas apa penyemaian biji ditanah yg lebih cepat tumbuh atau lebih besar kemungkinan tumbuh..
    kalau di rendam dgn zpt 1jam apa akan lebih cepat tumbuh lagi?

    BalasHapus
  2. Berdasar pengalaman kalau media yg digunakan porous dan lembab hasil pertumbuhannya sama saja baik di media maupun di atas tissue pak. Tujuan saya membuat artikel di atas hanya supaya pembaca tahu bagaimana tahap-tahap perkembangan biji yg disemaikan sesuai dengan usia hariannya. Terima kasih komentarnya pak Yanto...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya ada yg ketinggalan. Mungkin penambahan ZPT pada air rendaman bisa membuat biji lbh sehat pak, tp mhn maaf saya belum pernah coba krn belum punya ZPT yg organik ;)

      Hapus
  3. Zpt yg bukan organik apakah tidak boleh ya pak, Zpt biogen trubus maupun zpt hantu apa termasuk organik ya..sepertinya kalau benar2 zpt organik susah dapetnya,
    Coba nanti saya coba kira2 bagaimana reaksinya..
    Thanks pak thomas comentnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tidak boleh pak, saya yang belum pernah mencoba. Saya ikut berharap ada kabar baik dr eksperimen yang akan bapak lakukan ;)

      Hapus
  4. saya tunggu kelanjutannya pak.... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak Asrul. Setelah ada perkembangan yang signifikan akan saya update lagi.

      Hapus
  5. zpt organik punya hantu aja pak, bisa diminum manusianya, baunya mirip susu.. monggo dicoba..semoga bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya pak Ari. Oh ya saya sdh aktif di kaskus lg ;)

      Hapus
  6. pak, biji oriental star ada yg masih mengambang 1 biji setelah saya rendam 24 jam. tidak apa2 kah?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji tsb mati bu. Mohon maaf, saat order berikutnya Mohon diingatkan supaya saya bisa kirimkan pengantinya bu.

      Hapus
    2. oh?! begitu ya?! oke,pak. oh ya, kalo dari biji begini aplikasi pupuk dilakukan saat usia berapa,pak?!

      Hapus
    3. Pemupukan bibit dr biji mulai usia 3 bulan bu. Kecuali jika menggunakan Pupuk organik bisa dimulai usia 1 bulan.

      Hapus
  7. met pagi pak...
    mau tanya sekalian usul nih...

    apa dari konsumen yg membeli bibit biji ini udah ada yg ngirim info perkembangan bijinya? kalo ada, bgmn kalo ditampilkan di halaman ini maupun halaman lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti bibit yang berupa cutting maupun rooting yang sudah saya buatkan halaman khusus pak, nanti setelah ada kiriman foto dari customer akan saya muat juga. Terima kasih banyak atas sarannya pak, saya sedang menunggu kabar dari semua customer yang telah membeli bibit biji pak, semoga cepat memberi kabar baik.

      Hapus
  8. apa sdh ada bibit dr biji yg sdh prnah brbuah? dan bgaimna hsilnya pak ? brapa taun bibit dr biji mulai belajar brbuah? hehe

    BalasHapus
  9. Sudah banyak pak. Hasilnya plus minus dibandingkan dengan induknya, ada yang lbh baik dan lbh buruk, yang pasti pada bbrp sisi ada kemiripan. Bibit dr biji berbuah pd usia 2,5 thn sdgkan Bibit biji yang dilanjutkan dgn grafting bisa jauh lbh cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena faktor genetik pak, tapi hal itu justru bisa menambah koleksi dan keragaman yang nantinya bisa dimanfaatkan lagi...

      salam sukses selalu..

      #by haki

      Hapus
    2. Benar sekali pak. Memang metode perbanyakan anggur dengan biji biasanya dilakukan oleh viticulturist untuk menemukan varietas 2 baru yang lebih unggul.

      Hapus
  10. Juragan, tanya dong anggur apa saja yang cocok dengan daerah bandung dan sekitarnya? saya tertarik mau bikin kebun kecil2an. Kemudian usul agar agan Thomas sekalian bikin buku mengenai budidaya anggur ini biar pemula seperti saya bisa langsung beli di gramedia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua varietas anggur bisa tumbuh dan berbuah dengan baik hingga ketinggian 1000 meter dpl pak.
      Untuk menerbitkan buku masih belum direncanakan karena menulis bukan keahlian saya yang seorang petani biasa pak. Kecuali jika ada pihak yang berkenan melakukannya saya bersedia bekerja sama ;)

      Hapus
  11. Pak setelah hari ke -9 fase dimana dikotiledon mulai muncul dari media, apakah harus mulai ditempatkan di tepat dengan sinar matahari penuh atau cukup pagi hari?
    Saya membaca di sebuah blog, selain dengan treatment juga bisa dengan memotong ujung biji yang meruncing sedikit dengan potongan kuku. Apakah yang demikian benar atau tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah dikotiledon muncul sebaiknya berangsur ditambah intensitas cahaya mataharinya pak, matahari pagi sudah cukup. Treatment tidak bisa dilakukan secara instan begitu pak, lembaga dlm biji hrs benar2 siap tumbuh dulu sebelum disemaikan, pemotongan ujung biji bisa menumbuhkan akar tetapi kemudian lembaga membusuk pak.

      Hapus
  12. Saya pernah mencoba menyemaikan biji anggur lokal sama biji anggur import, dalam media terpisah,
    hasil nya, dari 20 biji anggur lokal 16 biji tumbuh tapi dari 15 biji anggur import tak ada satupun yang tumbuh,
    kenapa ya pak bisa begitu?
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya tidak tahu mengenai hal itu pak, tetapi sepengetahuan saya berdasarkan pengalaman biji import yang ditreatment de-dormancy bisa tumbuh dengan mudah:)

      Hapus
  13. Ketika saya mengeluarkan biji anggur dari buahnya untuk disemai, apakah biji itu harus dikeringkan di terik matahari dulu atau disimpan saja?
    Bagai mana pak cara mengeringkan biji anggur yang baik?
    Trus apakah menanam pohon anggur di ketinggian 800-1000 m dpl itu dapat menghasilkan buah yg sempurna besar dan manis?
    Maaf ya pak bnyk nanya nie, maklum masi awam tp hobi nanem pohon anggur Terimakasih pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengeringkannya cukup dijemur 5 menit kemudian diangin2kan. Tetapi menyemai biji anggur tidak cukup hanya dikeringkan saja pak.

      Hapus
    2. lebih lengkap, caranya gmn ya?

      Hapus
    3. Petunjuk lengkapnya dikirimkan bersama dengan pengiriman pesanan bibit biji bu :)

      Hapus
  14. media untuk bibit dr biji yang sudah berumur 9 hari apakah harus dg media yg komplit? (tanah,pasir,kompos)
    atau bisa menggunakan tanah aja tanpa campuran trb?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media apapun boleh digunakan pak, yang terpenting media harus bisa menyimpan kelembaban dan tetap porous supaya biji tidak mudah membusuk.

      Hapus
    2. trmksh jawabannya pak... fast respon
      good job semoga tambah sukses berkebunnya..

      Hapus
    3. Amin... terima kasih supportnya pak...

      Hapus
  15. Bapak... dari sekian banyak jenis anggur, menurut bapak yang paling mudah untuk ditanam apa ya pak? pingin coba nanem, tapi maunya dari biji. hehehe. oiya pak untuk daerah jogja anggur yg cocok di tanam di sini apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat kesulitannya sama saja bu. Di Jogja daerah dataran rendahnya sangat cocok untuk menanam anggur karena anggur sangat menyukai sinar matahari.

      Hapus
  16. Bapak... Menurut bapak dari sekian banyak jenis anggur import di atas, yang paling mudah ditanam apa ya pak? saya mau nyoba nanen, tapi maunya mulai dari biji. Hehehe...
    Kalau di daerah Jogja yang cocok di tanam disini apa ya pak?
    Kalau di tangerang bisa juga gak ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Tangerang juga bagus untuk anggur meja bu, tapi kurang bagus untuk anggur wine karena kebanyakan tanahnya tanah merah, hasil winenya tidak bisa jernih sempurna agak keruh.

      Hapus
  17. kiriman biji anggurnya (kloter 2 hehe..)sdh sampai kemarin pak thomas tp karena masih ada keperluan ke luar kota(3-5 hari), mungkin belum bisa lakukan perendaman pak . apakah ada batasan hari/waktu sejak biji diterima s/d perendaman pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah 3-5 hari tidak masalah pak, dalam kemasan bibit akan tahan 1 bulan dan bisa tahan sampai 3 bulan dalam refrigerator. Hindarkan biji dari panas berlebihan pak.

      Hapus
  18. Bapak trims udah d jawab pertanyaany... oiya, kalau cuttingnya red malaga sama AG-60 adanya kapan yah pak? klo pesan cutting ada minimum order nya gak pak? Yah klo nanti mau nanem d tangerang tanahnya saya akalin dulu pak... supaya bisa tumbuh hehe... mungkin 1,5 th lagi... soalny skrng masih domisili d jogja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik bu Devi, sampai dengan waktunya nanti bisa ibu pelajari dulu supaya saat memulai tidak banyak kendala ;)

      Hapus
  19. pak pemula mau tanya, saya baru percobaan menanam biji anggur pada media kapas untuk menyemainya, dan sekarang sudah keluar spt akar2 berwarna putih dengan kondisi spt itu langkah selanjutnya spt apa ya pak?? apakah langsung dipindahkan ke media polybag atau dibiarkan saja di media kapas pak?? jwbannya sangat saya tunggu pak. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah akar keluar langsung bisa dipindahkan ke media semai pak.

      Hapus
  20. Pak Thomas, salam kenal, blog Bapak sangat membantu. Insya Allah ilmu yang Bapak semaikan kelak akan menghasilkan buah pahala di surga. Amin. Mohon informasi..., jenis anggur mana yang bisa tumbuh dan berbuah di Pasuruan ? Apakah Yellow Belgie dan Gold Finger bisa ? Saya koq kesengsem sama ke dua varietas ini. Mohon informasi bibit rooting mana yang tersedia saat ini? Matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak, komentar yang bapak tulis membuat saya semakin bersemangat utk berbagi. Anggur varietas apapun sangat menyukai panas dan cahaya matahari pak, jadi sangat cocok utk ditanam di Pasuruan. Untuk info bibit silahkan langsung hubungi kami dgn SMS ke 0857-3232-1000. Matur nuwun.

      Hapus
    2. pak saya tgk di jambi
      saya mau nnya
      anguur yg di beli di market bsa jd bibit gk pak.
      n kalau saya mau beli bibit caranya gimana ya pak.????

      Hapus
    3. Bisa bu Indratia, tetapi menurut pengalaman beberapa customer yang pernah mencoba dan pengalaman saya sendiri biji yang diambil dari supermarket tingkat keberhasilan tumbuhnya sangat kecil di kisaran 2-3% saja. Tetapi pastinya sangat menyenangkan juga melakukan berbagai cara untuk mencoba menumbuhkannya.
      Untuk melakukan pembelian bibit dari Thomasgrape silahkan kunjungi toko online kami di www.thomasgrape.com/produk.html atau jika menemukan kesulitan silahkan order melalui SMS ke 0857-3232-1000 saya akan membantu dengan senang hati.
      Terima kasih

      Hapus
  21. wah artikelnya sangat membantu sekali, semoga ilmunya berkah, aamiin..

    mas Thomas, memang benar ya, biji buah anggur dari beli di supermarket ketika saya rendam selama apapun tidak akan tenggelam, berarti bibit tersebut mati ya??

    Terus ketika menunggu dikotiledon keluar dalam fase 7 hari apakah tisu yg jadi medianya perlu disemprot air agar tidak kering atau dibuat begitu saja tanpa dibuka2 wadahnya mas thomas??

    matur nuwun sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... terima kasih doa dan komentarnya pak.
      Biji yang direndam mengapung berarti infertil/mati pak.
      Penyemaian biji dalam wadah tertutup tidak perlu disemprot air lagi karena kondisinya selalu lembab, kecuali jika wadah tidak rapat bisa mengering, saat itulah diperlukan penyemprotan.

      Hapus
  22. alhamdulillah sbagian biji dah kluar akar lagi insyaAllah menyusul tmn2nya .tp ada beberapa yg diserang hewan putih kecil yg bs masuk dlm biji, trlalu basah mkin ya pak? soal yg ada perlite nya aman2 saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... saya turut senang mendengar kabar baiknya pak. Biasanya kegagalan penyemaian biji dari thomasgrape hanya dari faktor kelembaban saja (berdasarkan survey dari customer) terlalu kering dan terlalu basah bisa mengganggu perkecambahannya, yang dibutuhkan hanya kelembaban yang stabil.

      Hapus
  23. slmat mlm pak thomas, sya coba tanam biji anggur skrng cangkang bijinya udah lepas tapi kok daunnya kyk keriting itu ya pak thomas?? apa emg bgitu? lpas cangkang bijinya sdh 2hri yang lalu. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak.

      Awal cangkang terlepas memang seperti itu pak, nanti perlahan-lahan daun akan melebar dan rata, beberapa hari kemudian barulah daun sejatinya tumbuh. Demikian pak.

      Hapus
  24. slmt malam pak thomas .... Mw nanya nih pak, klo anggurx beli di supermarket cara semai bijinya gmn pak ,. . ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya ada di halaman "anggur dari biji" pak. Silahkan dilihat di jawaban komentar.

      Hapus
  25. bibit dari biji tinggi dah 20 cm.trpruning daunya smua tinggal ujungnya ja,efek negatifnya ada gak pak,?apa akan mengganggu pertumbuhanya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus pertumbuhannya pak. Terkadang memang perlu dibuang daunnya jika terjadi sesuatu, misal terserang jamur dll. Pertumbuhan tidak banyak terganggu pak, hanya sedikit melambat saja. Semoga cepat pulih.

      Hapus
  26. Jika udah di freezer 2bln apa masih prlu di treatman lagi pak misal ditambah kan zpt misalnya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu pak, penghentian masa dorman memang bisa dilakukan dengan pendinginan jangka lama seperti itu tetapi setelahnya akan lebih meningkat hasil sproutingnya dengan perendaman booster 25 ppm selama 12-24 jam.

      Hapus
  27. pak thomas.saya mau nanya..kalo bibit impornya lebih bagus direndam dalam pemutih atau air pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji import siap semai yang disediakan oleh thomasgrape sudah melalui proses treatment de-dormancy pak, jadi tidak perlu menggunakan pemutih lagi, perendaman cukup denganair sumur, air hujan atau air minum kemasan, intinya bukan air yang ber-kaporit atau ber-tawas supaya perkecambahan biji baik.

      Hapus
    2. Benar pak, yang pertama kali muncul adalah akar bukan tunas. Jika ditanam terbalik dan berada di permukaan media yang terkena sengatan cahaya matahari dan menjadi hangus maka tidak bisa hidup pak. Semoga yang lain bisa tumbuh dengan baik.

      Hapus
  28. Pak thomas biji yg bpk punya dr anggur varian apa saja pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa varietas pak, info lengkap berikut deskripsi masing-masing bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com

      Hapus
  29. saya senang sekali menemukan blog bapak.
    sngt membntu org awam sprti saya
    saya mau nanya pak.
    pada umur brapa anggur tersebut dpt di pindahkan ke tanah?
    untuk penanaman anggur d pkrngn rmh saja (pd kanopi) brp pohon anggur yg dprlukan? dan jarak antar pohon brp jauh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bisa bermanfaat untuk ibu. Bibit seedling bisa dipindahkan kapanpun ke tanah bu, asalkan saat pemindahan tidak mengganggu system akarnya dan bisa dipastikan aman dari gangguan hama, biasanya tikus dan belalang. Idealnya saat tanaman sudah terlihat besar sekitar 10 cm sudah termasuk aman. Untuk penanaman yang dirambatkan pada kanopi sebenarnya pohon anggur bisa tumbuh sangat besar dan meluas hingga menutupi area 200 meter persegi, hanya saja dibutuhkan waktu yang lama. Jika tujuannya supaya cepat menutup kanopi sebaiknya ditanam lebih dari 1 dengan jarak minimal 1,5 meter antar tanaman.

      Hapus
  30. Siang pak thomas.
    Jka biji sdh siap di pindahkan dlm pot,boleh ga pak media yg di pke berupa tanah,pasir dan pupuk kandang.dan biji trsbut di tanam brp cm dr permukaan media tanam.atau cuma di letakan di atas permukaan media tanam.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media tersebut bisa digunakan pak, teapi sebaiknya pemakaian pupuk kandang dikurangi karena berresiko untuk akar anggur yang masih muda. Penanaman biji sebaiknya tidak lebih dalam dari 1 cm, minimal tertutup oleh media tanam saja sudah cukup asalkan kelembaban selalu terjaga.

      Hapus
  31. klo d dataran tinggi bisa tumbuh g y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya anggur tumbuh baik di dataran rendah dari tepi pantai hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, selebihnya bukan tidak mungkin untuk menumbuhkan anggur di dataran tinggi, yang menjadi kendala utama adalah intensitas cahaya matahari yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan dataran rendah. Jadi jika cahaya matahari bisa dioptimalkan tentunya bisa tumbuh dengan baik juga walaupun pertumbuhan vegetatifnya akan lebih dominan.

      Hapus
    2. Pak Thomas, treatment de-dormancy itu caranya diapain Pak? Kalau untuk numbuhin anggur yang beli dari supermarket bagaimana baiknya Pak? Thanks

      Hapus
    3. Treatment de-dormancy adalah perlakuan untuk menghentikan masa tidur biji pak. Banyak cara yang bisa dilakukan, perendaman dengan hydrogen peroxide atau bayclin, pendinginan dalam chiller slm 2-3 bulan, dan masih banyak lagi cara yang lain pak.

      Hapus
  32. biji anggur saya ko berjamur ya? apa karena tu2p toplesnya ada lubangnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menjadi salah satu penyebabnya bu. Selain itu kebersihan air dan media serta wadah/toples juga harus diperhatikan. Untuk pencegahan bisa menggunakan fungisida sebagai campuran airnya.

      Hapus
  33. o gitu. ga perlu disemprot air kan ya?cukup kapas dibahasi pertama kali. thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyemprotan hanya dilakukan jika media mengering bu. Jika wadah tertutup rapat seharusnya tidak memerlukan tambahan penyiraman. Biji yang disemai harus yang sudah mendapatkan treatment.

      Hapus
  34. satu kata untuk pak Thomas!!!!!!!!!!!!!!


    YOU ARE A MANNNNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  35. Pak saya punya tanaman anggur di depan rumah tetapi saya tidak tau anggur jenis apa karena saya beli hanya untuk peneduhdidepan teras dan sudah berusia 4 tahun dan pernah berbuahtetapi kecil kecil,setelah saya membaca artikel bapak saya jadi tertarik untuk merawatnya lebih optimal lagi agar berbuah bagus,yang ingin saya tanyakan apakah bisa tanaman anggur di cangkok untuk pembiakanya karena saya. tertarik untuk membuat tabulampot ,batang sudah sebesar 2,5cm,mohn arahanya trimakasih

    Marsellinus,Bekasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, sayang sekali jika tidak dirawat dengan baik. Pencangkokan anggur sangat mudah bahkan bisa dibilang keberhasilannya bisa mencapai 100%. Jika dirasa informasi dari blog dan website kurang silahkan hubungi kami di cs@thomasgrape.com atau WeChat ID Thomasgrape. Terima kasih

      Hapus
  36. Pak, saya sangat tertarik dengan anggur, kalau penyemaian biji anggur dari anggur supermarket dengan cara seperti di atas kira kira bisa tumbuh tidak pak, apa sebelum disemai dijemur dulu pak?, trus kalau pesan biji dari pak thomas kira kira harga dan ongkirnya brp pak? maaf pak banyak nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji anggur dari supermarket juga bisa disemaikan dengan cara di atas pak. Hanya saja kemungkinan tumbuhnya lebih rendah. Mengenai pemesanan bibit bapak bisa melakukan pembelian online di www.thomasgrape.com/produk.html atau hubungi Thomasgrape dengan SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih

      Hapus
  37. Bisa di kirim ke daerah nusa tenggara barat nggak pa????

    BalasHapus
  38. Pak,rumah sya ada di daerah dataran tinggi dengan dengan cuaca yg cukup panas kalau siang hari dengan ciri-ciri tanah berpasir campur sedikit batu apung dan jg air cepat sekali meresap.
    sekitar 5 thn lepas saya mencoba tanam anggur yg warna hijau tampa sedikitpun saya kasi pupuk kimia,cuma sesekali saya taruhkan pupuk kandang. Tapi alhamdulillah bisa bisa hidup dan juga berbuh cukup banyak,tapi sayang nya kecil kecil. sekarang setelah saya baca artikel2 dari bapak saya jadi tambah semangat utk berkebun anggur lebih serius lagi......!!!!
    Yg jadi pertanya'an saya,bagaimana cara nya saya dapatkan bibit2 dan juga pupuk2 yg bapak jual sedangkan lokasi saya cukup jauh dari perkota'an,tepatnya di daerah lombok NTB????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi bapak dengan kondisi tersebut sangat ideal untuk anggur. Tidak menggunakan Pupuk kimia adalah tindakan yang sangat baik untuk jangka panjang pak. Bibit dan produk lain dari Thomasgrape bisa dikirimkan ke daerah bapak, tentu saja jika alamat bapak di luar jangkauan kurir lebih baik jika bapak bisa mengambilnya ke agen terdekat. Untuk informasi lebih rinci silahkan hubungi kami dgn SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih

      Hapus
  39. Terima kasih untuk info nya pak.....moga jaya dan sukses selalu utk thomas grape,,,,,,amin3x

    BalasHapus
  40. pak thomas, biji anggur yang saya semai di media kapas udah mulai keluar akarnya.,,
    yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara memindahkan biji tersebut ke media tanah,,
    apakah akarnya menghadap ke atas atau kebawah. trus harus ditimbun tanah seberapa dalam..
    makasih pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat atas keberhasilannya pak. Pemindahan bisa dilakukan sejak akar pertama kali terlihat. Biji ditanam dengan posisi tidur telungkup pak, walau posisi beda pun tidak masalah. Tanam biji di kedalaman maksimal 1 cm pak. Semoga tumbuh subur.

      Hapus
  41. pak thomas sy pengen tahu ne, ciri-ciri stek-an anggur yang baik untuk dijadikan bibit...............


    "LOMBOK TIMUR, NTB"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bibit stek yg baik adalah yang sudah cukup umur pak, sudah berkayu dengan warna kecoklatan, dipotong dengan ukuran minimal 25cm, memiliki sedikitnya 3 mata tunas dan berdiameter minimal 7mm. Sebenarnya masih banyak kriteria lain yang bisa digunakan untuk menyiapkan bibit stek pak, tapi dgn kriteria di atas sdh bagus.

      Hapus
  42. Anggur saya dari biji sudah berumur dua tahun, dan dipupuk dengan pupuk midori Pak Thomas.. Hasilnya sekarang panjangnya 4 meter dari tanah, sampai naik genteng.. Terima kasih Pak Thomas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,saya senang sekali mendengar kabar baiknya pak. Informasi tentang pupuk Midori sangat membantu kami untuk meningkatkan kualitas pupuk yang kami produksi. Terima kasih...

      Hapus
    2. Ya Pak, semoga sukses selalu dan berkah dunia-akhirat, amin,, Oya Pak, mau tanya aja, umur maksimal pohon anggur berapa lama, dan bisa mencapai ukuran berapa diameter batangnya? kalau terlalu berat, saya khawatir aja jadi beban ke genteng.. trims

      Hapus
    3. Amin... terima kasih pak. Pohon anggur bisa hidup sangat lama pak, yang paling tua di dunia saat ini sudah lebih dari 400 tahun, tetapi usia produktifnya di kisaran 25-40 tahun tergantung pada perawatan. Diameter batang pada usia 40 tahun seukuran pohon kelapa pak, tetapi tentu saja rantingnya tetap saja kecil karena bisa dilakukan peremajaan jika dirasa terlalu besar atau berat.

      Hapus
  43. Pak mau tanya, kalau menyemai biji yang baru saja diambil dari buahnya langsung, bisa ngga? atau harus nunggu sampai kering?
    Saya semai biji yg diambil langsung setelah makan anggur, dibiarkan lembab di kapas tp ngga ada yg jadi

    BalasHapus
  44. Biji anggur dari buah segar juga bisa disemaikan pak, tetapi tentu saja tanpa perlakuan yang tepat kemungkinan tumbuhnya hanya sebesar 2% saja. Ada langkah2 yang diperlukan untuk membuat biji bangun dari tidurnya seperti perendaman dalam larutan hydrogen peroxide atau perlakuan cold stratification dll

    BalasHapus
  45. blog yang sgt berguna..kebetulan saya sedang mencari info2 ttg penanaman anggur.terima kasih utk info2 yang diberikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali pak. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan segan utk hubungi saya di SMS: 0857-3232-1000, WeChat ID: Thomasgrape, Facebook: Thomasgrpe01

      Hapus
  46. Mr. thomas yg baik..salam kenal
    saya suka bercocok tanam dan akhir2 ini tertarik untuk budidaya anggur
    mohon bimbingannya sampai proses akhir penyemaian.
    saat ini saya masih dalam tahap perendaman kurang lebih 11 jam lagi genap 24 jam dan siap di pindahkan diatas tissue basah. apabila sudah saya pindahkan nanti saya akan bertanya lgi lebih lanjut mohon arahannya. TKS B4.

    BalasHapus
  47. Salam kenal juga ibu/bapak..
    Mohon maaf lambat membalas komentarnya. Bagaimana kondisi penyemaiannya saat ini? Apakah sudah ada perkembangan? Jika ada yang ingin ditanyakan jangan segan untuk hubungi saya. Untuk fast response silahkan hubungi melalui SMS ke 0857-3232-1000

    BalasHapus
  48. salam kenal pak thomas,ini deri dari mukomuko bengkulu.klw order bibit anggur stek/biji minimal berapa?.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak Deri. Untuk melakukan pembelian silahkan kunjungi Toko Online kami di www.thomasgrape.com/produk.html atau langsung memesan melalui SMS ke 0857-3232-1000.
      Terima kasih

      Hapus
  49. Salam kenal Pak Thomas, Pak untuk 1 kemasan bibit harganya berapa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Edi. Harga bibit berupa biji 45.000 per pack isi 5 biji pak. Info lengkapnya bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Terima kasih.

      Hapus
  50. saya menanam sudah mengikuti prosedur tetapi kok tidak dapat tumbuh? tolong jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, prosedur yang dijelaskan di sini hanyalah sebuah gambaran garis besarnya saja. Setiap hal bisa mempengaruhi keberhasilan menumbuhkan biji anggur. Jadi mengikuti prosedur saja tidak cukup, dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan intuisi masing2 dalam kaitannya dengan kondisi lingkungan yang tentunya berbeda2 pada masing2 tempat. Jika bapak ingin tahu lebih lanjut silahkan hubungi melalui email ke cs@thomasgrape.com
      Terima kasih

      Hapus
  51. Pak Thomas Setiawan yth, apakah bibit anggur koleksi bapak adaptif di dataran rendah? Lalu apakah ada perbedaan hasil akhir (buah) dari bibit cutting dan biji? Matur nuwun.

    BalasHapus
  52. Ya pak, semua varietas anggur yang dibudidayakn di sini adaptif di dataran rendah dan bisa berbuah dengan baik. Hasil akhir buah anggur dari bibit biji dan cutting tentu ada perbedaan pak, yang dari cutting pasti sama persis dengan induknya sedangkan yang dari biji ada kemungkinan bisa jadi lebih baik maupun lebih buruk dari induknya karena biji merupakan individu terpisah yang mempunyai genetikanya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat koleksi seed anggur bapak saya koq malah bingung milihnya ya? Ada rekomendasi jenis anggur yang mudah perawatan dan bisa produksi bagus? Saya di Sragen-Jateng Pak.

      Hapus
    2. Bibit dari biji kurang lebih sama jika dilihat dari segi perawatannya pak. Biasanya customer Thomasgrape justru memilih berdasarkan penampilannya saja.

      Hapus
  53. pak saya coba menanam biji anggur yang beli di super market, dari sekian biji yang tumbuh hanya satu, setelah benih kira2 dah berumur 1 minggu saya pindahkan ketempat yang mendapat cahaya matahari, tapi kok benih tersebut jadi layu ya? apa belum cukup kuat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji yang diambil dari buah segar tanpa perlakuan de-dormancy memang sulit tumbuh pak, persentasenya sangat kecil. Bibit yang sudah tumbuh tersebut sudah keluar daun ya pak? Peletakan pada tempat panas secara langsung memang berresiko layu, sebaiknya dilakukan secara bertahap.

      Hapus
  54. Pak Thomas, anggur saya tumbuh dari biji di media full sekam bakar. Kemudian setelah 1 bulan, saya pindah kan ke poly bag yg lebih besar dengan media full sekam bakar juga. Tapi yang terjadi, anggurnya jadi lemas dan terkulai semua ke bawah. Apa kira2 penyebabnya dan kira2 apa anggur ini dapat bertahan hidup? Trims (Alfari -Jakarta)

    BalasHapus
  55. Pak Alfari, jika lemas terkulainya hanya karena proses pemindahan biasanya dalam 1-2 hari akan segar kembali. Pemindahannya dilakukan pada saat bibit sudah berukuran berapa pak? Pemindahan terlalu dini berresiko akar patah pak.
    Tips: Penyungkupan saat awal pemindahan akan membantu mempertahankan kesegaran tanaman hingga akarnya berhasil pulih kembali pak.

    BalasHapus
  56. Pak thomas saya dari malaysia.. saya dah rendam biji dalam air 24 jam dan dah letak dalam bekas yang tertutup tapi ...tak ada perubahan pada biji.. biji macam biasa aje.. sudah 2 minggu biji tak keluarkan tunas ...

    BalasHapus
  57. Tidak semudah itu menanam biji anggur pak, biji yang akan disemaikan harus mendapatkan beberapa perlakuan terlebih dahulu supaya masa dormantnya berhenti dan mulai tumbuh. Kalau biji yang ditanam adalah biji dari Thomasgrape memang cukup dengan perendaman dan penyemaian saja.

    BalasHapus
  58. Permisi...ikutan nimbrung pa Thomas.... Kalo di Papua khususnya Jayapura bisa cocok ngak untuk tanaman anggur ? klo cocok jenis anggur apa? terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
  59. Anggur idealnya ditanam di ketinggian antara 0-1000 meter dpl pak, hal ini berlaku untuk semua varietas anggur. Selain itu kebutuhan utamanya adalah intensitas sinar matahari yang optimal, pH tanah yang netral 6,5-7 dan tanah yang porous. Jika syarat tersebut di atas terpenuhi bisa tumbuh dengan baik pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  60. bapak saya mw bertanya / sharing bapak :
    saya mau membuat kanpi ukuran 1,8x2 Meter Tinggi : 2 Meter rencana saya mau kasih Tanaman anggur Untuk kanopinya ,,
    kira kira butuh berapa tanaman y lalu di taru di pot / di tanam tanah langsung??
    lalu kira2 lama tumbuh tanaman anggur Sampai menutupi semua kanopi berapa bulan y pak ??

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ukuran tersebut bisa dengan 1 bibit saja pak, kalau mau lebih cepat tertutup tentunya bisa ditambah menjadi 2 pohon. Jika bibit yang digunakan berupa cutting dengan tinggi kanopi sekitar 3 meter diperkirakan dengan 1 pohon akan tertutupi dalam waktu 2 tahun pak. Kalau ditanam di pot tentunya lebih lama karena medianya terbatas.

      Hapus
  61. minta penjelasan.. untuk tempahan stek anggur ke malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. En Zul Kifli. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penghantaran stek anggur ke Malaysia silahkan hubungi Thomasgrape melalui email ke cs@thomasgrape.com
      Terima kasih

      Hapus
  62. ok tima kasih . nanti akan saya susuli.

    BalasHapus
  63. saya telah hantar sms dan email tapi tiada maklumbalas. zul kifli

    BalasHapus
  64. Mohon diperiksa kembali email addressnya pak, cs@thomasgrape.com atau untuk alternatif silahkan hubungi dengan Whatsapp +6285732321000. Terima kasih

    BalasHapus
  65. 1. poon anggur saya baru 1 m, saya tanam dari biji sesuai prosedur di atas. tapi skrg sejengkal di bagian atas menghitam kering mati,tapi ke bawahnya masih tumbuh daun. apa masih bisa diselamatkan atau tidak ya?
    2. Apakah di sekitar pohon anggur bisa ditanami tanaman lain?
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya pohon anggur bu Irma terserang virus bu, sebaiknya bagian yang terinfeksi segera dipotong dan dibakar supaya tidak menular pada nagian yang lain. Jika belum terlambat masih bisa terselamatkan.
      Di sekitar pohon anggur sebaiknya tidak ditanami pohon lain dalam radius 1,5 meter kecuali jika yang ditanam adalah tanaman semusim yang akarnya tidak menyebar luas, hindarkan menanam tomat di dekat anggur ya bu.

      Hapus
  66. thks infonya, sangat membantu

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.