Rabu, 23 Maret 2011

TABULAMPOT ANGGUR

Penampilan pohon anggur memang eksotis dan atraktif, karena dibandingkan dengan tanaman buah yang lain, anggur memiliki beberapa keistimewaan yang menakjubkan. Dari segi usia produktif anggur termasuk ekstra cepat untuk menghasilkan buah. Dari segi buah yang dihasilkan pun tetap menakjubkan, betapa tidak, dengan ukuran pohon yang relatif kecil dia mampu menghasilkan volume buah yang luar biasa, bahkan dengan perawatan yang tepat buah yang dihasilkan bisa melampaui berat pohonnya sendiri, hebat kan?

Pasti semua hobiis tanaman berkeinginan menanam anggur. Tetapi di wilayah perkotaan yang padat penduduk tentu saja tidak mudah untuk berkebun anggur. Jangan berkecil hati, tabulampot (tanaman buah dalam pot) solusinya. Bahkan pohon anggur dalam pot semakin terlihat menawan saat dompolan buahnya bergelantungan, apalagi saat buahnya mulai berubah warna. Ingin mencoba?
Di bawah ini ada beberapa foto tabulampot anggur yang mungkin bisa menggugah wawasan dan bisa dicontoh. Bayangkan jika kita bisa memilikinya, bagaimana penampilannya kalau kita pajang di teras rumah? Pastinya asyik kan?

tabulampot anggur import
1... 2... 3... 4... 5... Not bad isn't it? Lumayan kan kalau bisa bikin yang seperti ini? 

Walaupun cuma 1 dompol tetap aja seru punya tabulampot anggur, jelas rasanya lebih nikmat karena hasil jerih payah sendiri.

Wah kalo yang ini sih kebangetan hehehe... Benar kan kelihatan jelas buahnya lebih berat dari pohonnya? Kalau melihat yang seperti ini nggak pengen berarti yang melihat yang kebangetan hihihi...

tabulampot anggur import
Mantap kan? Dengan media yang cuma segitu saja bisa berbuah sebanyak ini.

parcel tabulampot anggur
Wah.... Nggak ada yang nolak kalau diberi kado tabulampot anggur yang seperti ini. Mungkin sudah saatnya posisi bunga plastik hiasan di pojok ruangan digantikan oleh yang satu ini. What do you think? Why not?

Nah, sekarang ayo kita bersama-sama membuat impian memiliki tabulampot anggur seperti di atas menjadi kenyataan. Pertama siapkan bibit anggur yang akan ditanam, untuk yang baru mulai mengenal anggur disarankan untuk memilih bibit anggur yang sudah agak besar, bukan dari stek untuk mempersingkat proses penanaman. Cara menanam anggur dari stek batang akan dijelaskan di posting yang lain nantinya. Setelah memperoleh bibit anggur siapkan pot dan media tanamnya berupa pasir, tanah dan pupuk kandang (2;1;1) formula masing-masing hobiis mungkin berbeda. Campur rata dan usahakan media dalam kondisi kering.
Kemudian keluarkan bibit dari tempatnya dengan hati-hati usahakan media asalnya tetap melekat pada akarnya. Setelah mengisi pot dengan media setinggi 10% masukkan bibit ke dalam pot dan timbun dengan media baru tadi (untuk pot yang lebar atas-bawahnya sama lebih baik lapisi dinding pot dengan plastik), usahakan batang stek tertanam hingga 3-5 cm di bawah tunas yang dipelihara.  Siram media perlahan-lahan hingga media jenuh air. Sekarang kita sudah memiliki calon tabulampot anggur, seperti foto di bawah ini.

28 Maret 2011
Untuk diketahui, anggur memang suka air tetapi tidak suka becek media sekitar perakarannya, jadi usahakan lubang drainasenya jangan sampai tersumbat, anggur lebih tahan kekeringan daripada tergenang air. Setelah proses di atas sementara pohon anggur dipelihara biasa dan biarkan dia bebas tumbuh, atau yang lebih baik lagi jika sudah dipersiapkan penyangganya jadi bisa mulai diarahkan dengan pengikatan pada tiang penyangga.


Kalau kita lihat foto di atas, di pertengahan batang utamanya mulai muncul tunas baru yang disebut cabang lateral. Cabang lateral seperti ini tidak boleh dibiarkan tumbuh kecuali memang direncanakan untuk membentuk tajuk sesuai dengan posisi tumbuhnya, kalau tidak lebih baik segera dibuang pada saat tunasnya masih kecil supaya tidak terlanjur menguras tenaga tanaman.
Selanjutnya setelah tanaman mulai tumbuh sehat, pergola harus segera dipasang untuk menyangga batang tanaman yang mulai memanjang supaya tidak rebah ke tanah atau patah. Untuk tabulampot cukup dengan pergola sederhana berupa tiang saja atau besi yang dilengkungkan, tetapi untuk yang ingin mempercantik penampilan bisa saja dibuatkan pergola yang lebih artistik sesuai dengan selera, yang penting tujuannya sama untuk menyangga tanaman. Penyangga sederhana dari besi bekas 6mm bisa dimanfaatkan seperti foto di bawah ini.


Ikatkan batang utama pada pergola, bisa menggunakan apa saja asalkan tidak melukai tanaman, mengikatnya pun diusahakan jangan terlalu ketat karena selanjutnya batang tanaman akan tumbuh membesar.

Selanjutnya biarkan pohon anggur tumbuh bebas dengan tetap dirawat dengan baik tentunya. Tujuannya adalah membuat batang primer yang kuat sebelum kemudian dipangkas lagi untuk menumbuhkan batang sekunder atau langsung batang tersier. Untuk uraian penjelasan tentang pemangkasan tanaman anggur dalam pot ini silahkan baca di halaman PEMANGKASAN / PRUNING.

Stock tabulampot anggur selalu dipersiapkan dan ditambah setiap kali bibit tersedia dari hasil pemangkasan, tetapi selalu saja stock yang tersedia menjadi pesanan customer dari berbagai penjuru tanah air, pastinya karena tabulampot anggur menjadi primadona pilihan sebagai hiasan yang juga bisa memberikan kepuasan konsumen dengan memetik buah anggur langsung dari pohonnya. Sampai saat ini permintaan akan tabulampot anggur terus meningkat walaupun konsumen harus menunggu selama 1 tahun untuk mendapatkannya. Semoga ke depan kami mampu menyediakan tabulampot anggur yang lebih banyak sehingga bisa memenuhi permintaan konsumen tanpa harus menunggu lama.

Untuk pemesanan tabulampot anggur silahkan hubungi 0857-3232-1000 (SMS)

to be continued.... stay tuned ya...


Have a GRAPE day...

152 komentar:

  1. jadi pingin nih. saya di surabaya, kira2 bisa gak mendapat bibitnya?

    BalasHapus
  2. Sementara bibit yang disediakan baru yyang varietas lokal, karena yang import masih dalam pengembangan. Mohon bersabar. Terima kasih telah berkomentar.

    BalasHapus
  3. Wuahhhh........aku juga mau tahun depan dikasih 1 tabulampot...heheheee *berharap.com*

    BalasHapus
  4. Sabar... sabar... akhir tahun nanti mungkin sudah berbuah, tapi ga bisa dipaketkan. Mau fotonya aja atau ambil sendiri? hehehe

    BalasHapus
  5. Hebat, Pak... Maju terus, Pak, semoga sukses terus dengan pembenihan varietas luarnya...

    BalasHapus
  6. Pak,bibitnya ada yang dijual?

    BalasHapus
  7. Ada pak arif. Tapi 2 minggu lagi baru bisa dikirimkan. Jenis alphonso lavalle dan belgy.

    BalasHapus
  8. Boleh donk Pak Liem dibahas masalah nutrisinya
    pupuk, soalnya saya nanam anggur di pot kok susah banget berbuahnya thanks

    BalasHapus
  9. Ya pak, secara umum sebenarnya pohon anggur tidaklah cerewet soal nutrisi media tanamnya, tetapi yang lebih harus diperhatikan adalah jangan sampai terlalu banyak nitrogen (N) usahakan memberikan pupuk yang berkadar P dan K lebih tinggi untuk membuahkannya. Justru pemangkasan dan treatment sebelum pembuahan yang sangat berperan dalam keberhasilannya.

    BalasHapus
  10. pak bibit anggur yang merah ato hitam bapaknya ada jual ngak?, kalo ada berapa harganya dan minimal order (oia, kalo di daerah medan bisa tumbuh ngak anggurnya)

    terima kasih

    BalasHapus
  11. Bibit berupa stek tersedia bulan 10 pak, hitam, merah dan hijau juga ada. Tidak ada minimal order, tetapi kalau terlalu sedikit akan mahal jadinya karena ada ongkos kirim ke alamat bapak.

    BalasHapus
  12. pak thomas dimana aku bisa dptkan bibitnya

    BalasHapus
  13. kalo mohon d kirim ke malaysia ... gimana ? berapa ongkosnya bibit + ongkos kirim ?

    BalasHapus
  14. Pak Thomas, kalau u daerah Lampung, cocoknya jenis anggur apa? Apakah bibitnya tersedia? Trimakasih. Neti

    BalasHapus
  15. Apakah Pak Thomas menjual Tabulampot yang sudah jadi seperti gambar-gambar di atas

    BalasHapus
  16. bapak menjual tabulampot yang sudah jadi seperti gambar diatas atau tidak?

    BalasHapus
  17. sy ikutan member ya

    BalasHapus
  18. pak saya mau tanya tabulampotnya mau diganti media tanamnya apakah harus dipangkas trs apakah porgalanya dilepas juga?mohon pencerahannya trims.

    BalasHapus
  19. pak saya mau tanya masalah tabulampot anggur, cara mengganti media tanamnya nt gmana pak? trims.

    BalasHapus
  20. Pak jika sudah tumbuh sekitar 10-20 cm batang atau tunas baru,apakah daun yang lama harus di pangkas ya ? dan dalam 1 polibag terdapat 2 batang calon pohon anggur, apakah harus dipisahkan dari polibag yang sama ? terimakasih sebelumnya ya....

    BalasHapus
  21. klo anggur merah itu varietas apa pak?

    BalasHapus
  22. Saya belum pernah mengirimkan ke Malaysia pak. Akan saya usahakan mencari informasi dulu, mohon bersabar ya...

    BalasHapus
  23. Semua jenis anggur bisa tumbuh baik termasuk di Lampung pak, yang penting air dan sinar matahari tersedia melimpah.

    BalasHapus
  24. Menyediakan tabulampot anggur seperti di atas memang salah satu obsesi saya di masa depan pak, tetapi untuk saat ini masih belum tersedia, sementara ini saya hanya memberikan motivasi dan inspirasi yang barangkali bisa membuat pengunjung blog ini semakin tertarik dan peduli pada tanaman terutama anggur.

    BalasHapus
  25. Penggantian media tanam tabulampot anggur selalu dilakukan sekalian dengan pemangkasannya, selain lebih mudah juga bermanfaat untuk proses pembungaannya. Pergola dilepas atau tidak bukan masalah, yang penting tidak kesulitan dalam penggantian medianya pak.

    BalasHapus
  26. Bapak Amir, pemangkasan batang anggur hanya dilakukan untuk pembentukan tajuk dan pembungaan pak, jadi daun lama tidak perlu dipangkas. biarkan rontok sendiri. Pemisahan 2 tanaman anggur dari 1 polybag bisa dilakukan pak, usahakan akarnya tidak rusak selama pemisahan.

    BalasHapus
  27. Saya sangat tertarik berhias anggur pot, beberapakali saya tanam baik dipot maupun tanah hasilnya berbuah namun buahnya sebesar biji kapuk, karena kecilnya ada yang menyarankan didaftarkan muri (anggur terkecil ). mohon informasi bibit anggur untuk daerah sidoarjo surabaya

    BalasHapus
  28. Pak Joko, mungkin buah yang kecil tersebut disebabkan oleh unsur hara yang kurang tercukupi pada media tanamnya, coba diperbarui medianya dengan mencampurkan pupuk organik. Saya tidak tahu penyedia bibit anggur di sekitar sidoarjo pak, biasanya kios bunga juga menjual bibit anggur.

    BalasHapus
  29. Mau tanya medianya terbuat dari apa ya ? trus bibitnya apa harus stek?

    BalasHapus
  30. Media untuk tabulampot anggur seperti yang sudah dijelaskan di atas pak, Untuk bibitnya bisa dengan stek ataupun cangkok, tetapi pada umumnya yang sering dipakai adalah bibit stek.

    BalasHapus
  31. banyuwangi sebelah mana pak thomas liem, saya dari jember, ingin langsung lihat dan membeli bibitnya serta belajar singkat merawatnya untuk saya tanam di halaman rumah, terima kasih

    BalasHapus
  32. Ibu Fifi, mohon maaf kebun belum dibuka untuk umum. Kalau ibu ingin belajar silahkan hubungi saya via email atau via comment di posting konsultasi gratis. Terima kasih.

    BalasHapus
  33. Pak Thomas Liem, saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai anggur :
    1. Jenis pohon anggur apa yang paling produksi tinggi, manis rasanya terutama anggur yg cocok di dataran rendah.
    2. Dari jenis anggur dibawah ini mana yang terbaik ( produksi tinggi, paling manis dll ):
    - anggur red prince ( prabu bestari)
    - anggur Belgie ( kediri kuning )
    - anggur hitam BS 60/MS27-3 (Jestro Ag60)
    - anggur Cardinal (Probolinggo Super)
    3. Berapa kg hasil panen maksimal per pohon anggur sekali panen
    Atas Penjelasan dari Pak Thomas Liem saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  34. Pak Thomas, saya kesasar masuk blog panjenengan nih.. Tapi seneng, he he.. Nyenengkeh, gitu. Ada yang "dibungkus" kado segala. Jempol !.
    Kalau di dalam ruangan gimana pak? Cakep banget lho, tapi apa bisa tumbuh optimal ya?.
    Matur nuwun.

    BalasHapus
  35. Mr/Mrs winele, Mohon maaf sebelumnya, saya tidak banyak memahami anggur lokal karena saya hanya punya beberapa varietas saja. Tetapi menurut saya untuk anggur lokal yang lumayan untuk sajian meja adalah red prince walau produksinya tidak terlalu bagus. Pada umumnya anggur memang sangat menyukai dataran rendah yang panas mataharinya optimal. Pohon anggur di atas usia 4 tahun bisa menghasilkan sekitar 20 kg. Semoga info ini bermanfaat.

    BalasHapus
  36. Bapak Didik, matur nuwun sudah mampir ke blog saya. Anggur tidak bisa ditanam di dalam ruangan pak. Yang di foto itu memang sengaja dipakai untuk hiasan sekalian dinikmati sebagai buah segar. Jadi dipindahkan ke dalam ruangan hanya saat buah sudah siap disantap.

    BalasHapus
  37. Pak liem... unik sekali tabulampotnya.. cocok bangt buat kado. saya suka sekali jarang-jarang lo ada tabulampot anggur. bagaimana saya bisa memperolehnya?

    BalasHapus
  38. Bapak/Ibu Tri, terima kasih atas pujiannya. Tabulampot anggur memang belum banyak saya budidayakan, baru beberapa saja. Kalau berminat silahkan hubungi via SMS ke 0857-3232-1000 untuk mempercepat proses transaksi.

    BalasHapus
  39. pak thomas ditunggu nih kelanjutan tips n triknya.


    tq - ulay

    BalasHapus
  40. Siap pak, walau pelan-pelan tapi pasti akan saya posting tips dan trik budidaya anggur. Terima kasih atas sarannya.

    BalasHapus
  41. salam kenal om,kebunnya banyuwangi daerah mana?kali aja pas pulkam bisa mampir
    apakah memungkinkan om thomas yang tabulampot memakai sistem kayak glaobal bucket atau hidro sistem wick?

    BalasHapus
  42. Pak Madkur, global bucket system maupun hidro wick system bisa diterapkan pada anggur tabulampot, hanya yang perlu diperhatikan adalah wicking transpiratornya jangan sampai tertembus akar anggur, karena akan membuat buahnya menjadi masam akibat kebanyakan asupan air.

    BalasHapus
  43. Salam Sukses...
    Berkenaan dengan persamaan bidang usaha, kami tertarik untuk bertukar link dengan sahabat Untuk menunjang usaha masing masing..
    Jangan lupa kunjungi juga lapak kami
    www.MitraBibit.com
    terima kasih....

    BalasHapus
  44. Salam sukses juga pak. Terima kasih atas kunjugannya.

    BalasHapus
  45. Link sudah kami pasang pak,,,
    Silakan di cek Klik Disini
    Terima kasih atas kerjasamanya...

    BalasHapus
  46. anggur jenis apa pak yang nomor 4 dari atas...?? trus anggur jenis apa yang punya produktifitas yg tinggi dan rasanya manis...dan berapa harga bibitnya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang no 4 tsb adalah Delaware pak, jenis anggur kecil tapi kemampuan berbuahnya lumayan juga. Di kebun sayayang paling tinggi produktifitasnya dan rasanya manis adalah Pione pak, tetapi padadasarnya semua juga tergantung perawatan dan kondisi sekeliling. Untuk Harga bibit silahkan ditanyakan langsung lewat SMS ke 085732321000. Terima kasih.

      Hapus
    2. kalo anggur pione dah ada pak ya bibitnya....??
      kalo udah ada saya berminat tuh pak,,,,

      Hapus
  47. Untuk stock bibit silahkan langsung hubungi via SMS ke 085732321000 pak, terima kasih.

    BalasHapus
  48. Untuk pembibitan melalui media biji apakah dapat diperoleh dari buah anggur yang dibeli dari supermarket? Mohon Bantuannya.

    BalasHapus
  49. Biji yang didapat dari anggur supermarket bisa disemaikan juga pak, asalkan biji tersebut sudah cukup tua.

    BalasHapus
  50. Balasan
    1. Lokasi di Banyuwangi Jawa Timur pak.

      Hapus
  51. bagaimana perawatan tabulampot anggur pasca panen? apakah harus repotting,pak? Saya juga pernah membaca di sebuah artikel, untuk menghasilkan buah yg manis diperlukan pupuk NPK dengan kandungan K yang tinggi dikombinasi dengan dolomit, apa betul itu,pak?

    BalasHapus
  52. Pasca panen tabulampot tidak harus repotting bu, kecuali jika media tanamnya sudah tidak layak digunakan lagi. Secara umum artikel yang ibu baca benar tetapi teori tersebut lebih tepat untuk tanaman buah yang lain. Kebutuhan nutrisi anggur sangat unik dan kompleks sehingga pemupukan harus dilakukan dengan dosis dan komposisi yang tepat, tidak mudah untuk meraciknya dengan bahan dasar pupuk tunggal. Karena itu Thomasgrape menyediakan pupuk khusus untuk anggur, untuk mempermudah para hobiis anggur.

    BalasHapus
  53. salam kenal sy Wasono, Bp. Thomas 'mohon info harga perbatang+ongkir dan bagaimana pemesanan. saya di Lampung'

    BalasHapus
  54. Bapak Wasono untuk pemesanan bibit silahkan hub 085732321000 dengan SMS. Terima kasih.

    BalasHapus
  55. Salam kenalan, sdr. Thomas. Saya dari Bandar Ipoh, Negeri Perak, Malaysia - sekadar backyard/front yard hobbyist anggur. Blog kamu cukup menarik dan saya kagum dengan kejayaan kamu dalam hal penanaman anggur. Apa bisa saya membuat 'order' bibit anggur kamu? Saya ada menanam 5 pokok dari 3 jenis anggur di kawasan rumah - IAC, Isabella Madu dan Alfonso Lavalle (jongravevines.blogspot.com) dan amat berminat mendapatkan bibit jenis lain esp. yg manis dan seedless.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ops, silap. URL yang betul:
      http://jongrapevines.blogspot.com

      Mohon kalau tidak keberatan pak Thomas, tolong beri teguran, nasihat atau apa jenis improvement yg patut saya buat tentang cara/teknik penanaman anggur yg saya tunjukkan dlm blog tsb. Terima kasih :)

      Hapus
  56. Terima kasih pak Jontih. Utk pembelian bibit silahkan hub saya dengan email tomsset@yahoo.com

    BalasHapus
  57. ops, link url di atas silap. Yang betul adalah http://jongrapevines.blogspot.com

    Sudi kiranya pak Thomas memberi komen cara penanaman anggur yg saya buat dlm blog tersebut. Ada nasihat yang boleh mengatasi sebarang kekurangan cara penanaman saya?

    Email telah saya hantar, pak.

    BalasHapus
  58. Siap pak Jontih. Saya akan berkunjung ke blog bapak. Email bapak juga sudah saya balas. Terima kasih.

    BalasHapus
  59. aswrwb...apa ada bibit baru pa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. W'salam.. masih belum ada pak. Nanti saat ada insyaAllah pasti saya kabari bapak :)

      Hapus
  60. Pak thomas saya tertarik, ingin membeli stek batang beberapa buah untuk masing-masing jenis harganya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info dan pemesanan bibit silahkan hubungi 0857-3232-1000 dengan SMS. Terima kasih

      Hapus
  61. mantap pak,tapi itu bukan photoshop kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya pak. Cara termudah membuat tabulampot anggur memang dgn photoshop pak :) tp sayangnya tdk bisa dirasakan buahnya hehe.. :D

      Hapus
  62. pak sblm nya salam kenal dulu nih, sy Dirun,Jakarta,sy mau tanya nih,sy nanam biji buah anggur dari biji yg sy beli di pasaran gituh,tapi tidak penah tumbuh,sudah lebih dari tiga kali,gimana ya caranya supaya tumbuh,padahal sy sudah ikutin saran agar di rendam dulu dgn cairan hydrogen atau beklin yg buat nyuci,tolong dong minta sedikit caranya...!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Dirun. Cara kimia dgn menggunakan cairan pemutih memang lbh sulit krn persentasenya harus benar2 tepat. Untuk pemula akan lebih mudah menggunakan metode pendinginan dlm chiller selama 120 hari sebelum ditanam, dgn cara tsb mmg sangat lama tp kemungkinan berhasilnya lbh tinggi. Selamat mencoba pak...

      Hapus
    2. oke deh pak Thom, sebelumnya terima kasih banyak atas informasinya

      Hapus
  63. salam kenal pak mw tanya aja..

    kalo jd tabulampot tuh akarnya kan terus berkembang, lama2 penuh dunk tuh potnya...
    gimana klw bgitu???

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Hakim, jika akar dalam media penuh tentu saja harus dilakukan repotting pak. Umumnya 2 tahun sekali cukup efektif, lebih besar pot lbh lama jadwal repottingnya.

      Hapus
  64. Selamat Siang Bapak Thomas,
    Saya Eni dari Benculuk Banyuwangi. Secara kebetulan saya membuka blog Bapak dan sangat menarik. Semalem saya dan suami membicarakan untuk menanam anggur untuk tanah sawah di kampung. Saya ingin tanya kalo Bapak bisa memberikan penyuluhan, pengetahuan dan mendampingi kami dari awal untuk bagaimana cara menanam anggur. Kami tidak tahu anggur apa yang cocok utk tanah di kampung tapi kami berpikir untuk menanam yang superdan tentunya kami minta saran dari Bapak. Saya mencoba mencari email address Bapak tapi belum ketemu. Mohon bantuannya.
    Terima Kasih,
    Eni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mungkin email address tdk ketemu krn sdg update Google+. Silahkan kirimkan email ibu ke tomsset@yahoo.com atau hubungi saya di 0857-3232-1000. Saya siap dan akan dengan senang hati2 membantu mewujudkan keinginan ibu tersebut. Terima kasih telah menghubungi Thomasgrape.

      Hapus
  65. Siang pak, gak sengaja mampir ke blog Pak Thomas.
    Wah menarik sekali tabulampot anggurnya ya, jd tertarik pengin coba nih pak?
    Saya dari daerah Cilacap - Jateng, Varietas anggur apa yang paling cocok & produktivitas tinggi untuk tabulampot pak.
    Berapa harga bibitnya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Varietas dan harga ada di katalog silahkan dilihat bu. Sms ibu sdh saya balas. Terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih Pak Thomas sudah berbagi pengetahuan mengenai dunia per-angguran... prosesnya menarik & seru sekali kliatanya beda dengan semai biji yang lain. Saya masih menunggu datangnya biji semai pione yang saya pesan. Medianya tanam sudah siap he..he..he..

      Jangan lupa kalau bibit cutting siap qt dikabari yaaa...
      pengin nyoba yang varietas AG60 Maroo seedless, Red Prince sama yellow belgie.

      Yang varietas jepang (kyohou & pione) bibit cuttinnya adakah?

      Hapus
    3. Menanam anggur dari biji memang merupakan sebuah tantangan yang menarik pak. Apalagi melihatnya tumbuh makin besar nanti hehe.. saat bibit cutting siap nanti akan saya kabari pak. Utk bibit varietas Jepang nanti akan tersedia sekitar akhir 2014 berupa grafted rooting pak.

      Hapus
    4. Setelah biji dimasukkan dalam wadah transparant & tisu basah. Wadah tersebut ditaruh di tempat gelap seperti biji umumnya atau tempat yg ada cahaya matahari Pak?

      Hapus
    5. Biji yang sudah siap dalam wadah ditempatkan di tempat yang mendapat bias sinar matahari pak, seperti di teras atau di dekat kaca jendela, jadi tetap mendapat cahaya cukup dan tidak menjadi panas.

      Hapus
    6. Oke deh Pak, Terima kasih byk sdh berbagi.
      Wah... masih lama juga bibit graft rooting jepangnya Pak. Keburu lupa deh he..he..he..


      Hapus
  66. Woow menarik sekali Pak.... jd pengin nih
    Bibit dari stek umur berapa bisa mulai berbuah Pak Thomas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, tabulampot anggur memang sangat atraktif. Mulai dr stek akan berbuah minimal usia 1,5 tahun.

      Hapus
  67. pak sy mau tanya dong,kenapa ya semenjak rambatan anggur yg sy lepas dari lilitanya tidak tumbuh lagi, karna dia merambat ke luar pagar lalu sy copot dan sy pindahkan ke pagar dalem, tolong dong kasih petunjuk sly sudah empat minggu tidak tumbuh kumisnya lagi, sedangkan tingginya baru satu meter, trima kasih banyak ya sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya secara alamiah anggur mempunyai siklus pertumbuhan pak, pada saat trtentu akan melambat dan berhenti tumbuh untuk beberapa saat, kemudian akan tumbuh lagi bahkan mulai bercabang. Tetapi keadaan juga bisa membuatnya berhenti tumbuh seperti kekeringan atau tanah terlalu lama basah. Jadi pemindahan tsb bukan penyebab terhentinya pertumbuhan pak, yang lebih logis adalah akibat tanahnya basah/becek.

      Hapus
  68. emang rata2 berapa lama siklus rehat pertumbuhanya pak.. apa dngan penambahan pupuk dpt membantu memper cepat masa rehat tumbuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara alamiah tumbuh sendiri sesuai keadaan lingkungan mas. Untuk mempercepat bisa dgn pemupukan dan pemangkasan pucuk..

      Hapus
    2. jk di dlm pot prgantian media apa jg dpt membantu memprcepat masa rehat pak.. jk pruning akar..sperti apa pak akar yang dipangkas?

      Hapus
    3. Bisa mas. Pruning akar hanya dilakukan pada akar bagian paling luar saja tanpa mengganggu earth ballnya.

      Hapus
    4. brarti bagian serabut trluarnya aja tnpa mengganggu akar dlmnya..jk wktu yg tepat pruning akar pd saat pemangkasan pmbuahan logikanya bagai mana pak..?

      Hapus
    5. Repotting dgn melakukan pemangkasan akar tdk baik dilakukan saat pembuahan mas, biasanya hasil bunga/buah akan terganggu karena akar masih kurang maksimal akibat pemangkasan tsb. Sebaiknya beri waktu 1-2 bulan sebelum pemangkasan pembuahan.

      Hapus
  69. pak klo mau beli yang anggur pot tapi sudah ada buah, kena berapa ya ? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi harga produk silahkan hubungi kami dgn SMS ke 0857-3232-1000 terima kasih

      Hapus
  70. siang pak thom, mau tanya nih, untuk penggemburan di lakukan sekiranya berapa bulan sekali ya, sly tanah yg di pot sudah semakin menurun ke bawah ( ringkes )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya gunakan bahan media yang tidak mudah memadat pak. Material paling mudah dan murah adalah sekam. Untuk media yang sudah memadat sebaiknya diganti saja supaya pertumbuhan membaik.

      Hapus
  71. apakah pertumbuhanya nanti akan baik, jika pohon anggur memekai sekam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya bukan hanya menggunakan media sekam murni pak. Sekam hanya digunakan sebagai campuran media sebanyak maksimal 30-40% dari volume total media untuk membuat media tetap mampu menyediakan oksigen untuk perakaran dan menjaga kegemburan media tanam.

      Hapus
  72. malam pak thomas, mau tanya.
    saya sebulan yll menanam biji anggur ungu(lokal) dan setelah tumbuh kok saya sangsi kalu itu tanaman anggur, karena dilihat dari batang dan daunnya berbeda dengan yang ada di blog bapak...
    bisa tidak kalau saya minta gambar pertumbuhan anggur (anggur ungu)dari mulai tunas sampai hampir berbuah.
    mohon arahannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sem a gambar yang bapak maksud sudah ada di blog dan website thomasgrape.com pak. Jika yang bapak miliki sangat jauh berbeda dengan yang ada di sini ada kemungkinan yang tumbuh tsb bukan anggur. Jika bapak ingin saya untuk memastikan silahkan kirimkan fotonya ke email cs@thomasgrape.com terima kasih

      Hapus
  73. Maaf Pak
    web thomasgrape.com ngga' bisa di buka
    sehingga mau konfirmasi pembayaran ngga bisa
    mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya pak. Akan segera diperbaiki. Konfirmasi pembayaran juga bisa dilakukan melalui SMS ke 0857-3232-1000.

      Hapus
  74. jk di pot tp pengin di model para2 idealnya pake pot ukuran berapa pak misal luas para2nya 2*2m.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ukuran para-para 2*2m sebaiknya menggunakan media minimal 100 liter pak. Untuk alternatif bisa menggunakan drum yang dipotong menjadi dua.

      Hapus
  75. Salam kenal pak TOM, saya Nur dari jepara, 1 tahun kemarin saya menanam anggur di tanah, setelah saya potong sudah mulai berbuah, cuma rasanya masam. Perlakuan apa yang harus saya lakukan agar buahnya bisa manis. Terima Kasih, mohon pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak Nur. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rasa buah anggur, varietas, pemupukan, intensitas cahaya matahari dan Penyiraman. Jika semua faktor tersebut terpenuhi dengan baik maka bisa menghasilkan buah yang manis. Jika bapak ingin konsultasi yang lebih lanjut silahkan kirimkan email ke cs@thomasgrape.com, SMS ke 0857-3232-1000 atau dengan WeChat ID thomasgrape. Terima kasih

      Hapus
  76. pak, apa stok bibit anggur yg berupa stek nya masih ada pak. klu ada jenis nya apa aja dan brpa harga serta ongkirnya ke dumai - riau

    BalasHapus
  77. Info tentang bibit silahkan hubungi kami dengan SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih.

    BalasHapus
  78. PAK, UNTUK JENIS BIBIT YG COCOK DI JAKARTA APA YA?, SAYA RENCANA MAU BELI BIBITNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua varietas anggur sesuai untuk daerah panas pak, yang lebih penting adalah intensitas cahaya matahari karena selama pertumbuhannya anggur sangat tergantung pada cahaya matahari. Untuk melakukan pembelian silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html terima kasih

      Hapus
  79. salam kenal ...
    Sy mau nanam anggur di dak rumah pak, selain penghijauan juga supaya rumah sy tidak panas, maklum tinggal di daerah ancol.... sy mau tanya pa ... saya perhatikan media tanam anggur itu pasir ... tp setelah sy tanya ke penjual pohon anggur katanya medianya itu tanah ....tp sy tanya ke penjual yg lain itu tanah merah di campur dng pupuk .... sy jadi bingung ...
    kan sy baru membuat kolam ikan, jd pasir bangunanya tersisa banyak, apakah pasir itu bisa dijadikan media tanam anggur.
    lalu apa perbadaan antara pasir dan tanah ....
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak. Media tanam untuk anggur bisa menggunakan berbagai kombinasi media, pasir adalah salah satu alternatif bahan campurannya, pasir bangunan bisa digunakan asalkan dibilas dulu dengan guyuran air. Tentu saja harus juga dicampur bahan media lain seperti tanahdan pupuk kandang/kompos supaya kebutuhan nutrisinya tercukupi. Jika bapak ingin berkonsultasi lebih lanjut bisa hubungi kami dengan SMS (0857-3232-1000), email cs@thomasgrape.com atau juga WeChat ID Thomasgrape. Terima kasih

      Hapus
  80. pak thomas, sekitar sebulan yg lalu sy membeli bibit anggur dari org jual keliling, katanya boleh dua bibit dtanam dlm satu pot sekaligus, lalu sy tnam sesuai petunjuk tersebut dan smp saat ini tumbuh dgn baik, pertanyaan saya apakah menanam 2 bibit dlm satu pot itu baik bagi pertumbuhan anggurnya nanti? terimakasih atas jawabannya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanam 2 pohon anggur pada 1 tempat sebaiknya tidak dilakukan jika ingin hasilnya bagus pak. Yang Nanti terjadi adalah persaingan apalagi jika ditanam dalam pot dengan media tanam yang terbatas, biasanya salah satu akan kalah atau bahkan keduanya bisa kekurangan nutrisi. Tetapi jika hanya untuk sebuah hobby bagus juga untuk dicoba, sebaiknya gunakan pot yang besar

      Hapus
  81. Selamat siang pak thomas, apakah anggur cocok untuk iklim bandung, soalnnya saya nanem tapi belum ber buah, terus bagaimana perawatan anggur supaya berbuah lebat ? pupuk apa yang cocok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggur bisa tumbuh baik mulai 0-1000 meter dpl pak. Dan anggur akan berbuah jika dilakukan pemangkasan dgn cara yang benar, untuk konsultasi lebih detail silahkan hubungi cs@thomasgrape.com. Pupuk yang paling cocok untuk anggur adalah OF pak.

      Hapus
  82. kalo daerah seperti pon tianak yang panas dan juga dataran rendah apakah anggur bisa hidup normal... seperti di daerah2 sejuk... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggur di daerah tropis seperti di Indonesia idealnya ditanam di dataran rendah mulai tepi pantai hingga ketinggian 1000 meter dpl pak. Suhu panas/sejuk bukan masalah yang terpenting adalah intensitas sinar matahari harus optimal.

      Hapus
  83. Siang pak thomas,mohon petujuk.saya menanam pohon anggur dlm pot tp knp daun'ya kecil2.lo lihat foto pohon anggur pya pak thomas kq besar2.saya tanam 2 red price dan bellgie dalam masing2 di pot ukuran 50 cm.dan bagaimana cara membuahkan anggur pada batang sekunder seperti tabulampot pya pak thomas.terimakasih dan salam hormat saya indra(smg)

    BalasHapus
  84. Pak Indra, varietas anggur sangat beragam dan masing2 mempunyai ukuran daun yang berbeda pula. Kebetulan yang bapak tanam yang varietas Belgie memang daunnya kecil dan batangnya juga kecil pak. Membuahkan anggur pada batang sekunder maupun tersier sama saja tekniknya pak, jika ukuran batang yang akan dipangkas sudah mencukupi dan dilakukan prosedur pemangkasan dengan benar akan menghasilkan buah yang baik. Untuk informasi lebih rinci tentang pemangkasan silahkan kunjungi halaman Pemangkasan / Pruning di blog ini maupun di website www.thomasgrape.com

    BalasHapus
  85. Slmt mlm pak,mau tya lagi.jika batang tersier sisa pemangkasan dng panjang 120 cm,sebesar pensil dan berwarna coklat,bila batang tersebut di tanam di pot apakah bisa langsung di jadikan batang primer?(Jd tunas yg tumbuh di pelihara sbg cabang sekunder'ya).dan apakah sifat'ya sama dngn induk'ya??trima kasih pak thomas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemikiran yang kreatif pak. Sebenarnya rencana bapak tersebut bisa saja dilakukan, tetapi menumbuhkan cutting yang terlalu panjang tidaklah lebih mudah dari ukuran umumnya yang hanya 30 cm. Cutting yang terlalu panjang lebih mudah menjadi kering sebelum tumbuh pak. Tetapi jika bapak berhasil menumbuhkannya maka cabang yang muncul boleh dianggap sebagai cabang sekunder dengan syarat pertumbuhannya harus kuat. Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  86. Selamat sore pak thomas,saya mohon petujuk bapak.2 mggu lalu saya memangkas pohon anggur untuk pembentukan tajuk dan skg tumbuh 6 mata tunas di 3 ketiak daun tp saling menumpuk pak.mata tunas atas bentuk tumpul dan yg bawah runcing.tunas mana yg paling bagus untuk di jadikan batang sekunder pak?terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit memberikan saran jika tidak melihat kondisi tunasnya pak. Mhn kirimkan gambarnya ke cs@thomasgrape.com terima kasih

      Hapus
  87. Pak , Saya punya pohon anggur yang saya semai dari biji nya ,tinggi nya kurang lebih 140 cm ,kira kira langkah apa yang harus saya lakukan supaya anggur nya subuh dan cepat berbuah.....mohon saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya cepat besar dan bisa dibuahkan lebih baik ditanam langsung di tanah atau di pot ukuran besar pak. Stlh ukuran batang minimal 7 mm mulai hisa dicoba utk membuahkannya.

      Hapus
  88. andri semangat11 Januari 2014 08.03

    maaf pak..mau tanya.... tanaman anggur yang bisa berbuah di dataran rendah (klaten) dan ditanam dalam pot apa aja ya? harga bibitnya? matur nuwun..terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Andri, anggur idealnya ditanam di dataran rendah yang panas dan banyak menerima sinar matahari, di dataran tinggi justru lebih sulit berbuah. Harga bibit antara 50-75 ribu per pack isi 5 batang cuttings. Untuk info lebih lanjut tentang bibit bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html
      Terima kasih

      Hapus
  89. Salam kenal Pak Thomas, sdh beberapa kali saya buka blog p'Thomas dan sy tertarik untuk membuat kebun anggur di halaman samping rumah (uk. 7X 15 M2) kira-kira butuh berapa bibit dan jenis apa yg cocok untuk daerah Jatinangor-Sumedang? saya baru menyemaikan bibit dari biji (anggur merah dari supermakaet) sekarang baru tumbuh/muncul daun, klu dibanding dari stek/cutting berapa lama sampai bisa dibuahkan. klu sy pesan bibit ke p'thomas jenis apa aja yang tersedia, dan berapa lama proses pengiriman ke daerah bandung (saya kerja di medan dan pulang 1 bulan sekali) supaya pas bibit sampai saya sedang di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak... Untuk lahan tersebut setidaknya bisa ditanami 10 pohon anggur pak, namun dengan jarak tanam yang berbeda bisa lebih maupun kurang. Bibit yang tersedia saat ini adalah varietas Maroo seedless dan Red Prince, kedua varietas ini juga sesuai untuk ditanam di daerah bapak. Penanaman dari Cuttings jauh lebih cepat daripada dari biji pak, bibit cutting bisa berbuah dalam waktu kurang dari setahun sedangkan dengan biji akan memakan waktu lebih dari 2 tahun. Pengiriman ke Bandung 2-3 hari pak. Untuk menyesuaikan waktu pengiriman sebaiknya bapak hubungi kami dengan SMS ke 0857-3232-1000 Terima kasih

      Hapus
  90. Salam sukses Pak Thomas, Saya tinggal di Jakarta. Saya berminat dihalaman depan rumah saya ada pohon anggur... Bisakah hanya beli 3-5 batang Cuttings saja,... kalau bisa saya berminat varietas Red Prince dan Red Malaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bu Dian, pemesanan minimal hanya 5 batang per varietas.Tapi saat ini yang tersedia adalah maroo seedless dan red prince saja berupa cuttings, jika berkenan silahkan lakukan pemesanan dgn SMS ke 0857-3232-1000 terima kasih

      Hapus
  91. salam kenal mas Thomas..sy tinggal di Sulsel enrekang letak dpl 800 mtr,sy tanam anggur dipekarangan dan pot sdh sekitar 5 bln yg lalu tapi pertumbuhannya sangat lambat pdhl pupuk lancar NPK 30,30,30,jenisnya sy gak tau tp buahnya warna hijau ambil dr tetangga tp...tinggi tanaman sekitar 25 sd 30 Cm warna daun hijau,sehat cuma pertumbuhan sngat lambat..itu penyebabnya apa ya pak ?????

    BalasHapus
  92. Salam kenal juga pak Asri. Pertumbuhan anggur tidak hanya bergantung pada kesuburan dan pemupukan pak, tetapi justru lebih mengarah pada porositas media tanam, kadar pH dan intensitas sinar matahari. Coba bapk periksa lagi apakah medianya cenderung memadat dan juga pastikan pH-nya netral 6,5-7 pak. Jika kondisi idealnya tercapai pertumbuhannya akan cepat. Oh ya, jika pohonnya ditanam di dalam pot memang lambat pertumbuhannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih pak thomas,skrng pertumbuhan dah baik yg dihalaman tingginya da lbh 2 mtr ,batang dah sebesar pensil.pot sktr 1 mtr,sy ikut sarannya tentang porositasnya.tinggal pemangkasan,coba buka2 bloknya mas thomas lg belajar.ntar sy kirimi potonya.salam.

      Hapus
    2. Alhamdulillah jika kondisinya sudah mulai membaik pak, saya turut senang mendengarnya. Saya tunggu kiriman fotonya :)
      Terima kasih

      Hapus
  93. pak klo mesan bibit anggur red prince 5 batang harganya brapa pak.??

    BalasHapus
  94. Red prince 50.000 per pack isi 5 batang pak. Untuk melihat informasi harga varietas lainnya silahkan kunjungi www.thomasgrape.com/produk.html Terima kasih

    BalasHapus
  95. Salam kenal pak thomas, saya vivi dari Aceh sanggat tertarik dengan tanaman anggur di dalam pot, berhubung pekarangan rumah yg sempit, bagai mana caranya untuk mendapatkan bibit dgn jenis yg baik untuk daerah yg cukup panas di aceh, terima kasih

    BalasHapus
  96. Salam kenal juga bu Vivi. Untuk mendapatkan bibitnya silahkan melakukan pembelian online melalui www.thomasgrape.com/produk.html atau langsung dengan SMS ke 0857-3232-1000 Terima kasih

    BalasHapus
  97. Assalamuallaikum wr.wb.,... pak Thomas, apa stek crimson-nya sudah ready, maaf sudah gak sabar pak Thomas...pak, stock seed Tenzan apa masih tersedia, klu masih ada mau pesan 1 paket., klu bisa dikirim dulu pembayaran menyusul... (kebetulan hari senin libur dan rencana besok mudik ke bandung, kembali hari selasa)... terima kasih.

    BalasHapus
  98. waalaikumsalam. Untuk varietas importnya tidak ada ready stock untuk saat ini pak, pembelian dengan system indent. Biji Tenzan juga kebetulan sedang habis, perkiraan bulan depan akan tersedia kembali. Terima kasih

    BalasHapus
  99. Pak klo maroo seedless ada yang ready tidak pak. Trus klo yang impor cara mesannya bagaimana ?

    BalasHapus
  100. Untuk informasi tentang bibit angur silahkan hubungi kami dengan SMS ke 0857-3232-1000 ya pak.. Terima kasih

    BalasHapus
  101. Sangat menarik, terima kasih telah berbagi, kalau diizinkan untuk copi paste sebagai bahan referensi, saya akan kontak email bapak untuk order, karena pemula belum tahu varietas yang baik ditempat saya di Kab. Luwu Timur Sulawesi selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan copy paste bu Rosdiati. Saya akan sangat senang jika artikel ini bisa lebih bermanfaat bagi lebih banyak orang yang membutuhkan :)

      Hapus
  102. Assalam...,
    Pak Thomas, menarik sekali isi blog'y.
    mencuri perhatian saya deh. hehehe
    Thumbs Up.
    klu boleh tau dimana tmpat budidaya'y?
    Saya trtarik buat mencoba.
    Wassalam .... Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalaam...
      Terima kasih pujiannya pak..
      Lokasi budidaya di Banyuwangi Jawa Timur pak.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.