Jumat, 04 Maret 2011

ANGGUR IMPORT

Berkebun anggur memang sangat menyenangkan, apalagi kalau bisa berkebun anggur dari bibit anggur import langsung dari negara asalnya, itu baru luar biasa. Ide ini muncul sebulan yang lalu, tanpa pikir panjang segera kuhubungi balai penelitian dan pengembangan tanaman anggur di Jepang. Hasilnya... 2 hari yang lalu beberapa bibit anggur siap tanam sudah ada di depan rumah lengkap dengan beberapa hasil olahannya berupa selai anggur dan anggur kering yang rasanya luar biasa lezatnya hehehe....

Di bawah ini adalah foto kedua jenis anggur yang datang dari negeri sakura tersebut setelah di tanam langsung di tanah, tentu saja daunnya belum muncul sama sekali, karena di tempat asalnya saat ini masih dalam masa dormant musim dingin. Diharapkan setelah dipindahkan ke sini mereka akan segera bertunas karena hangatnya suhu udara di Indonesia. Ikuti terus perkembangan pertumbuhannya di posting selanjutnya.

Walaupun melalui proses yang panjang dan sulit, tetapi merupakan sebuah kebanggaan bisa mendatangkan anggur bibit unggul ini. Apalagi balai penelitian anggur yang notabene berada sangat jauh di negeri seberang tersebut dengan sangat berbaik hati mau memberikan bimbingan budidaya anggur hingga berhasil tumbuh dan berbuah. Benar-benar sebuah keberuntungan bisa mendapatkan kesempatan seperti ini.
Saat ini yang menjadi kekhawatiran adalah kemungkinan tumbuhnya di sini karena jelas sekali iklimnya sangat berbeda dengan di negara asalnya yang empat musim dan mengalami musim dingin selama 3 bulan. Pantang menyerah, sebelum dicoba sendiri ga' akan tahu bagaimana hasilnya kan? Tanam dulu, pikir belakangan hehehe... Itung-itung bisa jadi pengalaman berharga kan?
Ini foto mata tunas anggur dari dekat, kelihatannya sih memang agak berbeda dari mata tunas anggur yang biasa kita lihat. Lebih besar dan kapas pelindungnya juga lebih tebal. Menurut perkiraan, mata tunasnya akan mulai terbuka seminggu sampai sepuluh hari sejak tanam.

26 komentar:

  1. arif supriatna3 April 2011 10.03

    Rasanya seneng sekali ya... begitu melihat tunas itu tumbuh... hilang sudah rasa penat dan was-was selama menunggu pertumbuhan itu...

    BalasHapus
  2. Ya pak Arif benar sekali, sempat deg-degan juga selama menunggunya, untungnya walau agak lama sekarang setelah tumbuh perkembangannya pesat sekali pak.

    BalasHapus
  3. ada stok stek anggur import gak pak?

    BalasHapus
  4. Sementara varietas impor masih dalam pengembangan mas. Belum mencukupi untuk dijual ke luar. Mohon bersabar, mungkin bisa mencicipi buahnya dulu nanti.

    BalasHapus
  5. kalau soal cicip mencicipi, semuanya mau pak.. hehe..

    BalasHapus
  6. Kami akan sabar menunggu sampai bibitnya siap dipasarkan

    BalasHapus
  7. Luar biasa blog angurnya Pak Thomas,..saya kagum dengan kebun anggurnya dan perawatannya sehingga dapat berbuah dengan lebat. saya sedang mencoba bercocok tanam kecilaan tanaman anggur di semarang, sekedar hobi saja. Apakah anggur dapat berbuah di Semarang yang bersuhu cenderung panas, Pak?

    BalasHapus
  8. itu anggurnya namanya jenis apa pak?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak varietas yang telah dibudidayakan pak. Bisa bapak lihat di posting "next generation" semuanya anggur meja dari Jepang.

      Hapus
  9. Pak Thomas, anggur kan self-pollination ya, pak? Jika sy menanam 2 varietas yg berbeda sec.berdekatan, apakah akan mempengaruhi hsl buahnya? Omong2 bpk menanam di green house, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggur pada umumnya memang self-pollination pak. Buah yang dihasilkan tanaman anggur yang ditanam berdampingan tidak akan mempengaruhi hasil buahnya, hanya saja jika bapak menanam biji anggur hasil kedua tanaman tersebut ada kemungkinan akan muncul perbedaan akibat pengaruh tanaman varietas yang lain apalagi perbanyakan dari biji memang pada dasarnya tidak bisa identik persis dengan induknya. Ya pak saya menanam anggur dalam green house.

      Hapus
  10. gimna kabar perkembangan bibit di atas pak Thomas?apa sudah tumbuh sehat? kalau boleh saran lagi pak, mungkin lebih enak jika selalu diupdate perkembangannya mulai dari tanam bibit cuttingnya, dengan gambar2.. di atas sudah bagus.. semoga bermanfaat pak Thomas.. :)

    BalasHapus
  11. Perkembangannya optimal pak, mereka seperti dimanjakan berada di Indonesia yang tidak pernah mengalami gugur dan musim dingin. Saran yang membangun pak, insyaAllah akan secepatnya saya usahakan untuk memposting seperti harapan bapak.

    BalasHapus
  12. Saya tertarik tabulampot anggur,pak. saya kmrn mencoba menanamnya, tp saya ga tau jenis apa. saya belinya di penjual bunga. saya pengen tau informasi bibit anggur,pak. apakah bapak punya stok bibit anggur?! atau ada penyedia bibit anggur yg bisa bapak rekomendasikan?!
    Saya jg menunggu turunan2 anggur dr Jepang ini dijual keluar.. ^_^ Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  13. Mazboy, Jika saya boleh menyarankan, lebih baik membeli anggur yang jelas dan benar varietasnya, karena banyak pedagang bibit yang tidak memahami anggur, kuatirnya kecewa setelah merawatnya sampai berbuah ternyata tidak sesuai harapan. Saya tidak bisa merekomendasikan penjual bibit anggur karena selama ini belum pernah ada pedagang bibit yang mengambil dari thomasgrape, yang selama ini saya layani adalah customer langsung. JIka mazboy berminat bisa memesan lewat SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih.

    BalasHapus
  14. Pak Thomas, kapan ya kira2 semua bibit anggur impor jepangnya di launching? Sy gak sabar pingin memesannya nih. karena sy kangen banget sama anggur jepang. karena sekitar 6 tahun yang lalu selama berada di jepang hampir tiap hari makan buah anggur selama 2 tahunan. Terutama anggur golby dan sakirei. Kalo kyohou gak kuat beli di sana harganya muahal...he.he..he

    BalasHapus
  15. Bersabar dulu ya pak.. Pada saatnya nanti pasti akan direlease ke semua customer. Memang kyohou sangat mahal pak, apalagi Ruby Roman yang terakhir keluar jauh lebih mahal lagi, tentunya dengan rasa dan penampilan yang jauh lebih memukau. :)

    BalasHapus
  16. Betul sekali...Ruby Roman aroma dan rasa begitu seimbang saat dikunyah. Sayangnya dulu sy gak bisa bawa pulang bibitnya krn masih dalam masa penelitian sambung pucuk. Oh iya pak, kata teman sy beberapa wkt lalu sekarang di Jepang lagi trend_nya fujiminori yg gak kalah kualitas sama Ruby Roman. Tapi masih katanya sih,..he..he..

    BalasHapus
  17. om Thomas saran, gimana klo dicantumkan harga pasaran buah anggur" yg tlah di release.. smoga makin rame aj dech blog nya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak!! Terima kasih sarannya yang TOP. Semoga bisa secepatnya terwujud pak. Sampai sekarang saya belum masukkan data harga buah di blog karena produksi masih sedikit dan belum mencukupi kuota pesanan perusahaan rekanan pak. InsyaAllah stlh kewajiban kuota terpenuhi akan direlease utk semua customer retail.

      Hapus
  18. Sabar menanti dan menunggu bibitnya...

    BalasHapus
  19. Mau nyoba nanam anggur di riau,apakah bisa ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak.. Anggur menyukai daerah dataran rendah yang panas, tanah yg cenderung kering dengan PH netral. Untuk mendapatkan bibitnya bapak bisa hubungi kami di 0821-4489-9111 SMS / WA.
      Pilihan varietas yang disediakan bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Ok ok,tanya tanya di wa boleh dong ya?

      Hapus
  20. Iya silahkan ke nomer ini pak 0821-4489-9111

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.