Kamis, 24 November 2011

STOCK BIBIT ANGGUR


27-07-2012 Bibit stek (cuttings) varietas AG-60 (maroo) seedless                                               
01-09-2012 Bibit dlm polybag (rootings) AG-60 (maroo) seedless                                               
Bibit anggur inilah yang sangat diminati dan dinanti-nantikan para penggemar anggur karena rasa manis segar dan renyah yang nikmat dengan butiran buah anggur tanpa biji yang sangat pas untuk dijadikan anggur meja (table grape) di antara varietas-varietas anggur dari Australia.


21-06-2012 Bibit stek (cuttings) Varietas Caroline Black Rose                                     
01-09-2012 Bibit dlm polybag (rootings) Caroline Black Rose                                     

21-06-2012 Bibit stek (cuttings) varietas Yellow Belgie                                              

21-06-2012 Bibit stek (cuttings) varietas Alphonso Lavalle                                         


21-06-2012 Bibit stek (cuttings) varietas Red Prince                                                

21-06-2012 Bibit stek (cuttings) varietas Red Malaga.                                                 


Hasil perbanyakan tanaman anggur dengan bibit stek akan menurunkan sifat genetis mutlak dari induknya, ini adalah metode cloning yang termudah dan tercepat.

Katalog dan Daftar Harga  klik di sini.

Specification:

Panjang cuttings : 25 - 30 cm
Diameter            : minimal 7 mm
Jumlah node       : minimal 3
Treatment          : Fungicide and debudded

24-12-2011 Bibit grafted rootings (imported).                               Status: PESANAN

Bibit grafted rootings yang diimport langsung dari Jepang, hanya dilayani beberapa varietas berdasarkan pesanan. Bibit ini adalah hasil okulasi native grape sebagai batang bawah, dan table top grape sebagai scion. Dengan usia sekitar 2 tahun sejak pembibitan, bibit ini siap langsung di tanam di lokasi permanent.

06-12-2011 Bibit anggur dari biji (grape seed)                                  . Status: HABIS

Kondisi bibit biji anggur sudah berakar dan siap ditanam dalam media tanam sementara.
Perbanyakan anggur dari biji biasanya digunakan oleh nursery anggur untuk mendapatkan jenis-jenis varietas baru yang lebih baik dalam segala segi. Lebih manis, lebih besar, lebih menarik warnanya atau bahkan yang lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Specification:

Germination       : 80%
Root length        : 3 - 5 mm
Treatment          : Fungicide, Growth hormone
Packaging          : Peatmoss in sealed acrylic box
Estimasi pengiriman ke alamat tujuan 20 hari sejak pemesanan.


Untuk pemesanan silahkan hubungi via SMS ke 0857-3232-1000


Penanganan bibit seedlings pasca kirim

Bibit seedlings akan diterima dalam keadaan siap tanam dengan tingkat keberhasilan tumbuh 80% selama kondisi penanganan disesuaikan dengan petunjuk penanganan. Bibit dikirimkan dengan kondisi sudah mengeluarkan akar dan selama perjalanan akan terus tumbuh bahkan dikotiledonnya pun akan keluar. Jadi saat bibit dikirimkan media tanam harus segera disiapkan supaya saat diterima bibit bisa segera ditanam dalam media. Media yang ideal untuk bibit seedlings ini adalah campuran pupuk kandang (yang sudah menjadi tanah) dan peat moss (dikirimkan bersama dengan bibit pesanan).

Setelah paket bibit seedlings diterima, buka bungkus dengan hati-hati terutama ketika membuka sealer kemasan acrylic box tempat bibit berada. Bibit berada dalam timbunan peat moss, jadi mengeluarkannya harus dengan sangat pelan. Gunakan batang lidi atau garpu makan untuk mengorek peat moss sedikit demi sedikit. Setelah seedlings terlihat angkat pelan-pelan jangan sampai melukainya dan segera tanam dalam media, jangan terlalu dalam, yang penting seluruh bagian tertimbun media, kecuali yang daunnya sudah keluar usahakan bagian daun berada di atas media.

Setelah ditanam dalam media siram perlahan-lahan, yang terbaik gunakan sprayer supaya semburan air tidak merusak media dan merobohkan bibit yang masih sangat lemah. Jangan menggunakan pupuk kimia apapun karena bahan kimia akan membuat dikotiledon dan akar yang baru tumbuh terbakar. Air yang digunakan untuk menyiram diusahakan jangan air yang mengandung kaporit, yang terbaik adalah air hujan atau air sumur, tetapi air leding yang mengandung kaporit pun bisa digunakan, sebelum dipakai lebih baik diendapkan dahulu 2 x 24 jam supaya kadar kaporitnya menurun.

Rawat mereka dengan cara tersebut di tempat yang relatif teduh dan lembab. Usahakan hanya sinar matahari pagi yang diterima tanaman. Tetapi jika bisa membuat media tanam tetap lembab, ditempatkan di tempat terbuka juga tidak masalah asalkan dihindarkan dari hujan deras supaya tidak patah. Setelah daun anggur yang sebenarnya keluar (sepasang daun pertama sama sekali tidak mirip dengan daun angggur) barulah pelan-pelan intensitas sinar bisa ditingkatkan.

Setelah tahap pertumbuhan ini masa kritis sudah terlewati, tinggal merawatnya seperti tanaman yang lain pada umumnya.


Penanganan bibit cuttings pasca kirim

Semua bibit berupa cuttings yang dikirimkan telah ditreatment, jadi selama pengiriman sebagian besar callus (jaringan bawah kulit) sudah terbentuk dan mata tunas mulai tumbuh membesar. Jadi media tanam sebaiknya dipersiapkan bersamaan dengan saat pemesanan supaya bibit cuttings segera bisa ditanam dalam pot/polybag. Setelah bibit dikeluarkan dengan hati-hati, rendam dalam air biasa selama 5 menit. Buat lubang tanam dengan menusukkan jari atau tongkat kayu sedalam 10 cm pada media tanam. Tempatkan batang cuttings ke dalam lubang tanam dan timbun lagi dengan media, padatkan secukupnya supaya tidak mudah roboh pada saat disiram. Tempatkan mereka di tempat yang teduh dan lembab, usahakan hanya mendapatkan sinar matahari pagi saja selama 1 bulan pertama. Untuk menjaga kelembaban batang cuttings bisa dengan disungkup plastik kecil yang biasa dipakai untuk es lilin, sungkup ini harus dibuka setelah daun mulai tumbuh supaya daun yang masih muda tersebut tidak hangus. Untuk tempat yang kelembabannya cukup tidak diperlukan sungkup, atau plastik dipotong dan dibungkuskan ke batang cuttings yang sudah tertanam. Seperti foto-foto di bawah ini.

Umumnya keadaan mata tunas saat diterima adalah seperti ini, bud break baru dimulai, bibit berupa cuttings siap untuk ditanam dalam media sementara.

Beginilah keadaan bibit setelah ditanam dalam media dan disungkup plastik. Untuk daerah yang relatif kering bisa juga diisungkup plastik tertutup di ujung batang cuttings.

Kalau kelembaban sekitar dan kelembaban media tanam terjaga, dalam waktu singkat tunas yang sehat akan segera berkembang. Selanjutnya hanya merawat mereka di tempat teduh hingga saatnya mampu dipindahkan ke tempat yang lebih banyak intensitas sinar mataharinya.

Dalam waktu kurang dari 1 minggu daun akan terbuka seperti foto berikut. Kalau menggunakan sungkup tertutup di ujung cuttings, inilah saatnya untuk membukanya supaya daun lebih mudah berkembang.

Selamat mencoba, semoga berhasil.


165 komentar:

  1. Untuk pemesanan dan informasi tentang bibit silahkan hubungi 085732321000 via SMS pak. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Hehehe terima kasih pak, berkat saran jitu dari pak Hulaimy saya pasang foto untuk bibit anggurnya, tetapi sayangnya fotonya masih bukan dari kebun sendiri karena keburu habis dipanen pak. Sekali lagi terima kasih banyak.

      Hapus
  3. Pak Thomas, dari 5 bibit red malaga yg saya beli 4 polybag sudah tumbuh, tinggal 1 polybag yang masih tumbuh angus tumbuh hangus, mudah2 an dalam waktu dekat juga bisa tumbuh segar..tapi pertanyaan saya tidak berkaitan dengan itu tapi pertanyaan saya adalah bolehkah nantinya apabila saya menanam bibit tersebut ditanah deberikan cendawan mikoriza pada lobang tanamnya?..apakah Pak Thomas pernah mengaplikasikan mikoriza pada tanaman anggurnya?..demikian salam..Widodo di Padang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Widodo, alhamdulillah saya ikut senang dengan kabar baiknya. Pertanyaan yang sangat menarik pak. Cendawan mikoriza memang sangat baik untuk memacu pertumbuhan termasuk anggur karena mikoriza bisa menghasilkan hormon sitokinin, giberalin dan beberapa lainnya dan juga bisa mengefisiensikan supply Phospor untuk tanaman. Saya tidak lagi menggunakan mikoriza pak, karena lahan kebun yang ada sudah cukup subur. Mikoriza umumnya digunakan untuk memperbaiki struktur tanah pak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Pak, tuk tanam bibit anggur baiknya jaraknya antara pohon yg satu dgn yang lain optimalnya berapa cm?

    BalasHapus
  5. Bapak Suadi, jarak antar tanaman untuk anggur idealnya 3 meter pak karena perakaran anggur menyebar di radius 1,5 m ke semua arah di permukaan tanah pada kedalaman 30-50cm. Bibit yang saya kirimkan tidak langsung ditanam di lapangan kan pak? Lebih baik disemaikan dulu dalam pot/polybag selama minimal 1 bulan.

    BalasHapus
  6. Mau tanya Pak thom,
    Saya rada bingung dengan beberapa jenis anggur dibawah ini, apa satu jenis anggur atau memang beda2 :
    - Caroline black rose
    - Red Caroline
    - Black caroline
    - Black rose
    Demikian terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Erwin, mohon maaf saya tidak begitu memahami varietas anggur dari eropa, amerika ataupun australia, saya hanya tahu tentang anggur jepang pak. Tetapi setahu saya nama-nama tersebut adalah 1 varietas karena saya hanya tahu yang namanya caroline black rose, mungkin hanya sebutannya saja yang bermacam-macam untuk memudahkan menyebutnya. Saya tidak tahu pasti pak.

      Hapus
  7. Pak Thomas, bibit anggurnya Caroline Black Rose barusan saya terima dengan baik. Moga bisa tumbuh dengan baik di Batam. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Pak, apakah saat ini sudah ada stock bibit cuttings yg tersedia?

    BalasHapus
  9. Maaf pak, per tanggal 6 Juli lalu stock cuttings sudah habis, jika bapak berkenan silahkan registrasikan no HP bapak ke 0857-3232-1000 (dengan SMS) atau follow twitter @thomasgrape supaya saya bisa memberitahukan saat bibit tersedia. Terima kasih.

    BalasHapus
  10. pak untuk bibit biji yang tersedia jenis apa aja, apakah termasuk yg Sekirei,olimpia,kyoto & Pione? kalau biji apakah media tanah harus basah? (di siram setiap hari) atau cukup hanya jaga kelembaban aja? tq

    BalasHapus
  11. ada jual bibit pione dan kyoho grape om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak, tetapi untuk saat ini masih harus import, belum bisa jual yang dari pembibitan sendiri untuk varietas tersebut, untuk info lebih lanjut silahkan dengan SMS ke 0857-3232-1000

      Hapus
  12. Idem sama Mas Robert Jhones Palu... Aku jg lho kmaren sms blom jg di jawab... jenis Pione dan Kyoho... sms ku tolong di jwb dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk/Ibu Echaojaya, sebisa mungkin saya akan selalu menjawab sms yang saya terima. Mungkin smsnya salah nomer tujuan atau terjadi gangguan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika tidak keberatan mohon di-sms ulang insyaAllah pasti saya jawab secepatnya setelah saya terima. Terima kasih.

      Hapus
  13. saya menunggu varietas anggur jepangnya nie pak :)

    BalasHapus
  14. Akhirnya mas Reza muncul juga, tidak hanya di SMS hehe. Sabar dulu ya mas, nanti saat tersedia insyaAllah pasti saya kabari.

    BalasHapus
  15. hehe iya pakk...bibit nya sudah disungkup individu pak...tp jd pengen nambah lg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah disungkup bibit akan terjaga kelembabannya dan jadi lebih mudah tumbuh mas, semoga semuanya tumbuh subur.

      Hapus
  16. Anggur yang cocok di ketinggian 80 mtr dari permukaan laut jenis apa ,Mas?
    Udah lama nih ngidamin berkebun anggur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Andy, semua jenis anggur cocok untuk ketinggian 80 meter dpl karena memang anggur bisa tumbuh optimal pada ketinggian 0-800 meter dpl maksimal masih bisa sampai 1000 meter dpl.

      Hapus
  17. Selamat sore Pak Thomas,
    Mohon info status bibit stek anggur hari ini ? Saya kok tertarik dengan "tabulampot" anggur. Apa memungkinkan pengiriman bibit stek skala kecil (hanya untuk tabulampot) dengan paket ? Terimakasih Pak.

    BalasHapus
  18. Maaf baru sempat membalas pak. Pembelian bibit cutting maupun rooting bisa dalam skala kecil dna bisa dikirimkan ke seluruh nusantara pak. Untuk stock bibit silahkan langsung dengan SMS ke 0857-3232-1000 supaya lebih akurat. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Thomas,
      Bibit sudah saya terima & sudah saya tanam di polybag tgl. 10 Aug 2012. Terimakasih Pak.

      Mau nanya pak, di tulisan Bapak mengenai Penanganan Pasca Pengiriman untuk bibit Cuttings Bapak menulis : "Tempatkan mereka di tempat yang teduh dan lembab, usahakan hanya mendapatkan sinar matahari saja selama 1 bulan pertama".

      Maksudnya selama 1 bulan pertama diusahakan hanya sinar matahari "PAGI" saja ataukah sinar matahari saja dan cukup itu saja (gak perlu lainya misal : pupuk, penyiraman, dst)?

      Terimakasih penverahannya, Pak.

      Hapus
    2. Maksudnya bibit sudah diterima tgl 10 September ya pak? Terima kasih atas kritiknya pak, ternyata tulisan saya yang salah, yang dimaksud adalah bibit cutting yang sudah ditanam dalam polybag ditempatkan di tempat yang hanya mendapatkan sinar matahari pagi, siangnya sudah ternaungi. Penyiraman tetap harus dilakukan pak, pedomannya adalah dengan melihat kondisi media, jika masih basah jangan disiram pak, terlalu lama basah akan membuat akar tidak berkembang. Tulisan di bagian penanganan bibit pasca kirim sudah saya perbaiki pak. Terima kasih.

      Hapus
  19. var japan ditunggu pak., hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar dulu ya pak Ari, nanti pasti disiapkan. kalau sudah ready diprioritaskan customer yang sudah pernah melakukan transaksi pak, seperti pak Ari juga hehe...

      Hapus
  20. halo pak thomas! kpn ya kira2 bibit kyoho&pione di lepas ke pasaran? apa msh tahun 2012 atau lebih?thx pak -bagja,bandung-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih agak lama pak Bagja. tahun ini masih belum bisa launching. Nanti pada saatnya akan saya kabari dengan SMS ke semua customer pak.

      Hapus
  21. satu lg pertanyaannya pak, waktu itu sy tidak merendam batang stek-an di dalam air dingin sebelum ditanam, apa itu masalah pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah pak, sebenarnya perendaman bertujuan untuk mengembalikan kadar air saja andai ada yang kurang, tetapi selama kemasan pengiriman utuh saya rasa kelembabannya sudah cukup baik, ini hanya tindakan pencegahan saja pak.

      Hapus
  22. sementara ini utk var import jpan apa sudah sesuai harapan pak, baek dari segi rasa dan volumenya? Yg sudah berbuah dari var jpan jenis apa aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak Ari, alhamdulillah pertumbuhan bagus sesuai harapan. Sementara ini yang sudah berbuah Kyohou, Pione dan Sekirei saja, dengan kualitas yang baik dari segi rasa dan ukuran.

      Hapus
  23. pak thomas, perkembangan bibit ag60 seedless saya kok kurang bagus ya,pak? beda banget sama foto2 disini. apa saya ada salah merawatnya?! semua kondisi serta foto2nya sudah saya kirim ke email bapak. terima kasih

    BalasHapus
  24. nanti kira2 harga cutting var importny mahal ngg ya? Hhe

    BalasHapus
  25. Pak Thomas,
    2 bibit rooting AG-60 , 3 bibit rooting black rose & 1 bibit cutting red prince sudah saya terima tgl 8/8/2012 dan semuanya sudah ditanam di dalam polybag sesuai prosedur yang bapak anjurkan....tinggal tunggu perkembangannya :)

    Mohon Bimbinganya :)

    Salam anggur,

    Nicholas

    BalasHapus
  26. Siap pak, saya akan dengan senang hati membantu bapak dalam bidang budidaya anggur, jika ada kendala silahkan jangan segan untuk menghubungi saya, Have a Grape Day pak !!!

    BalasHapus
  27. Pak Thomas. Saya tertarik membeli bibit anggur bapak sbb:

    21-06-2012 Bibit stek (cuttings) varietas Red Prince Status: ADA

    Mohon info harga dan jumlah stok yang ada serta berapa tingginya. Akan saya ambil ke tempat Bapak. Saya tinggal di Tabanan Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk Raiindra, terima kasih telah menghubungi lwt komentar. Cutting Red Prince msh ada pak, untuk Info lbh lanjut silahkan dgn SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih.

      Hapus
  28. pak thomas kalo di tanah yg masam anggur bisa tumbuh nggak ya ? terus gimana cara bikin media tanamnya dengan struktur tanah yg masam ? maksih sebelumnya pak !

    BalasHapus
  29. Tanah masam tdk baik utk anggur pak, jd tanah tsb harus diperbaiki dl pH-nya dgn menambahkan kaptan atau yg terbaik dgn menggunakan magnesium kieserite ESTA. Jika bpk membutuhkan magnesium bisa hubungi Thomasgrapedgn SMS ke 0857-3232-1000

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dengan menggunakan kapur apa bisa pak...! klo mesen berapa harganya ? terus klo di toko pertanian apa ada nggak ya...?

      Hapus
    2. Bisa dgn kaptan pak ( kapur pertanian) biasanya di toko saprotan ada. Pakai kaptan pasti lbh murah pak.

      Hapus
    3. makasih atas info nya pak nanti klo mau mesen sy sms deh pak...!!!

      Hapus
  30. pak maaf bibit rooting saya yg di pesen dari banjarmasin udah di krm ya....maaf pak udah nggak sabaran he..he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Fajar di Banjarmasin ya? Besok bisa dikirim pak. Mohon bersabar ya pak.. kan menanam anggur jg perlu kesabaran hehe...

      Hapus
  31. makanya pak susah menahan kesabaran, soalnya saya baru pak jd pengennya cepet terus, yang cuting udah ada pak, jangan lupa sisain saya ya pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..begitu ya pak? Yg cutting masih nanti bulan depan pak. Nanti saat siap insyaAllah pasti saya kabari bapak, kan no hp sdh saya simpan. Nanti juga diupdate si halaman Penjualan dan juga lewat Twitter pak :)

      Hapus
    2. siapdeh pak, saya tunggu kabarnya, supaya tambah banyak jadi tambah semangat buat nungguin tumbuhnya he..he.

      Hapus
    3. Sambil menunggu, medianya saja dipersiapkan dulu pak. Media yg baik adalah yg porous dan tdk banyak menyimpan air krn akar anggur tdk suka becek. Terima kasih atas kesabarannya pak...

      Hapus
  32. ya pak kemaren saya suah siapkan media tapi terlalu basah, udah saya tambahin sekam bakar, jadi lumayan pak agak keringan dikit, sebelum ada pohon anggurnya polibagnya aja dulu dipandangin he..he

    BalasHapus
  33. aswrwb..salam anggur....bibit yg sdh terima, pertumbuhannya sangat baik...kapan varian lain ada pak...ditunggu infox untuk makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. W'salam pak Abdul Salam. Alhamdulillah jika bisa menyenangkan hati bapak. Jangan terlalu sering siram supaya tetap sehat pak. Info bibit baru akan saya kabari nanti pada saat siap ya pak. Terima kasih.

      Hapus
  34. Pak Thomas,sy tertarik dengan budidaya anggur ini...rencana saya baru mau akan memulai pak...spti yg bpk bilang nanti klo sdh ada cutting nya mhn info ke hp sy ya pak.trmksih

    BalasHapus
  35. Siap pak, pemberitahuan stock bibit selalu saya smskan ke semua customer yg pernah menghubungi saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  36. Salam kenal pak thomas...., sy dedy dari garut mau nanya kalau anggur nya ditanam di polybag tetapi ingin pakai sistem para2 seperti di tanah terbuka bisa ngak pak...? terus untuk jenis yang cocok di daerah garut dari jenis apa anggur nya..., sebelum dan sesudahnya terimakasih....., kalau ada stok untuk cutting mungkin saya sms ke nomor hp untuk pemesanan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jua pak Dedy. Rencana bapak tsb sangat bisa diwujudkan asalkan polybag atau media yg digunakan cukup besar. Garut dataran rendah kan pak? Semua varietas anggur bisa tumbuh baik sampai ketinggian maksimal 1000 meter dpl.

      Hapus
  37. Mat Pagi Pak Thomas, mohon pesanan saya yg 5 paket dengan varitas yg diatas : AG60,Carolline black rose, Yellow belgie,alphonso lavalle, Red Prince, Red malaga, Suwun Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pesanannya. Mohon maaf pak, untuk pembelian silahkan langsung SMS ke 0857-3232-1000 terima kasih

      Hapus
  38. mau tanya pak thomas perlakuan bibit cuting tunas biar tidak langsung ataupun langsung kena sinar matahari apakah boleh diganti dengan lampu pijar 60watt kadang pula cuaca akhir2 ini gak mudah ditebak, sering hujan dan jarang2 cerah..

    BalasHapus
  39. Bisa pak, cara tsb disebut indoor propagation. Tp dgn lampu pijar yg perlu diperhatikan adalah suhu dan kelembabannya krn lampu pijar membuat suhu meningkat. Yg terbaik adalah dgn lampu flourecent/neon pak.

    BalasHapus
  40. oke, terima kasih tangapanya, kalau lihat foto dikebun grape bapak itu seperti Greenhouse, tetapi bapak pernah mengatakan sering hujan dan bibit juga kemungkinan tersedia bln maret/april.. bukanya Greenhouse gak terlalu mempermasalahkan hujan maupun panas pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali pak, masalahnya bibit yg dipasarkan bukan.yg dalam Greenhouse. Yg dalam Greenhouse hanya varietas dari Jepang saja. Demikian pak...

      Hapus
  41. wah wah wah... varietas unggulan sepertinya lebih difokuskan dgn perlakuan khusus, mantab deh... ditunggu pak bibitnya yg varietas jepang, dibagi 2 aja pak budidayanya.. 1 sudah brg tentu bapak tanam anggur utk buahnya.. nah yg ke 2 spesial utk bibit bukanya jual bibit varietas jepang menguntungkan juga pak? saya yakin teman2 banyak yg mau walupun harganya lebih mahal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya pak Yanto, sejak bulan lalu sudah saya tanam yang untuk bibit, terima kasih banyak masukannya pak...

      Hapus
  42. asslmualaikum,,slmat siang pak
    pak untuk pemesanan di daerah pangkalpinang bangka bisa enggak ya?
    cra pengirimannya gmana?
    pengen mesen ni rencnanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. W'salam. Thomasgrape melayani penjualan dan pengiriman ke seluruh Indonesia pak. Untuk pemesanan silahkan dengan SMS ke 0857-3232-1000. Terima kasih

      Hapus
  43. asslmualaikum,,slmat siang pak,,
    mw nnya ni,,bsa enggak di kirim ke pangkalpinang bangka?
    dan cra pemesanan gmana??
    mw pesen bibit anggur

    BalasHapus
  44. keren pak,jadi pengen pesen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak. Untuk pemesanan silahkan langsung dengan SMS ke no HP di atas.

      Hapus
  45. jadi pengen pesen bibit pak,,kereeeen

    BalasHapus
  46. Pak Thomas, biji anggur nya sdh sampai di Garut dengan selamat... :), terima kasih pak...
    Dan jangan lupa untuk benih cutting nya kalau sdh ada stock mohon disisakan buat saya dan dikabari.
    Matur suwun..

    Dedy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak Dedy. Jangan lupa ikuti prosedur perendaman seperti di blog halaman Cara semai biji ya pak.. terima kasih..

      Hapus
  47. Pak thomas,
    bibit stek masih ada iya persediaanya??
    sya brminat mau pesen,,
    dan bibit dari biji import ad jenis ap sja dan brapa hargnya??
    trimaksih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemesanan dan informasi detail tentang bibit silahkan langsung dengan SMS pak. 0857-3232-1000. Terima kasih

      Hapus
  48. pak saya ingin tanya kalo di lampung cocok ga ya kalo di tanami anggur, bulan / musim yang bagaimana cocok untuk menanam anggur pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggur tumbuh baik di dataran rendah yang panas dan banyak mendapat cahaya matahari pak. Penanaman anggur bisa kapan saja asalkan tempat tanamnya tidak tergenang air saat hujan.

      Hapus
  49. pak, saya dari malaysia, saya ingin tanya boleh ga bibik anggur dari farm bapak di poskan ke malaysi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bibit grape seeds dan grape vine cuttings boleh diposkan ke Malaysia pak. Bibit rootings tidak boleh karena proses quarantine di Malaysia.

      Hapus
    2. terima kasih pak atas koment balas bapak,, saya ingin tahu brapa harga(ringgit Malaysa) untuk 1 batang grapevine cutting,, kalu boleh saya mahu 3 batang setiap jenis anggur yang di tanam oleh papak..

      Hapus
    3. Harga cutting IDR 10,000 pak. Untuk kurs Rupiah dengan Ringgit Malaysia silahkan ditanyakan ke bank setempat. Terima kasih.

      Hapus
    4. kalau saya beli bibit prape vine cuttings jenis,
      * AG60(Maro) Seedless (4 Batang)
      * Caroline (4 Batang)
      * Yelow Belgie (4 Batang)
      * Red Prince (4 Batang)
      * Red malaga (4 Batang)
      harga semuanya IDR 220,000 = Ringgit Malaysia 70.50
      untuk kos penghantarannya berapa pak?

      Hapus
    5. Untuk memesan silahkan kirimkan email ke tomsset@yahoo.com pak. Terima kasih.

      Hapus
  50. Pak Thomas, dari 10 bibit seeding yang saya semai, hingga kini (sdh 2 minggu) hanya 1 seeding yang sdh berkecambah dan sedang saya pindahkan ke media tanah, seeding yang lainnya gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan kelembaban kurang atau terlalu basah pak. Jika sudah ada yang berkecambah sisanya bisa sekalian ditanam dalam media, walaupun lambat nanti yang lain akan tumbuh selama media tidak becek dan juga tidak kekeringan, kelembaban harus terjaga pak.

      Hapus
  51. stock bibitnya udah ad ya pak??
    kalau sudah ada mhon di infokan di bloger bpak..
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stok bibit stek/cuttings akan tersedia dalam minggu ini pak. Pemesanan sudah bisa dilakukan. Saat ready akan segera diupdate dalam stock. Terima kasih

      Hapus
  52. Met malam Pa Thomas. Saya senang sekali bisa mendapat informasi melalui blog ini. Saya tertarik untuk membeli bibit stek (cuttings) varietas Yellow Belgie. Apakah stoknya ada? Dan apakah bisa dikirimkan ke alamat saya di Flores NTT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ibu Erna. Bibit cuttings akan segera tersedia dalam minggu ini bu, sudah bisa mulai dipesan jika ibu berminat. Untuk pemesanan silahkan hubungi kami dengan SMS ke 0857-3232-1000. Jangkauan pengiriman kami bisa ke seluruh Nusantara bu. Terima kasih.

      Hapus
  53. Dear Pak Thomas,

    Saya sudah sms ke no hp yg di 0857-3232-1000. Saya memesan untuk setiap 1 bibit per varietas bibit cutting yg tersedia. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak. Jika tidak ada balasan mohon dikirim ulang. Supaya lebih pasti.

      Hapus
  54. Alhamdulillah saya bisa bergabung dengan mas Tomas, dan saya lagi menunggu kiriman bibit stek dari Thomasgrape

    BalasHapus
  55. Salam Sejahtera mas thomas...
    saya asran dari Sabah, Malaysia mau bertanya bisa ngak biji anggur yang dibeli dari supermarket ditanam? bagaimana pula penanaman anggur bagi yang ngak ada biji (seedless)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sejahtera pak Asran. Biji anggur dari supermarket bisa juga ditanam tetapi harus menggunakan biji yang fertile pak. Anggur yang seedless ditanam dengan cara cuttings propagation pak.

      Hapus
  56. Mas terima kasih bibit cutting Red Prince dan Caroline Black Rose nya sudah datang dan sudah di semai di polybag
    klu ada yang Red Malaga dan AG -60 bisa di infokan ke saya ya mas...
    Hardiyan
    Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak Hardiyan. Saat bibit siap akan saya kabari. Terima kasih

      Hapus
  57. salam pak thomas...stek yang sudah lebih 1minggu ditanam tapi tidak tumbuh tunas masi bisa hidup gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Untuk memastikan bisa dengan cara memotong ujung cutting sedikit demi sedikit dan dilihat bagian dalamnya, jika kambium berwarna hijau berarti bibit cutting masih segar dan bisa tumbuh. Yg dalamnya berwarna hitam berarti bibit mati karena media tanam terlalu basah dan jika berwarna hijau pucat atau kecoklatan berarti bibit mati karena kekeringan. Demikian semoga bermanfaat.

      Hapus
  58. update info mas... Hardiyan di Medan...
    bibitnya sudah mulai tumbuh tunasnya... belum seminggu sudah 6 stek dari 10 yang muncul tunas daun bewarna hijau...
    sebelum di tanam... ujung stek yang di tanam di dalam tanah saya rendam cairan bawang merah selama 1 jam dan saya tanam di plastik transparan dan di letakkan di dlm aquarium yang diisi air setinggih 2 ruas jari.. kemudian polibag saya letakkan di dlm aquarium delan alas batu bata lebih tinggi dr air di dlm nya... dengan demikian kelembabannya akan terjaga... sekian saran dr saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak untuk kabar baik dan masukan yang menarik pak. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

      Hapus
  59. salam pak thomas...kenapa ya tunas anggur saya berhenti membesar? 2minggu pertama tunas tumbuh dengan baik tapi masuk minggu ke-3 tunasnya masi begitu saja. apa yang patut saya buat? tq pak thomas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Asran, biasanya gejala macetnya pertumbuhan diakibatkan oleh gangguan perkembangan akar, hal ini dimungkinkan oleh beberapa penyebab, gangguan rayap, pembusukan akar atau kekeringan. Mohon diteliti yang mana kira2 yang menjadi penyebabnya.

      Hapus
    2. apa maksudnya gangguan rayap pak thomas? pembusukan akar itu disebabkan oleh tanah yang basah kan pak thomas? saya selalu siram 2x sehari...maaf ya pak thomas bnyk soal.

      Hapus
    3. Gangguan rayap maksudnya akar diserang oleh serangga rayap/anai-anai/termite. Penyiraman 2x sehari sepertinya terlalu banyak pak, kecuali jika media yang digunakan sangat porous. Penyiraman yangbaik dilakukan saat media hampir kering saja pak.

      Hapus
  60. pak,
    apakah ada stok bibit stek AG-60 , red malaga dan varitaes jepang (stekjuga)?
    Terima kasih Ferry-Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya lebih akurat utk info bibit bisa bapak lihat langsung di toko online www.thomasgrape.com atau hubungi saya dengan SMS pak. Terima kasih

      Hapus
  61. maaf pak Thomas, di kontak toko onlinenya tertulis email bapak tomsset@yahoo.com, itu sudah benar atau salah. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email ke tomsset@yahoo.com atau ke cs@thomasgrape.com juga bisa pak.

      Hapus
  62. salam kenal bpk, saya ida ibuk rumah tangga yg suka menanam buah2an dalam pot, saya tertarik mau pesan, tanya dulu donk, bapak kalau bibit anggur yg ditanam dari biji, itu berapa lama akan berbuah? dan kalau bibit cutting berapa lama akan berbuah, terima kasih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ibu Ida. Bibit yang ditanam dari biji akan berbuah pada usia 2,5-3 tahun jika pertumbuhannya baik. Sedangkan bibit cutting lebih cepat berbuah, sekitar usia 7 bulan dalam kondisi sehat bisa mulai dipangkas untuk pembuahannya sehingga pada usia 1 tahun buah pertama sudah bisa dinikmati walau volumenya masih sedikit. Perkiraan ini berdasarkan perhitungan usia tanaman yang ditanam langsung di tanah bu. Di pot pastinya sedikit lebih lama, terutama jika volume medianya sedikit. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  63. pak thomas saya mau tanya, berapa banyak kah idealnya buah anggur yang tumbuh dari satu pohon..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak faktor yang menentukan kemampuan pohon anggur menghasilkan buah pak, jadi nilai idealnya harus dibandingkan dengan faktor pendukungnya. Diantaranya adalah sbb: Usia tanaman, jarak tanam, system penyangga tanaman dan ketinggian lokasi penanaman dalam kaitannya dengan intensitas cahaya matahari. Sebagai contoh, pada usia 3 tahun biisa menghasilkan 15 kg per pohon, pada usia 20 tahun dengan areal perakaran yang luas dan para-para yang luas pula bisa menghasilkan hingga 300 kg buah per pohon. Demikian pak.

      Hapus
  64. pak thomas apakah buah anggur jika sudah berusia kira2 tiga minggu ( sebesar Biji Jagung ) daunya tetap di pangkas..? karna buah anggur jika ingin berbuah harus di pangkas daunya

    BalasHapus
  65. Mohon maaf pak, saya tidak menyarankannya kecuali jika daunnya terlalu lebat boleh dipangkas.

    BalasHapus
  66. pak thomas saya pernah baca pupuk modori atau pupuk sekai, apakah ada yang jual di jakarta..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk Akai dan Midori adalah produksi kami sendiri pak, pemasarannya hanya dilakukan oleh thomasgrape.com saja, belum ada penjual/resellernya di Jakarta.

      Hapus
  67. bang thomas bagaimana cara membuat buah anggur menjadi lebih besar, karena anggur yang saya tanam buahnya relatif kecil, tidak seperti yang bang thomas tanam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membesarkan buah anggur bisa dengan aplikasi booster pak. Produk ini bisa dibeli di www.thomasgrape.com
      Tetapi tentu saja ada hal lain yang bisa mempengaruhi ukuran buah, perawatan yang benar dan varietas.

      Hapus
  68. salam knl pak thomas ,sy tertarik dng tanaman anggur tabulanpot klo pesan bibit cutting gimna caranya,bibit apa yg ada stoknya ada saat ini,bisa dikirim kesulsel pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak. Untuk melakukan pembelian bibit silahkan langsung dengan SMS ke 0857-3232-1000. Jangkauan pengiriman kami bisa ke seluruh Indonesia dan ASEAN pak.

      Hapus
  69. permisi pak thomas, saya satha dan saya newbie, saya mau tanya apakah varietas - varietas ini bisa ditanam di daerah dengan ketinggian 120 m dpl ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Satha, semua varietas anggur yang ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia idealnya ditanam di dataran rendah mulai tepi pantai hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Terima kasih.

      Hapus
  70. salam knl pak thomas ,sy tertarik dng tanaman anggur tabulanpot klo pesan bibit cutting gimna caranya,bibit apa yg ada stoknya ada saat ini, bisakah dipesan hanya 1 stek pervarian?.

    BalasHapus
  71. Penjualan bibit per pack isi 5 batang dalam varietas yg sama pak. Pemesanan bisa langsung dengan sms ke 085732321000. Terima kasih

    BalasHapus
  72. Salam kenal Pak Thomas. Saya ingin beli bibit anggur dan sudah saya sms. Mohon di follow up. Salam.

    BalasHapus
  73. syaloomm dan selamat kenal pak thomas..saya ingin beli bibit stek, mohon info stek apa saja yang tersedia saat ini.
    saya coba sms ke nmr yang tercantum tetapi tidak masuk..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga pak. Bibit yang tersedia saat ini bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html terima kasih

      Hapus
  74. Saya Sudah tanam anggur ijo, tapi setlah berbuah, buahnya sangat-sangat kecut, Itu jenis anggur apa ya Pak? Apa memang bibitnya yang kecut ato tempat tanamnya yang tidak cocok, soalnya tempat belinya bilang buahnya manis. trima kasih jawabnnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecutnya bisa karena memang varietasnya kecut atau bisa juga karena masih belum cukup kematangannya pak...
      Kalau bapak mau yg manis coba bapak lihat di www.thomasgrape.com/produk.html ada banyak pilihan varietas import utk pengiriman akhir tahun ini.

      Hapus
  75. Pak Thomas, jenis anggur apa yang cocok ditanam di dataran rendah dan panas seperti pekanbaru, terimah kasih Pak

    BalasHapus
  76. maaf pa kalau mau pesan bibit anggur stek ada stok ga? iing kuningan jabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak Iing.. silahkan langsung hubungi melalui SMS ke 0857-3232-1000
      Terima kasih

      Hapus
  77. Pak Mau tanya untuk Bibit anggur Stek ada gak?
    untuk harga bitit anggur di www.thomasgrape.com/produk.html per 2015 sekarang masih sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak. Harga sesuai Yang tertera di katalog tersebut.
      Untuk Order bapak juga bisa langsung melalui SMS KE 0821-4489-9111

      Hapus
    2. Iya pak. Harga sesuai Yang tertera di katalog tersebut.
      Untuk Order bapak juga bisa langsung melalui SMS KE 0821-4489-9111

      Hapus
  78. siang pak...
    mau tanya klo pohon anggur yg umur 3tahun batang utama dipotong 1.5m blh gk takut mati bos.. agar bs ditata ulang serapi punya pak Thomas
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam pak Indra.
      Bisa pak.. dan tidak perlu takut mati karena pohon anggur yg sudah established aplagiat sudah berumur 3 tahun sudah punya perakaran yang sangat kuat...

      Hapus
    2. Selamat malam pak Indra.
      Bisa pak.. dan tidak perlu takut mati karena pohon anggur yg sudah established aplagiat sudah berumur 3 tahun sudah punya perakaran yang sangat kuat...

      Hapus
  79. Selamat malam mas,kapan bibit cutting kyohou tersedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyohou blm direlease bu... utk memantau bibit yg disediakan ibu bisa melihatnya di www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
    2. Kyohou blm direlease bu... utk memantau bibit yg disediakan ibu bisa melihatnya di www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  80. Malam Pak Thomas,sy punya tanaman anggur umur kurleb 1,5 th dlm pot. Umur 10 bln lalu sdh belajar berbuah dan sdh panen. Permasalahan saya: 1) Sekitar sebulan lalu saya lakukan pemangkasan agar berbuah, namun setelah tunas baru tumbuh, tdk satupun bawa bakal buah. Perkiraan sy mungkin karena seminggu stlh pangkas selalu hujan dan kurang pupuk. Mohon pencerahannya.
    2) Seminggu yang lalu, tanaman anggur dlm pot saya daunnya mengering, setelah sy berikan pupuk KCl sekitar 1 sdm dan SP36 1 sdm. Ini karena kelebihan dosis pupuk ya Pak? Bgmn cara memulihkannya Pak? Mohon pencerahannya Pak,trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt malam pak. Mhn maaf br membalas.
      1. Penyebab tdk berbuahnya anggur stlh dipangkas ada bbrp kemungkinan pak, kurang nutrisi, salah pemupukan atau kurang sinar matahari. Kelebihan air juga bs menjadi penyebab krn akar bisa terganggu kinerjanya jika sll dlm keadaan basah berkepanjangan.
      2. Dosis yg diberikan tsb utk pot ukuran berapa pak? Memang sebenarnya tdk dianjurkan utk memakai pupuk kimia, andai dipakai sebaiknya pemupukan tidak terlalu dekat ke Pangkal pohon Spy tdk mengganggu perakaran. Jika benar penyebabnya adalah kelebihan dosis berarti solusinya hanya penggantian media tanam pak.
      Terima kasih semoga bermanfaat...

      Hapus
    2. Slmt malam pak. Mhn maaf br membalas.
      1. Penyebab tdk berbuahnya anggur stlh dipangkas ada bbrp kemungkinan pak, kurang nutrisi, salah pemupukan atau kurang sinar matahari. Kelebihan air juga bs menjadi penyebab krn akar bisa terganggu kinerjanya jika sll dlm keadaan basah berkepanjangan.
      2. Dosis yg diberikan tsb utk pot ukuran berapa pak? Memang sebenarnya tdk dianjurkan utk memakai pupuk kimia, andai dipakai sebaiknya pemupukan tidak terlalu dekat ke Pangkal pohon Spy tdk mengganggu perakaran. Jika benar penyebabnya adalah kelebihan dosis berarti solusinya hanya penggantian media tanam pak.
      Terima kasih semoga bermanfaat...

      Hapus
  81. Malam Pak Thomas,sy punya tanaman anggur umur kurleb 1,5 th dlm pot. Umur 10 bln lalu sdh belajar berbuah dan sdh panen. Permasalahan saya: 1) Sekitar sebulan lalu saya lakukan pemangkasan agar berbuah, namun setelah tunas baru tumbuh, tdk satupun bawa bakal buah. Perkiraan sy mungkin karena seminggu stlh pangkas selalu hujan dan kurang pupuk. Mohon pencerahannya.
    2) Seminggu yang lalu, tanaman anggur dlm pot saya daunnya mengering, setelah sy berikan pupuk KCl sekitar 1 sdm dan SP36 1 sdm. Ini karena kelebihan dosis pupuk ya Pak? Bgmn cara memulihkannya Pak? Mohon pencerahannya Pak,trims.

    BalasHapus
  82. Mhn infonya pak, jenis varietas anggur apa yg cocok di dataran rendah, yg bapak jual mana yg paling manis? Dan mhn info harganya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pilihan yang lebih beragam bisa bapak lihat di katalog www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  83. Bapak Thomas yang baik hati
    Saya Carles di Sumatera Utara. kemaren saya ada nanam anggur, terus saya baca arahan dari Bapak Thomas dan Alhamdulillah berbuah pak. buahnya sekitar 6 tandan, tapi permasalahannya buahnya kecil pak seperti buah rimbang walaupun sampai masak tetep segitu besarnya. dan rasanya tidak terlalu manis, rasanya mirip buah gambutan yang biasanya menjalar di semak-semak. Mohon Arahannya pak bagaiman supaya buah bisa besar dan manis. Sebelumnya terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manisnya dan besarnya buah tergantung pada varietasnya pak... kalau bapak ingin menanam yang manis dan besar sebaiknya bapak memilih yang table grape, silahkan dilihat di www.thomasgrape.com/produk.html

      Hapus
  84. makasih pak thomas buat info tentang bibitnya,,

    BalasHapus
  85. Ass, saya punya pohon anggur yg usianya udah 1 Thun. Dan saya akan melakukan pemangkasan. Kebetulan di daerah saya lagi musim hujan. Pertanyaan saya ap boleh dilakukan pemangkasan saat musim hujan.. trimksh pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam
      Pemangkasan yang dilakukan pada musim hujan tidak akan baik pak. Sebaiknya ditunda hingga menjelang musim kemarau saja

      Hapus
  86. Salam kenal pak Thomas, saya pak Marthen dr Kupang NTT, apakah saya bisa memesan anakan anggur melalui bapak ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, silahkan hubungi kami melalui SMS/WA 082144899111
      Terima kasih

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.