Selasa, 14 Agustus 2012

PUPUK KHUSUS ANGGUR

Berbeda dengan pupuk majemuk pada umumnya yang ada di pasaran, pupuk khusus untuk anggur ini diproduksi exclusive oleh nursery Thomasgrape dengan standar referensi perkebunan anggur di Jepang yang telah disesuaikan dengan keadaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia.

Thomasgrape yang selama ini telah mendistribusikan bibit anggur berbagai varietas ke seluruh nusantara akan semakin memanjakan hobiis dan petani anggur, karena dengan mulai dipasarkannya pupuk khusus anggur ini semua customer Thomasgrape tidak perlu bingung dan direpotkan lagi dengan urusan pemupukan tanaman anggurnya.

Saat ini Thomasgrape telah meluncurkan 3 produk utama yang secara garis besar sudah memenuhi kebutuhan tanaman anggur sejak awal penanaman, selama masa produktif dan saat proses berbuah berlangsung. Produk-produk tersebut adalah sbb:

1. MIDORI. 
Pupuk Midori adalah pupuk majemuk berbentuk granular (butiran) yang berbahan dasar full organik. Pupuk Midori ini dirancang dengan komposisi yang tepat sebagai asupan nutrisi bagi tanaman anggur supaya mampu bekerja optimal dalam proses fotosintesa, proses pembentukan karbohidrat yang berlangsung selama permukaan daun anggur mendapatkan cahaya matahari. Dengan pengaplikasian pupuk Midori ini proses fotosintesa pada tanaman anggur akan berjalan dengan baik sehingga tanaman bisa tumbuh vigor. Harga.

2. AKAI.
Pupuk Akai juga merupakan pupuk majemuk berbentuk granular (butiran) dan berbahan dasar full organik. Pupuk Akai ini mengandung senyawa khusus yang berfungsi untuk memperlancar pengangkutan nutrisi ke seluruh jaringan tanaman anggur terutama ke cluster-cluster buah. Komposisi uniknya yang pas untuk tanaman anggur sangat berperan membantu tanaman untuk menghasilkan cluster buah anggur dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Secara logika pun kita mengetahui bahwa tanaman membutuhkan tenaga ekstra untuk menghasilkan buah sejak bunga pertama kali mekar hingga pematangan buahnya, dengan pemberian pupuk Akai sesuai aturan pakai, kebutuhan tenaga ekstra tersebut bisa terpenuhi. Harga.
 
3. BOOSTER.
Booster adalah bahan additif hasil ekstraksi cendawan, berbentuk micro granular yang mudah terlarut dalam air. Booster ini berfungsi mempengaruhi sel untuk berkembang lebih cepat, lebih panjang, lebih besar dan meredam proses perkembangan sel generatif. Pengaplikasian larutan booster pada malai bunga anggur bisa membuat buah anggur menjadi lebih besar, lebih manis, lebih tahan kerontokan dan mempunyai daya simpan yang lebih lama. Di sisi lain karena booster menghambat perkembangan generatif, biji anggur tidak akan tumbuh sempurna, buah menjadi tidak berbiji atau minimal biji menjadi infertil tergantung pada masing-masing varietas anggurnya. Harga.

PEDOMAN PENGAPLIKASIAN PUPUK MIDORI DAN AKAI

Pemupukan tanaman anggur usia muda (sampai usia 1 tahun)

Tanaman anggur bisa mulai dipupuk setelah pertumbuhan tunasnya sudah lebih dari 30 cm sejak pertama kali ditanam, karena sebelum mencapai 30 cm tanaman anggur tidak memerlukan banyak nutrisi, nutrisi yang digunakan hanyalah cadangan nutrisi yang ada dalam batang steknya (cuttings).

Pemupukan pertama dilakukan dengan pupuk Midori sebanyak 25 gram ditaburkan di sekeliling lingkar luar perakaran, bisa juga dibenamkan sekitar 10 cm dalam tanah lahan. Berikutnya adalah 1 bulan setelah pemupukan pertama dilakukan pemupukan dengan pupuk Akai dengan diameter yang lebih lebar, dengan dosis yang sama 25 gram.

Bulan-bulan berikutnya hingga usia 6 bulan lakukan pemupukan dengan dosis 50 gram secara bergantian setiap bulan dengan lingkaran pemupukan yang semakin diperluas. Setelah 6 bulan dosis ditingkatkan lagi menjadi 100 gram. Pada akhir tahun pertama lingkaran pemupukan sudah harus menjadi sekitar diameter 150 cm / 75 cm dari pangkal pohon.

Pemupukan tanaman anggur dewasa (1 tahun - 1,5 tahun)

Pada usia 1 tahun tanaman anggur sudah harus memiliki tajuk yang terrencana, maksudnya sudah memiliki batang utama, cabang sekunder dan cabang tersier. System apapun yang digunakan cara pemupukan tetap sama sbb:

Pemupukan dilakukan 1 bulan setelah pemupukan terakhir. Aplikasikan pupuk dengan dosis 250 gram dengan cara yang sama tetap pada diameter 150 cm secara bergantian hingga 6 bulan berikutnya. Pada akhir pemupukan tersebut tanaman anggur sudah berusia 1,5 tahun sejak penanaman. Di usia inilah idealnya tanaman anggur mulai layak untuk dibuahkan dengan cara melakukan pemangkasan pembuahan.

Pemupukan tanaman anggur produktif (1,5 tahun dst)

Untuk melakukan pemupukan di tahap ini harus terlebih dahulu dipahami siklus pertumbuhan tanaman anggur yang dimulai dari masa pengeringan (perlakuan stress air), penyiraman, pemangkasan dan masa pertumbuhan hingga buah dipetik, kemudian kembali lagi ke tahap pengeringan begitu seterusnya.

Setelah pemupukan terakhir di usia 1,5 tahun penyiraman dihentikan total selama 1 bulan, kemudian aplikasikan pupuk Akai dengan dosis 500 gram yang diikuti dengan penyiraman hingga jenuh. Seminggu kemudian lakukan pemangkasan.

Pemupukan selanjutnya kembali ke dosis 250 gram setiap bulan tetap secara bergantian antara pupuk Midori dan Akai sampai setelah masa pengeringan yang diikuti dengan pemupukan Akai kembali.

Untuk membuat kondisi tanah tetap terjaga dan tidak memadat hendaknya dilakukan penambahan bahan-bahan organik kasar seperti pupuk kandang, kompos, bokashi maupun sekam padi minimal setahun sekali, dengan demikian akar akan lebih mudah berkembang.

Untuk informasi tambahan dan pertanyaan seputar pupuk Midori, Akai dan Booster silahkan hubungi Thomasgrape melalui kolom komentar, email maupun SMS.

86 komentar:

  1. Selamat... dah launching nih...
    Yang booster tuh aplikasinya disemprot pake spreyer pak?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Rosyid, diaplikasikan dengan sprayer juga bisa tetapi jadi boros pak. yang effektif dengan pencelupan.

      Hapus
  2. Selamat atas launching pupuk khusus anggurnya pak Thomas.

    aturan pakainya belum disertakan pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Hulaimy, aturan pakai Midori dan Akai baru kemarin dipostingnya pak, hehe. Harap maklum launchingnya buru-buru karena sudah terlanjur janji ke banyak customer.

      Hapus
  3. Kalo aplikasi untuk yang di pot gimana Pak?
    Saya tanam di tanah, tapi hasil bongkar ubin 30x30, bagaimana cara aplikasinya... he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pot yang unik pak, hehe. Walau hasil bongkar ubin usahakan air siraman jangan sampai tergenang supaya akar sehat ya pak. Aplikasi pupuknya tetap sama tetapi dengan dosis yang jauh lebih kecil, menurut saya 20 gram saja rutin tanpa menambah dosis, jika ternyata tanaman tumbuh besar karena akar telah melebar barulah ditambah dosisnya.

      Hapus
  4. Pak Thomas untuk menjaga kondisi tanah tetap gembur diperlukan tambahan organik spt pupuk kandang, sekam atau kompos.

    Nah penambahan ini cukup disebar diatas lahan atau lebih ke arah penggantian media?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup ditaburkan dan diaduk dengan media asal yang ada di permukaan pak, walau di dalam pot tidak disarankan mengganti media secara keseluruhan karena bisa mengganggu akarnya.

      Hapus
  5. alhamdulillah sudah launching, itu rutin tiap bulan ya pak? Pemindahan dari polybag ke lahan itu nggu usia brpa bulan pak? Apa bibit di dlam polybag perlu pemupukan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemupukan dilakukan rutin tiap bulan secara bergantian kecuali saat pemangkasan pak. Bibit dalam polybag tidak perlu dipupuk, tetapi jika terlihat kurang subur bisa dipupuk dengan dosis rendah saja, aplikasinya bisa ditabur bisa juga dicairkan. Umumnya bibit dalam polybag dipindahkan pada usia 3 bulan.

      Hapus
  6. Selamat atas launching pupuknya Pak Liem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terma kasih pak Dery, mohon doa dan dukungannya ya...

      Hapus
  7. aplikasi untuk tabulampot dosisnya berapa gram,pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dosis pemupukan untuk tabulampot harus disesuaikan dengan volume media dan tahap pertumbuhan bu. Sebagai perbandingan, untuk pot standard tabulampot di nursery Thomasgrape ukuran diameter 18 cm tinggi 25 cm digunakan dosis 1 sendok makan penuh atau sekitar 10 gram.

      Hapus
    2. untuk tahap pertumbuhan, kenaikan takaran dosisnya apakah perbandingannya sama dengan untuk kebun,pak? Maksud saya, 10gr di bulan pertama,dan bulan2 selanjutnya 20gr, 40gr, 100gr dst.

      Hapus
  8. Tidak sama bu, di tanah akar bisa berkembang bebas sehingga membutuhkan penambahan dosis yang signifikan sedangkan dalam pot dengan media yang sangat terbatas, jadi dosis pemberiannya tetap 10 gram saja, bisa ditambah sedikit hingga 15 gram jika dirasa perlu tentu saja harus melihat keadaan tanaman.

    BalasHapus
  9. Terima Kasih Pak Liem,
    Pupuknya sudah saya terima hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali pak Dery, pemakaiannya disesuaikan dengan petunjuk yang ada dlm kemasan ya pak, semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. ditabulampot juga sama tiap bulan ya pak pemupukany?

    BalasHapus
  11. Benar pak Ari, di lahan maupun di pot pemupukan dilakukan dengan interval yang sama, hanya dosisnya saja yang berbeda pak, disesuaikan dengan volume medianya.

    BalasHapus
  12. Untuk bibit stek, pemupukan dimulai sejak tunasnya tumbuh sepanjang berapa senti,pak?

    BalasHapus
  13. Bu Ida. Pemupukan untuk bibit stek bisa dimulai jika bibit sudah tumbuh stabil, bisa dikatakan stabil jika akar sudah kuat dan tunas sudah tumbuh minimal 10 daun, bukan tergantung panjangnya. Demikian bu.

    BalasHapus
  14. Wah ga sabaran lagi pingin beternak anggur... Lagi nunggu kiriman anggur AG-60 dari Om Thomas.... Moga aja tumbuh subur di pekarangan saya yang sempit:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus bersabar pak, karena kunci keberhasilan menanam anggur adalah kesabaran hehe... InsyaAllah pasti dikirim pak, hanya saja terkadang harus menungggu giliran jika pas berbarengan dengan pesanan yang lain. Nanti akan saya pandu untuk penanganannya pak :)

      Hapus
  15. Pak Thomas jika gunakan pupuk khusus anggur apa masih pake pupuk laeny, spti urea,za,sp,kcl, atau pupuk organik laeny? Krena kita sbgai knsumen blum tau kandungan dlam pupuk khusus.. Sepertinya tnaman anggur yg ada bercak kuning ketika dapat panas dri snar uv, dkarenkn kurangny unsur Mg(mgnsium),. Yg mnybabkn kurang optimalny klorofil pd daun..

    BalasHapus
  16. Pak Ari, pemakaian Pupuk Akai dan midori tidak memerlukan Pupuk lainnya, jika ingin memanjakannya bisa menggunakan Pupuk kandang atau kompos saja pak, karena Pupuk tersebut sudah memenuhi kebutuhan anggur. Kekuranan unsur magnesium bukan kuning hangus seperti foto yg bpk kirimkan, melainkan daun tidak terlihat hijau sejak baru keluar karena klorofil tidak terbentuk sempurna. Jika bapak ingin mencoba menambahkan magnesium saya juga menyediakan magnesium alam dlm bentuk crushed stone.

    BalasHapus
  17. Kapan2 sya kirim gmbarny lagi pak, karena yg kemarin kurang bgtu jelas, maklum kamera hp.. Berarti dikebun Pak Thomas anggur yg udah dwasa pun juga tidak pakai pupuk kimia sama sekali pak? Murni pukan dan midori-akai?

    Oiya pak, pernah baca pukan yg bagus itu yg trbuat dari ktoran ayam ya pak, kndungan unsur NPKny lbih bsar dari sapi.. Apa memang bgtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, pestisida dan insektisida pun sebisa mungkin saya hindari untuk memenuhi tuntutan customer pak. Saya kurang memahami kandungan pukan ayam, tp dr yg sy dengar sepertinya bgt pak. Yg saya tahu fermentasi pukan ayam tdk sepanas pukan sapi, jd baik utk akar pak.

      Hapus
  18. Pak Thomas jual magnesium yg dmksud apa sama dgn pupuk MgO Kieserit dgn ukran 60-80mesh alami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama pak. Proses pengolahannya saja yg sdkt berbeda sehingga kandungan MgO-nya lebih tinggi.

      Hapus
  19. Pak thomas jual MgO apa juga gunakn di tnaman anggur di kebun pak Thomas? Dan ketika gjala bgmna hrus mggunkan MgO. Selain MgO apa jual pupuk tunggal lainy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Ari, MgO termasuk salah satu pupuk tunggal yang digunakan di nursery thomasgrape pak. Sementara ini pupuk tunggal yang disediakan hanya MgO saja. Penggunaan MgO pada tanaman anggur mempunyai 3 tujuan pak, untuk memperbaiki pH tanah, untuk supply unsur Mg dan untuk Phospor reactor. Jadi tanpa gejala apapun MgO tetap digunakan pada lahan kebun, selain itu jika terlihat gejala daun pucat (kuning seperti albino) bisa diatasi dengan pengaplikasian MgO pak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  20. oiya pak, setau saya MgO utk memaksimalkan penyerapan unsur Phspat.. kalau CaO tidak memakai pak di kebun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali pak Ari, dan jika sudah menggunakan MgO berupa crushed stone CaO tdk diperlukan lagi, Kecuali jika pH tanah masih belum mendekati Netral.

      Hapus
  21. Mengetahui pH tnah selain pake phmeter, apa ada alternatif laen yg lebih trjgkau pak?

    BalasHapus
  22. Maaf baru sempat jawab pak. Alternatif utk mengukur pH tanah bisa dgn kertas lakmus pak, biasanya dijual di apotek.

    BalasHapus
  23. pak Thomas...pada tahapan pemakaian pupuk diatas ada tahapan penghentian penyiraman selama sebulan penuh...nah bagaimana seandainya kita sudah menghentikan penyiraman (misal) selama 15 hari, lalu di hari ke 16 terjadi hujan lebat yg membasahi tanaman anggur...apakah proses penghentian penyiraman harus diulang dari awal...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertnyaan yang sangat tepat pak, jika terjadi yang seperti itu ada 2 kemungkinan, dianggap masa pengeringan selesai atau menunggu sampai musim hujan lewat dan diulang lagi pengeringannya. Memang hujanlah yang menjadi kendala utama dalam budidaya anggur pak, kecuali jika ditanam dalam greenhouse bisa dilanjutkan sesuai rencana semula.

      Hapus
  24. satu lagi mau tanya pak Thomas...apakah jika ingin membuahkan anggur utk iklim indonesia pruningnya harus menunggu bulan2 tertentu atau dapat terserah kita aja kapan maunya..?...tergantung kesiapan batang anggurnya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon anggur di iklim tropis bisa dibuahkan kapan saja pak, hanya saja umumnya pada musim hujan kendalanya lbh banyak. Pendapat bapak sangat tepat "tergantung kesiapan batang anggur" artinya tergantung juga pada bagaimana kita membuatnya siap untuk pruning pemangkasan. Good question pak :)

      Hapus
  25. pak Thomas...berapa panjang cabang batang tersier yg harus dipelihara...?..kasus dibatang anggur saya cabang tersiernya ada yg pendek dan ada ngelacir panjang banget...jadi pernah cabang tersier yg ngelacir panjang saya potong menjadi tinggal sekitar 1,5 meter eh malah keluar bunganya...tapi saya gugurkan karena belum saya kehendaki...apakah itu juga berarti kadang2 anggur tidak perlu distres air unutk membungakannya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pedoman ideal untuk panjangnya cabang tersier pak, yg ideal adalah yg sesuai dgn rencana bapak dan bagaimana para-paranya. Memang batang anggur yg dipotong kebanyakan mengeluarkan bunga jika cadangan nutrisi masih cukup, tetapi pada umumnya pemangkasan tanpa stress air tdk bisa menghasilkan buah sebaik yang mendapatkan perlakuan stress air pak, jd tindakan bapak membuang cluster bunga tsb sudah tepat :)

      Hapus
  26. Salam kenal pak Thomas,
    Setelah buah keluar, maka batang dan daun2 akan terus menjalar panjang, dengan daun yang subur, apakah kita harus memangkas lagi batang2 yang menjalar kemana2 ini. kalaupun harus di pangkas, biasanya ada beberapa yg keluar stak baru dan keluar kembang. kalau pun di potong, sampai sebatas manakan batang ini akan di tebang dari jarak buah. adakah perlakuan khusus di rentang anatara buah sudah membesar sampai buah di panen terhadap batang2 yang terus memanjang. Karena akan banyak nutrisi yang lari kedaun, yg saya anggap tidak penting. mohon petunjuknya pak. thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali pak, batang pembawa buah memang lebih baik dipotong dengan menyisakan minimal 20 lembar daun, selain itu semua cabang baru harus dibuang juga supaya pematangan buah bisa sempurna.

      Hapus
  27. mohon izin copy paste artikelnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan pak Uus, semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  28. Terima kasih pak atas responya.
    Dalam proses pematangan buah, berarti setiap ada batang baru yang keluar kita harus bersihkan/potong ya pak. dan setiap pemotongan yang keluar bunga, kita buang lagi. Jadi kita akan selalu membuang batang2 baru ininya, sampai buah matang.

    Saya liat kalo kita melakukan pemangkasan ini, ada buah yang tidak jadi matang, padahal ada beberapa yang buah sudah memerah, apakah karena adanya bunga baru ini??? Kondisi pohon anggur saya saat ini tinggal 10% dalam proses panen.

    Jika kita salah dalam melakukan pemupukan/kelebihan pupuk, berapa lama kondisi ini akan kembali normal, adakah proses tertentu agar kondisi tanah normal kembali.

    Kalo bisa dan kalau memang ada, pak Thomas punya data berupa table untuk pencatatan proses ini?? dari proses -30 sampai +100 hari panen.

    Terimakasih Pak Thomas.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, semua cabang baru yg tumbuh harus dibuang spy buah matang sempurna. Untuk Kasus kelebihan Pupuk saya tdk ada pengalaman karena yg saya gunakan Pupuk organik pak, lebih baik kurang drpd berlebihan.
      Table pruning-fruiting belum pernah saya buat pak, karena kondisi masing2 daerah yang beragam.
      Semoga bermanfaat pak..

      Hapus
  29. apa ada pak varietas yg memang malas brbuah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggur kan dibuahkan dgn pemangkasan mas, jd tdk ada yang malas, yang ada produktifitasnya yang beragam.

      Hapus
  30. jk anggur nipon apa jg trpengaruh dng ktinggian d.p.l pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja dengan varietas anggur yang lainnya mas..

      Hapus
  31. stress air utk anggur dlm pot perlu waktu brapa lama om???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung media dan ukuran potnya pak. Semakin kecil semakin pendek masa pengeringannya.

      Hapus
  32. apa maksud stress air pak thomas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stress air adalah kondisi saat tanaman mengalami gangguan pertumbuhan. Pada anggur biasanya ditandai dengan gugurnya sebagian besar daunnya pak.

      Hapus
    2. maksudnya kita berhenti siram pokok anggur untuk tempoh masa tertentu sebelum pemangkasan ya pak?

      Hapus
    3. Benar pak. Bisa dengan menghentikan siraman atau menyiram seminimal mungkin untuk menghentikan pertumbuhan sebelum dilakukan pemangkasan.

      Hapus
    4. oh gitu...terima kasih ya pak thomas dgn jawapannya.

      Hapus
  33. Pak,boleh nggak dlm satu para2 ukuran yg besar kita tanam bibit anggur yg ber beda2,contohnya 2/3 jenis?? Apakah ada dampak2 positif/negatif nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dan tidak ada dampak negatifnya selama pertumbuhan dan tajuk masing-masing pohon tidak saling tumpang tindih pak, hal ini untuk memudahkan saat melakukan pemangkasan. Dampak positifnya, saat berbuah bersama tentunya akan terlihat lebih indah.

      Hapus
  34. mlem , pak saya mau menanan bibit anggur dan saya sudah membuat lubangnya sedemikian rupa , yang saya tanyakan bahan bahan apa saja untuk pencampuran tanah itu ?
    dan bagaimana cara pemesanan pupuk di atas pak ? thxz ....

    BalasHapus
  35. Selamat pagi pak Tri. Campuran media tanam untuk penanaman langsung di tanah sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tanah yang bersangkutan, jika tanah kurang porous sebaiknya ditambahkan pasir dan untuk menambah kesuburan bisa diberi pupuk kandang atau kompos, penggunaan pupuk kandang harus yang sudah terfermentasi sempurna supaya tidak merusak perkembangan akar yang masih baru.
    Pemesanan pupuk maupun produk kami yang lain bisa melalui link toko online thomasgrape di www.thomasgrape.com/produk.html atau bisa juga dengan SMS order ke 0857-3232-1000 saya akan dengan senang hati membantu.

    BalasHapus
  36. Dear Pak Thomas, kalau saya pergi ke toko dan beli pupuk yang ready disana, kira2 yg mana harus dipilih Pak? adakah unsur2 tertentu yg khusus bagi anggur? Thanks

    BalasHapus
  37. Di toko pertanian umum tidak ada pupuk yang diformulasi khusus untuk anggur pak. Jika bapak ingin menggunakan pupuk yang ada di pasaran bisa menggunakan pupuk NPK saja, tetapi jika bisa sebaiknya hindari penggunaan pupuk kimia, utamakan pupuk berbasis organik.

    BalasHapus
  38. Saya berminat beli pupuknya, alamatnya dmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat di Jl. Tongkol 2A no.2 Kerosari Banyuwangi. Mohon untuk membuat janji terlebih dahulu sebelum berkunjung. Jika posisi bapak jauh pesanan bisa dikirimkan melalui jasa kurir. Terima kasih

      Hapus
  39. Pak Thomas, mau nanya..anggur di rumah saya itu warnanya merah ranum, tapi kok agak masam nggih, apa bisa dibuat manis?? trm ksh

    BalasHapus
  40. Masing2 varietas anggur memiliki tingkat kemanisan yang berbeda2 pak, setidakya yang bisa dilakukan adalah memaksimalkan kadar gulanya sehingga akan terasa lebih manis. Yang bapak tanam itu varietas apa? Jika memungkinkan silahkan kirimkan foto buahnya ke cs@thomasgrape.com supaya saya bisa membantu memberikan arahan. Terima kasih

    BalasHapus
  41. Salam Pak Thomas,
    Saya mau tanya. menanam Anggur di pot apabila akar tanaman sudah penuh apakah harus dilakukan pemangkasan akar agar tidak terlalu padat. dan apabila perlu melakukan pemangkasan akar, bagaimana cara pemangkasannya agar tidak merusak tanaman. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam bu Umi. Iya bu, pemangkasan akar diperlukan saat penggantian media tanam, tujuannya untuk mengurangi kepadatan dan merangsang tumbuhnya akar baru yang lebih segar. Pemangkasan akar yang baik dilakukan pada saat pohon dalam keadaan dormant bu. Dgn demikian proses pertumbuhan tidak terganggu. Seberapa banyak akar yang dipangkas tergantung seberapa besar volume media tanamnya. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. Satu lagi pak pertanyaa saya, Apakah Stress air pada tabulapot sama dengan tanaman yg di tanam di lahan kebun yaitu 1 bln masa stress air atau berbeda. Mohon pencerahannya, trims.

      Hapus
  42. Berbeda bu, karena media tanam dalam pot terbatas maka untuk melakukan stress air tetap dilakukan penyiraman, hanya frekuensi dan volumenya yang dikurangi. Kalau tidak disiram sama sekali akan membahayakan karena media tanam dalam pot akan jadi sangat kering yang bisa membuat pohon mati bu :)

    BalasHapus
  43. Malam pak thomas mau tanya kalau pupuk Midori dan Akai tahan sampai berapa lama pak kalau di simpan. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk Akai dan Midori adalah pupuk organik yang tidak akan mengalami oksidasi seperti yang terjadi pada pupuk berbahan dasar kimia pak, jadi pupuk Akai, Midori maupun OF bisa bertahan lama. Mengenai waktu pastinya masih belum diketahui, tetapi dari sample produksi awal hingga saat ini terhitung 3 tahun pupuk masih tetap bagus, hanya kadar airnya saja yang menurun dan itu tidak menjadi masalah dalam penggunaannya.

      Hapus
  44. rani rachmayani8 Agustus 2014 14.39

    Assalamualaikum pa, apakah bapa menyediakan media tanamnya selain pupuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Media tanam sudah tidak diproduksi bu, karena ongkos kirimnya menjadi sangat mahal. Jika kesulitan dengan media tanam akan saya bantu dengan memberikan bimbingan melalui whatsapp atau SMS 085732321000 Terima kasih

      Hapus
  45. mat siang pak Thom, sy punya phon anggur yg sdh berumur 3 thn, sdh berbuah, jumlah buah dlm satu rangkai +/- 10 bh, hanya sebesar kelereng, rasa manis asam, warna ungu. yg ingin sy tanyakan apakah pohon anggur ini bs sy sambungkan dgn phon anggur yg sy beli dr bpk ? maksud sy mau memperbaiki kwalitas anggur yg lama ini, kan sayang kalo dicabut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Dan benar sekali yang bapak katakan.
      Memang untuk anggur yang kurang bagus kualitasnya sebaiknya tidak dicabut karena bisa diganti varietasnya dengan cara okulasi pak. Dengan demikian yang dihasilkan akan sesuai dengan varietas yg baru.

      Hapus
  46. Panjang akar tanaman anggur yg ditanam di lahan kebun bisa mencapai brp meter? Sy mau menentuKan jarak tanam dan areal pupuk dari pokok tanaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akar anggur akan semakin memanjang hingga belasan meter seiring penambahan usianya pak.. jika bapak ingin menentukan jarak tanam sebaiknya tidak berpedoman pada perkembangan akar melainkan pada rencana tajuk yang ingin dibuat. Idealnya jarak tanam minimal 1.5 meter, Yang paling umum digunakan 3x3 meter pak..

      Hapus
    2. Akar anggur akan semakin memanjang hingga belasan meter seiring penambahan usianya pak.. jika bapak ingin menentukan jarak tanam sebaiknya tidak berpedoman pada perkembangan akar melainkan pada rencana tajuk yang ingin dibuat. Idealnya jarak tanam minimal 1.5 meter, Yang paling umum digunakan 3x3 meter pak..

      Hapus
  47. Jika jarak tanam antar pohon 4 meter dengan tajuk per pohon memiliki 2 sisi dan panjang setiap tajuk max 2 meter, sebaiknya pemupukan dipendam di tanah pada jarak berapa dan kedalaman berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemupukan yang ideal dilakukan merata pada radius minimal 30cm dr Pangkal pohon pak, makin besar pohonnya makin luas juga area yang perlu dipupuk pak.

      Hapus
    2. Pemupukan yang ideal dilakukan merata pada radius minimal 30cm dr Pangkal pohon pak, makin besar pohonnya makin luas juga area yang perlu dipupuk pak.

      Hapus
  48. Salam pak, saya mau tanya anggur yang saya tanam sudah 6 bulan, saya tanam di bak yang diisi dengan tanah yang sudah di kasih pupuk kandang, batang tanaman anggur saya sudah menjalar kira2 3 meter, tetapi saya tidak mengerti apa yang di maksud dengan cabang primer dan sekunder, pemangkasan bagusnya di gimana ya pak, biasanya tanaman anggur berbuah setelah di tanam berapa tahun pak? Pak bisa saya minta nomor hp untuk WhatsApp karena saya ingin beli pupuk, saya ingin minta pertunjuk dari bapak supaya tanaman anggur saya bisa berbuah bagus, terimakasih.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.