Minggu, 20 Maret 2011

DAUN YANG SEHAT

Makin hari pertumbuhan mereka semakin pesat. Ini disebabkan oleh penyerapan nutrisi dan air yang tepat serta kebutuhan akan sinar matahari yang tercukupi.
Lihat permukaan daunnya, mengkilap dan masih terlihat kerutan-kerutannya, menandakan daun ini masih belum berkembang maksimal, masih akan membesar lagi.
Bandingkan dengan yang di atas ini, daun yang sebelah kiri bawah, kerutannya sudah berkurang dan warnanya pun lebih hijau tua bukan?
Seharusnya untuk tahap awal pertumbuhan hanya disisakan 1 tangkai saja untuk mempercepat pertumbuhan batangnya, yang ini untuk percobaan ingin mengetahui seberapa kekuatan akarnya untuk mensuplai pertumbuhan 3 tangkai, jangan ditiru karena ini belum tentu baik hehehe...
Dalam pengamatan beberapa hari ini, sebenarnya sudah terlihat jelas bahwa ukuran tangkainya tidak sebesar yang tangkai tunggal. Hmmmmm.... no problem deh, namanya juga mencoba kan? Jadi lebih tahu sekarang. Terima kasih pohon anggur kalian sudah jujur padaku.

12 komentar:

  1. owh maaf pak, saya kira yang perkembangan dari bibit stek import belum diposting, ternyata sudah sejauh ini ya perkembangannya.. Harusnya jadi satu halaman aja pak biar tidak bingung, atau bisa juga di link dari posting sebelumnya.. Misalnya dari posting BIBIT IMPORT ada kalimat perkembangannya di posting daun pertama, daunpertma di link ke daun sehat.. Soalnya dulu saya ngira pada postingan daun sehat itu, bibit anggur lokal.. hhe
    semoga bermanfaat masukannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pak, memang sudah diposrting perkembangannya, tetapi mungkin masih sangat kurang, mengenai link ke posting ini sudah ada di dalam teksnya pak (teks dengan warna biru), terima kasih banyak atas sarannya pak.

      Hapus
  2. tolong ditampilin juga pak penyakit anggur dan bagaimana cara mengatasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih masukannya pak, walaupun sebenarnya tidak banyak penyakit yang menyerang anggur akan saya usahakan untuk memuatnya di halaman tersendiri.

      Hapus
  3. sore pak liem.selama perkembangan sebelum 1th,daunnya boleh di pangkas tdk pak???!! kasi solusinya pak g mana caranya,sebelumnya trima kasih pak.

    BalasHapus
  4. Boleh dan memang harus pak, bahkan tidak hanya daunnya, pemangkasan pada usia di bawah 1 tahun biasa saya sebut sebagai pemangkasan pembentukan tajuk, tujuannya untuk mengatur tanaman untuk menjadi sosok tanaman yang sesuai dengan harapan dan system yang akan diterapkan. Untuk caranya bisa bapak lihat di halaman "pemangkasan / pruning" terima kasih telah berkomentar. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Soal penyakit tanaman anggur, saya pernah dengar "Downie mildew" disebut2 sebagai matinya perkebunan anggur probolinggo kala itu, dengar namanya aja ngeri saya, kayaknya sadis banget patogen itu menghabisi tanaman Anggur??? thanks tanggapannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Downey Mildew memang termasuk jamur pengganggu anggur yang mudah menyebar pak, tetapi dengan penanganan yang tepat dan tindakan pencegahan yg teratur bisa diatasi dengan mudah tanpa sampai mematikan pohonnya.

      Hapus
  6. Apa ciri fisik anggur wine slalu identik dng bulu halus dibelakang daun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bulu halus atau tidak bukanlah sebuah acuan untuk menentukan varietas wine atau table grape pak. Ada table grape yang berbulu halus pada daunnya, ada juga wine grape yang daunnya tidak berbulu. Demikian pak.

      Hapus
  7. klau gitu dng rasa dan bentuk buah saja ya pak tuk dpt membedakan jenis table dng wine kah pak..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.