Jumat, 13 Juli 2012

PEMUPUKAN ANGGUR / PUPUK ANGGUR

Sebenarnya anggur termasuk tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk mudah tumbuh di media yang tandus sekalipun. Namun demikian tanah yang sangat ideal untuk anggur adalah tanah lempung berpasir yang porous, mudah meresapkan air. Dengan kondisi tanah apapun anggur bisa tumbuh dan berbuah, tentu saja jika mendapatkan perlakuan yang tepat tanaman anggur akan menjadi lebih sehat, lebih kuat, lebih tahan penyakit dan mampu berbuah optimal.


Sering kali kita bertanya-tanya, mengapa anggur yang kita tanam tumbuh subur, berdaun lebat tetapi tidak bisa menghasilkan buah yang banyak seperti yang dibayangkan? Atau bahkan buah yang dihasilkan berukuran kecil dengan rasa yang masam. Apakah ada yang salah?

Pada halaman PEMANGKASAN / PRUNING telah diuraikan bahwa pemangkasan memegang peranan penting dalam membuahkan anggur, tetapi tentu saja jika nutrisi dalam tanah tidak mampu menunjang pembuahan, buah yang akan dihasilkan tidak akan menjadi baik. Kendala yang sering muncul adalah gugurnya bunga, malai bunga yang pendek, penyerbukan yang tidak sempurna, ukuran buah mengecil dan kualitas rasanya menjadi rendah atau tidak mampu matang sempurna. 


Kemudian apa yang harus dilakukan untuk menghindari kendala-kendala kegagalan tersebut? Banyak orang berpendapat bahwa dengan pengolahan tanah, menambah unsur hara dan memperbaiki pH tanah bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada. Memang benar, semua itu tentunya akan membuat kondisi tanah membaik, pada kebanyakan tanaman, baik tanaman bunga, sayur maupun tanaman buah pada umumnya semua hal tersebut sudah sangat layak untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kenyataannya dalam budidaya anggur hal tersebut masih kurang, karena untuk menghasilkan buah anggur dengan kuantitas dan kualitas yang baik tanaman anggur membutuhkan beberapa unsur hara tambahan dengan persentase yang tepat. Sayangnya selama ini berbagai pupuk yang ada di pasaran masih belum ada yang memiliki kandungan dan perbandingan yang pas untuk membuahkan anggur. 


Syukurlah selama ini Thomasgrape selalu mendapatkan bimbingan teknis dari nursery di Jepang sehingga bisa mengetahui kesalahan kecil yang berakibat fatal tersebut. Dengan bantuan mereka, saat ini Thomasgrape sedang berusaha untuk mempersiapkan produk pupuk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anggur yang nantinya bisa digunakan oleh semua penggemar anggur baik skala rumah tangga atau skala kebun. Jadi para penggemar dan petani anggur tidak perlu bingung dan ragu-ragu dalam memilih pupuk untuk tanaman anggurnya dengan harapan semua bisa menikmati hasil yang layak dari tanaman anggur yang dirawatnya. Tidak hanya cukup dengan mendistribusikan pupuk khusus anggur (pupuk anggur), Thomasgrape juga akan senantiasa mendampingi dan memberi petunjuk penggunaan pupuk anggur tersebut untuk terwujudnya hasil yang optimal.

Mohon doa dan dukungannya...


30 komentar:

  1. Amin, ikut berdo'a untuk ketersediaan pupuk anggur. Tambah mantaf nih.. :D

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah beruntung sekali dido'akan customer setia. Terima kasih pak Rosyid. Mohon dukungannya...

    BalasHapus
  3. mau minta saran Menurut Pak Thomas lebih memilih sistem para2 atau sistem pagar
    Trim's

    BalasHapus
  4. Bapak Erwin, Menurut saya, penentuan system penanaman tergantung dari bagaimana rencana yang akan dibuat, masing-masing punya plus-minusnya, tetapi pada umumnya system pagar digunakan untuk anggur meja dan system pagar biasa digunakan untuk penanaman anggur bahan wine. Dengan memodifikasi bukan tidak mungkin anggur meja juga menggunakan system pagar pak, namun umumnya system pagar tidak digunakan untuk anggur meja semata-mata hanya untuk menjaga kemulusan buahnya saja.

    BalasHapus
  5. Om Liem, untuk meningkatkan kadar gula saya pernah baca harus dikasih npk dengan kadar K (K2O) yang tinggi atau NPK : 1:1:2. Nah yang mo saya tanyakan, npk dengan kadar yang seperti itu bisa dicari dimana? atau produsennya apa? mungkin om liem pernah pakai npk yang seperti itu atau solusi penggantinya apa yah? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar pak, untuk kebanyakan tanaman buah penambahan dosis kalium oksida bisa meningkatkan kadar gula tetapi cara tersebut kurang efektif untuk anggur, walau demikian bisa juga bermanfaat pak. Jika bapak menginginkan NPK yang seperti itu tidak ada di pasaran pak, solusinya bapak bisa meracik sendiri urea(N) phospate(P) dan Kcl(K) dengan perbandingan tersebut. Saya sendiri tidak memakai NPK karena saya memproduksi pupuk sendiri yang sekitar awal bulan Juli akan di-launching ke pasaran. Pupuk tersebut dikhususkan untuk anggur karena anggur membutuhkan kandungan nutrisi yang spesifik dalam proses fotosintesisnya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Makin maju nih .....supeeeerb !!!

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah pak, berkat dukungan dari semua customer termasuk pak Widodo juga pastinya. Mohon doanya pak...

    BalasHapus
  8. pupuk yg diproduksi pak thomas nt cair apa padat pak........?
    Trims..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk yang saya produksi adalah pupuk padat berbentuk granular pak, pupuk tersebut dibuat dengan kandungan dan komposisi yang pas untuk anggur sejak awal penanaman baik di lahan maupun di pot, beberapa kandungan di dalamnya dibuat semi-slow release untuk membuatnya berfungsi dalam waktu yang lama.

      Hapus
  9. Jadi kapan nih launchingnya... :D

    BalasHapus
  10. Hehe sabar dulu ya pak Rosyid, tidak lama lagi akan saya posting di halaman ini pak, juga akan saya kabarkan melalui twitter dan sms ke seluruh customer terdaftar. Mohon dukungannya ya pak...

    BalasHapus
  11. kira2 harga kisaran brpa pak? Trjangkau kan.. Hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun kualitasnya baik dan sangat pas dengan kebutuhan tanaman anggur dan satu-satunya pupuk khusus anggur yang ada di Indonesia harganya tidak mahal pak, masih sangat terjangkau. Apalagi jika sudah membuktikan dengan hasil yang memuaskan pastinya akan terasa murah pak Ari. Harganya di kisaran belasan ribu per kg pak.

      Hapus
  12. belasan rbu, belum di ongkirnya.. Mahal di ongkirny nih.. Hhmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini saya sedang mengusahakan untuk bekerjasama dengan jasa pengiriman yang lebih murah pak. Ada saran pak Ari?

      Hapus
  13. coba bpak buka web gogoex.com
    tpi spertiny masih bru di daerah jakarta sja. Yang bgus ada fasilitas mitra merchant, yg khusus untuk yg pny usaha bisnis online.. Coba bpak gali infony lgsung diweb..
    Kalo tiki dgn pos lebih murah pos pak, dan jangkauan lebih luas.. Secara umum pos lbih unggul dri pda tiki.. Kalau diurutkan dari yg bagus menurut kaskuser nih, JNE,POS,TIKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih buuanyak untuk informasinya yang sangat bermanfaat pak Ari, segera saya buka web tersebut supaya pengiriman jadi lebih lancar, matur nuwun.

      Hapus
  14. Suama sammaa pak Thomas,. Tpi spertiny itu utk kpasitas kirim yg bnyak.. Min 50-100kg., oiya pak, sekalian ini saran aja pengalaman dari teman pake pahala express pak, udah online juga. Bisa dicek tarifny skalian.. Dan enaknya bisa nego harga jika brlangganan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan terima kasih lagi pak Ari. Informasinya sangat membantu, sangat meringankan pekerjaan saya pak.

      Hapus
  15. semoga pupuk ini jadi penambah semangat berkebun :)

    untuk jasa ekspedisi bisa coba dakota pak, sangat murah terutama untuk pengiriman jumlah besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Siap pak, nanti akan saya cek ke dakota juga sesuai saran pak Hulaimy. Terima kasih untuk perhatian dan bantuannya pak :)

      Hapus
  16. belum ready stok pak pupuknya?

    BalasHapus
  17. Maaf pak Ari, masih belum siap pak karena menunggu 1 komponen lagi yang masih belum masuk. harap bersabar.

    BalasHapus
  18. saya baru saja membaca blogspotnya. kebetulan saya menanam anggur di pekarangan rumah. tentu sebagai penanam anggur menginginkan tanamannya tumbuh subur dan kualitasa, kuwantitasnya lebih baik. saya di NTB, sumbawa barat sambut baik dan sedang menunggu pupuk produknya. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dukungannya pak. Produk Pupuk sudah ready, untuk pemesanan silahkan hubungi Thomasgrape dengan SMS ke 0857-3232-1000

      Hapus
  19. Produk pupuk anggur kisaran berapa harganya ??
    Mohon infonya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih detail mengenai produk, harga dan ketersediaan stock bisa bapak lihat di www.thomasgrape.com pak. Terima kasih

      Hapus
  20. indikator bibit seedling yg sudah membutuhkan pupuk,baik pukan atau of sperti apa pak? apa brpatokan dng umur seedling..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bibit seedling pada dasarnya belum memerlukan pupuk hingga usia 3 bulan pak. Tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman untuk memulai pemupukan, sbb:
      1. Pertumbuhan berhenti.
      2. Ruas antar tangkai daun merapat.
      3. Daun mengecil.
      4. Ketinggian sudah lebih dari 30 cm.
      Jika kondisi seperti itu terjadi bukan karena kelainan berarti sudah saatnya dilakukan pemupukan.

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.