Minggu, 05 Agustus 2012

KABAR DARI CUSTOMER THOMASGRAPE

Thomasgrape mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua customer dan perusahaan rekanan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam menyediakan bibit anggur, pupuk anggur dan buah anggur. Dan sebagai ucapan terima kasih tersebut, dengan saran dari bapak Ari di Tuban saya membuat halaman ini sebagai sarana berbagi pengalaman tentang bibit anggur yang dibeli dari nursery kami.

Saya berharap customer Thomasgrape bersedia untuk berbagi dengan customer yang lain dengan cara mengirimkan foto perkembangan bibit anggur / tanaman anggurnya berikut dengan komentar ke email: tomsset@yahoo.com, dan saya akan segera memuatnya ke dalam halaman ini supaya para customer yang lain juga bisa mengetahui dan membandingkan kondisi bibit anggur yang ditanamnya.

Foto dan komentar akan diposting di bawah ini, terima kasih...

Foto kiriman dari bapak Sumaryono di Bogor 05-08-2012:
Assalam mualaikum pak Thomas, mau ikutan partisipasi pak. Terlampir saya kirimkan foto bibit anggur red prince, sudah tumbuh daun semua, ada yang sudah 4 daun ada juga yang baru 2 daun pak. Semoga bermanfaat untuk teman2 yang lain. Semoga tambah sukses ya pak...

Foto kiriman dari bapak Didip di Tangerang 06-08-2012:
Siang pak Thomas. Bibit stek sy sdh tumbuh semua dari tgl 3aguustus. Pak kalo ada bibit varietas yang lain tolong kasih info. Thx a lot.

Foto kiriman dari bapak Rama di Pontianak 05-08-2012:
Pak thomas, cutting yg dikirim saya terima di pontianak tgl 1 agt. Tgl 2 sore baru saya buka boksnya. Kondisi cutting terlihat segar dan koran pembungkusnya juga masih lembab. Sore itu juga saya tanam ke polibag satu persatu. Di polibag cutting saya ikat supaya tdk goyang. Polibag saya tempatkan dibawah paranet 70%dan saya tutup pakai plastik uv utk menjaga kelembaban. Hari ini tgl 5 agt saya liat sudah ada cutting yg mengelurkan calon daun. Sekedar info penyiraman baru 1 x pada tgl 2 tsb setelah tanam. Kondisi cuaca di tempat saya masih kemarau dgn temperatur pd siang hari mencapai 34 ©

Pak thomas, cutting telah berumur 25 hr, jumlah daun telah lumayan banyak dan sulur yg tinggi. Mengingat umur yg masih muda, apakah sudah boleh di pindahkan agar mendapat sinar matahari yg banyak.  Sekarang masih disungkup plastik dan ditempatkan di bawah paranet.

Ada beberapa cutting yang tumbuh bercabang dari titik tumbuh yang sama, apakah cabang cabang tersebut dibiarkan tumbuh terus? Seperti foto terlampir. Disamping itu akar telah keluar dari dasar polibag. Bagaimana pengalaman pak thomas mengatasi nya agar tidak keluar polibag. Khawatir nanti akar ini akan rusak bila polibag dipindah.  Mohon pencerahan pak thomas. Terimakasih atas kemurahan nya.

Foto kiriman dari bapak Bayu di Purwakarta Jawa Barat 08-08-2012:

Saya kirim foto juga bibit cutting yang saya beli dari thomasgrape (ag 60) udah saya tanam di wadah sementara, dan sudah mulai keluar bakal daun.

Foto kiriman dari mas Reza di Jepara Jawa Tengah 09-08-2012:
 Ini yang baru semi pak :)
 pak ini hasil nya kemarin... itu ada contoh sungkup saya :)

Foto kiriman dari bapak Nicholas di Ketapang Kalimantan Barat 13-09-2012:
Dear Pak Thomas,

Berikut ini salah satu rooting yg nampak sdh mengeluarkan 3 tunas.dan Skrg hanya Sy sungkup bagian bwhnya saja.krn takut calon daunnya rusak...
Silahkan dikomentari :) 

Foto kiriman dari bapak Ika di Rembang Jawa Tengah 13-09-2012:
Foto bibit anggur usia 2 minggu pak maaf ambilnya pas malem jd ga begitu keliatan yg daunnya hangus, pertumbuhannya pun kurang serempak, mohon bimbingannya pak.

Foto kiriman dari bapak Nicholas di Ketapang Kalbar 25-09-2012:
Dear Pak Thomas ,
Ini adalah photo salah satu tanaman anggur yg Sy ceritakan tadi malam.
Di setiap ketiak daunnya tumbuh tunas2...
Jika mang benar itu tunas air apakah sebaliknya dipangkas Skrg? Dan bagaimana cara memangkasnya?

Foto kiriman dari mbak Ella di Palangkaraya 01-10-2012:
Foto kiriman dari bapak Nicholas di Ketapang Kalbar 01-10-2012:
Banyak percabangan...

Foto kiriman dari bapak Ari di Tuban 01-10-2012:






Pak Thomas, ini Ari di Tuban. Maaf baru bisa upload foto2nya..
Ini bibit cutting anggur AG 60 yang diterima tgl 3 Agust, dan malemnya langsung ditanam di polybag.. Dan ada juga yang di pot, yang rencananya mau saya jadikan tabulampot AG60.. Sekitar 3hari cutting sudah mulai tumbuh tunas, dan 5 hari kemudian tunas tadi muncul calon daun yang segar seperti tampak pada gambar ke1..

Akan tetapi ada beberapa cutting yang gagal tumbuh, karena saya terlalu awam untuk merawat cutting anggurnya.. Kemungkinan gagal karena terlalu basah media, dan terlalu banyak sinar matahari yang mengenai calon daun yang masih muda.. Ini saya jadikan pengalaman untuk kedepannya.. Jadi yang tersisa hanya yang tabulampot AG60 seperti pada gambar ke2 dan ke3 yang berumur 25hari sejak cutting ditanam..

Ini usia cutting 45hari, dan daun yang tua mulai saya pangkas, dengan tujuan menghemat nutrisi.. Terlihat pada gambar ke 4 dan ke 5 Daun mulai terlihat banyak, dan batang mulai membesar sekitar dimeter 3mm..

dan pada usia 60 hari terlihat pada gambar ke 6 terlihat subur dengan daun2 yang masih muda, dan terlihat di sela2 batang dan daun berwarna kemerahan,. Awalny saya khawatir, tapi kata Pak Thomas, ini bagus karena itu berarti kebutuhan sinar mataharinya tercukupi yang memunculkan warna merah disekitar batang dan daun.. Diameter batang tertua sudah sekitar 5mm dan ujung cutting dari munculnya tunas terlihat membesar dan retak2, ini menandakan pertumbuhannya baik..

Ada sedikit permasalahan yang belum saya tanyakan ke Pak Thomas, pada gambar yang terakhir ini daun yang paling tua/bawah, terlihat gosong di pinggirnya tapi tidak menjalar ketengah, tapi daun mudanya masih terlihat segar dan vigor.. apa penyebabnya dan apa ini tidak bahaya, apa ini termasuk penyakit yang disebabkan hama, atau terlalu panas sinar mataharinya?? mohon pencerahannya pak Thomas.. terimakasih..

Update untuk cutting Red Prince, saya tanam bibit stek 3batang pada tgl 14 Sept.. Media yang saya pakai, pasir malang, tanah, kompos sengon laut, dan sekam bakar.. 1pekan baru muncul tunas, dan 15hari sudah keluar daun yang hijau segar.. Hanya untuk info penyiraman saya lakukan saat awal tanam dan setelah 10 hari media agak kering, dan saya siram sedikit dan saya berikan fungiside dengan dosis yang sangat kecil.. Ini untuk percobaan saya tempatkan di tempat yang teduh dan hanya kena pantulan berkas sinar matahari, jadi tidak terkena matahari langsung.. Tapi mengapa pertumbuhannya malah jadi agak lambat ya pak?? apa harus kena sinar matahari pagi secara langsung ya??
mohon pentunjuknya ya pak Thomas..

Foto kiriman dari bapak Nicholas di Ketapang Kalbar 05-10-2012:

Foto lanjutan dari bapak Nicholas di Ketapang Kalbar 21-10-2012:

Dear Pak Thomas,
Berikut photo perkembangan anggur sy...Tlg commentnya ya pak :)

Salam anggur  :)
Nicholas

Foto kiriman dari bapak Hulaimy di Jakarta 20-10-2012:
assalamu'alaikum...

pak Thomas mau ikut sumbang kabar dari konsumen hehehe

ini sebenarnya korban salah potong hahaha, saya lg prunning probolinggo karena terlalu asik eh di red malaga ikut kena, ada sekitar 7 dompol dan yg mejeng ini hanya sebagian maklum perdana :)
Foto kiriman dari bapak Juari di Tangerang 24-10-2012:



Foto kiriman dari bapak Djuwandito di Jember 25-10-2012:
Pak Tom
Maaf baru konect, bibit anggur yang saya beli dua sudah saya tanam di Pot tinggal dua masih rencana mau tak coba taman di Lahan, kelihatannya tumbuhnya sehat-2, mau nanya waktu saya bawa berapa umurnya.
Kalau ditanam Potnya besar uk 50 X 50 sebesar drum apa bisa dijadikan seperti ditanam di Lahan, jadi sulurnya akan saya buatkan tempat rambatan kayak tanaman di lahan.
Tustelnya pakai apa kok gambarnya bagus, punyaku tustel abal-2
Trims.

Foto kiriman dari bapak Nicholas di Ketapang Kalbar 29-10-2012:
Pak Thomas , di bawah Ini photo perkembangan anggur sy.pada 1btg stek tumbuh 2 dahan Seperti di bawah apakah tidak mengganggu perkembangannya Pak.krn tidak fokus Pada 1 cabang. Dan tlg masukan mengenai pembentukannya utk tabulampot utk 2 cabang seperti di photo. Terima kasih & Salam anggur Pak :)

Foto kiriman dari bapak Lukman di Jakarta 29-10-2012:






Semua jawaban untuk email yang berisi pertanyaan dibalas langsung pada ybs masing-masing.

5 komentar:

  1. wah udah di posting hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, terima kasih atas partisipasinya ya... :)

      Hapus
  2. Wah bibit sy sudah seminggu di tanam tp blum keluar tunasnya T_T
    kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersabar ya pak, bibit cuttings anggur terkadang lebih lama tumbuh tunasnya karena pertumbuhannya sangat dipengaruhi keadaan sekeliling, yang dibutuhkan adalah kelembaban udara dan media, tidak boleh kekeringan tetapi juga tidak boleh becek medianya. Jika kebutuhan akan kelembaban tersebut terpenuhi insyaAllah bibit akan tumbuh sehat. Andai kesulitan dengan bibit cuttings mungkin lebih baik bapak mencoba dengan bibit rootings yang lebih mudah perawatannya. Untuk bimbingan langsung bapak bisa hubungi 0857-3232-1000 dengan SMS terima kasih.

      Hapus
  3. envy punya pak rama >,<"

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.