Senin, 12 November 2012

MEDIA TABULAMPOT

Tabulampot atau tanaman buah dalam pot memang sangat menarik untuk kita semua, bahkan yang selama ini tidak gemar berkebun pun akan terpikat saat melihat sosok tanaman bertajuk compact dengan buah-buah segar yang bergelantungan, begitu juga dengan tabulampot anggur yang sekarang makin digemari dan menjadi primadona. Sebenarnya sudah sejak lama anggur ditanam dalam pot, tetapi sebelumnya tidak pernah sepopuler sekarang, hal ini disebabkan oleh pemikiran yang salah terhadap angggur, dikira angggur tumbuh menjalar kemana-mana dan tidak bisa dibentuk mini dalam pot, dan juga karena selama ini varietas anggur yang ada di Indonesia hanya sebatas varietas anggur untuk bahan pembuatan wine, dengan buah yang kecil dan rasa yang masam. Tetapi sekarang Thomasgrape telah menyediakan berbagai varietas anggur yang layak untuk dikonsumsi sebagai buah anggur meja, bahkan saat ini sedang mempersiapkan banyak lagi varietas anggur meja dengan kualitas yang luar biasa yang di-import dari Jepang.
Menanam anggur tidaklah sulit, sekalipun ditanam dalam pot. Tetapi di antara ribuan customer Thomasgrape ada beberapa customer yang mengalami kesulitan dalam memelihara tanaman anggur kesayangannya yang tiba-tiba layu, pertumbuhannya lambat, bahkan ada juga yang gagal, padahal bibit diterima dalam keadaan segar.  Kebanyakan dari kasus yang ada disebabkan oleh kesalahan dalam menentukan media tanamnya karena biasanya media yang digunakan adalah media jadi yang didapatkan dari pedagang tanaman setempat ataupun mencampur sendiri dengan komposisi dan bahan yang salah. Pada posting terdahulu telah diulas tentang media tanam untuk anggur, namun demikian karena kondisi tanah, pupuk kandang dan pasir di masing-masing wilayah berbeda membuat campuran media yang dihasilkan tidak sesuai dengan karakteristik yang diharapkan oleh anggur.

Lalu bagaimanakah media yang baik untuk tanaman anggur? Anggur bisa tumbuh hampir pada semua jenis tanah dan tumbuh baik pada tanah lempung berpasir (setidaknya begitulah teorinya). Untuk penanaman langsung di tanah memang teori tersebut ada benarnya, tetapi bukan berarti tanah lempung berpasir bisa dengan begitu saja digunakan sebagai media tanam anggur dalam pot.
Pada dasarnya media tanam yang digunakan untuk penanaman anggur dalam pot bisa menggunakan campuran apa saja asalkan media yang dihasilkan tidak menyimpan air terlalu lama dan juga tidak terlalu cepat kering, yang dibutuhkan adalah kelembaban yang stabil. Dan yang terbaik adalah media yang tidak mudah menjadi panas akibat sengatan cahaya matahari, karena jika suhu dalam pot menjadi tinggi perkembangan akar juga akan terganggu.

HORTICULTURAL PERLITE !!! Ini solusinya...
Perlite adalah batuan vulkanis yang unik yang bisa mengembang seperti pop-corn hingga 20 kali dari besar volume asalnya ketika dipanaskan dengan cepat pada temperatur 925 derajat celcius. Ketika sudah mengembang setiap butiran perlite yang berwarna putih salju menjadi steril dan memiliki pH netral dan mengandung banyak sekali pori-pori dan gelembung tertutup di dalamnya.
Mengapa menggunakan Perlite sebagai campuran media tanam untuk anggur?
>> Perlite menyerap kelebihan porsi air dalam media sehingga media tidak menjadi becek.
>> Perlite bisa meredam pemanasan media akibat sengatan cahaya matahari.
>> Pencampuran perlite ke dalam media tanam bisa membuat tanah tetap gembur.
>> Perlite menyerap air dan nutrisi dan melepaskannya kembali untuk diserap tanaman.
>> Perlite membuat media tanam berpori sehingga kandungan oksigen media tercukupi.
>> Penggunaan perlite sebagai campuran media bisa meningkatkan drainase.
>> Perlite tidak disukai oleh serangga dan nematoda pengganggu akar.
>> Perlite bersifat steril sehingga tidak beracun dan sesuai untuk campuran media tanam.
>> Perlite sangat ringan, memudahkan pemindahan pot jika diperlukan.
>> Perlite bisa menjaga kelembaban media tanam tanpa membuatnya becek.
>> Perlite ber-pH netral.

Masih banyak lagi kelebihan dan manfaat penggunaan perlite sebagai campuran media tanam, tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis dan ukuran yang tepat untuk mendapatkan campuran yang benar-benar sesuai.

Kesulitan mendapatkan Horticultural Perlite? Atau ingin mendapatkan Horticultural Perlite yang tepat untuk campuran media tanam? Klik di sini untuk melihat daftar harga Silahkan hubungi 0857-3232-1000 dengan SMS.

Tersedia juga "MIXED CONTAINER MEDIUM" media tanam siap pakai untuk tabulampot anggur (bagus juga untuk tanaman lainnya),  perlite dan organic fertilizer sudah terkandung di dalamnya. Klik di sini untuk melihat daftar harga

13 komentar:

  1. Ukuran pot yg di gambar itu brpa pak? Tinggi dan lebarny? Kalo pake perlite udh gk prlu sekam dan pasir pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Potnya diameter 17,5 cm tinggi 18 cm pak. Dengan perlite tetap boleh dicampur sekam dan pasir walau tdk terlalu diperlukan pak.

      Hapus
  2. Utk pot yg ukuran cnderung tinggi/dalam ada tdak ya? Misal lebar 20cm, tinggi 35..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg saya punya ukuran 23x25 pak. Mgkn kalau pot gerabah ada yg seukuran itu.

      Hapus
  3. MIXED CONTAINER MEDIUM semacam apa pak, bisa di upload fotonya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. MCM adalah media tanam yg siap dipakai utk penanaman tanaman buah dlm pot atau sbg starter penanaman di lahan, fotonya secepatnya saya upload pak, terima kasih masukannya pak Yanto.

      Hapus
  4. kecil banget pak ya?? besaran ubin berarti kan ubin 20cm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, ukuran minimum utk tabulampot, pastinya kalau dengan ukuran yang lebih besar lbh baik lagi pertumbuhannya.

      Hapus
  5. Pagi pak thomas.untk pemangkasan pd tambulot apa di pelakukan sama dngn anggur yg d tnam lngsng d tanah.mulai dr stres air,pemupukan dan pemangkasan berat.umur brp anggur dlm tambulot siap d pangkas.terima ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosedurnya sama pak, hanya tindakan detailnya saja yang sedikit berbeda karena media tanam tabulampot pada umumnya sedikit dan lebih mudah mengering. Pemangkasan anggur tabulampot maupun di tanah tidak ditentukan berdasarkan umur tanaman pak, penentuannya lebih ke kesiapan tanaman anggur itu sendiri. Pertumbuhan yang sehat dan ukuran batang yang akan dipangkas yang dijadikan pedoman pak.

      Hapus
  6. y boleh uga pak pupuknya..

    BalasHapus
  7. PakD tolong diberitahukan harga pupuk akai dan midori beserta biaya kirimnya. Makasih

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, tinggalkan komentar ya... Jangan lupa ikutan gabung menjadi member.